admasyitoh.com

Little Hippo AIO Pant Si Clodi Imut dan Praktis

16 comments

Jujurly, clodi bermerk pertama yang saya beli adalah si Little Hippo ini. Bermula dari tekad saya untuk berclodi, saya dipertemukan dengan clodi ini.

Dari sekian banyak merk clodi yang ada di pasaran, saat itu saya langsung tertarik dengan clodi Little Hippo karena harganya yang murah. Bahkan setengah harga dari merk-merk 'sultan' yang ada di Indonesia. Penasaran? Simak ulasan saya berikut ini, ya! 

Overview Clodi Little Hippo

Saat ini ada dua tipe clodi Little Hippo yang dijual di pasaran. Tipe pocket dan tipe AIO. Tipe pocket sendiri ada dua jenis, yaitu Easy Fit dan Eco Clodi. Tetapi yang akan saya ulas di sini adalah Little Hippo AIO pant atau tipe celana. Detail informasi tentang produk-produk clodi Little Hippo ini dapat dilihat di Clodistore Official Shop, ya! 

Sesuai dengan namanya, Little Hippo AIO pant adalah clodi all in one yang berbentuk celana. Sama seperti clodi pant pada umumnya, komponen-komponen clodi ini dijahit menyatu. Menurut saya, clodi ini mempunyai cutting yang lebih kecil daripada clodi pant yang lain. 

Little Hippo AIO pant terdiri dari dua ukuran, yaitu reguler dan jumbo. Ukuran reguler diklaim bisa dipakai oleh anak BB 3 sampai 15 kg. Sedangkan ukuran jumbo diperuntukkan bagi anak dengan estimasi BB 14 sampai 25 kg. Tetapi ternyata estimasi ukuran ini tidak benar-benar sesuai. 

Saya mulai memakaikan clodi ukuran reguler pada si kecil ketika usia dua bulan. Beratnya saat itu sekitar 6 kg. Awalnya tidak ada masalah, enjoy saja menjalani proses berclodi dengan si kecil. Tetapi seiring waktu, ketika si kecil tumbuh semakin besar dan gemuk, mulai ada keluhan. 

Anak saya memang termasuk bayi yang 'besar' untuk ukuran anak seusianya. Ketika usianya sembilan bulan, beratnya sudah mencapai 10an kg. Clodi Little Hippo reguler ternyata sudah sangat ketat ketika dia pakai. Seharusnya clodi ini bisa dipakai sampai beratnya 15 kg, tetapi nyatanya belum sampai segitu clodi sudah tidak muat. Kalau dipaksakan, justru akan membuat si kecil tidak nyaman serta menimbulkan bekas kerutan karet di bagian pahanya. Mungkin karena cutting-nya yang small, clodi ini jadi tidak muat pada anak saya. Padahal clodi ini imut dan sangat menarik coraknya. Sayang sekali hanya terpakai sebentar... 

Nah, salah satu daya tarik clodi ini bagi saya adalah visualnya. Imut dan lucu, polos (dalam dunia perclodian disebut solid color) tanpa motif, serta warna-warni. Ini pula yang membedakan clodi Little Hippo tipe AIO pant dengan tipe Easy Fit pocket yang full printed motif. 

Warna-warnaya cerah dan cenderung mencolok. Menarik sekali terutama untuk anak-anak. Ada warna merah, biru navy, hijau muda, kuning, ungu tua, pink, lilac dan jingga. Warna-warna ini menurut saya netral dan bisa dipakai anak laki-laki atau perempuan. 

Oiya, ada yang perlu saya ingatkan. Bagian depan dan belakang clodi ini agak sulit dibedakan, karena memang cutting-nya benar-benar mirip. Bagian pembedanya adalah stiker merk yang terbuat dari karet transparan. 

Logo khas Little Hippo, berupa mamalia besar yang banyak menghabiskan wakunya di air (bilang aja kuda nil), tercetak pada stiker tersebut. Nah, bagian stiker inilah yang menunjukkan bagian belakang atau pantat bayi. Sedangkan bagian depan clodi polos, tidak ada embel-embel atau ornamen apapun. Jika dicermati akan kelihatan kalau bagian belakang sedikit lebih lebar daripada bagian depan. Jadi hati-hati terbalik, ya! 

Dari segi bahan, clodi ini sama seperti yang lainnya. Material PUL (polyurethane laminated) masih digunakan sebagai outer waterproof yang mencegah kebocoran clodi. Inner-nya berupa material microfleece warna putih yang sangat lembut, sehingga aman bersentuhan dengan kulit bayi secara langsung. 

