admasyitoh.com

Wizzmie, Kuliner Kekinian Surabaya yang Lagi Hits dan Tak Pernah Sepi!

21 comments

wizzmie kuliner kekinian surabaya selatan

Viral! Tempat makan satu ini langsung menjadi perhatian netizen sejak awal dibuka, pertengahan 2022 lalu. Aku pertama kali tahu tempat makan hits di Surabaya ini dari sosial media berkat ulasan pengunjungnya yang mondar-mandir di beranda.

Sepuluh tahun lebih menjadi warga Surabaya, aku mungkin termasuk orang yang tidak hobi mengeksplor kuliner unik Surabaya. Sehingga, hari itu ketika salah satu rekan blogger mengajakku bertemu, aku sempat bingung memilih lokasi temu.

"Aku besok ke rumahmu ya, Al?"

"Kita ketemuan di luar aja yuk, eon! Di rumahku nggak seru, nggak ada apa-apanya, haha."

Sudah menghirup udara di kota yang sama, sangat disayangkan kalau lewat begitu saja tanpa berjumpa. Tapi ketemuan di mana ya enaknya?

Atas saran suami, aku memilih Wizzmie Jemursari, yang kemudian langsung disanggupi oleh Lendyagassi eonni. Dan, alhamdulillah, jadilah sore itu kami bertemu. Alhamdulillah-nya lagi, ketika kami ke sini antrian tidak semengerikan yang aku bayangkan. Mungkin karena hari itu bukan weekend. Meskipun ramai, banyak tempat yang sudah di-booking, tapi kami masih kebagian meja yang luas.

lendyagassi eonni
Meet up dengan Lendyagassi eonni selagi sempat

Voila! Tidak heran kalau tempat ini masuk dalam jajaran rekomendasi kuliner populer di Surabaya. Baik menu, citarasa, harga, tempat dan pelayanannya memang memuaskan. Kalau kamu ke Kota Pahlawan, sempatkan mampir ya! Apalagi sering ada promonya, wah, mantap!

Disclaimer! Review kuliner Surabaya ini merupakan pendapat jujur penulis, bukan endorsement, apalagi content placement. Pure seratus persen ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Yah, doakan aja setelah ini bisa di-endorse pihak Wizzmie betulan ya. Aaamiin (dalam hati).

Wizzmie, Kuliner Kekinian Surabaya dan Surganya Penggemar Mi Pedas

Sesuai namanya, yeorobun, Wizzmie adalah surganya para penggemar mi. Salah satu kuliner kekinian Surabaya yang menyajikan beraneka macam olahan mi. 

Brand satu ini punya identitas yang ikonik berupa dancing character dengan rambutnya yang keriting, seperti mi, cocok sekali dengan citarasa makanannya yang menggoyang lidah. Penggemar mi pedas sepertiku pasti tidak akan sanggup menolak. Even tho, bukan cuma mi lo yang bisa dinikmati di sini. Nanti aku ceritakan di bawah ya untuk lebih jelasnya.

wizzmie jemursari
Wizzmie, salah satu kuliner kekinian Surabaya yang sedang hits dan selalu ramai pengunjung

Soal citarasa dan variasi menu, Wizzmie layak diadu dengan cafe-cafe kekinian yang lagi ramai di sosial media. Tapi daya tarik utama Wizzmie menurutku terletak pada atmosfer atau ambience yang ditawarkan. Tempat yang lapang, aesthetic dan instagenic adalah gravitasi tersendiri yang membuat pelanggan betah dan ingin kembali. Dua kali aku ke sini, parkirannya selalu dipenuhi kendaraan, baik roda 2 maupun roda 4.

Olahan mi memang sedang jadi primadona. Mungkin itu pula yang membuat tempat ini ramai pengunjung dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga mama-mama muda sepertiku. Dari pakaian mereka saja sudah bisa ditebak kalau penggemar Wizzmie ternyata berasal dari bermacam-macam latar belakang.

Yah, sebagai salah satu kuliner baru di Surabaya, rumah makan ini menurutku terbilang sukses. Buktinya, hanya dalam satu tahun mereka sudah berhasil melebarkan sayap dengan membuka 11 cabang yang tersebar di berbagai kota, tidak hanya di Surabaya.

