admasyitoh.com

Pakai Clodi Tinggal Slup dengan Klodiz Izzypant

12 comments

Klodiz Izzypant adalah salah satu produk dari Minikinizz yang cukup populer di kalangan pecinta clodi lokal. Di antara sekian banyak produk Klodiz-Minikinizz, Izzypant mungkin yang paling terkenal.

Clodi ini juga menjadi salah satu andalan saya untuk dipakai siang hari, apalagi ketika si kecil sedang aktif. Kenapa? Berikut ini adalah ulasan jujur saya. Check this out! 

Overview Klodiz Izzypant by Minikinizz

Kesan pertama begitu pegang produk satu ini adalah, wow it's cool! Saya terpesona dengan packaging-nya. Setiap satuan produk clodi ini dibungkus dalam reusable paper bag alias kantong kertas berwarna krem. Ada tulisan merk hingga instruksi pencucian di kantong tersebut. 

Dalam artikel sebelumnya, saya menulis bahwa packaging ini sangat penting ketika memilih merk clodi sebelum membeli. Sebab, packaging bagi saya menunjukkan komitmen dan keseriusan produsen dalam upaya untuk mengurangi sampah plastik, sebagaimana tujuan awal diciptakannya clodi itu sendiri. Kalau sudah bikin clodi, tapi kemasannya masih pakai plastik, ya nilai ecofriendly-nya jadi berkurang dong! 

Nah, Klodiz Izzypant ini sepertinya memang sengaja didesain AIO (all in one) untuk memudahkan para mama memakaikan clodi pada anaknya. Bagian outer, insert dan inner dijahit menyatu. Saya tidak perlu repot-repot memasukkan insert satu per satu ke dalam pocket clodi.

Sesuai dengan tagline-nya, pakai clodi semudah memakai celana, Izzypant berbeda dengan clodi kebanyakan. Karena semua komponennya dijahit menyatu, clodi ini bentuknya menyerupai celana. Selama ini saya tidak pernah kesulitan memakaikan Izzypant kepada si kecil. Bahkan si anak tidak perlu harus baring di tempat tidur. Pakai sambil berdiri atau bermain pun tidak masalah. Tinggal slup! Selesai.

Dari segi bahan, Klodiz Izzypant tidak jauh berbeda dengan clodi lokal lain. Outer-nya dibuat dari material PUL (polyurethane laminated) waterproof. Tidak mudah bocor atau rembes, selama diganti tepat waktu dan rutin stripping. Inner-nya dibuat dari suede stay dray yang cepat dan mudah kering. Inner ini tetap lembut meski bersentuhan langsung dengan kulit bayi.

Untuk insert-nya Izzypant memakai bahan microfiber empat layer yang diklaim bisa menampung cairan sampai 330 mL. Kira-kira bisa bertahan 3-5 jam tanpa bocor. Tergantung dari seberapa banyak atau seberapa sering si kecil pipis.

Izzypant termasuk clodi all size yang bisa dipakai oleh anak dengan BB (berat badan) 5 sampai 20 kg. Salah satu ciri khas clodi ini adalah di bagian outer-nya dilengkapi adjustable snap button. Fitur ini cukup berguna bagi saya, karena lingkar paha clodi ini bisa diatur sesuai ukuran tubuh si kecil.

Selain itu, karet di pahanya pun elatis dan kuat. Sedangkan bagian karet pinggangnya mempunyai ukuran yang lebih besar dan tebal. Tidak mudah melar atau putus meski kadang ditarik-tarik cukup kuat. Nah, paduan antara snap button dan karet yang elastis ini membuat Izzypant nyaman digunakan si kecil, fit atau pas di badan, serta tidak bulky atau terlihat menggembung.

Dari segi visual, clodi ini cukup menarik. Desain printed motifnya lucu-lucu. Ada yang motifnya 'cewek banget', tapi tidak sedikit pula yang netral sehingga bisa dipakai oleh bayi laki-laki maupun perempuan. Warnanya beraneka ragam, bisa dipilih sesuka hati atau menyesuaikan dengan outfit si kecil di rumah. 

klodiz izzypant

Satu lagi nih, yang bikin saya demen dengan si Klodiz-Minikinizz. Owner dan adminnya ramah sekali. Semua mitranya juga tidak kalah ramah. Mereka selalu siap sedia menjawab pertanyaan di WhatsApp, DM Instagram maupun chat di marketplace. Jadi kita bebas mau konsultasi apa saja terkait clodi. 

