About Sundries Journal

Annyeonghaseo, yeorobun! Terima kasih telah berkunjung ke blog Sundries Journal. Sebuah blog personal yang berisi tentang serba-serbi clodi, lifestyle, blogging, traveling, keluarga dan hiburan.

Tentang Author Sundries Journal

author sundries journal
Namaku Alfia D. Masyitoh, biasa dipanggil Al atau Alfia. Aku lahir tahun 1994 di Batu, sebuah kota kecil di kawasan Malang yang sekarang terkenal dengan destinasi wisatanya. Sampai umur 18 tahun (sekolah menengah atas) aku tinggal di Batu. Lalu sejak tahun 2012—mulai kuliah—hingga sekarang, aku tinggal di Surabaya.

Aku seorang ibu rumah tangga yang saat ini sibuk mengurus suami, anak dan segudang tugas domestik lainnya di keluarga kecilku. Kadang aku menjadi freelancer, content writer dan saat ini tengah asyik menekuni dunia bloger. Blog yang sedang kamu baca ini adalah blog pertamaku.

Aku memang tidak mempunyai background ilmu bahasa, sastra, informatika maupun programming. Dengan latar pendidikan Ilmu Kimia—khususnya anorganik dan sains material—tidak menghalangi semangatku untuk belajar dunia blogging dan literasi.

Jenjang pendidikan S1 dan S2 aku tempuh di Departemen Kimia ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya. Dan, selama menjadi mahasiswa, aku berhasil membuat sejumlah karya tulisan ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional maupun proyek penelitian.

Minat dan Hobi Author

Aku suka menulis sejak masih kecil. Dulu semasa sekolah aku cukup rajin menulis karya-karya fiksi seperti puisi dan cerpen, untuk diterbitkan di majalah sekolah, bahkan bisa menjuarai kompetisi-kompetisi menulis cerpen tingkat pelajar.

Ketika masuk perguruan tinggi, kegemaranku menulis mulai bergeser. Aku tidak ada waktu lagi untuk menulis fiksi karena berjibaku dengan kegiatan dan tugas-tugas kampus yang seperti tidak kenal waktu. Mati satu, tumbuh seribu. Selesai tugas yang satu, datang lagi tugas lain berbuku-buku. Aku lebih sering menulis nonfiksi, seperti karya ilmiah, esai dan artikel review.

Tetapi, karena kebiasaan-kebiasaan itulah aku menjadi pribadi yang lebih tahan banting. Hingga akhirnya aku berhasil menyelesaikan penelitian ilmiah lalu menerbitkan jurnal internasional bereputasi.

Meski aku mengakui semuanya tidak bisa aku kerjakan sendirian. Ada sosok dosen pembimbing sebagai guruku, serta tim riset yang hebat dan luar biasa, yang selalu mendukung, membimbing, mengarahkan, mendidik dan membantuku. Semoga kesuksesan dan keberkahan selalu menyertai mereka semua.

Aku juga suka membaca, meskipun tidak ada buku khusus yang paling aku favoritkan. Aku menikmati bacaan apapun yang menurutku menarik dan menyenangkan. Seperti novel 5 CM, karya-karya Pramodya Ananta Toer, puisi-puisi Chairil Anwar atau Sapardi Djoko Damono, hingga buku Faces and Places karangan Desi Anwar. Sudah pernah baca bukunya?

Setelah menikah dan melahirkan, kebiasaanku membaca memang berkurang. Waktuku lebih banyak dihabiskan untuk tugas domestik. Kalau ada masa senggang, aku lebih memilih menyenangkan diri sendiri dengan menonton film atau mendengarkan musik—demi menjaga kewarasan mental dan pikiran.

Dan, rupanya tren Hallyu atau Korean Culture yang saat ini merebak di seluruh dunia, turut mempengaruhi diriku. Aku jadi lebih suka nonton drama Korea dan tergila-gila dengan boygroup EXO, Baekhyun serta Choi Woo Shik. Kamu tahu, sekali terjerumus di lembah Hallyu, rasanya sulit sekali untuk melepaskan diri, yeorobun!