Nah, yang aku kunjungi ini kabarnya adalah cabang pertama mereka. Meski baru, tapi nyatanya Wizzmie Jemursari ini langsung menjadi salah satu destinasi andalan kuliner Surabaya selatan bagi warga lokal sendiri. Tempatnya memang cocok sekali dikunjungi bersama pasangan, keluarga maupun sahabat tercinta. Seperti aku dan Lendyagassi eonni beberapa waktu lalu, kemudian seminggu setelahnya aku kembali bersama Mbak Pipit, yang juga sahabatku.

antrian wizzmie
Menu beragam, citarasa, tempat nyaman, serta harga yang ramah kantong menjadi alasan utama Wizzmie disukai banyak orang

Alamat dan Kontak Wizzmie Jemursari

Lokasi outlet Wizzmie Jemursari ini cukup strategis dan mudah dijangkau, baik kendaraan pribadi, transportasi umum maupun online. Terletak di pinggir jalan raya protokol sehingga mudah sekali ditemukan. Apalagi identitas ikonnya dipasang besar sekali di depan—sayang aku lupa foto.

Alamat lengkapnya di Jl. Raya Jemursari No. 319, Sidosermo, Kecamatan Wonocolo, Surabaya 60239, Kontak 081336081669. Kalau datang dari arah Jl. Ahmad Yani via Taman Pelangi, Wizzmie letaknya sekitar 2 kilometer lurus dari RSI Jemursari.

Restoran ini buka setiap hari mulai jam 10.00 pagi sampai 11.00 malam. Selain dine in dan takeaway, menu-menu Wizmmie juga bisa dipesan via aplikasi GoFood dan Grab Food. 

Kalau kamu berencana hangout ke sini dengan teman gengmu dan khawatir tidak kebagian tempat—karena tempat ini selalu ramai—kamu bisa menjamin mejamu dengan melakukan reservasi. Caranya dengan membuka link yang ada di Instagram official @wizzmie, pilih Info Reservasi dan kamu akan langsung diarahkan ke kontak WhatsApp reservasi masing-masing outlet Wizzmie. Gampang kan?

Selain Jemursari, untuk wilayah Surabaya Wizzmie juga ada di Lidah Kulon, Rungkut, Sukomanunggal dan Tunjungan. Sedangkan untuk luar daerah, Wizzmie membuka cabang di Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Jember, Probolinggo, Bandung, dan yang terbaru Makassar.

Menu dan Harga

“Wizzmie: Are You Ready To See Mie Dancing?”

Sesuai tagline-nya, menu-menu olahan mi di Wizzmie diberi nama unik yang berkaitan dengan dancing. Seperti Mie Goyang (mi pedas goreng kecap); Mie Disko (mi pedas gurih); dan Mie Manja (mi original dengan bumbu spesial), satu-satunya menu mi yang tidak pedas. Level pedasnya bisa kita pilih sendiri sesuai selera, mulai dari level 1 sampai level 5, atau request sendiri jumlah cabainya.

wizzmie jemursari
Pesanan kami: Mie Manja, Mie Goyang, Chicken Karage, Dimsum Siomay, Sushi Retro Roll (satu-satunya sushi tanpa udang), Avocado Coffe Frappe dan Hot Lemon Tea

Level pedas ini juga mempengaruhi harga menunya. Tapi tidak perlu khawatir karena tidak akan membuat dompet semakin kering walau di akhir bulan dan belum gajian. Mie Goyang harganya mulai dari 10K sampai 11,5K. Mie Disko mulai 9,5K sampai 11,5K. Sedangkan Mie Manja cukup 8,5K saja. Harga-harga ini belum termasuk Ppn dan ada sedikit perbedaan ketika makan dine in atau take away.

Selain mi, pengunjung juga bisa menikmati aneka sushi dan dimsum yang umumnya berisi daging ayam atau udang.