Dan, Klodiz-Minikinizz ini juga sering mengadakan webinar Zoom gratis tentang clodi maupun parenting. Terbuka untuk umum! Belakangan, Klodiz-Minikinizz juga bekerja sama dengan Komunitas Mama Berclodi untuk mengadakan acara-acara seperti webinar, giveaway maupun berkah-clodi (semacam bakti sosial untuk memberikan clodi bagi mereka yang membutuhkan). Kapan lagi bisa berclodi sambil seminar gratis dengan narasumber kompeten, dapat hadiah sekaligus beramal?! 

Oiya, clodi ini sudah berserfikat SNI, ya! So, tidak perlu ragu lagi soal kualitas dan performanya. Klodiz Izzypant juga merupakan salah satu clodi yang seratus persen lokal. Mulai dari bahan baku, pabrik, hingga tenaga pekerjanya semua berasal dari Indonesia. Artinya, dengan memakai produk ini kita juga turut serta membangkitkan ekonomi dan industri dalam negeri. Bangga pakai produk lokal! 

Harga Klodiz Izzypant

Klodiz Izzypant dijual seharga Rp 52.000,- sampai Rp 62.000,- per satuannya. Bisa dibeli dari agen atau distributor mitra Klodiz-Minikinizz di berbagai daerah melalui Instagram atau marketplace. Untuk wilayah Surabaya atau Jawa Timur, saya biasa membeli clodi ini di Juragan Clodi dan Nadya Collection. Informasi lebih lengkap terkait agen mitra ini bisa dicek di Instagram Klodiz-Minikinizz, ya!

Keunggulan Klodiz Izzypant

Kalau soal praktis, menurut saya Klodiz Izzypant adalah juaranya. Seperti yang saya sampaikan di atas, memakai clodi ini benar-benar semudah memakai celana. Gampang sekali dipakai walaupun si kecil sedang bermain atau berlarian ke sana ke mari. 

Clodi ini juga tidak merepotkan. Setelah dicuci dan dikeringkan, saya tidak perlu menata insert-nya, memasukkan satu per satu ke dalam pocket. Begitu kering langsung bisa disimpan atau dipakai lagi. Tentu ini sangat membantu meringankan pekerjaan para mama. Menghemat waktu serta tenaga. 

Selain itu, dengan harga yang relatif terjangkau, clodi ini sangat worth to buy bagi saya. Sebab, clodi ini bisa dipakai untuk jangka panjang. Maksudnya mulai anak beratnya 5 sampai 20 kg, kira-kira sekitar umur 2 tahun. Dan, tentu saja bisa diturunkan kepada adik-adiknya kelak. Ini bisa jadi salah satu keunggulan Izzypant dibandingkan clodi AIO pant lain, yang umumnya hanya bisa dipakai sampai anak BB 15 kg. 

Kelemahan Klodiz Izzypant

Salah satu kekurangan Klodiz Izzypant ini adalah tidak cepat kering setelah dicuci. Kekurangan ini memang sering terjadi pada clodi-clodi tipe AIO yang semua komponennya dijahit menyatu. Jadi, yah, bisa dimaklumi lah... Tetapi karena kekurangan ini, Izzypant menjadi kurang bersahabat untuk dipakai saat musim hujan.

Biasanya insert clodi membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk kering daripada outer-nya, ketika dijemur bersama-sama. Pada kasus clodi AIO pant, insert 'terperangkap' di dalam pocket yang tertutup, di antara outer dan inner, sehingga dijemurnya pun harus lebih lama untuk bisa benar-benar kering. Untuk menyiasatinya, saya biasa mengeringkan clodi ini dengan mesin cuci (pakai laundry net, spin cukup 3 menit), kemudian dijemur di bawah sinar matahari langsung. Kalau cuaca tidak mendukung, bisa diangin-anginkan atau pakai senjata utama yaitu kipas angin. 

