admasyitoh.com

Manfaat SEO On Page, Blogger Pemula Harus Tahu!

30 comments

seo on page

Sejujurnya sejak terjun di dunia blogging, SEO adalah materi yang paling aku hindari. Padahal manfaat SEO On Page itu besar sekali buat bloger. Ada SEO On Page, Off Page, serta printilan-printilannya yang segambreng, bikin aku keder sendiri tiap mau belajar. Njelimet!

Tapi, apalah artinya punya blog tanpa belajar SEO. Bagai sayur tanpa garam. Kurang enak, kurang sedap. Jadi bloger ya mau nggak mau harus berurusan dengan teori satu ini.

Pesanku, kalau bisa belajar SEO kepada guru atau seseorang yang memang ahli di bidangnya. Atau paling tidak, lebih ahli daripada kita. Karena dari pengalamanku sendiri, belajar otodidak justru bikin otak makin mendidih. Bukan tercerahkan, malah semakin suram.

Dengan adanya guru, kita bisa bertanya apapun yang belum kita pahami. Jadi tidak perlu khawatir tersesat dalam kegelapan dunia SEO yang seolah tidak ada ujungnya. Beruntung aku bertemu Coach Marita dalam kelas Blogspedia Coaching #3.

So, di tulisan ini aku ingin sedikit berbagi pelajaran yang aku peroleh di kelas. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang mungkin sedang belajar SEO basic sepertiku, ya!

KONSEP DASAR SEO

Briefly, yang perlu kamu pahami, SEO atau Search Engine Optimization (optimasi mesin pencari) adalah suatu teknik atau metode optimasi yang dilakukan supaya website atau blog milikmu bisa muncul di halaman pertama–atau setidaknya page teratas–mesin pencarian Google.

Bagaimana teknik optimasinya? Banyak caranya! Saking banyaknya, sampai-sampai tiap mastah blogging bisa jadi punya teknik masing-masing. Beda orang, beda mazhab yeorobun!

Makanya, seperti yang Coach Marita bilang di kelas, SEO itu seperti seni. Kebenarannya relatif dan terus berkembang. Teknik yang berhasil dipakai di suatu blog belum tentu bisa bekerja dengan baik di blog lainnya.

Tugas kita adalah terus mencoba–sambil belajar–mana teknik yang paling pas, paling cocok dan paling sukses untuk dipakai di blog kita.

SEO ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page adalah unsur-unsur yang berkaitan langsung dengan blog kita, seperti kualitas konten, kecepatan loading blog dan internal link. Sedangkan SEO Off Page berhubungan dengan elemen-elemen di luar blog. Biasanya berkaitah erat dengan link building dan otoritas blog.

basic seo untuk blogger pemula

Bedanya lagi, kalau yang On Page lumrah dievaluasi dengan Google Analytics dan Search Console, kalau yang Off Page nanti arahnya akan dibawa ke DA (Domain Authority), PA (Page Authority) dan sejenisnya. Karena itu, mulailah akrab dengan istilah-istilah ini, ya!

Eits, jangan pusing dulu! Coba ingat-ingat lagi apa big why-mu menulis blog. Kalau kamu ingin bermanfaat bagi orang lain melalui tulisan digital, sudah semestinya kamu belajar tentang SEO. Sebab, dengan menguasai konsep SEO kamu bisa meraih banyak pembaca.

“Semakin banyak yang baca, semakin banyak manfaat yang kita bagikan bukan?” (Marita Ningtyas)

Menurut Coach Marita, untuk jadi bermanfaat juga butuh traffic yeorobun! Bagaimana kita bisa berbagi tulisan kita yang penuh manfaat dan informasi kalau blog kita sunyi dan tidak pernah ada orang yang mengunjungi?

Lagipula, standar agensi pun saat ini semakin tinggi. Kalau dulu agensi hanya butuh tempat penitipan backlink, sekarang mereka butuh artikel yang bisa menyumbang traffic.

Jadi, buatlah Google menyayangi blog kita. Supaya traffic bisa terjaga, agensi bisa percaya, viewer puas membaca dan manfaat pun bisa kita sebar sebanyak-banyaknya. Termasuk cuan, kalau memang niatnya mau menambah pundi-pundi keuangan.

MANFAAT SEO ON PAGE UNTUK BLOGGER PEMULA

manfaat seo on page

Yeorobun, percayalah bahwa bisa muncul di halaman pertama Google itu rasanya indah sekali! Aku pernah mengalaminya sekali. Artikel yang aku tulis tentang alasanku berclodi berhasil masuk di halaman pertama. 