Yang paling aku sukai dari Wizzmie ini adalah mereka juga menyediakan menu pilihan rice bowl. Semangkuk nasi dengan potongan daging ayam dan salad sayuran yang dilengkapi berbagai pilihan saus seperti teriyaki, black pepper, spicy, sweet and sour, hingga sambal matah.

rice bowl wizzmie
Rice Bowl Sambal Matah, Dimsum Pao Ayam Steam dan Sushi Hip & Roll yang jadi favorit Lendyagassi eonni

Untuk minumannya, Wizzmie menyediakan berbagai minum dingin dan menyegarkan dengan nama-nama lucu dan menarik, semenarik tampilannya, seperti Ice DJ, Ice Reggae dan Ice Funky. Kalau mau memesan minuman hangat pun, juga bisa. Ada minuman teh, lemon dan jeruk yang bisa dinikmati selagi masih hangat.

Di tempat makan ini pengunjung juga bisa nongkrong sambil ngopi, karena ada berbagai jenis kopi-kopian masa kini juga dalam menunya. Sebut saja Ice Kopi Gula Aren, Original Coffee dan Mocca. Rasa lainnya masih banyak, mulai dari Green Tea, Taro, Red Velvet, Hazelnut, Tiramisu hingga Avocado Coffee. Semuanya dengan topping frappe yang melimpah di atasnya. Pencinta minuman latte juga bisa menikmati Matcha Latte, Chocolate dan Milk Tea.

Ada satu lagi menu yang menurutku bisa menjadi ciri khas Wizzmie jika dibandingkan dengan kuliner mi kekinian lainnya, yaitu gelato atau es krim. Apalagi varian rasanya banyak sekali. Sudah pasti gelato inilah yang jadi favorit anak-anak, makanya tidak heran kalau di sini juga banyak pengunjung yang masih anak-anak.

gelato wizzmie
Pilihan rasa gelatonya lengkap, rasanya tidak telalu manis, tidak eneg dan menyegarkan

Personally, menu favoritku adalah Mie Goyang Level 3 yang pedasnya cukup bikin melek mata, namun masih bisa aku toleransi. Rasa pedasnya tidak menghilangkan kenikmatan menyantap mi kenyal yang gurih dan manis tipis-tipis.

mie goyang wizzmie
Mie Goyang Level 2

Untuk dimsumnya, aku paling suka Siomay dan Ceker. Sayang sekali tidak sempat ambil fotonya, karena telalu fokus menikmati suasana dan menyantap makanan.

Siomaynya full berisi daging ayam dan udang giling. Sementara Cekernya gurih sedikit spicy dan smokey, mesti tidak sepedas penampilannya yang merah membara. Bumbunya lezat dan meresap secara merata, serta khas aroma lada hitam. Andaikan ceker ini boneless atau tanpa tulang, pasti lebih mantap, karena tidak perlu menguliti sampai ke tulang-tulangnya. Tapi tergantung selera juga. Sebagian orang menganggap justru sensasi menguliti tulang inilah yang membuat ceker lebih sedap dan nikmat.

Untuk minumannya, andalanku adalah Avocado Coffee Frappe, salah satu menu terbaru mereka. Aku juga suka Ice Kopi Gula Aren mereka. Rasanya pas di lidahku, tidak terlalu manis, tidak eneg, pun rasa kopinya tetap terjaga. Semua seimbang.

Begitu pula dengan gelatonya. Bukan cuma varian rasa yang sangat beragam, rasanya pun nikmat dan pas. Kalau kebanyakan ice cream cenderung dominan rasa susu, gelato di Wizzmie menurutku lebih dominan dengan rasa aslinya. Ada unsur creamy dari susu, tetapi tidak berlebihan dan tidak terlalu manis. Malah yang rasa stroberi buatku lebih banyak masamnya meski tetap menyegarkan. Anakku selalu minta gelato tiap ke Wizzmie ini.

menu kids friendly
Contoh menu kids friendly: Mie Manja (mi original dan tidak pedas) serta Gelato (sayang sekali tidak terabadikan dalam foto)

IMHO, meski enak dan murah, satu hal yang cukup aku sayangkan. Gelato Wizzmie masih belum halal guaranteed. Yah, mari kita doakan semoga suatu saat Wizzmie bisa menjamin kehalalan menu-menunya. Bukankah ini justru bisa menjadi keistimewaan tersendiri, kalau punya sajian menu yang lengkap dan sudah terjamin halal? Konsumen muslim pun tidak perlu lagi. 

