admasyitoh.com

Rekomendasi Skincare untuk Umroh dan Haji

2 comments

skincare untuk umroh dan haji

Perlukah pakai skincare ketika umroh atau haji? Bagaimana hukumnya pakai skincare atau kosmetik saat berihram? Ada nggak sih skincare yang khusus untuk ibadah umroh atau haji?

Yeorobun, pertanyaan seperti ini mungkin terlintas di benak pikiran kita, terutama kalau kita hendak menunaikan ibadah umrah atau haji. Karena ibadah umroh atau haji ini termasuk momen langka dalam hidup, tidak bisa dikerjakan setiap hari dan butuh biaya yang tidak sedikit, tentunya kita ingin supaya ibadah ini bisa berjalan lancar, sah dan tidak sia-sia ‘kan

Wajar kalau ada yang ragu, galau, khawatir jika penggunaan skincare atau kosmetik akan mempengaruhi keabsahan ibadah umroh atau haji. Biar nggak galau, kita diskusikan bareng yuk!

Hukum Memakai Skincare Saat Umroh atau Haji

Secara geografis, Indonesia dan Arab Saudi mempunyai perbedaan iklim yang cukup signifikan. Karena orang Indonesia terbiasa dengan iklim tropis, tidak jarang mereka mengalami ‘culture shock’ ketika berada di Tanah Suci yang beriklim subtropis.

Suhu udara di sana sangat panas ketika siang hari (bisa sampai 40-50 derajat Celsius), lalu turun sangat dingin ketika malam hari. Ditambah kelembaban yang rendah sekali, membuat orang Indonesia kesulitan beradaptasi dengan iklim di Arab Saudi.

Perbedaan suhu dan kelembaban udara adalah penyebab utama kenapa orang Indonesia banyak yang mengalami kulit kering, gatal-gatal, bibir pecah-pecah dan muncul dry patches. Gejala-gejala kulit iritasi seperti ini bisa mengganggu fokus kita untuk beribadah lo. 

Kan nggak enak banget ya, momen yang seharusnya kita bisa fokus menikmati ibadah di Tanah Suci, malah terganggu karena permasalahan kulit atau kesehatan lainnya. Inilah kenapa pakai skincare ketika umroh atau haji tetap DIPERLUKAN. Bahkan wajib hukumnya kalau kamu punya kulit sensitif.

Tapi, bagaimana hukumnya pakai skincare ini? Nah, kalau melansir dari laman NU Online, hukum memakai skincare saat berihram (umroh atau haji) adalah DIPERBOLEHKAN.

Memang, salah satu rukun umroh dan haji adalah berihram. Dan, di dalam rukun ihram itu sendiri ada syarat sah berupa tidak boleh memakai parfum (pewangi) dan memakai pakaian berjahit (bagi laki-laki).

Skincare merupakan produk perawatan yang digunakan untuk merawat, melindungi dan menjaga kulit agar tetap sehat, terhidrasi serta tidak kering. Intinya digunakan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Kalau ditinjau dari definisinya, skincare ini tidak termasuk dalam golongan parfum sehingga pemakaiannya pun masih diizinkan.

Selama tidak mengandung alkohol, fragrance (pewangi) atau bahan yang dilarang, penggunaan skincare diperbolehkan selama berihram. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam Kitab al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Jilid 3, halaman 239, bahwa orang yang sedang ihram diperbolehkan menggunakan sabun dan krim, dengan tujuan perawatan kulit dan wajah agar tidak rusak.

“Dan diperbolehkan—bagi orang yang dalam keadaan ihram— untuk mandi dengan menggunakan sabun menurut Madzhab Syafi’i dan Hanbali, sedangkan menurut Imam Hanafi tidak boleh mandi dengan sabun dan sejenisnya. Sedang menurut Madzhab Maliki boleh mandi untuk mendinginkan badan bukan untuk membersihkan.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Syekh Muhammad Amin al-Kurdi al-Irbili al-Syafi'i, dalam kitab Tanwirul Qulub, bahwa memakai sabun dalam saat ihram diperbolehkan, asalkan tidak mengandung wewangian.