Padahal saat itu aku belum belajar atau mengaplikasikan teknik SEO. Belum tahu cara riset keyword. Belum kenal printilan-printilan ini-itu. Tapi sebagai rookie bloger, tentu pencapaian ini menjadi sesuatu yang sangat berharga bagiku.

Coba kalau dulu aku sudah paham tentang SEO ini, pasti indah sekali bisa sering muncul di halaman pertama mesin pencari.

Well… Teori SEO ini sangat luas yeorobun! Kamu bisa belajar sendiri dari para mastah SEO atau ikuti kelas-kelasnya. Sebagai anak baru, aku belum bisa menjabarkan semuanya di sini. Tetapi, mengingat betapa pentingnya SEO ini untuk keberlangsungan hidup blog kita, marilah kita pelajari dulu manfaat-manfaat SEO On Page bagi bloger pemula.

1. Traffic organik dan lebih mudah ditemukan

Sebagai pemula yang belum dikenal Google sebelumnya, kita perlu menerapkan teknik SEO On Page. Artikel yang sudah SEO-friendly akan lebih besar peluangnya untuk muncul di halaman pertama mesin pencari. Dengan demikian, blog kita akan lebih mudah ditemukan dan dikenal orang.

Semakin banyak dilirik dan dikunjungi, secara otomatis traffic organik (traffic yang murni berasal dari hasil pencarian Google) otomatis akan meningkat bukan?

2. Meraih posisi teratas hasil pencarian Google

Dengan menerapkan teknik optimasi SEO, Google akan memandang tulisan kita sebagai artikel yang berkualitas dan layak untuk dijadikan referensi. Google pun akan merekomendasikan blog atau artikel kita lebih dulu kepada pembaca ketika mereka mencari kata kunci tertentu. 

Karena direkomendasikan lebih dulu, tentu saja artikel ini akan muncul di posisi teratas hasil pencarian, seperti di halaman pertama, bahkan peringkat pertama.

3. Pembaca yang berkualitas dan tepat sasaran

Orang yang membaca artikel-artikel di halaman pertama Google sejatinya adalah pembaca yang benar-benar membutuhkan informasi atau tertarik dengan artikel kita. Dengan demikian, artikel yang kita buat akan sampai ke tangan audiens yang tepat dan berkualitas. Artinya, dia bersedia membaca artikel sampai selesai, memahami isinya, menyerap informasinya, dan tidak menutup kemungkinan meninggalkan komentar juga di sana.

Jadi, penerapan teknik SEO On Page secara tidak langsung merupakan cara untuk memetakan target pembaca agar lebih tepat sasaran. Hal ini sangat berguna khususnya jika kita mengembangkan blog atau website untuk bisnis. Sebab, kita akan menemukan konsumen atau pembaca yang memang membutuhkan produk yang ditawarkan.

4. Mengurangi beban promosi

Traffic organik yang diperoleh dari mesin pencarian Google bisa mengurangi beban promosi blog lho! Tanpa blogwalking atau promosi link artikel di sosial media pun orang sudah pasti berkunjung ke blog kita. Semua ini karena artikel yang kita tulis sudah dikenal Google dan sesuai dengan kebutuhan pembaca.

5. Menambah pendapatan

Kalau tujuan ngeblog memang untuk menambah pendapatan, maka teknik-teknik SEO On Page wajib diterapkan. Artikel yang berkualitas dan muncul di halaman teratas mempunyai traffic pengunjung yang lebih banyak, sehingga lebih disukai oleh para pengiklan.

6. Meningkatkan brand awareness dan kredibilitas

Artikel-artikel yang sudah SEO-friendly akan lebih banyak dilihat orang pengguna Google. Ini sangat menguntungkan bagi bloger yang mempromosikan produknya melalui blog atau website. Sebab, produk mereka akan semakin mudah dikenal masyarakat. Kredibilitas atau kepercayaan masyarakat pun menjadi lebih kuat. Hasil akhirnya tentu saja bisa meningkatkan penjualan produk itu sendiri.

7. Membuat tampilan blog lebih menarik dan rapi

Optimasi SEO On Page juga membuat tampilan blog lebih menarik dan rapi. Sebab, konten-konten atau artikel-artikel kita dibuat menjadi lebih terstruktur dan sistematis. Seperti dengan penerapan heading, sebaran keyword, hingga kustomisasi template yang baik. Loading blog pun jadi ringan, cepat, lebih rapi dan memikat.

CARA OPTIMASI SEO ON PAGE

tips seo on page

Gimana yeorobun? Sudah tahu kan betapa bermanfaatnya SEO On Page ini bagi blog yang kita asuh. Untuk sementara ini, fokus saja dulu dengan teknik optimasi On Page. Karena yang Off Page, butuh pembahasan lebih dalam, mungkin lain kali aku tulis kalau sudah belajar lebih lanjut.

