admasyitoh.com

Lonsdaleite in Jakarta, Baekhyun Bikin Fans Se-Indonesia Makin Cinta

6 comments

lonsdaleite in jakarta

Sejak pertama kali diumumkan awal tahun 2024 lalu, Lonsdaleite ini memang bikin aku tantrum, yeorobun. Orang-orang yang konseran, aku yang PCD, saking tantrumnya. Itu lo, Post Concert Depression, jadi melankolis sedih banget kayak merasa kehilangan—biasanya dialami kalau habis nonton konser yang sudah benar-benar ditunggu-tunggu. Jadi walaupun konsernya sudah berlalu, tapi vibes-nya masih belum hilang, bahkan sudah kangen kepada si artis yang konser.

Jangan salah, jenis depresi ini banyak lo yang mengalami, terutama penggemar KPOP. Wong yang nggak ikut nonton konser langsung aja bisa ikut merasakan melownya kok. Ya kayak aku sekarang. Ceritanya kemarin, tanggal 1-2 Juni 2023, Baekhyun EXO habis konser solo di Jakarta bertajuk Lonsdaleite. Seru banget! Aku yang cuma bisa memantau dari fancam-fancam EXO-L (sebutan untuk fans EXO) yang di venue, auto mewek karena nggak bisa lihat langsung. Iya.. Iyaa.. Aku lebay. Aku iri dan aku bilang ya :”)

Lonsdaleite Konser Solo Asia Baekhyun yang Pertama

Lonsdaleite adalah tur konser Asia Baekhyun yang pertama sebagai solois. Jadi di konser ini dia nggak bareng-bareng sama member EXO yang lain, yeorobun. Bener-bener sendirian di atas stage. Konser ini pertama kali diumumkan pada Februari 2024. Rangkaian tur ini diawali di Seoul, Korea Selatan pada 16-17 Maret 2024. Berikutnya Baekhyun melakukan serangkaian konser ke berbagai negara seperti Jepang (beberapa kota), Vietnam, Filipina, Thailand, Singapura, termasuk Indonesia.

Kalau lihat dari tajuknya emang atraktif dan sebagai yang ngaku-ngaku orang kimia aku langsung kepikiran batu mineral. FYI, lonsdaleite adalah salah satu jenis kristal karbon yang mirip seperti diamond (berlian) tapi punya struktur yang lebih rumit. Begitu tahu tajuknya Lonsdaleite, yang ada di pikiranku adalah konsernya nanti bakalan pecah, mewah dan gemerlap banget. Dan, emang nggak salah dong!

Konsep Matang dan Grande

Ke-grande-an Lonsdaleite begitu terasa nyata pada konsep konser solo yang Baekhyun usung, mulai dari stage, lighting, kostum hingga setlist lagu yang dibawakan. Benar-benar mewah, visual memanjakan mata, disempurnakan dengan suara Baekhyun yang sungguh memanjakan telinga.

Begitulah kira-kira kalau dideskripsikan secara singkat. Ini menurutku tidak berlebihan, yeorobun. Karena kalau melihat fancam-fancam EXO-L di lokasi, vibes-nya terasa nyata banget ke penonton yang cuma memantau dari sosial media. Nggak heran juga kalau banyak yang kena PCD pasca konsernya Baekhyun.

Total ada 20 lagu yang dibawakan, termasuk lagunya Diamond dari EXO. Jadi si Diamond ini tuh lagu grup EXO, tapi Baekhyun 'pinjam' buat ditampilkan sebagai opening stage konsernya. Is it okay? Of course! It's very okay! Justru fans malah seneng karena itu menunjukkan kalau Baekhyun masih membawa identitas EXO walaupun dia sudah sukses banget lah sebagai soloist. Bahkan Baekhyun sendiri sebetulnya punya lagu solo dengan judul yang sama, tapi dia lebih memilih lagu Diamond-EXO untuk ditampilkan sebagai opening stage, bukan Diamond-Baekhyun atau Diamond-EXO CBX.

