admasyitoh.com

Rekomendasi Playlist EXO: Energetic and Cheerful, Bikin Kamu Semangat Lagi!

37 comments
EXO dengan anggota lengkap (Photo: Instagram real__pcy) 

Kamu hobi dengerin musik? Lagu apa yang biasanya kamu dengarkan? Atau, barangkali kamu lagi low motivation? Bad mood dan jenuh dengan rutinitas keseharianmu? Butuh asupan semangat? Kalau ya, berarti kamu beruntung nemu tulisan ini! Saya akan memberi rekomendasi musik atau lagu yang bisa bikin mood dan semangatmu balik lagi. Catat baik-baik, ya!

Bagi sebagian orang, mendengarkan lagu bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mengobati kegalauan dan mengusir kejenuhan. Saya termasuk golongan tersebut. Nggak perlu menunggu galau atau jenuh, kalau saya sih hampir tiap hari dengerin musik.

Musik apa? Tergantung mood. Random! Kadang western pop, kadang lagu-lagu Maher Zain. Kadang juga lagu KPOP, terutama lagu-lagunya EXO. Itu lho, salah satu boyband asal Korea Selatan. Sudah terkenal kok. Tahu nggak? Atau tahunya grup yang lain? Tidak perlu saya sebut lah nama grupnya, biar nggak memancing war antar fandom. 

Well, buat yang belum tahu EXO, saya kasih informasi sedikit. EXO adalah salah satu boyband atau boygroup asal Korea Selatan, yang beranggotakan sembilan orang. Leader-nya bernama Kim Junmyeon a.k.a Suho. Sedangkan anggotanya terdiri dari Xiumin (Kim Minseok), Lay (Zhang Yixing), Baekhyun (Byun Baek Hyun), Chen (Kim Jongdae), Chanyeol (Park Chan Yeol), D.O (Do Kyung Soo), Kai (Kim Jong In) dan Sehun (Oh Se Hun). 

EXO pertama kali debut tahun 2012. Jadi mereka termasuk KPOP generasi kedua, nih. Sejak awal debut hingga saat ini EXO berada di bawah naungan SM Entertainment yang didirikan oleh Lee So Man. Sampai sekarang EXO sudah sering memenangkan berbagai macam penghargaan, termasuk pemenang Daesang! Sudah ratusan piala yang dipajang di etalase EXO. 

Nggak cuma visual member-membernya yang tampan dan aduhai, EXO merupakan grup untuk sekumpulan bakat luar biasa. Tidak heran jika EXO dijuluki sebagai Nation's Pick oleh warga Korea Selatan sendiri. 

Oiya, EXO juga diberi gelar Sextuple Million Seller. Sebab, album-albumnya selalu terjual lebih dari satu juta copy di seluruh dunia. Mereka selalu mengalahkan rekornya sendiri dengan enam kali menjadi million seller album. 

EXO sudah menggelar lima kali tour konser. Dan tiket konsernya selalu terjual habis dalam hitungan detik! Cuma butuh 0,3 detik bagi EXO untuk membuat seluruh tiket konser terjual habis. Situs penjualan tiket dibuka, langsung bersih. Kebayang nggak tuh? Baru kedip doang, udah lenyap tiketnya. 

Selain itu, EXO juga membuat sub unit grup untuk beberapa membernya. Ada EXO-CBX yang beranggotakan Chen, Baekhyun dan Xiumin. Serta EXO-SC yang beranggotakan Sehun dan Chanyeol. Para membernya juga aktif merilis single dan album solo. Lay menjadi member pertama yang merilis solo album. Diikuti oleh Chen, Baekhyun, Suho, Chanyeol, D.O dan Kai. 

Nah, saking berbakatnya, semua genre musik sudah dijajal oleh EXO. Inilah yang membuat EXO unik dan berbeda dengan grup-grup lain. Kebanyakan grup selalu membawakan genre KPOP tertentu yang menjadi ciri khas mereka. EXO selalu mencoba hal baru setiap mereka comeback. Keren 'kan?

Di dunia akting, beberapa member EXO juga sudah membintangi berbagai judul film dan drama. Yang terkenal ada D.O, yang bermain di film seri Along With The Gods. Seri ini selalu masuk jajaran box office movies di setiap perilisannya. Drama-drama yang dibintanginya juga selalu populer. Termasuk drama 100 Days My Prince yang tayang di saluran tvN beberapa tahun lalu. 