Insert clodi ini memakai bahan microfiber empat layer yang diklaim bisa menampung cairan hingga 300 mL. Dengan kemampuan ini, clodi bisa bertahan antara 3 sampai 4 jam, kecuali jika si kecil poop yang mengharuskan untuk segera ganti clodi. Pengalaman saya, pernah saat itu si kecil poop tetapi tidak ketahuan, karena memang tidak ada bocor atau bau. Alhamdulillah, tidak sampai ada ruam meskipun bisa dibilang saya telat mengganti clodi. 

Dari segi performa, clodi ini termasuk baik. Tidak mudah bocor dengan daya serap yang lumayan. Insert-nya tetap stay dry dan tidak bulky (menggembung), membuat si kecil tetap nyaman bermain atau bergerak aktif. 

Bagian paha dan pinggang clodi Little Hippo ini full karet elastis. Tidak ada kancing snap untuk menyesuaikan ukuran tubuh si kecil. Karena itulah mungkin karet elastisnya cukup ketat bagi anak yang gemuk, terutama di bagian paha. Dari pengalaman saya, karet paha clodi ini 'mengikat' erat di tubuh anak, sehingga kadang menimbulkan bekas merah di kulit paha. 

Sebaliknya, karet elastis pada bagian pinggang seperti kurang kuat walaupun ukurannya lebih tebal. Salah satu clodi saya pernah sampai putus bagian karet pinggangnya karena ditarik terlalu kuat. Hal ini tentu saja merugikan karena clodi tidak bisa dipakai lagi. Tidak mungkin saya memakaian clodi yang longgar karena posisinya yang tidak fit di badan anak, yang pada akhirnya membuat performa clodi tidak maksimal. 

Selebihnya, clodi ini sangat mudah dipakai. Seperti memakai celana. Tinggal slup, selesai! No ribet, no rempong. Simpel dan praktis. 

Meski demikian, ada beberapa hal yang ingin saya kritisi tentang clodi Little Hippo ini. Sebetulnya saya kurang sreg dan sedikit menyesalkan pada packaging yang mereka gunakan. Setiap satuan clodi dikemas dalam plastik bermotif warna hijau dan putih. Sayangnya saya tidak sempat menyimpan gambarnya, karena segera dimusnahkan saat itu. 

Sebagai produsen dari produk zerowaste seharusnya mereka memikirkan juga bahwa kemasan clodi adalah plastik, yang sudah jelas-jelas berlawanan dengan tujuan awal diciptakannya clodi itu sendiri. Yakni demi mengurangi sampah plastik. Saya tidak bisa menyampaikan kritik ini secara langsung kepada produsen. Sebab, clodi ini sepertinya bukan buatan lokal, tetapi difabrikasi di negara lain. 

Selain itu, saya juga menyayangkan pelayanan dari akun resmi Little Hippo Indonesia di Instagram. Adminnya kurang ramah, dalam artian tidak responsif. Berulang kali saya memberi komentar, DM atau menandai akun resmi Instagram Little Hippo Indonesia. Tetapi saya tidak pernah mendapat respon. Berbeda dengan akun merk-merk clodi lainnya yang ramah, cepat tanggap dan menyenangkan. 

Pengalaman ini mungkin biasa saja bagi orang lain. Atau orang lain mungkin menganggap saya lebay. Tetapi komunikasi ini menurut saya cukup penting. Apalagi saat itu saya ingin menanyakan perihal produk yang mereka jual dan ingin saya beli. Menurut saya, customer berhak mendapatkan informasi yang jelas dan kredibel terkait produk yang akan dibeli. 
Beruntung saya menemukan reseller clodi ini yang sangat ramah dan responsif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Dan akhirnya saya pun fix 'meminang' clodi ini dari reseller, bukan dari akun resminya. 

Harga Little Hippo AIO Pant

Clodi Little Hippo AIO pant ukuran reguler dapat dibeli mulai harga 28.000 sampai 41.000 rupiah per satuan. Sedangkan untuk ukuran jumbo seharga 29.000 sampai 49.000 rupiah per satuan. Clodi ini dapat dibeli di marketplace Clodistore Official Shop maupun reseller yang ada di berbagai daerah. Mama bisa memilih sendiri di marketplace

Untuk wilayah Surabaya atau Jawa Timur, saya biasa membeli clodi ini via martketplace di toko Gain Shop Bondowoso. Seller-nya ramah dan responsif. Mereka akan menjawab pertanyaan-pertanyaan kita seputar produk dengan senang hati. Jangan lupa manfaatkan promo-promo dan voucher gratis ongkirnya! 

