admasyitoh.com

7 Keuntungan dan Manfaat Ikut Komunitas Blogger

2 comments

manfaat ikut komunitas blogger

Yeorobun, tidak terasa tahun ini sudah memasuki tahun ketiga aku mengasuh blog Sundries Journal ini. Selama tiga tahun itu banyak sekali yang terjadi dengan blog ini. Jatuh bangun, nyaris di ujung tanduk karena sempat berpikir tidak perpanjang domain, hiatus cukup lama, dan lain sebagainya. Beruntung aku punya teman-teman di komunitas blogger yang terus men-support secara langsung maupun tidak langsung. Ternyata keuntungan dan manfaat ikut komunitas blogger itu banyak lo.

Dulu blog ini dibuat karena main-main, supaya aku tidak jenuh karena rutinitas sebagai mama baru membuatku lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk mengasuh anak dan mengabdi kepada suami. Awalnya ngeblog masih sesempatnya dan suka-suka. Sekarang, kalau nggak ngeblog seperti aneh rasanya. Yah, walaupun tidak posting artikel setiap hari, tapi setidaknya jurnal digital ini masih menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Ketika membuat blog ini, aku belum punya teman sesama blogger sama sekali. Main blog benar-benar dari nol, otodidak, tidak tahu arah. Bahkan ikut komunitas blogger pun awalnya karena biar kelihatan keren, biar punya logo komunitas blog untuk dipajang di homepage. Sesimpel itu alasannya. Aneh ‘kan? Aku nggak kepikiran sama sekali buat upgrade skill atau belajar tentang blog.

Entah kapan, hidayah itu datang padaku. Aku mulai berpikir, kayaknya aku nggak bisa kalau ngeblog gini-gini aja, aku harus upgrade. Buat apa aku susah-susah nulis kalau tidak ada yang baca? Dari pemikiran itulah aku mulai mencari informasi seputar komunitas blogger di Indonesia karena menurutku komunitas blogger itulah pintu pembuka buatku untuk melangkah ke step berikutnya, kalau aku mau serius di bidang ini.

Setelah gabung komunitas blogger, faktanya memang benar, banyak sekali perubahan dan dampak yang aku rasakan. Kalau kamu masih newbie alias pemulia di dunia blogging, tidak ada ruginya sama sekali untuk gabung dengan komunitas blogger. Setidaknya tujuh manfaat berikut ini yang akan kamu dapatkan.

1) Wawasan Seputar Blogging

Belajar ngeblog secara otodidak mungkin bisa. Tapi percayalah yeorobun, ngeblog ternyata butuh guru, butuh tutor, karena ngeblog bukan cuma menulis. Blog, apapun platform yang kamu pilih, kalau ‘dipreteli’ satu per satu banyak sekali ‘dalemannya’. Dari aspek SEO (On Page maupun Off Page), riset keyword, membuat infografis pendukung, dan masih banyak lagi lainnya.

Komunitas blog adalah tempat yang paling tepat untuk belajar semua hal terkait printilan-printilan blog ini. Sebab, menurut pengalaman pribadi, hampir semua komunitas blogging yang aku ikuti selalu punya program yang bertujuan untuk meng-upgrade skill dan pengetahuan para blogger. Tahu sendiri lah, algoritma Google selalu berubah seiring waktu, sedangkan blogger adalah pekerjaan yang selalu berkaitan dengan Google.

2) Relasi dan Networking

Sesuai namanya, komunitas merupakan sekumpulan orang yang punya minat atau hobi yang sama yaitu blogging. Dengan bertemu sesama blogger, kita bisa menjalin pertemanan yang baru meskipun teman di dunia maya. Tidak hanya itu, komunitas blogger juga sering lo menyelenggarakan kopdar atau gathering secara offline.

Personally, di luar event komunitas pun aku cukup sering bertemu dengan rekan sesama blogger. Seru banget bisa meet up dengan teman-teman yang senasib seperjuangan dan seper-blogging-an. Kalau sudah meet up bisa lupa waktu! Ngobrol dari yang seputar ngeblog sampai sesi curhat pribadi pun ada, hihi. Biasalah, yeoja…

Relasi atau networking ini juga menjadi langkah pertama untuk karirmu di dunia blogging. Siapa tahu relasimu kelak akan merekomendasikan dirimu untuk suatu pekerjaan tertentu yang banyak cuannya, siapa sih yang nggak mau?