Anggota tertuanya, yaitu Xiumin, menjadi cast film Kim Seondal bersama Yoo Seung Ho beberapa tahun silam. Baekhyun juga sempat membintangi drama Moonlovers: Scarlet Heart Ryeo. Sementara Kai, Suho, Chanyeol dan Sehun sudah beberapa kali bermain dalam drama. Yang terbaru ada Now We Are Breaking Up, di mana Sehun beradu akting dengan aktris kenamaan Song Hye Kyo dan aktor Jang Kiyong. Sedangkan Lay, satu-satunya member asal Tiongkok, sudah menjadi langganan film dan drama di Negeri Tirai Bambu. 

Sayangnya, untuk saat ini EXO lagi hiatus, guys! EXO-L (sebutan untuk fandom EXO), seperti saya, harus bersabar dan menahan rindu untuk melihat mereka tampil bersama-sama lagi. Karena sebagian membernya masih wamil (wajib militer), aktivitas grup untuk sementara jadi sepi. 

Meski demikian, fans tetap bisa berjumpa dengan member-member yang aktif solo karir. Seperti Kai dan Sehun, yang sering kali menyapa penggemar melalui siaran live di akun Instagram masing-masing. Sedangkan Lay selalu memberi kabar tentang dirinya dan aktivitasnya di Tiongkok melalui sosial media Weibo dan Instagram. 

Kabar dari Xiumin dan D.O, yang lebih dulu wamil, juga masih bisa dijumpai di akun sosial media resmi EXO. Nah, yang paling membahagiakan hari ini, 13 Februari 2022, Suho resmi menyelesaikan wamilnya! Yeay!! Welcome home, Our Guardian! 

Baiklah, untuk mengobati kerinduan pada EXO, nggak ada salahnya kita dengarkan lagu-lagu mereka. Rekomendasi lagu-lagu EXO di bawah ini wajib banget masuk playlist kamu! Kenapa harus EXO? Yah, simpel. Karena saya suka EXO. Bukan berarti saya benci dengan grup lain... Bukan! Nggak gitu konsepnya. Tetapi cuma EXO yang paling memenuhi kriteria selera dan preferensi saya sebagai penikmat musik.

Sejujurnya saya agak susah nih, memilih mana yang harus saya rekomendasikan. Lebih-lebih bagi orang awam KPOP. Karena bagi saya semua lagu EXO, semua albumnya, bagus dan unik. Tetapi, saya akan mencoba memilih lagu dengan irama yang bersemangat, easy listening dan cocok untuk siapa saja, meski bukan fans KPOP. Alright, let's check these out!

1. Power (Remix Elyxion Version) 

Yang pertama saya merekomendasikan Power, terutama yang versi remix dari konser Exoplanet 4: The Elyxion. Lagu ini adalah bagian dari album keempat EXO yaitu The War: The Power of Music yang dirilis 5 September 2017 silam. Bergenre pop, complextro dan EDM, lagu ini diproduseri oleh LDN Noise yang memang sering menggarap proyek-proyek EXO dan artis SM Entertainment lainnya. 

Lagu Power menjadi lagu Asia pertama, khususnya KPOP, yang diputar di Dubai Fountain, UEA. Saat itu, EXO diundang secara langsung oleh pihak Burj Khalifa untuk menyaksikan momen bersejarah ini. Inilah kebanggaan pertama bagi para member EXO dan EXO-L untuk lagu Power. Tidak semua penyanyi bisa ditampilkan di Dubai Fountain. Tetapi EXO membuktikan kapasitasnya sebagai globar singer yang patut diacungi jempol. 

Lagu Power bergema di Dubai Fountain (Photo: Instagram real__pcy) 

Selain itu, kamu tahu nggak lagu Power ini juga bergema di final FIFA tahun 2018 sebagai musik latar? Peristiwa ini sempat trending di Twitter kala itu. Sebab, official account Twitter @FIFAWorldCup mengadakan polling untuk memilih lagu yang akan diputar di stadion pada perhelatan final Piala Dunia. Dari polling tersebut hasilnya EXO mendapat perolehan suara paling banyak. 