Keunggulan Little Hippo AIO Pant

Kelebihan clodi pant adalah praktis dan mudah digunakan. Nilai ini pula yang menjadi keunggulan utama dari clodi Little Hippo AIO pant ini. Mudah dipakaikan kepada si kecil. Apalagi jika ia sedang di masa aktif-aktifnya bergerak. Si kecil tidak perlu harus berbaring di tempat tidur untuk dipakaikan clodi. Sambil berdiri atau bermain pun bisa. 

Sama seperti clodi pant lainnya, clodi ini juga simpel dan tidak merepotkan. Karena semua komponennya sudah dijahit menyatu, saya tidak perlu repot-repot memasukkan atau menata insert satu per satu ke dalam pocket. Kotor tinggal cuci, jemur, kering dan siap dipakai lagi. Simpel 'kan? 

Kelebihan lain clodi satu ini adalah harganya yang sangat affordable. Dibandingkan clodi tipe AIO lainnya, yang umumnya berkisar antara 60.000 sampai 80.000 rupiah, Little Hippo AIO pant ini murah sekali dengan harga setengahnya. Pas sekali untuk dijadikan stok clodi sehari-hari. Murah meriah tapi performa tetap prima. 

Selain itu, motifnya pun solid color dan universal. Warna-warna polos yang menarik. Bisa dipakai anak laki-laki maupun perempuan, tidak perlu pusing memilih motif khusus. Dan tetap cocok dipasangkan dengan outfit apapun.

Kelemahan Little Hippo AIO Pant

Keluhan utama saya pada clodi ini adalah cutting-nya yang kecil. Seperti yang saya tulis di atas, seharusnya clodi ini bisa dipakai sampai anak umur 2 tahun dengan BB sekitar 15 kg. Tetapi nyatanya ketika anak saya umur 9 bulan, clodi sudah tidak muat. Kalau dipaksakan justru membuat si kecil tersiksa dan menimbulkan bekas menghitam di kulit anak yang tidak mudah hilang. Solusinya, mau tidak mau saya harus membeli clodi baru dengan ukuran yang lebih besar. 

Clodi ini juga bukan termasuk clodi all size yang bisa dipakai bayi segala usia dan berat badan. Jadi jika anak sudah semakin besar, maka harus upgrade lagi ke ukuran yang jumbo. Ujung-ujungnya pengeluaran pun bertambah, walaupun tidak sebesar biaya membeli pospak atau popok sekali pakai. Tetapi jatah jajan anak jelas berkurang dong... 

Selain itu, karet elastis clodi ini menurut saya agak rapuh atau kurang kuat. Tidak boleh ditarik terlalu kuat atau direnggangkan terlalu lebar agar tidak sampai putus. Sampai sekarang belum ada jasa reparasi clodi ya, moms! Jadi kalau rusak ya sudah wassalam... Good bye

Kelemahan lain clodi ini terletak pada kualitas bahan inner-nya, yakni microfleece. Entah kenapa, inner salah satu clodi yang saya punyai bisa berlubang. Sobek. Padahal saya tidak menyikatnya atau mengucek terlalu kuat. Mencuci dengan mesin pun selalu pakai laundry net. Kejadian ini tidak pernah saya alami dengan merk lain yang bahannya sejenis. 

Setelah saya perhatikan, ternyata memang inner-nya agak tipis daripada clodi lain yang serupa. Bahkan 'nerawang' sampai-sampai insert-nya pun bisa terlihat. 

Microfleece memang sering sekali digunakan sebagai inner clodi, yaitu bagian dalam clodi yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Meskipun murah, tetapi alangkah lebih baik jika memilih bahan yang terjamin kualitasnya. Dengan demikian, kejadian yang saya alami bisa dicegah atau dihindari. 

Little Hippo AIO pant ini juga lama kering setelah dicuci. Kelemahan yang memang sering terjadi pada clodi tipe celana. Seharusnya clodi dijemur dengan posisi terbalik, dimana inner menghadap matahari langsung, sedangkan outer menghadap ke dalam. Tetapi kadang saya harus membalik clodi ke posisi normal demi mengeringkan bagian outer yang belum kering. 