UPDATE!! Alhamdulillah per tanggal 23 November 2023, melalui akun resmi instagramnya, pihak resto mengumumkan bahwa Wizzmie sudah HALAL guaranteed yeorobun! Yeay... Akhirnya lengkap sudah ya, jadi yang muslim nggak perlu waswas lagi nih. InsyaAllah sudah terjamin kehalalannya ya, mulai dari bahan baku, bumbu, pengolahan, alat yang digunakan sampai penyajian sudah halal!

Fasilitas dan Pelayanan

Di Jemursari ini, begitu masuk resto, pengunjung akan langsung disambut dengan suasana yang nyaman dan ruangan yang lapang. Meja order ada di sebelah kiri pintu masuk. Jadi, pastikan memesan menu terlebih dahulu sebelum mendapat nomor order dan menuju tempat dudukmu. Pembayaran dilakukan sebelum duduk, bisa cash maupun non cash.

area indoor
Tempat yang luas, bersih, nyaman serta aesthetic, membuat pengunjung betah berlama-lama

Setelah order, kita bebas memilih meja yang kita mau, kecuali meja yang sudah berlabel ‘reserved’. Ada ruangan indoor di bagian depan, dekat dengan meja resepsionis. Sementara di bagian belakang, dekat dengan kitchen, adalah ruang outdoor dan semi outdoor.

area indoor
Salah satu penampakan area indoor yang cozy dan aesthetic, nampak sudah dipesan

Yang menarik, desain dan penataan ruangan di Wizzmie ini estetik sekali dan tidak monoton. Benar-benar style yang banyak digemari orang zaman sekarang. Ada taman kering di area outdoor. Bahkan ada pula kolam berisi banyak ikan di tengah-tengah barisan meja pengunjung.

Fasilitasnya juga cukup lengkap. Toilet dan mushola terletak berdampingan. Area parkirnya pun cukup luas dan bisa menampung banyak kendaraan. Cuma, tidak ada area bermain anak, walaupun restoran ini besar dan luas. Tetapi fasilitas ini tidak mendesak, sebab mereka sudah menggantinya dengan high chair yang memang khusus diperuntukkan bagi balita.

fasilitas lengkap
Area semi outdoor, tersedia juga high chair untuk konsumen yang membawa balita

Yang paling membuatku takjub ketika pertama kali ke sini adalah pelayanannya yang cepat. Gercep. Kalaupun lama, maka yang bikin lama biasanya adalah antrian di bagian order. Karena itulah Wizzmie juga menyediakan fasilitas loket Self Service di sebelah kanan pintu masuk bagi konsumen yang ingin melakukan order mandiri (mirip seperti di salah satu gerai ayam goreng, Mc*). Apakah stafnya ramah? Ramah kok. Tidak ada keluhan.

Saking gercepnya, kalau biasanya aku masih harus menunggu lama sampai orderanku siap, di Wizzmie tidak begitu. Anggaplah mereka menyalahi budaya yang membuat konsumen harus menunggu lama untuk menyantap makanannya. Di sini tidak demikian. Tanpa menunggu lama, setelah mendapat meja, menu yang aku pesan langsung diantar secara bertahap.

Tidak perlu kelaparan menunggu hingga 10 menit atau lebih. Semua well-prepared, seperti sudah disiapkan dengan baik. Padahal kondisi saat itu cukup ramai pengunjung, sebagian besar meja sudah terisi. Dan, di sini pula kita tidak perlu mendengar nama kita dipanggil-panggil dengan teriakan lantang sampai terkesan seperti marah-marah. Hehe. Well-organized, pelayan sudah tahu ke meja mana menu yang mereka bawa harus diantarkan.

Summary

Yeorobun, Wizzmie adalah salah satu kuliner kekinian Surabaya yang sejak pertama kali dibuka sudah menarik perhatian. Tidak heran kalau sebagai kuliner baru di Surabaya Selatan, Wizzmie Jemursari selalu ramai pengunjung. Wizzmie tidak hanya menyajikan olahan mi yang bervariasi, tetapi juga pilihan lain seperti dimsum, rice bowl dan sushi, lengkap dengan gelato untuk hidangan penutup. Citarasa yang sedap dan nikmat, ditambah harga yang ramah kantong serta tempat yang aesthetic, membuat pengunjung betah dan ingin kembali. Kamu tertarik mencoba? Semoga Wizzmie segera ada di kotamu ya!