Kelemahan lain dari Izzypant adalah clodi ini agak menyulitkan ketika anak poop. Karena bentuknya celana, ketika melepas clodi harus hati-hati agar poop si kecil tidak 'mbleber' kemana-mana. Berbeda dengan clodi pocket yang bisa dicopot snap-nya, sehingga poop si kecil tidak berantakan. Oleh karena itu, saya biasanya memakaikan Izzypant ini jika si kecil sudah melewati jadwal poop-nya.

Kesimpulan

Klodiz Izzypant by Minikinizz merupakan clodi AIO berbentuk celana, yang mana komponen-komponennya dijahit menyatu. Dengan desain ini, Izzypant sangat mudah dipakaikan kepada si kecil. Simpel dan praktis. Fitur-fitur clodi ini dibuat agar mudah menyesuaikan dengan bentuk tubuh si kecil. Sayangnya, clodi ini tidak mudah kering setelah dicuci. Tetapi secara keseluruhan clodi ini recommended terutama untuk anak-anak yang aktif. Dengan harga yang affordable, clodi ini juga mudah didapat. Saya pribadi memberikan skor 9/10 untuk Klodiz Izzypant. Jangan lupa mencoba, ya! 

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

12 comments

  1. Keren Kak. Rekomended nih jika nanti sudah berkeluarga dan punya anak dipakekan clodi saja. Lebih hemat dan Praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, kerasa banget bedanya pakai clodi dan pospak. Sampah bener-bener berkurang dan lebih hemat. Jadi mamak gak perlu rebutan flashsale/diskon popok hehe. Btw, terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. Wah jadi inget clodi dulu motifnya nggak selucu sekarang. Itu motif lucu ya, jadi semangat go green wkwk. Dan lagi dulu setauku model kaya popok, bukan celana. Ini sih pilihan oke banget, terlepas memang agak lama keringnya pas dicuci dan juga pas poop takut meleber pas dicopot. Tapi manfaat ke lingkungannya memang worth it sih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terbaru, baru banget, malah makin ketje badai membabi buta motif2nya. Bikin ngiler dan membangkitkan hasrat mamak shopeeholic buat checkout, hehe. Kayaknya emang di Indonesia ini yang model clodinya paling aneh2 mbak, macem2, modif terus sesuai kebutuhan pengguna.. Makasih mbak wid :)

      Delete
  3. Enaknya Clodi itu ga nyampah ya. Zero waste. Saya dulu belinya yang polos aja, eh sekarang motifnya lucu-lucu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kayak tren fashion para bayi sekarang pak, bagus-bagus banget motifnya. Dan merknya juga makin banyak :"

      Delete
  4. Waw dilengkapi adjustable snap button.. Ini kan masalahku kalau pake pospak yang over size, gampang bocor.

    Btw, klodi izzypant ini ga bs di cuci mesin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kalo pospak kadang gitu. Padahal BB anak udah sesuai di range BB pospaknya, tapi kadang cuttingnya gak cocok ya, jadi bocor...

      Bisa banget lhoo 😁 Aku nyuci clodi selalu pake mesin kok, dulu aja awal2 berclodi idealisme masih tinggi, nyuci manual. Lama2 dahlah digiling aja di mesin, toh pake laundry net juga. Hihi

      Delete
  5. Rekomen klo nanti saya punya anak.. btw doakan segera yaa kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaabb, semoga bisa ikut berclodi juga yaaa hehe

      Aamiin ya robbal 'alamiin.. Semoga disegerakan dan dimudahkan oleh Allah ya kak apa yg jadi angan2nya..

      Delete
  6. waw aku baru tahu kalo ada pampers yang ecofriendly gini
    bisa banget nih buat kado temen-temen yang abru lahiran 😱
    thank you mbak insight nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bisa banget mbak jadi hampers lahiran. Malah sekarang itu banyak juga seller/produsen yang menyediakan paket hampers khusus gitu. Jadi sepaket biasanya udah dapat clodi beberapa pcs plus detergennya juga, hehe

      Sama2 mbak, semoga menginspirasi... :)

      Delete

Post a Comment