Selain Diamond-EXO, Baekhyun juga membawakan Heartsteel (Paranoia), lagu kebangsaan resmi League of Legends. Walaupun bukan bagian dari album solonya, tapi banyak fans yang menyukai penampilan Baekhyun membawakan lagu ini saat opening ceremony turnamen internasional LoL. That’s why, dia akhirnya memutuskan untuk menampilkan lagu ini juga di konser solonya.

Keseruan Lonsdaleite di Jakarta

Di Indonesia sendiri, Baekhyun menggelar konser selama dua hari, tanggal 1-2 Juni 2024 di Jakarta tepatnya di ICE BSD City. Overall, konsernya berjalan lancar, tidak ada kerusuhan, yah walaupun katanya sempat ada yang pingsan karena memang sumuk udaranya, banyak banget yang nonton tapi hall-nya kurang besar. Mungkin ini bisa jadi evaluasi tersendiri bagi Applewood selaku promotor.

Jangan tanya jumlah penontonnya di Jakarta kemarin ya, yang jelas banyak, belasan ribu. Selain membawakan lagu, Baekhyun juga sempat digodain fans dengan pura-pura tidak hafal fanchant. Lucu, nggemesin banget lihat reaksinya Baekhyun. Dia juga ikut yang lagi trending nih dengan ngucapin kalimat ‘menyala abangkuh’. Terasa semakin melokal ya, hihi. Makin sering ke Indonesia, makin banyak kosakata bahasa Indonesia yang dia kuasai. Yah, siapa sih yang nggak makin sayang? EXO-L pasti makin ambyar dibuatnya.

FYI, Baekhyun sendiri adalah brand ambassador Allo Bank. Dan, bersama seluruh member EXO, Baekhyun juga masih menjadi brand ambassador merek skincare terkenal, Scarlett. Konser kali ini memang bukan kali pertama Baekhyun ke Indonesia. Tetapi itu tidak mengurangi antusiasme fans untuk tetap menyaksikan konser. Sebab, Lonsdaleite adalah konser offline pertama Baekhyun sebagai soloist yang sudah 12 tahun berkarir di dunia KPOP.

Dalam 12 tahun karirnya, Baekhyun sudah mengalami 4 kali debut yaitu tahun 2012 sebagai member EXO, tahun 2016 sebagai sub-unit EXO CBX, tahun 2019 sebagai member SuperM dan debut solo. Banyak penghargaan telah diraih, seperti Best Male Artist tahun 2021, hingga double million seller karena sudah dua kali albumnya terjual lebih dari 1 juta copy di seluruh dunia yaitu album Delight dan Bambi. Wahh, daebak!!

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

6 comments

  1. Selintas pas baca tadi, kirain Baekhyun konser di Solo :') Sudah berani, ya, tampil tanpa member lain. Jadi, ini Ayang Baekhyun atau Ayang Rowoon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk gini nih kalo biasnya bejibun. Tetep ayangnya rowoon mbak, tapi sementara balik dulu ke ultimate bias, baekhyun depyonim si paling cemburu kalo exol oleng2 ke cowo lain haha

      Delete
  2. Wah seru banget ini pasti konsernya. Aku bukan penggemar K-Pop tapi suka ikutan histeris kalau sepupu atau keponakan pada nonton K-Pop di Youtube hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu juga begitu mbak, awalnya cuma liat temen yang nontonin kpop di laptop. Mereka histeris, aku ikut histeris. Mereka heboh, aku ikut heboh. Akhirnya malah aku yang terjerumus paling dalam :")

      Delete
  3. Hampir lupa kalau aku tuh EXO-L, lebih tepatnya waktu kuliah dan itupun karena temen-temen yang nyebar virusnya. Haha ... But, sampai sekarang masih suka kok walau nggak terlalu mantengin banget. Baca ini udah mengembalikan ingatanku tentang masa-masa jadi K-popers. Makasih ya Kak, jadi seolah ikut konsernya Baekhyun aku nih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya? EXO-L juga kak? Wahh seneng deh ketemu sesama EXOL juga. Saranghaja!! :D

      Member semua lagi sibuk konser solo masing2 kak. Meringis ini dompet, mereka dateng ke Indo sendiri2, wkwk. Katanya we are one, tapi mereka datengnya we are one by one. Tapi gapapa aku tetep sayang sama mereka :")

      Delete

Post a Comment