Although, tidak semua lagu atau penyanyi KPOP aku sukai. Tbh, aku agak rewel kalau soal memilih bias atau idol. Haha. Hanya EXO dan Baekhyun yang aku gandrungi. Meski akhir-akhir ini aku mulai menyukai Rowoon dan SF9. 

I thought, EXO was my last love. But, recently I found that SF9 is also excellent. This is my first time stan another group besides EXO. So far, hanya Baekhyun, EXO dan SF9 yang paling memenuhi selera dan preferensiku soal musik dan lagu KPOP.

Oiya, aku juga suka mendengarkan lagu-lagu Maher Zain. Kalau kamu tanya apa saja judul lagu dan albumnya, insya Allah aku bisa menjelaskan secara personal. Just text me by email! Kadang aku juga memutar playlist Alan Walker, Coldplay atau lagu apapun yang menurutku enak didengar.

Tidak ada genre tertentu yang aku sukai. Mana yang paling ingin aku dengarkan dan mana yang paling sesuai mood, itulah yang aku putar. Random sekali, ya? Kalau ada lagu yang ingin kamu rekomendasikan buatku, silakan hubungi di sosial media. Aku dengan senang hati menerima.

Komunitas yang Diikuti

komunitas author sundries journal

Sejak tahun 2021, ketika punya anak dan memutuskan untuk berclodi, aku mulai bergabung dengan komunitas Mamaberclodi. All about cloth diapering is here! Tidak cuma kelas berclodi, Mamaberclodi juga sering mengadakan talkshow seputar clodi di live Instagram ataupun zoom. Anggotanya adalah para mama berclodi atau calon mama yang hendak berclodi.

Komunitas Mamaberclodi ini adalah wadah sekaligus media komunikasi para mama untuk saling mendukung, memberi semangat, berbagi cerita, informasi, tips dan trik dalam berclodi. Dari Mamaberclodi wawasanku tentang gaya hidup zerowaste menjadi lebih kaya dan terbuka. Aku juga merasa punya support system yang siap memberi dukungan jika semangat berclodi mulai kendor dan lemah.

Selain Mamaberclodi, aku juga bergabung dengan komunitas blogging. Apalah artinya menjadi bloger tanpa tergabung sebagai member suatu grup bloger. Sementara eksistensi sebuah blog juga sangat dipengaruhi oleh networking antar sesama bloger. Iya nggak?

Awalnya aku Googling, mencari komunitas bloger yang ada di Indonesia. Hasil pencarian google mengarahkan diriku pada Blogger Perempuan Network (BPN). Tanpa pikir panjang, aku pun langsung mendaftar menjadi member. Apalagi syarat keanggotaannya pun tidak sulit. Tidak harus blog TLD, sebab saat itu blog ini memang masih belum TLD.

Dari BPN aku mulai mengenal istilah blogwalking. Komunitas ini pula yang pertama kali membuka lingkup pertemananku dengan bloger lainnya. Aku mulai sering mampir di blog lain, memberi komentar dan saling follow akun sosial media mereka.

Berikutnya, aku mendaftar jadi anggota di 1minggu1cerita. Komunitas ini aku ketahui dari teman-teman bloger yang biasa aku kunjungi. Di komunitas 1minggu1cerita ini aku belajar untuk konsisten menulis, meski satu minggu hanya satu artikel yang wajib dipublikasi.

Lalu, sejak akhir Januari 2022 aku mulai bergabung dalam keanggotaan bloggerhub.id yang aku kenal lewat Instagram. Bloggerhub sering mengadakan program blogger talks untuk membahas seputar blogging dengan narasumber andal. 

Terakhir, aku mengajukan diri untuk menjadi member Kumpulan Emak Blogger (KEB), sebuah komunitas para perempuan yang menjadi bloger, baik sudah menikah maupun masih single

Komunitas-komunitas ini adalah salah satu sumber inspirasi dan semangat bagiku untuk terus ngeblog. Dari mereka, para bloger, aku belajar untuk terus menulis, menjaga komitmen, serta belajar dan berdaya.

