admasyitoh.com

Resep Mochi Lembut dan Enak, Bisa Jadi Ide Jualan!

12 comments

resep mochi lembut

Untuk pertama kalinya, finally aku bisa makan mochi tanpa beli alias bikin sendiri. Alhamdulillah, thanks to Blogspedia Community yang sudah menyelenggarakan event Bikin Mochi Bareng tanggal 26 Mei 2024 kemarin.

Kayaknya kalau nggak gara-gara ikutan event ini aku nggak bakal bikin mochi sendiri, lebih milih beli aja. Padahal cara buatnya simpel dan praktis, yeorobun. Bahkan nggak perlu mixer dan oven. Aku aja yang selama ini udah pesimis duluan, karena aku kira bikinnya ribet.

Bikin Mochi Bareng Blogspedia ini dipandu oleh Kang Ugi, salah satu bloger sekaligus pelaku usaha yang menekuni bidang kuliner utamanya kue dan roti. Resepnya insyaAllah gampang dan anti gagal kok. Selain disukai anak-anak, mochi ini juga bisa banget jadi ide jualan. Oke, langsung aja lah ya, ini dia resepnya…

Resep Mochi Lembut dan Simpel

Satu resep mochi ini bisa menghasilkan sekitar 20 pcs mochi. Kalau mau bikin banyak, bisa dihitung kelipatannya ya! Bahan-bahannya mudah dicari, cara buatnya gampang, rasanya kenyal dan enak, nggak heran sih kalo mochi ini banyak fansnya dari kalangan anak-anak sampai emak-emak.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 230 gr tepung beras ketan
  • 25 gr tepung maizena
  • 75 gr gula pasir
  • 1 sdm minyak sayur
  • ½ sdt garam
  • 65 ml santan instan yang ditambah air sampai jadi 300 ml (bisa diganti susu 300 ml)
  • Pasta pandan atau pewarna makanan (bisa di-skip)
  • 100 gr tepung sagu yang disangrai bersama daun pandan (biar wangi), kalau tidak ada bisa diganti tepung tapioka atau maizena
  • Coklat filling sesuai selera (aku ganti peanut butter, stroberi dan choco chips karena di rumah lagi nggak ada coklat filling)

Peralatan yang perlu disiapkan:

  • Wadah untuk membuat adonan
  • Whisk atau pengocok adonan
  • Saringan
  • Cetakan mochi (kalau tidak punya bisa diganti cetakan kue biasa, atau loyang besar juga gapapa, atau mangkuk yang tahan panas)
  • Panci kukusan

Cara Membuat Mochi

cara membuat mochi

Nah, sambil menunggu adonan mochi jadi, panaskan dulu panci kukusannya. Jadi ketika adonan sudah siap, kukusan sudah panas, adonan pun bisa langsung dimasukkan. Jangan lupa, tutup pancinya dilapisi serbet atau kain bersih ya, gunanya agar uap air tidak turun ke adonan mochi.

Cara membuat mochi lembu dan simpel:

  1. Campur tepung ketan, maizena, gula dan garam sampai rata dengan spatula
  2. Masukkan santan secara bertahap, sedikit demi sedikit sampai habis, sambil terus diaduk dengan whisk
  3. Setelah adonan tercampur rata, masukkan minyak sayur, aduk lagi sampai tercampur
  4. Saring adonan agar benar-benar halus dan tidak ada yang menggerindil
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan mochi atau loyang yang sudah diolesi minyak
  6. Kukus selama 20 menit dengan api sedang (pas 20 menit ya, nggak kurang dan nggak lebih)
  7. Setelah matang (20 menit udah yakin deh matang), keluarkan mochi dari dalam kukusan, biarkan sampai tidak terlalu panas yah kira-kira 5 menit lah
  8. Setelah resting, keluarkan kulit mochi dari cetakan lalu letakkan di atas tepung sagu
  9. Tekan-tekan kulit mochi supaya lentur, lalu isi dengan bahan filling sesuai selera
  10. Selanjutnya, tutup mochi dengan cara menyatukan bagian pinggirnya ke tengah, lalu tekan hingga menutup isian dengan sempurna
  11. Gulingkan mochi di atas tepung sagu, supaya tidak lengket dan lebih awet
  12. Taraaa! Mochi siap disantap…

Summary

Gimana? Gampang banget kan ternyata bikin mochi? Dan lumayan cepet, yeorobun. Yang agak lama mungkin di bagian ngisi filling-nya. But, so far, buatku yang pemula dan tangannya kaku alias jarang bebikinan kue ini, bikin mochi ternyata cukup menyenangkan dan tidak menguji kesabaran kok, hehe.