3) Personal Branding

Nah, ini yang tidak kalah penting. Komunitas blogger juga menjadi tempat pertama untuk memperkuat personal branding sebagai blogger. Dengan rajin mengikuti blog walking, kita tidak cuma mengunjungi blog sesama blogger, tapi juga bisa mengenalkan blog pribadi kita kepada mereka.

Moreover, kalau kamu punya bisnis atau usaha pribadi, kamu juga bisa lo mempromosikan blog perusahaanmu kepada rekan di komunitas blogger. IMHO, blog adalah media personal branding yang paling ampuh selain sosial media (seperti Instagram, TikTok atau YouTube). Sedangkan personal branding ini penting karena sangat berpengaruh terhadap image seseorang.

4) Konsistensi Ngeblog

Punya rekan serasa dan sepenanggungan menjadi salah satu alasan yang membuatku bertahan di dunia blogging. Sebagai manusia biasa, to be very honest, aku pernah merasa jenuh dan ingin menyerah dengan blogging. Tetapi, rekan-rekan di komunitas selalu memberi support dan dukungan supaya aku tidak putus asa. Merekalah yang mengingatkanku tentang big why atau alasan utama aku membuat blog ini. 

Percayalah yeorobun, keberadaan rekan sesama blogger akan membuat kita termotivasi untuk terus konsisten menulis di blog. Lagian, sudah beli top level domain, masa blognya mau dianggurin? Kan sayang duitnya ya, hehe.

5) Update Informasi

Komunitas blog juga menjadi pintu gerbang untuk meng-update informasi-informasi seputar blogging dan literasi. Informasi apa saja yang bisa didapatkan? Banyak! Seperti informasi lomba atau challenge blog, gathering atau event blogger lainnya, registrar dengan harga hosting murah, tempat jualan template blog yang oke, sampai menyelesaikan masalah pribadi yang kita temui berkaitan dengan blog kita.

6) Peluang Job

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, komunitas blogging juga menjadi sarana peredaran info job yang berkaitan dengan blogging. Sampai saat ini belum menjadikan blogger sebagai pekerjaan utama, tetapi peluang job dari blog memang sangat lumayan yeorobun. 

Tujuan utamaku menulis memang agar tulisanku dibaca dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Tapi, jika dengan menulis itu aku juga bisa mendapat cuan tambahan untuk beli jajan, yaaa kenapa harus aku lewatkan? Why not? Yah, setidaknya blog ini sudah bisa menghidupi dirinya sendiri. Jadi, perpanjang domain pun tidak perlu mengambil jatah uang beli bawang.

7) Aktualisasi Diri

Menulis dan berinteraksi dengan sesama blogger di komunitas juga menjadi media aktualisasi diri buatku. Dengan menulis, aku bisa meluapkan semua emosi, pemikiran, ide, keresahan, sambatan dan apapun yang aku sukai di blog Sundries Journal ini. Sementara, berkomunikasi dan menjalin interaksi dengan teman-teman blogger membuatku tidak bosan, tidak kesepian dan tidak merasa kesepian meski aku setiap hari hanya di rumah saja. Apalagi tidak sedikit rekan sesama blogger yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama denganku, seperti KPOP dan drama Korea. Ternyata di luar ngeblog justru merekalah yang menjadi sahabat terdekatku saat ini.

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

2 comments

  1. Nahiya bangettt..
    Kadang kalau mau nge-hype di sosmed akutu aga ragu, hihihi.. takut banyak opini orang lain yang ada di otakku tentang persepsi mereka terhadapku.

    Jadi, aku lebih nyaman nulis di blog.
    Bisa lebih panjang dan personal juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, takutnya temen di sosmed jadi ilfil atau risih gitu gasih eon? Yah, namanya cegil, emang kadang suka tak terkontrol kalo ngehype bias wkwkwk. Udah paling bener di blog aja kalo mau melampiaskan kebucinan yang ugal2an ini hahaha...

      Delete

Post a Comment