Tentang Blog Sundries Journal

tentang blog sundries journal
Blog ini lahir pada akhir tahun 2020, tetapi baru awal 2021 artikel pertama aku terbitkan. Topik artikel tersebut berkaitan dengan cloth diapering atau berclodi, sesuai dengan tujuan awal blog ini aku buat.

Ya, betul. Awalnya blog ini sengaja dibuat untuk berbagi segala hal tentang pengalamanku berclodi. Antusiasme berclodi yang tinggi, membuatku ingin mengajak para mama lainnya untuk berclodi. Dulu ketika awal-awal berclodi aku cukup kesulitan mencari referensi di internet. Apalagi saat itu clodi belum se-hype sekarang.

Setelah berclodi, muncullah ide untuk menuliskan segala pengalaman dan pengetahuanku di blog. Tujuannya supaya aku tidak melupakan detail-detail penting dalam proses selama aku berclodi. Dan, tentu saja aku berharap bisa menjadi sumber referensi atau informasi bagi para mama yang juga sedang atau akan berclodi.

Setahun berjalan, aku mulai mengikuti beberapa komunitas bloger. Circle pertemanan dengan teman-teman sesama bloger hingga para senior mulai terbuka. Blog ini pun menjelma menjadi buku diary digital bagiku. Tidak melulu tentang clodi. Aku pun menulis berbagai hal yang aku sukai dan ingin aku tulis.

Dalam perjalanannya, blog ini telah beberapa kali mengalami perubahan nama dan domain. Hingga akhirnya, pada awal Februari 2022 aku memutuskan untuk membeli domain dan mengukuhkan nama serta alamat blog yang sedang kamu baca sekarang. Kalau sudah beli domain, rasanya nggak mungkin gonta-ganti lagi, ya! Sayang fulusnya, meskipun nominalnya mungkin tidak seberapa bagi sebagian orang.

1) Arti Nama Blog

Jawabannya sudah jelas, karena isinya 'gado-gado' alias campuran. Sundries dalam bahasa Inggris berarti serba-serbi. Sedangkan journal berarti agenda harian. Jadi, sundries journal di sini benar-benar dimaksudkan untuk menulis agenda harian serba-serbi.

Nama Sundries Journal sendiri terinspirasi dari kebiasaanku sejak sekolah SD hingga kuliah. Aku selalu punya buku khusus, seperti buku agenda, yang aku beri nama buku Serba-serbi.

Buku ini aku gunakan untuk mencatat atau menulis segala hal yang penting. Seperti deadline tugas, jadwal pelajaran, hingga to do list. Semuanya lengkap dengan detail-detail yang mungkin sepele bagi orang lain. Seperti pukul berapa tugas dikumpulkan, di mana, berapa jumlah sampai dresscode jika memang ada.

Buku Serba-serbi ini sangat membantu terutama jika aku sedang banyak tugas dan jadwal kegiatan. Apalagi sebagai manusia kadang aku pun pelupa. Dengan adanya buku ini, detail-detail kecil dan penting tidak akan terlupakan begitu saja, karena terekam dengan baik dalam buku.

Setelah lulus dari pendidikan akademik dan menjadi mama yang hidup di era digital, aku berharap blog Sundries Journal ini bisa menjadi buku Serba-serbi bagi diriku sendiri. Aku ingin merekam semua yang ingin aku ingat, ingin aku bagikan kepada orang lain, maupun ide-ide yang tersimpan di kepala.

"Write what should not be forgotten." (Isabel Allende)

Selain itu, sebagai mama muda yang gampang sambat—karena full 24/7 mengurus anak, suami dan rumah—aku membutuhkan media untuk aktualisasi diri. Blog inilah salah satunya. Blogging juga menjadi media menyalurkan hobi menulis. Pun menjadi kegiatan yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

2) Tagline

Sejujurnya tagline ini sudah berulang kali mengalami perubahan sejak pertama kali blog Sundries Journal dibuat. Mulai dari yang alay sampai yang terkesan santai, hingga aku lupa apa saja yang sudah pernah aku tulis—karena saking seringnya gonta-ganti.

