admasyitoh.com

5 Cara untuk Memperingati Hari Bloger Nasional yang Bisa Kamu Lakukan

Post a Comment

Sekitar bulan Desember tahun 2020 saya membuat blog ini, walaupun artikel pertama baru saya publikasi di bulan Maret 2021. Mungkin sudah puluhan kali saya mengganti nama dan alamat URL blog (semoga nama yang saat ini terpampang adalah yang terakhir). Meskipun belum bisa rutin memposting artikel setiap minggu, karena berbagai hal, tetapi kalau dihitung-hitung sudah hampir satu tahun waktu total yang saya habiskan untuk blogging.

Nah, sejujurnya saya baru tahu kalau ternyata ada Hari Bloger Nasional. Kalau boleh pinjam istilahnya MomBlogger Cupu nih, ternyata saya cupu banget! Berbulan-bulan ngeblog baru tahu kalau ada satu hari khusus dalam satu tahun yang didedikasikan spesial untuk para bloger se-Indonesia Raya tercinta ini, yaitu tanggal 27 Oktober. 

Momen tersebut tentu istimewa bagi para bloger Nusantara, termasuk saya. Meski blog ini masih jauh dari kata ideal, tetapi saya bangga menjadi bloger. Adanya peringatan Hari Bloger Nasional ini membuat saya merasa dihargai dan istimewa. Saya semakin yakin bahwa bloger adalah profesi dan status yang tidak main-main.

Di perayaan hari bloger tahun 2021 ini, saya juga ingin menjawab tantangan yang diberikan oleh Blogspedia Challenge. Secara personal, saya ingin mengukur kemampuan diri saya sendiri sebagai bloger. I want to challenge my self, how far I can go. Saya merasa tertantang untuk turut berpartisipasi pada acara ‘tasyakuran’ atau ‘selamatan’ hari bloger ini. 

Tulisan ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi saya untuk turut memeriahkan Hari Bloger Nasional 2021. Saya ditantang untuk menulis artikel seputar blogging selama tiga hari berturut-turut.

Pada tantangan pertama ini, saya ingin berbagi cerita tentang cara mengisi hari bloger tahun ini kepada para pembaca. Harapan saya, semoga pembaca bisa mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari tulisan ini. Berikut ini adalah cara-cara mengisi hari bloger yang saya lakukan. Let's check this out!


1. Belajar sejarah

Adanya peringatan Hari Bloger Nasional membuat saya penasaran, bagaimana sejarah atau awal mula ditetapkannnya hari bloger ini. Dari hasil penelusuran saya, ternyata Hari Bloger Nasional ditetapkan sejak tahun 2007 silam oleh Prof. Muhammad Nuh, Menteri Komunikasi dan Informasi saat itu (Kompas, 2011). 

Penetapannya sendiri dilakukan ketika pembukaan event Pesta Blogger tahun 2007. Pesta Blogger merupakan suatu perayaan akbar tahunan, tempat berkumpulnya para bloger dari seluruh Indonesia. Empat tahun kemudian Pesta Blogger ini berubah nama dan konsep menjadi On Off Indonesia (OnOffID).

Pesta yang semula hanya berfokus pada silaturahmi antar bloger nasional, berubah menjadi momentum untuk memperluas jaringan pertemanan, menjalin relasi dan mengembangkan bisnis. Blogging menjadi aktivitas yang lebih serius dan berhasil membuka peluang bisnis di dunia nyata yang hasilnya bisa dirasakan langsung oleh para bloger.

Blog tidak hanya menjadi tempat curahan hati individu, melainkan tempat belajar, berkarir dan berbisnis. Hingga tahun 2015 jumlah bloger di Indonesia telah mencapai 3 juta atau sekitar 3,5% dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air (menurut berbagai sumber). 

Jumlah ini sepertinya terus meningkat seiring dengan semakin populernya trend bersosial media. Sebab, di era digital ini bloger tidak hanya beraktivitas di blog. Bloger juga memanfaatkan sosial media untuk membangun personal branding dan promosi blog itu sendiri. 

Sayangnya saat ini belum ada data yang akurat dan up todate terkait jumlah bloger di Indonesia.

Bloger harus semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan dunia digital. Oleh karena itu, penting sekali untuk menambah wawasan tentang blogging maupun pengetahuan lain yang terkait dan relevan. Momentum Hari Bloger Nasional ini menurut saya merupakan titik yang tepat untuk me-recharge kembali semangat berproses dan belajar, demi mencapai cita-cita untuk menjadi bloger ideal.

2. Blog walking

Sudah tahu lah ya maksudnya. Pasti istilah ini sudah tidak asing lagi bagi para bloger, bahkan untuk yang pemula sekalipun. Nah, bagi saya blog walking sama halnya dengan traveling atau jalan-jalan virtual. Bisa menjadi sarana ‘hiburan’ tersendiri, apalagi di masa pandemi seperti sekarang, saat mobilitas kita tidak semudah sebelumnya.