Sebagai pemula, ada beberapa tips yang aku rangkum dan bisa kamu terapkan untuk optimasi artikel blog supaya lebih berkualitas.

  1. Pilih keyword atau kata kunci target yang potensial untuk masuk di halaman pertama
  2. Buat judul yang singkat dan mengandung keyword, panjangnya maksimal 55 karakter
  3. Permalink memuat keyword, maksimal 75 karakter dimulai dari huruf 'h' pada https
  4. Meta deskripsi, panjangnya 150 karakter dengan menyebut satu atau dua kali keyword secara natural, serta mengandung kalimat CTA (call to action)
  5. Paragraf pertama, cantumkan keyword pada paragraf pertama atau dalam 150 karakter pertama di paragraf satu
  6. Tinggalkan cara jadul dalam menulis keyword, tidak perlu diketik bold, italic, underlined, tulis biasa saja
  7. Paragraf terakhir, cantumkan keyword bisa berupa kesimpulan atau kalimat penutup
  8. Jumlah kata, minimal 800 kata, lebih panjang lebih disukai Google tetapi artikel yang berkualitas belum tentu panjang
  9. Optimalkan paragraf, tidak perlu membuat paragraf terlalu panjang, yang penting ringkas, padat dan berisi
  10. Perhatikan sistematika heading, mulai dari H1, H2, H3 dan H4, serta harus ada minimal satu heading yang memuat keyword
  11. Lakukan optimasi gambar, seperti mengatur nama file, ukuran gambar, dan jangan lupakan Title text maupun Alt text pada gambar
  12. Link pada artikel, memuat internal link dan eksternal link
  13. Gunakan LSI (latent semantic indexing) keyword, atau kata kunci turunan yang dianggap relevan dengan keyword utama oleh mesin pencari
  14. Share di media sosial, guna promosi artikel yang baru saja dipublikasi sehingga bisa dikunjungi banyak orang
  15. Lakukan inspect URL, syaratnya tentu harus pasang GSC (Google Search Console) dulu, ya!

Sekarang sebetulnya sudah ada agensi-agensi atau perusahaan yang melayani jasa optimasi SEO. Mereka bisa membuat blog atau website klien masuk di halaman pertama Google. Tapi ini tidak gratis alias bayar ya, yeorobun! Jadi, menurutku tidak recommended untuk bloger pemula atau bloger yang tidak ada budget untuk bayar jasa SEO. 

Kecuali blog yang kamu kembangkan memang untuk bisnis. Biasanya blog atau web-web yang demikian sudah ada alokasi anggarannya untuk kepentingan optimasi SEO seperti ini.

SUMMARY

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik optimasi yang dilakukan untuk membuat blog muncul di halaman pertama mesin pencari, melalui traffic jangka panjang namun dalam waktu yang cukup lama.

Belajar SEO memang tidak bisa instan, yeorobun! Selain karena banyak sekali printilannya, SEO ibarat sebuah seni yang terus berkembang. Ditambah lagi alogritma Google yang terus berubah seiring waktu. Kita harus pandai-pandai memahami kemauan Google agar tahu apa yang harus kita lakukan dengan blog kita supaya lebih disayangi oleh Google.

Meski demikian, belajar SEO memberi keuntungan dan manfaat yang besar sekali untuk keberlangsungan hidup blog yang kita miliki. Aku sendiri juga punya banyak PR untuk memperbaiki artikel-artikel lama yang masih jauh dari standar SEO-friendly

Nah, di antara sekian banyak tips dan manfaat SEO On Page untuk bloger pemula di atas, mana yang sudah kamu terapkan? Ceritakan pengalaman atau gagasanmu di kolom komentar, ya!

REFERENSI BACAAN

  1. 13+ Tips SEO On Page untuk Optimalkan Kualitas Blog - https://www.blogspedia.my.id/tips-seo-on-page/
  2. Ada Apa dengan SEO; Pengertian, Jenis dan Cara Belajarnya - https://www.blogspedia.my.id/pengertian-jenis-dan-cara-belajar-SEO/
  3. Cara Optimasi SEO pada Gambar Mendongkrak Kualitas Blog - https://www.blogspedia.my.id/cara-optimasi-seo-pada-gambar/
  4. Serunya Belajar SEO On Page dari Duo Coach Kocak - https://www.maritaningtyas.com/2020/07/serunya-belajar-seo-on-page.html
  5. 3 Oleh-oleh Menarik dari Google for Publisher Semarang - https://www.maritaningtyas.com/2019/07/3-oleh-oleh-dari-google-for-publisher-semarang-2019.html
  6. Pentingnya Belajar SEO untuk Blogger Pemula - https://www.riafasha.com/2020/09/pentingnya-belajar-seo-untuk-blogger.html
  7. Belajar SEO Praktis untuk Pemula - https://www.ahmadsyarifudin.id/blog/detail/84/belajar-seo-praktis-untuk-pemula-apa-itu-seo-apa-manfaat-seo-seo-on-page-dan-seo-off-page
  8. Manfaat SEO Secara Umum untuk Blogger Pemula - https://dewabiz.com/manfaat-seo-secara-umum-untuk-blogger-pemula/
  9. Mengenal Apa Itu SEO On Page untuk Blogger Pemula - https://influencer101.id/apa-itu-seo-on-page/

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, ์‚ฌ๋ž‘ํ•˜์ž!