Pada upacara penutupan Pyeongchang Winter Olympic di awal tahun yang sama, EXO diberi kehormatan untuk menampilkan Power secara langsung di depan mata dunia. Karena prestasi ini EXO banjir pujian dari berbagai media internasional. 

EXO bersiap tampil di Closing Ceremony Pyeongchang Winter Olympic (Sumber: Instagram weareoneEXO) 

Power memiliki irama yang ceria dan bersemangat. Sehingga sangat cocok dijadikan lagu tema untuk event olahraga atau kompetisi lainnya seperti FIFA dan Olimpiade. Versi remixnya terutama. Asik deh pokoknya! Bisa bikin semangat lagi kalau lagi lesu atau bosan dengan rutinitas harianmu. 

Di bawah ini adalah cuplikan video konser Exoplanet 4: The Elyxion di Jepang. Kamu bisa merasakan sendiri gimana serunya. Kalau saya bilang sih ini nonton konser rasa nonton bola di stadion! Vibes-nya tuh Piala Dunia banget! Di video ini ada dua lagu ya, yang pertama adalah potongan lagu Drop That (remix) dan langsung disambung lagu kedua yaitu Power (remix) full version.

2. Lightsaber

Logo Lightsaber (Sumber: Wikipedia) 

Lagu ini merupakan proyek kolaborasi SM Entertainment dengan Walt Disney, untuk promosi film Star Wars: The Force Awakens di Korea Selatan. Versi bahasa Koreanya dirilis oleh SM pada 11 November 2015. Kemudian pada 17 Desember 2015, melalui studio Avex Trax, EXO merilis Lightsaber versi bahasa Jepang. 

Sama seperti lagu sebelumnya, lagu ini diproduseri oleh LDN Noise. Nah yang bikin istimewa, Chanyeol ikut berpartisipasi dalam proses penulisan liriknya lho! Lagu ini ada dalam bagian album Sing For You, yaitu salah satu spesial winter album EXO. 

Saya sendiri lebih suka Lightsaber versi Jepang, apalagi yang ditampilkan ketika konser Exoplanet 3: The Exordium. Tetapi, baik versi Korea maupun Jepang sama-sama bagus kok. Cuma untuk versi konser Exordium di Jepang, penampilan mereka benar-benar luar biasa. Saya hampir nggak bisa kedip dan berdecak kagum melihat video mereka. 

Lagunya bergenre pop-EDM dengan nuansa khas film Star Wars. Pada konser Exordium, para member membawa semacam tongkat cahaya ketika menampilkannya. Vokal dan tarian yang menawan para member membuat saya semakin jatuh cinta dengan EXO. Ditambah lagi tata panggung yang totalitas, mereka jadi semakin keren. Coba cek video di bawah ini, kalau kamu tidak percaya! For better experience, try to choose video play minimum 720p.

3. Growl

Lagu yang ini dirilis pada 5 Agustus 2013 sebagai bagian dari album dengan nama yang sama. Lagu ini langsung populer di Korea Selatan begitu dirilis. Semua segmen masyarakat kenal lagu satu ini. Mulai anak-anak hingga orang tua. Karena lagu ini pula EXO menjadi semakin dikenal masyarakat sejak debutnya, sehingga disebut-sebut sebagai lagu terobosan EXO. 

Sejak pertama kali diluncurkan hingga tahun 2015, Growl telah terjual lebih dari 2 juta copy di seluruh dunia, menurut data yang direkam oleh Gaon. Lagu ini bergenre pop, hip-hop dan R&B. Koreografinya sangat unik dan khas, sehingga sering dicover oleh grup-grup lain.

Nah, uniknya MV Growl disyuting secara one-take lho! Cuma satu kali shoot atau pengambilan gambar. Artinya, di lokasi itu, saat itu mereka tampil, saat itu pula direkam dan hasil rekaman itulah yang diupload di YouTube SM Entertainment. Tanpa diubah atau diedit macam-macam. Keren 'kan? Bisa dicek sendiri di video YouTube di bawah ini, ya! 

Pada penutupan Pyeongchang Winter Olympic, EXO juga menampilkan versi remix lagu ini bersama dengan lagu Power. Tentu saja ini menjadi momen legend dan prestasi yang sangat membanggakan, tidak hanya bagi member tetapi juga para penggemar di seluruh dunia. 