Blog walking bisa mendatangkan inspirasi atau ide ketika kepala mulai buntu memikirkan konten. Dengan mengunjungi blog orang lain saya bisa belajar banyak hal, mulai dari pengetahuan baru tentang topik tertentu, hingga belajar menyajikan artikel yang baik, menyenangkan dan memuaskan pembaca. Saya juga bisa menambah relasi pertemanan dengan sesama bloger. Lebih dari itu, blog walking juga bisa menjadi sarana untuk mengevaluasi diri, mempromosikan blog pribadi, hingga meningkatkan traffic dan peringkat blog. Asik ‘kan?


3. Kompetisi blog atau event sejenis
Yaa... Seperti yang saat ini saya lakukan. Challenge yang diberikan oleh MomBlogger Cupu ini menarik bagi saya. Di luar sana pun tidak sedikit kompetisi blog yang sedang diselenggarakan. Peringatan hari bloger ini akan semakin berkesan jika kita bisa ikut berpartisipasi dalam berbagai acara perayaannya. Apalagi kalau menang, wah pasti berkesan banget, ya!



Dengan mengikuti kompetisi, saya bisa memperkaya pengalaman sekaligus mengukur kemampuan diri sendiri. Sudah sejauh mana sih dedikasi saya pada blog ini. Ibarat sebuah bangunan, saya mungkin masih di ambang pintu pada dunia blogging ini. Tetapi saya tidak akan patah semangat. Saya akan terus belajar dan belajar hingga impian saya tercapai. Kompetisi blog atau sejenisnya adalah salah satu media untuk mengukur pencapaian diri sekaligus mengasah potensi yang saya miliki.


4. Zoominar dan forum daring lainnya
Diakui atau tidak, pandemi memang membuat suasana jauh berbeda. Mobilitas manusia semakin terbatas. Kuliah, kursus, seminar bahkan sekolah harus dilakukan secara daring alias online. Meski bosan di rumah saja namun tetap harus ditahan, demi kebaikan semua umat manusia. Tetapi saya bersyukur, dengan kemajuan teknologi kini seolah-olah semua menjadi mungkin. Buktinya saya tetap bisa mengikuti forum online dengan lancar tanpa hambatan, kecuali masalah sinyal internet yang kadang kembang-kempis.



Saat ini ada beberapa komunitas yang saya ikuti. Komunitas blogging dan komunitas berclodi. Bersyukur sekali menemukan wadah yang berisi orang-orang senasib seperjuangan. Forum online yang diselenggarakan oleh komunitas sejatinya bukan hanya ajang silaturahmi dan sharing sesama anggota, tetapi juga media untuk menyegarkan kembali semangat dalam diri. Kita juga bisa menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari orang lain yang mungkin mempunyai pengalaman berbeda dengan kita dalam dunia yang sama.

Nah, momen hari bloger tahun ini saya isi dengan mengikuti forum diskusi tentang blogging dan berclodi via zoom. Hasilnya? Wah, banyak insight baru yang saya ilhami. Semangat kembali on untuk terus ngeblog dan berclodi. Saya harap semangat ini akan terus terjaga sampai nanti. Sampai saya bisa menjadi apa yang saya inginkan dan sebanyak mungkin menebar manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.


5. Ngeblog edisi spesial
Yang ini wajib hukumnya, jangan sampai kelewatan! Apalagi tugas bloger kalau bukan ngeblog? Tinggalkan karya berupa artikel yang khusus membahas tentang blog, bloger atau blogging. Bisa cerita perjalanan blogging, sejarah Hari Bloger Nasional, tutorial mempercantik blog, tips meningkatkan traffic blog, hingga opini tentang blog yang ideal. Semakin kaya konten blog bukankah semakin membuat pembaca jatuh cinta? Artikel tentang cara merayakan hari bloger ini juga merupakan edisi spesial, dedikasi khusus saya kepada dunia per-blogging-an Tanah Air.



Hari Bloger Nasional seharusnya menjadi momentum berkesan bagi para bloger Tanah Air, termasuk saya. Dengan semangat berkarya, berdaya dan bermanfaat, kemampuan bloger harus terus diasah agar bisa mengikuti arus perkembangan teknologi dan era digital. Saya sendiri berharap bahwa bloger suatu saat nanti akan menjadi profesi yang melekat erat dengan diri saya, bukan sekedar suka-suka atau hobi. Blogging adalah suatu media aktualisasi diri yang paling tepat dan bermanfaat bagi saya. Bagaimana denganmu? Apa yang kamu lakukan untuk mengisi hari bloger ini?
Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

Post a Comment