admasyitoh.com

Review Clodi Cluebebe Pull Up Pant, Si Pocket Praktis

27 comments

review clodi cluebebe pull up pant

Yeorobun, beberapa waktu lalu aku sempat mengulas clodi tipe celana atau pants. Kali ini aku ingin sharing pengalamanku dengan tipe clodi yang berbeda. Review clodi Cluebebe ini murni dari pengalamanku pribadi selama berclodi sekitar dua tahun ini.

Nah, buat kamu yang belum paham tentang apa itu clodi dan kenapa harus pakai clodi, kamu bisa baca artikelku tentang alasan-alasan dan pengalamanku berclodi, ya!

Setiap merk dan tipe clodi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan si Cluebebe ini. Sehingga pemakaiannya pun perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan si kecil. Kalau kamu penasaran dengan si clodi lokal satu ini, baca ulasanku sampai selesai!

REVIEW CLODI CLUEBEBE PULL UP PANT

FYI, Cluebebe adalah salah satu merk clodi lokal yang mana pabriknya terletak di Tasikmalaya. Karena lokal, clodi ini seratus persen dibuat di Indonesia. Bahan-bahannya, tempat buatnya, seluruh prosesnya hingga karyawan yang membuat pun semuanya berasal dari Indonesia.

Cluebebe bahkan diklaim sebagai pelopor clodi lokal di Indonesia alias produsen clodi pertama di negara kita lo. Mereka sudah mulai produksi sejak Agustus 2009 lalu dan masih eksis sampai sekarang. Wah, bahkan di tahun itu aku masih sekolah, yeorobun!

Clodi satu ini juga terus berinovasi untuk menciptakan berbagai tipe clodi yang bisa menjawab kebutuhan para mama dan si kecil. Seperti membuat clodi bermacam-macam tipe hingga memperbarui motif-motif printed yang lucu dan uptodate.

macam-macam clodi cluebebe

Sampai saat ini sudah ada lima tipe clodi Cluebebe, yaitu coveria petite, coveria large, pull up pant, pocket classic dan pocket slim snap. Masing-masing tipe berbeda bentuk, closure, serta peruntukannya.

Cluebebe coveria petite merupakan clodi tipe coveria dengan closure velcro dan ukuran yang mini. Cocok untuk newborn dengan BB 2,5 sampai 8 kg. Karena bentuknya coveria, kita bisa mengganti insertnya saja tanpa perlu ganti cover. Tipe ini serupa dengan coveria large. Bedanya hanya di fungsi, yang mana tipe coveria large diperuntukkan bagi bayi dengan BB 8 sampai 18 kg.

Tipe pocket classic dan pocket slim snap mempunyai desain yang umum sebagaimana clodi tipe pocket lainnya. Ada bagian kantong yang berfungsi untuk memasukkan insert di dalamnya. Keduanya merupakan clodi all size yang cocok dipakai bayi newborn (BB 3 kg) sampai usia dua tahun (BB 15 kg).

perbedaan cluebebe coveria dan pocket

Perbedaan tipe pocket classic dan slim snap terletak pada closure-nya. Tipe pocket classic memakai closure velcro, sedangkan pocket slim snap memakai closure kancing atau button snap.

Yang terakhir, Cluebebe tipe pull up pant. Merupakan perpaduan antara tipe pocket dan tipe pant. Nah, clodi tipe ini yang akan aku bahas. Well, let's check this further information! 

Overview

deskripsi clodi cluebebe pull up pant

Kesan pertama ketika clodi ini sampai di tanganku adalah lucu keren. Clodi dikemas dalam wadah kantong spunbond kecil. Satu clodi dalam satu kantong spunbond. Jadi kalau kamu beli sepuluh clodi ya nanti dapatnya sepuluh spunbond. Sayangnya aku tidak sempat memotret kantong kemasannnya, karena saat itu belum kepikiran akan menulisnya di blog. Maaf ya, yeorobun!

Di dalam kantong spunbond ini sudah ada selembar kertas–seperti pamflet begitu–yang berisi tentang panduan cara mencuci dan merawat clodi secara lengkap dan detail. Kamu tinggal mengikuti instruksi di dalamnya dalam melakukan prewash dan perawatan daily routine.