Well, di bawah ini adalah video original MV Growl dan Growl (remix) yang EXO tampilkan pada closing ceremony Pyeongchang Winter Olympics tahun 2018.

4. Kokobop

Logo album The War dan Kokobop (Sumber:Wikipedia)

Merupakan lagu utama dari album EXO The War yang dirilis pada 18 Juli 2017. Chen, Chanyeol dan Baekhyun turut terlibat dalam penulisan lirik lagu ini. Kokobop bergenre pop, raege dan EDM dengan irama yang asik dan easy listening

Lagu EXO memang selalu menjadi trending topic YouTube di berbagai negara pada hari pertama perilisannya. Tetapi lagu yang satu ini beda. Bukan cuma fans KPOP, non fans KPOP pun juga menyukai lagu ini. Termasuk di Indonesia. 

Buktinya, lagu Kokobop sangat sering diputar di berbagai tempat seperti radio, mall, minimarket, cafe dan berbagai sarana umum lainnya. Nggak heran, karena lagu ini memang mudah sekali diterima bahkan di telinga orang awam KPOP sekalipun. 

Kokobop diproduseri oleh Styalz Fuego. Dalam wawancaranya dengan Billboard, sang produser mengatakan Kokobop awalnya ditargetkan untuk grup idol cewek SM yaitu Red Velvet. Sebab di dalam lagu ini bertaburan nada-nada tinggi yang biasanya tidak mudah dijangkau oleh penyanyi pria. 

Namun ternyata EXO mampu membawakan lagu ini dengan sangat baik dan langsung menjadi trending topik di berbagai penjuru dunia. So, jangan sampai lagu ini nggak masuk playlist kamu ya! 

5. Eldorado

Logo album Exodus (Image: Wikipedia)

Honestly, lagu ini adalah cinta pertama saya pada EXO. Eldorado adalah lagu yang pertama kali membuat saya tergila-gila dengan EXO. Lagu ini merupakan bagian dari album kedua EXO yang berjudul Exodus, yang dirilis pada 30 Maret 2015 silam. 

Sebagai pecinta sci-fi, saya nggak bisa menutup mata begitu saja dari lagu ini. Bergenre pop-dance, lagu ini berkisah tentang perjalanan para member untuk menemukan Eldorado, sebuah kota legendaris yang hilang. Yah, mirip kayak Atlantis lah. Dengan kekuatan super masing-masing member, mereka berjuang untuk mencapai Eldorado. 

Usut punya usut, Eldorado ini pertama kali dikenalkan pada teaser debut Chanyeol pada tahun 2012. Tetapi baru di tahun 2015 lagu ini rilis bersama Exodus. Karena bukan track utama album, tidak banyak informasi tentang lagu ini. Bahkan MV resminya pun tidak ada. Yang ada hanya MV teaser para membernya. Tetapi bukan berarti lagu ini nggak bagus. Bagus banget malah! 

Dalam tour konser mereka yang kedua yang bertajuk Exoplanet 2: The Exoluxion, EXO menampilkan Eldorado dengan konsep yang sangat epik. Mereka bernyanyi dan menari di atas panggung dengan latar gerbang emas yang seperti mengisyaratkan pintu masuk menuju dunia fantasi Eldorado. Ada pula para penari latar yang membawa bendera berkibar-kibar, yang mewakili para prajurit Eldorado. 

Soal irama lagunya jangan ditanya. Jelas bagus dong! Apalagi ada nada-nada tinggi yang fantastis di sana, yang mampu dibawakan oleh Baekhyun dan Chen dengan sangat luar biasa. 

6. Tempo

Logo album DMUMT (Sumber: Wikipedia) 

Lagu ini merupakan track utama dari album EXO yang bertajuk DMUMT. Apaan tuh? DMUMT adalah singkatan dari Don't Mess Up My Tempo. Album kelima EXO yang dirilis pada 2 November 2018.

Singkat cerita, sampai sekarang album ini adalah comeback full member EXO yang terakhir sebelum para membernya wamil dan beraktivitas solo. Bahkan Lay pun turut tampil di dalamnya, setelah selama dua tahun terakhir tidak bisa ikut berpartisipasi karena situasi politik antara Korea Selatan dan Cina, serta sibuk dengan karir solonya. 