"Dan jikalau memakai wewangian karena lupa, tidak tahu, atau terpaksa, maka tidak haram, dan tidak dikenakan dam [fidyah] atasnya, dan tidak makruh hukumnya, mencuci tubuh atau pakaian dengan sabun untuk menghilangkan kotoran saat ihram."

Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Skincare untuk Umroh

Jadi, sudah jelas ya kalau pakai skincare ketika umroh atau haji itu hukumnya DIPERLUKAN secara medis, serta DIPERBOLEHKAN secara syariat. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih skincare untuk umroh atau haji, yaitu:

1. Teregistrasi BPOM

Pastikan produk atau merek skincare sudah teregistrasi oleh BPOM sehingga aman dari kandungan-kandungan yang berbahaya seperti merkuri, SLS, paraben, phthalate dan sejenisnya.

2. Bersertifikat halal 

Selain terjamin BPOM, pilih produk yang sudah bersertifikat halal, artinya seluruh proses yang terlibat dalam pembuatan produk tersebut sudah dijamin halal mulai dari kandungan bahan, alat yang digunakan, proses produksi, pengemasan sampai distribusi semua dilakukan tanpa melanggar syariat.

3. Bebas alkohol dan parfum

Seperti yang sudah dibahas di atas, skincare yang dipakai ketika berihram harus bebas alkohol dan parfum (pewangi) agar tetap sah, ini juga yang membedakan dengan skincare sehari-hari yang boleh dipakai walaupun mengandung pewangi.

4. Sunscreen

Karena cuacanya di Tanah Suci panas dan terik, maka jangan lupa untuk memakai tabir surya minimal SPF 50, pastikan sunscreen atau sunblock yang digunakan bebas alkohol dan bebas fragrance.

5. Petroleum Jelly

Satu produk ajaib yang bisa membantu meringankan gejala kulit kering, kemerahan, atau bibir pecah-pecah. Produk satu ini bisa dibilang all in one, bisa diaplikasikan di bibir, wajah, kulit siku dan lutut.

6. Spray zamzam

Sdiakan satu botol spray kosong untuk diisi air biasa atau air zamzam ketika di Tanah Suci, sebab dari banyak pengalaman spray ini cukup membantu agar kulit tetap lembab di sana.

Meskipun kita boleh memakai skincare ketika haji atau umroh, tapi sebetulnya cara paling simpel untuk menjaga kulit tetap terhidrasi adalah dengan menjaga asupan air yang masuk dalam tubuh. Perbanyak minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi dan kulit tetap terhidrasi!

Rekomendasi Skincare dan Bodycare untuk Haji atau Umroh

Alhamdulillah, tahun 2024 ini mertua dipanggil ke Baitullah untuk beribadah haji. Alhamdulillah-nya lagi, aku berkesempatan mengurus berbagai persiapan yang dilakukan sebelum keberangkatan, termasuk salah satunya menyiapkan segala ‘printilan tetek bengek’ yang perlu dibawa selama 40 hari di Tanah Suci.

Rekomendasi skincare di bawah ini aku temukan ketika sedang menyiapkan perlengkapan yang perlu dibawa oleh mertua. Jujur, awalnya sempat merasa zonk karena aku sudah membelikan skincare yang biasanya ibu mertua pakai. Tapi setelah mengikuti manasik haji, beliau mengatakan kalau skincare yang dipakai harus free alcohol dan free fragrance. Alasannya tentu saja berkaitan dengan syarat sah ihram, sebagaimana yang aku tulis di atas.

Untungnya, ternyata di marketplace skincare khusus untuk umroh dan haji sudah banyak dijual. Bahkan aku sempat bingung pilih yang mana, apalagi aku belum berpengalaman mencoba langsung produk-produk ini. 

Ada yang dijual satu set, ada yang dijual terpisah, ada yang sudah BPOM, ada yang masih meragukan juga. Nah, berikut ini adalah rangkuman beberapa produk skincare untuk umroh dan haji yang insyaAllah sudah terjamin HALAL dan BPOM. 