Aku pribadi sebetulnya kurang suka dengan kemasan clodi ini, karena bagiku masih kurang less waste ya. Meskipun bukan plastik, tetapi bahan spunbond sendiri tetap menghasilkan sampah. Tidak seratus persen organik. Apalagi ukurannya pun kecil, jadi tidak bisa dialih fungsikan untuk keperluan lain. Paling banter ya dipakai wadah kosmetik atau skincare.

Padahal clodi-clodi lain sudah ada yang pakai kemasan kertas yang compostable–bisa didaur ulang. Bahkan ada yang pakai kantong jaring mini, jadi bisa dipakai untuk laundry net ketika mencuci clodi itu sendiri.

Tetapi, overall aku suka dengan cluebebe pull up pant ini karena desain dan bahannya yang lentur. 

Seperti yang aku ungkapkan di atas, tipe pull up pant adalah tipe clodi tengah-tengah, perpaduan antara clodi pocket dengan clodi pant (celana). Analoginya begini; clodi tipe pocket serupa dengan pampers tipe perekat, sedangkan clodi pant serupa dengan pampers tipe celana. 

Gimana? Sudah bisa membayangkan?

Jadi kalau mau pakai clodi pocket, lumrahnya bayi ditidurkan dulu baru clodinya dipasang. Karena posisinya harus presisi dulu baru bagian pinggangnya ditutup. Tapi kalau pakai clodi pant ya tinggal slup, selesai! Karena bentuknya persis seperti celana yang gampang dipakai.

Nah, clodi tipe pull up pant adalah perpaduan antara keduanya. Clodi ini didesain mempunyai karet elastis di bagian pinggangnya, namun juga dilengkapi dengan kancing snap. Desainnya ini sangat memudahkan ketika dipasang ke badan si kecil. Bisa dipakaikan saat bayi rebahan atau pun saat bayi berdiri.

Karet di pinggangnya sangat elastis dan lebar, sehingga bisa dibentuk seperti celana dulu baru dipakaikan ke bayi. Dia bisa melar seperti celana. Jadi walaupun si kecil berdiri pun clodi ini bisa tetap terpasang rapi, tanpa harus bayi direbahkan di tempat tidur. Padahal, kalau kancing snap di pinggangnya dibuka, bentuknya berubah seketika seperti clodi pocket. Menarik ‘kan? 

Inilah alasan kenapa aku bilang tipe pull up pant adalah perpaduan antara tipe pocket dan tipe pant.

detail clodi cluebebe pull up pant

Desain pull up pant ini juga memudahkan ketika clodi akan dilepas apalagi ketika si kecil pup. Tinggal copot kancing snap di pinggangnya, tanpa perlu khawatir pup akan tercecer atau mbleber. Beda dengan clodi pant yang cenderung berantakan pupnya karena clodi harus dilorot ke bawah kalau mau dilepas.

Karena desainnya yang sedemikian rupa, cluebebe pull up pant ini sangat cocok digunakan untuk bayi yang sudah mulai aktif nih. Bisa untuk si kecil dengan BB 6 sampai 23 kg. Sampai anakku umur dua tahun (BB sekitar 12 kg), clodi ini masih muat dan oke. It really fits him well.

Clodi ini tidak cocok untuk bayi newborn ya, karena size dan cutting-nya memang tergolong besar.

Di bagian depannya dilengkapi dengan snap button, sehingga clodi ini ukurannya mudah disesuaikan dengan ukuran badan si kecil. Kancingnya kuat dan tidak gampang jebol, jadi para bunda tidak perlu khawatir clodi ini copot walaupun si kecil aktif berlarian.

Oiya, tidak ada inner gusset pada clodi ini. Tetapi ketiadaan ini tidak bergitu berdampak kok. Pup si kecil tetap bisa tertampung dengan baik walaupun dia banyak bergerak.

Ketika membeli Cluebebe pull up pant, kamu akan dapat satu paket clodi yang terdiri dari outer atau pocket, serta satu buah insert.