Lagu ini bergenre pop-EDM dengan ritme yang enerjik. EXO tampil dengan konsep seperti pembalap motor. Gagah dan garang. Lengkap dengan properti motor balapnya. 

Nah, yang unik dari lagu ini adalah bagian bridging atau di tengah-tengah lagu. Semua instrumen musik berhenti. Alih-alih diiringi musik, para member menampilkan acapella yang sangat harmonis, smooth dan sopan sangat di telinga pendengar. Ini menunjukkan kualitas dan kemampuan vokal mereka yang tidak main-main. Yah, kalau urusan vokal, EXO memang nggak perlu diragukan lagi deh. Top markotop! Juara! 

Acapella ini adalah killing part dari lagu Tempo. Aransemen acapella seperti ini belum pernah ada di dunia KPOP sebelumnya. Belum ada grup yang berani menampilkan acapella di tengah-tengah lagu, apalagi untuk track utama album. Tetapi EXO mampu membawakannya dengan sangat bagus, sehingga tidak heran jika mereka menuai banyak pujian dari para vocal coach di berbagai negara. 

7. Don't Fight The Feeling (DFTF) 

Logo album DFTF (Sumber: Wikipedia) 

Lagu ini sekaligus menandai comeback EXO setelah hampir dua tahun hiatus atau setelah album keenam Obsession tahun 2019. Dirilis pada 7 Juni 2021 sebagai track utama dari album spesial dengan judul yang sama. 

Lagu DFTF bergenre pop-EDM dengan irama yang cheerful. Ditambah suara D.O dan Xiumin yang sudah lama dirindukan fans, setelah mereka wamil dua tahun lamanya. Lay juga ikut ambil bagian dalam comeback kali ini. Sayangnya, Suho dan Chen harus absen karena sudah berangkat untuk melaksanakan perintah negaranya (wamil) sebagai warga negara yang baik. Sedih ya, comeback EXO akhir-akhir ini nggak lengkap full member. 

Tapi, jangan salah... Meskipun comeback tanpa member lengkap, album EXO tetap terjual laris di pasaran. Album DFTF sendiri terjual 1,2 juta copy dalam waktu kurang dari satu bulan. Pencapaian ini mengalahkan rekor mereka sendiri dengan album Don't Mess Up My Tempo (2018) yang terjual sebanyak 1,1 juta copy. Daebak!! 

8. Electric Kiss

Lagu ini menjadi lagu utama (lead single) dalam album Countdown yang dirilis pada 31 Januari 2018. Countdown adalah album Jepang EXO yang pertama dan diluncurkan dengan label Avex Trax. 

Sebetulnya short version MV Electric Kiss sudah diunggah di YouTube SM Entertainment sejak Desember 2017. Dance practice lagunya dirilis pada 12 Januari 2018. Tetapi sampai saat ini penggemar tidak mendapatkan full length MV-nya. 

But, it's not a big deal baby! Pada konser Exoplanet 4: The Elyxion di Saitama (Jepang) lagu ini dibawakan secara penuh oleh EXO, dengan tata panggung dan kostum yang meriah. 

Lagu ini tidak dipromosikan di Korea Selatan. EXO tidak pernah menghadiri acara musik apapun untuk memasarkan lagu ini di Korea. Promosi mereka hanya dikhususkan di Jepang dan dilakukan sekali di acara TV show Sukkiri. 

Namun, Electric Kiss tetap berhasil menarik banyak perhatian penggemar maupun kritikus musik. Hal ini tak lain dikarenakan oleh irama musiknya yang asik dan funky, ditambah koreografi tingkat tinggi yang mereka tampilkan. 

Tidak sedikit koreografer yang mengamati dan mengakui bahwa koreografi lagu ini mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Dance-nya tidak mudah ditiru hanya dengan sekali lihat. Butuh banyak berlatih untuk bisa tampil ideal. Ritmenya cepat dan entah berapa banyak formasi berbeda yang harus EXO buat dalam lagu ini. Sinkron dan kompak, itulah kesan pertama yang saya dapat ketika menonton mereka. 

Well, karena menjadi bagian dari album Jepang, sudah pasti lagu Electric Kiss ini full berbahasa Jepang, ya! 

SUMMARY

Nah, itulah tadi rekomendasi lagu-lagu EXO yang wajib banget masuk playlist kamu! Bagaimana pendapatmu? Lagu mana yang paling kamu sukai? 