Oiya, semua produk ini asli buatan lokal dan termasuk skincare ramah kantong ya, yeorobun!

1. Wardah Hajj & Umrah Package

wardah umroh dan haji

Wardah memang dikenal sebagai pelopor skincare dan kosmetik halal di Indonesia. Harganya yang affordable namun punya kualitas bagus membuat produk-produk Wardah digemari banyak kalangan. Khusus untuk ibadah umroh maupun haji, Wardah menghadirkan Hajj & Umrah Package, yang tidak cuma dijamin halal tapi juga free alcohol dan free fragrance. Harganya sangat terjangkau, yeorobun, mulai dari Rp 170 ribu per set dan tersedia di marketplace.

Paket spesial haji dan umroh Wardah ini dikemas khusus dalam pouch transparan, lengkap dengan buku panduannya, serta terdiri dari 5 rangkaian produk yaitu:

  • Sun Shield SPF 30 PA+++ - berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mempunyai tekstur yang ringan, tidak lengket serta mudah meresap. Instan melembabkan hingga 8 jam dan jangka panjang
  • Head to Toe Cleanser - pembersih multifungsi yang bisa digunakan untuk sampo dan sabun, termasuk sabun cuci wajah; mengandung formula yang lembut sehingga nyaman digunakan setiap hari
  • Anti-Perspirant Deodorant - deodoran roll on yang mampu mengurangi keringat dan mudah meresap, kandungan Triclosan berfungsi sebagai anti bakteri yang mencegah bau badan
  • Intensive Moisturizer - pelembab yang mengandung petroleum jelly, membantu merawat bibir, siku, lutut, tumit dan area kulit yang kering dan pecah-pecah
  • Multipurpose Sanitizer - spray serbaguna yang bisa digunakan sebagai antiseptik untuk kulit tangan, desinfektan, efektif membunuh 99% mikroorganisme tanpa membuat kulit kering

Setiap pembelian paket ini, kita akan mendapatkan free item berupa:

  • Travel-friendly pouch
  • Zamzam spray bottle (botol kosong untuk diisi zamzam)
  • Tas serut untuk menyimpan peralatan pribadi seperti buku saku, alat sholat, dan sandal
  • Booklet panduan ibadah haji dan umroh

2. Kahf Umrah & Hajj Package

kahf hajj and umrah package

Masih satu induk perusahaan dengan Wardah, Paragon, Kahf juga memproduksi skincare khusus umroh dan haji dengan target kaum pria. Selain terjamin kehalalannya, Kahf Umrah & Hajj Package juga dijamin tidak melanggar syarat sah ihram. Harga per paketnya mulai dari Rp 199 ribu di official marketplace Kahf, yang terdiri dari 6 produk meliputi:

  • Cooling and Brightening Face Wash - sabun cuci muka yang lembut dan melembabkan
  • Refreshing Hair and Body Wash - sabun 2in1 yang bisa digunakan sebagai sampo maupun sabun badan
  • Comforting Anti Perspirant Deodorant - deodoran yang mudah meresap untuk mengurangi keringat dan bau badan
  • Complete Protection Face and Body Sunscreen Moisturizer - produk sunscreen yang bisa digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV, seperti wajah dan tangan
  • Multipurpose Moisturizing Balm - untuk menjaga kelembaban bibir, bisa digunakan sata bibir pecah-pecah
  • Zamzam Spray Bottle - botol spray kosong untuk diisi air zamzam

3. Saafar

skincare saafar

Saafar merupakan salah satu merek skincare lokal yang khusus memproduksi produk perawatan untuk umroh atau haji. Produk-produk ini bisa dibeli di official marketplace Saafar, baik secara terpisah maupun paket bundling. Untuk Bundle Paket Haji & Umroh seharga Rp 185 ribu, Saafar menawarkan 4 rangkaian (free pouch, botol spray zamzam dan booklet pemakaian).