Dari segi bahan, outer clodi ini terbuat dari material PUL (polyester polyurethane laminated) yang waterproof dan anti bocor–asalkan diganti tepat waktu. Bahannya pun elastis atau lentur, sehingga si kecil pun nyaman karena tidak kaku. Sementara inner-nya dibuat dari bahan microfleece yang lembut dan stay dry, jadi kulit bayi tetap kering dan bebas iritasi.

Insert clodi ini terbuat dari microfiber 3 layer yang diklaim mempunyai kapasitas tinggi. Daya serapnya memang baik, tapi dari pengalamanku sendiri kapasitasnya tidak terlalu bisa diandalkan, terutama untuk bayi yang heavy wetter. Mungkin karena hanya pakai satu insert. Kapasitasnya jadi kurang maksimal.

Dari segi visual, clodi ini sangat menarik yeorobun! Motifnya lucu-lucu dan nggak pasaran. Seperti owl, ship, shabby chic, seaworld, animals, dinosaur dan lain sebagainya. Mereka juga merilis produk dengan motif solid atau warna polos lo. Warnanya pun beragam. Ada baby pink, red, blue sky, green, orange hingga royal blue.

motif printed cluebebe pull up pant

Harga

Harga clodi cluebebe pull up pant bervariasi, tergantung motif dan promo yang sedang berlaku. Untuk yang full motif dijual seharga 72.000 sampai 90.000 rupiah per paket. Sedangkan untuk motif solid atau warna polos dijual seharga 68.000 sampai 85.000 rupiah per paket.

motif solid cluebebe pull up pant

Clodi ini bisa dibeli di official marketplace maupun agen reseller yang menjadi Mitra Cluebebe. Para mitra ini tersebar di seluruh Indonesia ya, dari Sumatera sampai Papua. Mereka juga aktif di sosial media seperti Instagram maupun layanan customer via WhatsApp.

Keunggulan

Keunggulan utama Cluebebe pull up pant ini adalah desainnya yang inovatif. Karena didesain sedemikian rupa, clodi ini bisa dipakai ketika si kecil rebahan. Pun ketika si kecil sudah aktif, clodi ini juga tidak repot dipakaikan.

Karet pinggangnya yang tebal dan kuat namun elastis, juga sangat membantu proses memakaikan clodi ini. Apalagi ketika anak aktif bergerak, clodi bisa melar dan mudah dipasang.

Meski tebal dan kuat, karetnya tidak mengikat badan anak terlalu erat. Clodi ini tetap bisa dipakai rapat tapi tidak mengikat badan anak. Clodi tidak sampai menimbulkan bekas lilitan karet yang kadang warnanya jadi kemerahan di kulit.

Ditambah lagi dengan fitur snap di bagian pinggang dan depan, clodi ini jadi semakin mudah dipakai di segala suasana. Entah anak tidur, aktif bermain, pipis maupun pup, tidak ada kendala yang berarti ketika clodi hendak dipasang atau dilepas. Tidak ada pup yang berantakan atau berceceran.

Selain itu, bahannya halus dan lentur. Harus kuakui lebih lentur daripada clodi lain selevelnya. Keunggulan ini membuat clodi jadi semakin gampang dipasang, pun membuat anak nyaman bergerak. Tidak kaku dan lembut ketika bersentuhan langsung dengan kulit anak yang cenderung sensitif.

Keunggulan lainnya adalah bahannya yang mudah kering setelah dicuci. Karena outer dan insert-nya terpisah, clodi ini lebih cepat kering saat dijemur. Tidak seperti clodi tipe AIO pant yang seluruh komponennya dijahit menyatu.

Kelemahan

Menurutku, kelemahan terbesar yang paling aku rasakan adalah kapasitas penyerapannya yang kurang maksimal. Clodi ini memang memiliki daya serap yang baik, artinya cairan cepat terserap. Tetapi kapasitasnya tidak begitu besar.

Ini jelas kurang bagus untuk anak yang heavy wetter atau pipisnya cenderung banyak atau sering. Seperti yang aku tulis di atas, kemungkinan karena hanya pakai satu buah insert.