Selain karena iramanya yang cheerful dan enerjik, lagu-lagu di atas tergolong easy listening dan mudah diterima. Kamu akan dibuat kagum dengan vokal para member yang luar biasa. Harmonis dan sopan banget masuk telinga. 

Fans memang harus bersabar untuk menunggu penampilan EXO lengkap dengan seluruh anggotanya. Kewajiban negara dan aktivitas solo juga penting bagi para member. Tetapi, seperti yang selalu mereka katakan, "Mari saling mencintai untuk waktu yang lama!" Seperti itulah kesetiaan para fans menunggu mereka. We are one! Saranghaja! 

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

37 comments

  1. Keren banget kak tulisannya, aku gak terlalu suka kpop sih..tp tulisan kakak bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selera orang emang beda-beda. Aku dulu juga awalnya gak suka kpop, tapi karena suka nonton drakor, lama-lama kena juga virus kpopnya, hehe.. Makasih kak.

      Delete
  2. Wuih pecinta Oppa wajib hadir nih di post ini. Informatif banget n menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo oppa-oppa drakor beda sih dengan oppa-oppa idol, hehe. Makasih kak...

      Delete
  3. Wahh EXO mania... saya panggil adik lah yang suka KPOP :)))
    Informasinya lengkap dan detail!

    ReplyDelete
  4. Lagu-lagu paling cocok mengisi playlist untuk menemani perjalanan panjang dengan mobil pulang kampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, lagu-lagu di atas upbeat semua, jadi bikin nggak ngantuk kalo nyetir mobil hehe

      Delete
  5. Wahh bisa jadi referensi nih buat pecinta oppa dan ahjussi wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ta... Tapi.... Mereka belum ahjussi-ahjussi mbak, masih kelahiran 90an semua kok :"

      Delete
  6. jadi penasaran pingin denger, biasanya cuma denger campursari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mendengarkan kak, lumayan bisa jadi selingan biar nggak bosen hehe

      Delete
  7. Ini sebuah informasi yang bagus dan lengkap, hanya saja saya tidak begitu suka dengan boyband atau girlband dari Korea. Jika sedang menulis, saya malah lebih suka dengar musik klasik seperti Beethoven atau Mozart, dan sesekali lagu tahun 80-90 an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantaab.. Kabarnya musik klasik ini juga bagus untuk perkembangan kreativitas ya? Nice :)

      Delete
    2. Kalau saya lebih suka lagunya alm didi kempot. Atau opsi lain dangdut yang slow. Bawaannya itu adem, santai.

      Delete
  8. Salah satu personal EXO yang aku suka tu D.O karena kalau main drama suka bikin meleleh. Udah gitu lesung pipitnya bikin makin manis. Hehehe..
    Salah satu lagu exo yang sampai sekarang masih ada judulnya Just One Day, easy listening banget. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. D.O adalah bias sejuta umat :" Kalo aku ultimate biasnya Baekhyun sih mbak, soalnya paling suka suaranya Baekhyun, dan dia petakilan juga, sama kayak aku hehe.

      Just One Day itu lagunyaaaa bikin nyess, dan maknanya emang dalam banget buat EXOL :"

      Delete
  9. lengkap banget kak artikel tentang EXO ini, takjub deh, saya yang ga paham jadi ngeh wkwkwk, maapkeun ya sy ga terlalu ngeh korea, cuma tahu sekilas aja
    tadi klik link yang ada di artikel dan mendengarkan lagunya yang enerjik, wajar sih banyak yang suka
    thanks sharingnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak atas tanggapannya... Iya selera orang memang beda-beda sih ya, hehe. Kalo aku sebetulnya suka musik apapun, random, gak melulu lagunya EXO. Kadang masih dengering Alan Walker juga hehe.

      Delete
  10. Jujur saya bukan penggemar KPop, tapi saya suka sama gaya tulisannya yg rapi dan runut. Saya harus belajar sih sama blogger ini, termasuk blogger-blogger lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selera orang emang beda-beda sih ya, hehe. Sukanya genre apa nih?

      Anw, makasih atas tanggapannya.. Bikin aku jadi makin semangat nulis.