Cara ini sebisa mungkin jangan ditiru, ya! Kalau memang terpaksa, sebisa mungkin usahakan outer tidak terkena matahari langsung dan tidak jemur terlalu lama. 

Kesimpulan

Clodi Little Hippo AIO pant adalah salah satu clodi tipe celana yang sangat praktis, simpel dan mudah digunakan. Semua komponen clodi telah dijahit menyatu. Dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan menjadi salah satu clodi paling affordable di pasaran, clodi ini memiliki performa yang cukup baik. Meski demikian, clodi ini perlu memperbaiki dan meningkatkan lagi kualitas produknya, serta perlu berinovasi lebih modern agar mampu bersaing dengan clodi lain sesuai kebutuhan pengguna. Dari aspek customer service Little Hippo perlu memberikan perhatian yang lebih kepada pelanggan. 

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, performa clodi ini layak mendapat apresiasi. Tetapi secara keseluruhan, saya memberikan skor 7/10 untuk clodi Little Hippo AIO pant ini. Yah, cukup lah... Lumayan untuk menambah stok clodi di siang hari. 

Rekomendasi dari saya, mungkin lebih baik membeli clodi ukuran jumbo daripada reguler, terutama jika si kecil berbadan besar atau gemuk. Karena cutting-nya kecil, selisih ukuran jumbo dan reguler tidak terlalu signifikan. Jadi sekalian beli yang besar, daripada beli yang reguler tapi tidak bisa diandalkan untuk jangka panjang.

Happy clothdiapering! 

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

16 comments

  1. Aku belum pernah pakai clodi untuk anak-anakku mbak. Pengen nyobain cuma malas nyuci wkwk

    Tapi sebenarnya dengan pakai clodi kain begini lebih ramah lingkungan ya. Tapi untuk urusan cuci mencuci ini yang belum ramah bagi aku haha..

    Boleh aku pertimbangkan bayiku pakai little hippo ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan kalo belum mulai berclodi gitu mbak. Dulu aku juga kebayang2 males nyucinya haha. Tapi terus nyari komunitas berclodi, biar ada temen senasib seperjuangan yg nyemangatin hehe. Dn ternyata clodi juga aman dicuci pake mesin... Hemat waktu dan tenaga 😆😆

      Boleh kalo mau coba-coba beli little hippo ini, 1-2 biji aja kan masih nyoba hehe

      Delete
  2. Aman, tapi soal praktis ini relatif mungkin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emm, bisa jadi...

      Tapi kalo dadi pengalaman pribadi, clodi-clodi yang tipe pant atau bentuknya celana gini emang praktis banget kak. Tinggal sluup, selesai 😁 Temen-temen yang pake tipe pant ini juga rata-rata bilangnya gitu. Praktis, gak rempong.

      Delete
  3. dlu waktu anakku divonis isk sama dokter, aku beralih ke clodi. dan emg banyak banget manfaatnya. selain jd mudah ngajarin toilet training, anggaran buat popok jd berkurang jauh. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak, manfaatnya kerasa banget di sampah dan anggaran belanja mamak 🤭🤭

      Btw, gimana ceritanya bisa divonis isk? Ada keluhan tertentu kah??

      Delete
  4. Suka dengan produk-produk little hippo. Beberapa di keluarga kami memakainya.
    Semoga pihak Hippo bisa merespon dengan baik masukan tentang kekurangan-kekurangan kecil seperti yang Mbak Alfia sebutkan, biar kita makin cinta sebagai costumernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga.. Karena sayang sekali sebetulnya performa clodinya oke, cuma kurang inovasi aja. Padahal harganys terjangkau sekali ya Pak

      Delete
  5. Aku belum punya anak, tapi liat colornya lucu-lucu. Tempting banget ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, ngejreng banget jadi ceria gitu bawaannya. Nanti kalo punya anak boleh dicoba clodinya hihi

      Delete
  6. Menarik banget dan sangat bermanfaat ulasannya, semoga menginspirasi org lain agar lebih sadar pentingnya menjaga lingkungan. semangat terus berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga bisa bermanfaat beneran bagi banyak orang. Makasih kak 😊

      Delete
  7. Semakin mudah aja sekarang, ya, Mba. Udah ada clodi. Harus bijak piih ukurannya juga ternyata biar bisa dipakai jangka panjang. Makasih ulasannya, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak 😊 Lebih tepatnya harus pinter pilih tipe clodi yang paling sesuai kondisi sih, karena jenis, model dan merknya buanyaaak

      Delete

Post a Comment