Even tho, kekurangan ini bisa diakali. Aku biasanya tidak pakai insert bawaan Cluebebe. Jadi insert-nya aku ganti dengan insert lain yang ukurannya sedikit lebih kecil tetapi bisa dipakai dobel. Dengan begitu, kapasitas penyerapan clodi ini bisa lebih ditingkatkan dan clodi pun aman. Bebas rembes, bebas bocor.

Selain itu, aku kurang begitu suka dengan desain pocketnya. Closure pocketnya ada di bagian depan, tidak seperti clodi pocket lain yang umumnya closure terletak di bagian belakang. Karena closurenya ada di depan, aku kadang agak repot merapikan bagian depan clodi ini agar tidak bulky saat dipakai.

Clodi yang tidak pas atau tidak rapi biasanya cenderung gampang bocor, karena pipis bayi jadi tidak ter-cover dengan baik.

Bahan insert bawaannya–microfiber–juga kurang aku sukai. Seperti clodi lainnya, insert yang memakai bahan microfiber cenderung memerangkap bau. Akibatnya, clodi jadi cepat pesing. Berbeda dengan insert dari bahan organik seperti hemp atau katun bambu.

SUMMARY

Clodi Cluebebe pull up pant merupakan clodi yang didesain berupa clodi pocket namun dilengkapi dengan karet elastis dan kancing snap di bagian pinggang, sehingga bisa dipakai seperti celana atau clodi pant. Clodi ini dibuat untuk memudahkan pemakaian pada si kecil, sehingga recommended untuk anak yang mulai aktif. 

In other words, Cluebebe pull up pant adalah clodi pocket yang praktis. Tipe pocket namun mempunyai fitur yang serupa dengan tipe pant.

Meski daya serapnya baik, sayangnya kapasitas penyerapan clodi ini kurang maksimal. Sehingga insert-nya perlu diganti dengan insert lain (seperti hemp atau katun bambu dengan jumlah dobel) untuk memaksimalkan kapasitasnya agar sesuai pada anak yang cenderung heavy wetter.

Harganya lumayan affordable dan mudah didapat karena mitra reseller-nya ada di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Overall, aku memberikan skor 9/10 untuk clodi ini.

Well, demikian review clodi Cluebebe pull up pant kali ini. Kalau kamu mau request review clodi lain atau punya pengalaman berclodi yang berbeda, boleh share di kolom komentar, ya!

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, μ‚¬λž‘ν•˜μž!

Related Posts

27 comments

  1. Wah aku juga salah satu pemakai clodi buat anak mbak, tapi beda merk. Mau nyoba ini juga ah mayan ya bisa hemat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiyaaa?? Wah pake clodi apa mbak? Sharing dong pengalamannya.. 😁😁😁

      Delete
  2. Makin gemes nih, klo liat si dedek pake celana ini, makin bohay dan seksi yaa...heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Udah bocil itu bodynya bahenol, pake clodi motifnya gemes2, jadi pengen gigit πŸ˜†

      Delete
  3. Baru tahu yang di pake Ece dulu namane clodi.. yang full up pant tapi nga pake snap langsungan kaya celana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh berarti itu tipe pant mbak namanya. Kalo di turki istilahnya apa??

      Delete
  4. Belum pernah pakai clodi mb sblmny,tp liat motifny yg lucu2 gt kok gemess yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa makin ke sini clodi makin beragam merknya, makin lucu2 motifnya. Apalagi yg new release itu bagus2. Kalo nggak inget stok clodi di lemari bocil udah banyak, paling udah khilaf aku checkout :"

      Delete
  5. Gemes bangeeet liat motif-motifnya. Btw, aku baru denger merk clodi. Maklum belum punya dedek heuheu :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemes ya? Aku juga hehe..

      Jadi clodi itu bukan merk mbak. Tapi singkatan dari cloth diaper, alias popok kain modern. Kalo popok kain yg jadul itu kan ya begitu ya bentuknya. Nah kalo clodi ini waterproof jadi dia gak bocor gitu

      Merknya banyak. Cluebebe cuma salah satu merk clodi lokal aja. Lainnya banyak. Yang impor apalagi, banyak juga

      Delete
  6. Aku tau clodi ini krn temenku pakai buat anaknya. Tapi aku sendiri blum pernah nyoba. Anakku dr bayi sampe umur 6 bln masih pake popok kain jadul itu. Tapi ya begitu. Cucian jadi seabrek hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daebak 😱😱😱 sampe 6 bulan mbak?? Strong sekali andaaaaah πŸ‘πŸ‘

      Setelah 6 bulan pake apa?