Related Posts

30 comments

  1. Keceee, selalu suka akutuh dengan tulisan2nya Mba Alfia, beisi bangeett...masyaAllah. semangat nge-SEO, ya, kitah...save SEO, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Save SEO for better life, haha. Makasih atas apresiasinya mbak, bikin aku jadi makin semangat belajar nih ❤

      Delete
  2. ini sih master ini. katanya di awal keder sama SEO tapi makin ke sini loh kok keren gini. saya juga masih bergulat sama SEO. belom selengkap dan seindah punya Al ini tapi alhamdulillah diki2 dah paham SEO. sampe di prakteknya ini maasih bikin puyeng. Bravo Al

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suerrr mbak, serius. Baru kali ini aku belajar SEO bisa paham. Sebelum ini kalo belajar malah mumet sendiri. Akhirnya mandek.

      Yok, semangat. Bravo!!!

      Delete
  3. MasyaAllah.. lengkap banget ๐Ÿ˜ udah gitu gampang dicerna buat blogger pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya udah ada di internet dan udah disampaikan coach Marita mbak. Aku cuma merangkum terus menuliskan kembali, hehe..

      Delete
  4. Selalu keren tulisan mb alfia๐Ÿ˜...bahasanya mudah di pahami, bacanya jd enak...MasyaAllah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah.. Semoga bisa bermanfaat ya mbak ๐Ÿ˜

      Delete
  5. Aku juga bingung kalo menerapkan seo. Susah susah gampang. Gampang kalo sudah paham. Lengkap sekali tulisannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kan. Susah susah gampang. Apalagi banyak versinya, jadi kadang bikin heboh sendiri :"

      Delete
  6. Masyaallah, lengkap banget artikelnya, mudah dipahami pula. Keren, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Semoga bisa bermanfaat ya mbak.. Terima kasih sudah mampir ❤

      Delete
  7. Makasih kak sudah buat artikel yang mudah dicerna oleh blogger newbie Sepertiku hehe. Enak lali bacanya bikin mata berbinar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebab aku pun masih newbie, jadi nulis sebisaku sebatas pemahamanku aja :"

      Delete
  8. terbaik kak, suka deh sama infografinya yang informatif

    ReplyDelete
  9. suka deh sama infografisnya yang informatif :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya sampe sekarang masih belajar cara bikin info grafis yang baik hehe

      Delete
  10. Wah, ada tips-tips optimasi SEO juga, mudah dimengerti juga dengan tambahan infografiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, semoga bisa bermanfaat yaa.. Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  11. mantap jelas padat ringkas,,, masalah SEO secara kasat mata penerapannya sudah tapi klo dilihat dari google analytic ini belum tahu resultnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, aku belum optimal di GSC jadi kalo diliat di GA ya nggak ada PV yg signifikan mbak wkwk..

      Btw, udah pasang GA?

      Delete
  12. megsedih, ternyata menjadi blogger tidak semudah yang ku bayangkan. Dengan tulisan mba Alfi jadi mudeng jumbleng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul!! Ternyata nggak asal nulis ya, banyak yang perlu dipelajari kalo bener2 mau jadi blogger yang berkualitas :"

      Delete
  13. Selalu sukaaaaa sama tulisan-tulisan blognya mba Alfia. Detail dan enak memahaminya. Good job mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah.. Makasih ya mbak :) semoga bisa mengambil manfaat di dalamnya..

      Delete
  14. Info grafisnya oke banget mbak. Manfaat buat yg males baca :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha, buka kartu ceritane?? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Delete
  15. Terimakasih kak sudah berbagI ilmu SEO. cocok untuk yang baru ngeblog seperti saya. btw yeorobun itu apa dan cara bacanya bagaimana ? Hehe maklum baru sekali mampir .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaap.. Semoga bisa bermanfaat ya kak. Makasih sudah mampir ke sini :)

      Yeorobun itu bahasa korea, sapaan. Gampangnya menyebut kata pemirsa semua.. Begitu :D

      Delete

Post a Comment