Yang terakhir aku ingat adalah "Write what should not be forgotten." Ya benar, seperti kata Isabel Allende, penulis Chile-Amerika yang aku kutip di atas. Tetapi, kemudian aku berpikir kalau tagline ini rasanya kurang orisinil, karena tidak murni berasal dari pikiran sendiri. Aku hanya menyomot perkataan penulis besar yang aku anggap pas dan sesuai dengan visi-misi blog ini.

Akhirnya aku mencoba lagi meramu kata-kata, sembari merenung tentang tujuan dan alasan blog ini dibuat. Hingga akhirnya menemukan bahwa tagline "Learning & Growing, Writing & Sharing" adalah yang paling pas.

Learning (pembelajaran), bermakna bahwa aku ingin terus belajar dalam hidup, karena sejatinya belajar tidak mengenal waktu, usia, tempat, bisa dilakukan kapanpun dan di mana pun. Seperti dalam dalil yang sudah sangat umum, 'carilah ilmu sejak dalam ayunan sampai liang lahat'.

Growing (bertumbuh), bermakna bahwa melalui blog ini aku ingin terus bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa. Blog ini adalah media bagiku untuk mengembangkan diri, meng-upgrade skill, serta terus memperbaiki kualitas diri.

Writing (menulis), setelah belajar dan bertumbuh aku ingin menuliskan ilmu-ilmu, pengetahan, wawasan, pengalaman yang mengiringi langkahku di blog ini.

Sharing (berbagi), membagikan ilmu kepada orang lain adalah salah satu kunci agar ilmu bermanfaat, melalui blog ini aku ingin berbagi pengetahuan yang sudah aku pelajari dan tulis, agar lebih bermanfaat bagi orang lain.

3) Isi dan Kategori 

Kamu bisa melihat judul-judul artikel blog ini di peta situs atau sitemap. Secara umum, aku mengelompokkan artikel-artikel dalam beberapa kategori.

  • Blogging - berisi aktivitas-aktivitas terkait blog yang aku lakukan, seperti tutorial, informasi, atau apapun yang berkaitan dengan blogging.
  • Eat & Trip - berisi cerita atau pengalaman-pengalamanku traveling dan kuliner, tentang jalan-jalan dan makan-makan.
  • Encyclodipedia - berisi segala hal yang berkaitan dengan clodi. Seperti perjalanan atau pengalaman berclodi, tips dan trik berclodi, hingga review atau ulasan produk-produk clodi yang aku pakai.
  • Family - berkaitan dengan kehidupan berkeluarga. Seperti pengasuhan anak atau parenting, motherhood dan cerita-cerita khas rumahan.
  • Hiatus - memuat segala hal terkait hiburan atau entertainment, seperti musik, drama Korea, film, anything fun and happy.
  • Insight - sesuai namanya, isinya tentang wawasan-wawasan baru atau informasi lain. Bisa dari riset pribadi atau rangkuman forum ilmiah dengan narasumber yang ahli di bidangnya. Semoga bisa menambah cakrawala pengetahuan yeorobun, ya!
  • Personal - yang ini lebih spesifik ke cerita-cerita atau pengalaman pribadi. Termasuk keluh-kesah, uneg-uneg, atau pengalaman berharga yang ingin aku abadikan.
  • Review & Opinion - memuat ulasan-ulasan dan opini terhadap suatu produk yang aku gunakan. Biasanya aku lengkapi dengan rating atau penilaian angka antara 0 sampai 10, walaupun murni berdasarkan pada subyektivitas pribadi, ya! Tetapi aku tetap berusaha obyektif, kok! Supaya pembaca bisa mengambil informasi yang dibutuhkan.

4) Domain dan Makna Properti

Alasan memilih admasyitoh.com karena aku merasa domain ini sudah 'gue banget' dan sudah seirama dengan akun sosial media dan email. Proses memilih domain ini lumayan panjang, yeorobun. Sejak awal membuat blog sudah berkali-kali ganti domain (sama seperti ketika membuat judul blog). Mulai dari yang panjang sampai yang simpel.

Tetapi ketika memutuskan untuk beli domain, aku pikirkan lagi matang-matang, dan final memutuskan untuk menggunakan domain ini.

4.1 Desain Logo atau Favicon

favicon

Gambar kartun perempuan berhijab ini mewakili identitas author. Warna pink untuk memberikan kesan feminin dan kelembutan.