      Delete
    2. Keren bgt mbak pake popok kain. Anakku dipakein popok kain malah gak betah nangis terus. Malah lebih nyaman pake pempers dia πŸ˜…

      Delete
  7. Aq punya totally 5 biji. Pertama beli th lalu. Suka sihh dg bahannya yg lentur tp yg bikin kecewa karena jastip aq dpt motif yg pudar sepudar pudarnya. Akhirnya th ini beli sendiri meski harus tuker uang dulu biar dpt Rp terus minta buat isin shop**pay. Akhirnya beli dan sdh sampe dimari. Ada yg beda kualitasnya dr yg beli th lalu. Snap yg beli th lalu lebih kokoh (memang cenderung lebih susah dicopot but its ok) klo yg sekarang gampil banget dicopot. Soal outer tetep sama halus lemes tp kok print out motif nya tak setajam GG ya. But i i dun apa memang dr dulu cluebebe spt itu. Klo insertnya memang gampang bau pesing tp ya sudahlah klo pesing aq gantiπŸ˜…. Karena anakku tipe heavy wetter jadi insernya aq tambahi booster dr superpant nya klodiz. Mayanlah biar ga tiap 1-2 jam ganti. Overall sihh suka apalagi cuttingnya gede dr yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sama bun.. Aku juga pake insertnya klodiz superpant buat booster si cluebebe ini wkwk. Bener, cuttingnya gede, jadi muat buat anak gemuk juga yaa.. Hehehe

      Btw, makasih atas kunjungannya :)

      Delete
  8. wah sepertinya kudu coba yang Cluebebe ini. Kemarin-kemarin clueless mau pakai merek apa. Terimakasih mba sudah memberikan reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget ya merk clodi sampe bingung mau pilih yg mana hehe

      Lain kali aku coba review merk lain ya mbak..

      Delete
  9. Aaaahhhh aku penasaran sama clodi tapi gak tau info ttg clodi. Jadi aku gak tertarik liatnya. Jadinya aku masih pake pempers. Baru tau jga kalau ada tipenya, mungkin kalau pempers ukuran kali ya. Baca artikelnya aku jdi tertarik nih, cus aku kepoin Ig nya πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh buka kategori Encylodipedia ku mbak, di sana aku tulis beberapa info basic clodi, hehe malah promosi 🀭

      Lain kali insyaAllah aku review clodi merk lain dan tipe yg beda yaak

      Delete
  10. Aku pake clodi juga mba pas awal-awal anakku masih bayi. Skrg udah mau TT aja :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaap.. You did well mbak! Sharing dong pengalamannya.. Aku bentar lagi juga mau TT, gak kerasa, time flies so fast :"

      Delete
  11. Wah, ini jg salah satu dari 3 merk clodi favoritku nih... Salah satunya krn pas dipake anakku, gak gampang geser. Tp emang iya, pengalaman yg hampir sama. Walaupun punya daya serap baik, insertnya aku ganti pakai katun bambu. Kebetulan dulu beli katun bambu banyak, trus dimodif jadi insert. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mbak ufie keren πŸ‘πŸ‘ lainnya biasa pake merk apa mbak??

      Kalo aku, si cluebebe ini aku pake insertnya babyland bamboo charcoal, kadang pake insert boosternya klodiz superpant

      Delete
  12. waahh bisa jadi pertimbangan nih sebelum beli clodi. Dari kemarin pengen beli clodi tapi masih maju mundur 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya mbak.. Yuk, mantepin berclodi. Hihi

      Si kecil umur berapa sekarang?

      Delete
  13. Baca aja dulu sekarang, buat beli dan praktiknya, nanti pas udah punya anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaap. Niat aja dulu, belajar dulu, dikumpulin infonya. Ntar eksekusi sama ibuknya anak2 ya? Hehe.

      Delete

Post a Comment