Hasilnya? Alhamdulillah, endulita! Orang rumah semua bilang enak dan mengenyangkan. Paling favorit di rumah sih yang isi stroberi. Yang isi peanut butter dan choco chips kurang favorit, karena cuma aku yang doyan peanut butter. Kalau isiannya stroberi dan coklat filling kayaknya lebih favorable ya, terutama buat anak-anak. Lumayan bisa jadi salah satu ide cemilan sehat.

Sayangnya, aku nggak sempat moto-moto hasilnya nih. Belum difoto udah keburu dicomotin hehe. Berarti approved dong ya, walaupun visualnya mirip klepon—salah satu jajanan tradisional dari tepung ketan juga—gara-gara aku kasih pasta pandan! Next time, pengen nyoba bikin mochi yang isi stroberi dan coklat filling, atau diisi es krim biar kayak es krim A*ce—kalau enggak mager, hihi. So, sudah siap nyoba resep mochi lembut dan kenyal ini? Yuk, share di kolom komentar.

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

12 comments

  1. MasyaAllah, sudah terbit artikelnya. Saya penasaran juga ingin bikin yang isi es krim. Pasti challenging sekali membentuknya ya.

    ReplyDelete
  2. Wah jadi pingin segera mencoba..tapi bahan-bahan tidak ada drumah jadi belum.bisa eksekusi

    ReplyDelete
  3. Wah rasanya pasti enak ini. Itu yg stobery diisi selai ya mbak?
    Kalau saya ngga bakat bikin kue-kue gini hehehe

    ReplyDelete
  4. Weh sayang banget kemarin aku nggak ikutan event bikin mochi huhuhu..sayang banget nggak ada rekamannya hiks. Aku masih belum kebayang masukin cetakannya ini. Anakku suka bangettt.. kayaknya aku harus menerapkan prinsip ekonomi buat si mochi hihi

    ReplyDelete
  5. Mochi kue favoritku dari kecil. Kalau kemana-mana yang selalu aku beli juga mochi. Sekarang mah bikin aja yaa gampang banget sih kalau baca ini, gak tau prakteknya haha. Aku masih belum nyoba juga nih masih mengumpulkan niat 🤣

    ReplyDelete
  6. Wah belum sempet nyoba resepnya nih. Bocil-bocil di rumah pada suka mochi semua padahal. Pengen buat yang stoberi biar kayak yang di Jepang tapi disini mana ada stroberi wkwkwk.

    ReplyDelete
  7. Kemarin blm sempet ikutan eventnya.. tp penasaran mau bikin jg, mau lengkapin bahan2 nya dulu ah di rumah...

    ReplyDelete
  8. Sayang sekali waktu itu nggak ikutan cooking class ini. Padahal mochi tuh salah satu makanan favoritku, kenyal-kenyal gimana gitu. Terima kasih resepnya, Mbak. Lain kali dicoba, deh. Eh, Mbak, aku belum kebayang yang adonannya itu ditaruh di wadah besar atau kecil?

    ReplyDelete
  9. Wah sudah jadi nih cerita tentang mochi, aku belum buat nih, mau ikutan buat juga, semoga minggu ini bisa segera buat, endul banget ya sepertinya

    ReplyDelete
  10. Pas kemarin event bikin mochi di blogspedia sayang banget ga bisa ikutan karena berbarengan dengan seremonial kelulusan di pesantren. Eh, Alhamdulillah ternyata ada ulasan lengkapnya di sini.
    Padahal lahir di kota yang dijuluki kota mochi, tapi baru kali ini tau resep cara membuatnya.. kocak memang

    ReplyDelete
  11. Aku suka banget dengan mochi, ku kira bikinnya syulittt banget...ternyata setelah baca langkahnya bisa diikuti di rumah smga tidak mager heheehee, dikasih stroberi yg dtanam tambah mantull mba al plus kasih coklat..aaaa pgen lgsg ikut makan aja hahaha

    ReplyDelete
  12. Wah kayaknya seru Mbak. Simpen dulu resepnya.. kapan kapan dicoba

    ReplyDelete

Post a Comment