      Delete
  11. Jadi tau lagu lagu EXO yang lagi in, berkat ulasan kakaa ini, asiik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak... Semoga bisa jadi referensi baru, selingan playlist hehe

      Delete
  12. Jujur saya bukan fans K-pop, K-drama, or the like. Tapi saya sangat salut sama K-pop industry. Perjuangan untuk menjadi seorang K-pop idol itu luar biasa dan nggak main-main. Belum lagi kudu oplas kalo wajahnya dianggap nggak menjual. Dan setelah sekian banyak perjuangan dan pengorbanan itu, belum tentu sukses dan berhasil juga karena saingannya juga banyak banget.

    But anyway, the K-pop industry is a massive $5 Billion dollar industry. So, prok prok... salut deh sama all K-pop idol dan semua orang yang ada di balik layarnya. Mungkin suatu saat musti denger juga lagi-lagu K-pop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Absolutely agree! Bagaimana perjuangan mereka itu bener-bener luar biasa, trainee lama, belum tentu debut. Udah debut pun masih banyak kompetisinya.

      Btw, sebetulnya di beberapa agensi ada yang 'mengharamkan' oplas sih mbak buat idol-idolnya. Jadi mereka lebih ke dikasih treatment, kayak perawatan tubuh atau wajah, diet, dan semacamnya, tapi nggak sampe operasi...

      Delete
  13. Waah exo emang masih banyak penggemarnya sampai saat ini ya. Keren sih emang mereka, aku hapalnya sama Chanyeol aja palingan hihi Thanks ka sudah sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. EXOL ini salah satu fandom terbesar di KPOP sih menurutku mbak, walaupun ya masih ada juga yang lebih besar. Cuma aku bangga jadi EXOL tuh karena setia, solid, kuat. Udah melalui berbagai cobaan dari sejak EXO debut sampe sekarang... :"

      Chanyeol adalah bias sejuta umat, wkwk... Makasih yaa

      Delete
  14. Apakah.. ini... aku suka dengarkan musik hadroh. Ditempat saya sini ada grup hadroh tapi masih belajaran.. lumayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selera orang memang beda-beda sih bang. Aku juga suka hadroh kok, pas kuliah juga gabung di UKM banjari, ikut lomba juga.

      Btw, mana nih tulisan blognya yang bahas tentang hadroh?

      Delete
  15. artikelnya bagus, detail dan rapi bgt.. walau saya bukan penggemar K-Pop dan artis2nya.. hehee..
    tapi ulasan tentang musik ini sangat menarik dan menambah wawasan..

    mungkin mbak dan temen-temen perlu nih menambah referensi tentang apa itu pengertian musik modern dan beragam genrenya

    atau referensi lainnya tentang apa itu musik Pop beserta jenis-jenisnya


    terimakasih telah berbagi.. silahkan mampir ke blog saya tegaraya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas atas tanggapannya.. Karena musik itu luas banget, banyak genrenya. KPOP cuma sebagian kecil aja dari seni musik ini...

      Okay, cusss langsung ke blognya...

      Delete
  16. Lagu2 Korea memang lagi digandrungi kawula muda, Exo ini jg lagi naik daun babget ya, keren kaa...thanks sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayaknya semua akan meng-Hallyu pada waktunya. Hallyu wave, atau gelombang Korea, segala yang bau-bau Koreaan lagi mewabah di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri aja keliatan, fans boyband atau girlband buanyak. Sampe emak-emak juga gandrung Korea, iklan aja udah pake oppa-oppa semua :D

      Delete
  17. Jadi inget dulu pas SMP suka SUper Junior. Lucu juga ya kalo inget" masa lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Elf subaenim nih #sungkem :D
      Apalagi Suju, udah membernya semua lucu, pelawak yang berkedok idol, hehe

      Btw, Suju belum lama ini comeback lho.. Mulai aktif grup lagi. Kapan hari kan mereka fansign juga...

      Delete
  18. Aku bukan pecinta EXO tapi aku tahu si chanyeol dari acara variety show roomate. Bertalenta banget ini anak. Ada beberapa lagu yang beat-nya pun enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo Chanyeol itu emang multitalenta banget dia. Dia emang rapper di EXO, tapi vocalnya bagus juga, bisa pegang instrumen musik, nulis/ngarang lagu, dance, akting, udah banyak pokoknya...

      Delete

Post a Comment