  • 3in1 Face Body and Hair - pembersih all in one yang bisa digunakan untuk tubuh, wajah dan rambut
  • Moisturizer - pelembab yang mampu menjaga skin barrier dalam cuaca ekstrem
  • Sunscreen - tabir surya SPF 30 PA+++ yang memberikan proteksi dari sinar UV dan mampu menenangkan kulit yang kemerahan
  • Deodorant Spray - berfungsi untuk mencegah keringat dan bau badan berlebih saat aktivitas ibadah di tengah cuaca panas

4. Mazaya Paket Haji & Umroh

mazaya paket haji dan umroh

Produk lokal satu ini juga cocok menjadi pilihan karena harganya yang super affordable, hanya Rp 140 ribu, dan rangkaiannya lengkap. Mazaya melengkapi ibadah haji dan umroh dengan perawatan kulit yang berkualitas, diformulasikan khusus berdasarkan penelitian terhadap kebutuhan perawatan selama ibadah di Tanah Suci. Dijamin halal, bersertifikasi BPOM, non alcohol dan non perfumed. Setiap pembelian paket ini free pouch cantik dan terdiri dari 5 produk.

  • Facial Wash - sabun khusus wajah yang lembu
  • Moisturizer + Sunscreen - pelembab untuk wajah yang sudah dilengkapi dengan sunscreen, sehingga tidak hanya menjaga kelembaban kulit tapi juga melindungi kulit dari sinar UV
  • Body & Hair Wash - sabun 2in1 yang bisa digunakan untuk rambut dan badan
  • Body Lotion + Sunscreen - pelembab untuk diaplikasikan pada tangan, siku, tumit, kaki dan lutut yang melembabkan, serta melindungi kulit dari terik sinar matahari
  • Lip Balm - untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah

5. Miqot Travel Kit

skincare miqot

Sesuai namanya, skincare ini dijamin tidak mengandung pewangi tambahan dan alkohol, sehingga aman digunakan baik sebelum maupun sesudah miqat (berihram di miqat) tanpa khawatir melanggar syarat sah ihram. Miqat Travel Kit didesain dengan ukuran yang ringkas dibawa traveling. Satu setnya terdiri dari 4 jenis produk dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 200 ribu.

  • Hair & Body Wash - mengandung collagen yang melembabkan, bisa digunakan untuk membersihkan rambut maupun badan secara menyeluruh
  • Body Lotion - mengandung aloe vera dan UV filter yang mampu menjaga kelembaban tubuh dan melindungi kulit dari sinar matahari
  • Deodorant Spray - mengurangi keringat dan mencegah bau badan
  • Day Cream with Sunscreen - dengan SPF 30 yang mengandung Vitamin B3 serta Olive Oil yang mampu melindungi wajah dari terik sinar matahari

Selain itu, setiap pembelian Miqot Travel Kit kita akan mendapatkan free pouch, botol spray untuk diisi zamzam dan handsanitizer.

Referensi

  1. Hukum Memakai Skincare Saat Ihram ketika Cuaca Panas - islam.nu.or.id/syariah/hukum-memakai-skin-care-saat-ihram-ketika-cuaca-panas-OaNw9
  2. Perlukah Pakai Skincare Saat Umroh? Ini 5 Produk yang Bisa Kamu Bawa - https://editorial.femaledaily.com/blog/2023/02/15/perlukah-pakai-skincare-saat-umroh-ini-5-produk-yang-bisa-kamu-bawa

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

2 comments

  1. beberapa nama brand di atas ada yang baru aku tau mbak
    dan sebagian besar harga untuk satu setnya terjangkau banget ini
    memang skincare ini perlu juga untuk dibawa ya, mengingat cuaca di Arab Saudi juga dominan kering gitu, dan bisa bikin kulit jadi kering atau terasa nggak nyaman, jadi juga butuh asupan vitamin dari skincare dan juga rajin minum air putih

    ReplyDelete
  2. Kalau umroh saat musim panas, paling rekomendasi skincare basis air. Bjar lebih melembabkan ya mb

    ReplyDelete

Post a Comment