4.2 Desain Header atau Logo Judul Blog

Alasanku memilih warna dasar peach dan tulisan merah marun karena menyesuaikan dengan warna tema blog. Ada gambar pensil, bermakna pena yang digunakan untuk menulis di jurnal. Serta gambar perempuan berhijab yang mewakili diriku sendiri.

4.3 Warna Tema

Warna merah marun, melambangkan keberanian, harapannya aku bisa terus melangkah dengan berani untuk belajar dan berproses dalam kebaikan. Alasan memilih warna merah marun karena warna ini merupakan salah satu warna yang aku sukai. 

Selain itu, menurutku warna ini bisa membangun rasa semangat dan percaya diri, terlihat ceria dan meriah, serta belum banyak teman-teman bloger yang aku temukan memakai warna merah marun.

Awalnya terpikir warna dominan biru dan hijau, tetapi sudah terlalu banyak yang pakai. Aku ingin warna yang berbeda, sehingga bisa menjadi ciri khas bagiku.

Alasan lain yang membuatku memilih dan berpikir warna ini bagus untuk identitas blog, karena warna customized mic set Baekhyun adalah merah. Baekhyun sangat cocok memakai microphone dan earpods merah ketika di atas panggung. Sesimpel itu alasannya.

Warna peach, bermakna kelembutan. Semangat dan berani tetap harus diiringi dengan kelembutan dan kesabaran sebagai perempuan. Semoga aku bisa menampilkan konten maupun tampilan blog yang elegan dan menyejukkan pembaca. Tidak ada alasan khusus dalam pemilihan warna peach ini, selain untuk keindahan. Karena menurutku warna yang paling cocok dipadukan dengan merah marun di blog ini adalah warna peach.

Warna latar putih dengan warna font hitam (100%), untuk clarity sehingga blog lebih mudah terbaca, lebih jelas dan nyaman bagi pengunjung.

Pengalaman dan Portofolio

Sebagai bloger pemula, belum banyak prestasi yang aku raih di bidang literasi maupun blogging. Meski demikian, aku tetap berusaha aktif dan berpartisipasi dalam berbagai event maupun kompetisi di bidang terkait. Berikut ini adalah beberapa aktivitas dan pencapaian yang pernah aku buat.

  • Sekretaris Mamaberclodi (periode 2022-2023)
  • Pemenang kampanye Langkah Hari Ini Untuk Bumi dalam rangka Hari Bumi (2022), diselenggarakan oleh Ngerti Iklim & Coaction Indonesia
  • Pemenang terbaik ketiga Challenge Hari Bloger Nasional (2021), diselenggarakan oleh Blogspedia
  • Peserta kelas blogging yang diselenggarakan oleh Blogspedia Coaching Batch #3 (2022)

Publikasi ilmiah internasional:

  • Journal of King Saud University - Engineering Sciences (2021) DOI: 10.1016/j.jksues.2021.05.003
  • Advanced Materials Letters (2017) DOI: 10.5158/amlett.2017.6948

Seminar internasional dan program riset:

  • Joint Research Program di AMTEC (Advanced Membrane Technology Research Center) di Universiti Teknologi Malaysia (2018)
  • The 6th International Conference of Young Chemist (ICYC) di George Town, Penang, Malaysia sebagai Oral Presenter (2017)
  • The 2nd International Seminar on Chemistry (ISoC) di Surabaya, Indonesia sebagai Oral Presenter (2016)
  • The 10th International Student Conference on Advanced Science and Technology (ICAST) di Surabaya, Indonesia sebagai sebagai Participant

Antologi yang pernah ditulis:

  • Sebatas Mimpi (2019)
  • The Journey of Self Love (2022)

Aku sangat berharap agar blog ini bisa bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya orang. Aku juga sangat terbuka dengan kritik, saran dan komentar yang membangun dalam rangka evaluasi dan perbaikan blog ini. Kamu juga bisa terhubung denganku lewat kontak email maupun sosial media. Aku akan selalu menyambut terbuka. Akhir kata, selamat membaca! Kamsahamnida!

(Latest update October, 26th 2022)