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

21 comments

  1. Wah, weekend ini cuss ke Wizzmie ah... Kebetulan daerah Jemursari gak jauh dari rumah... Di sana memang banyak tempat makan sih, tapi baca review Kak Masyitoh jadi meng deh...

    ReplyDelete
  2. Tau ga, Al..
    Anakku gak melu makan to yaa...Aku take away kemarin. Tus Abinya ngerasa bersalah donk... Akhirnya Kita mengulang makan Wizzmie Bandung.

    Rada jauh benernya dari rumahku, di daerah Sukajadi, tapi namanya pengen nurutin anak yaak..

    MashaAllah ~
    Nuhun yaa, Al..uda kopdaran ama aku. Kurang sengklek aselinya yaak...gaya photo Kita. Lain kali ajakin mas Nana buat bantuin foto dah..
    Kangen ama mas Nono juga...

    Wes booking Wizzmie demi CB NCT 2023.
    Shalala Ommona!

    ReplyDelete
  3. Tolong donk Wizzmie, endorse qaqa ini..karena tulisannya aku jadi pengen makan disini ngajak anak-anakku makan mie manja. Batam belum ada sih sofar..

    ReplyDelete
  4. dari seluruh tulisan nih paling galfok sama disclaimer-nya.. wkwkwk. Asli dech, Wissmie harus endorse kakak ini yang nulis dengan ciamik sekali review-nya.
    eh, harganya ga nyangka juga sangat ramah di kantong juga, pasti puas banget dengan tempat nyaman, pelayanan ekstra dan harga yang bersahabat. definisi perut kenyang hati pun senang ini mah

    ReplyDelete
  5. Ya Allaaah, mie dan gelato, perpaduan yang sulit ditolak ini mah. Eh, malah jadi ingat. Dulu zaman kuliah di Sby, kalo mau kulineran mie pedas begini ndadak ke kampus sebelah. Wkwkwk. Moga-moga bisa kulineran ke Surabaya lagi, Mbak Al siap diculik yaaa buat jadi tourguide. Hehe

    ReplyDelete
  6. Lho...lho..lho... Terjangkau bgt harganya mba. Mana tempatnya ciamik lagi. Sayang di daerahku belum ada cabangnya ini. Mie pedas itu emang kesukaan banyak umat ya. Side dishnya enak² mba. Aku suka bgt sama dimsum. Tp kok sushinya menarik sekali ya.

    ReplyDelete
  7. Suh...duh...ini sih selera aku banget, aneka mie, gelato, dimsum, rice bowl. Menangis aku melihat review ini, Wizzmie belum ada di tempatku mbaaaak. Tolong kirim Wizmiie ke sini, aku semaput, mupeng semupengnya..arggh

    ReplyDelete
  8. Aku malah gagal fokeus, finally kalian ketemuan juga ya hahaha. Ini tempatnya kelihatan cozy sih memang ;) asik buat nongkrong juga. Apalagi ada menu mie-nya, anti skip deh ^^

    ReplyDelete
  9. Aku tuh paling lemah kalau soal mi pedas. Sudah bertekad nggak akan tergoda juga, tetep aja selalu ingkar. Apalagi ini ditandemin sama gelato, wuih, langsung bergoyang ni lidah. Semoga beneran dapat endors-an, ya, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Wah senangnya bisa ketemuan sama mbak Lendy. Penasaran apa yg dibahas. Apakah pada bahas bias masing²? Hihi

    Ditempatku belum ada Wizzmie, adanya merk lain, hihi.
    Yang bikin unik ada gelatonyaaa ya, suka banget, abis makan pedas langsung dimanjain sama gelato. Tempatnya luas dan menunya super lengkap ya mbak. Semoga ada di tempatku, aamiin.

    Btw aku gagal fokus ke foto pertama mbak kerudung hijau itu lagi benerin kerudung ya? Hahaha

    ReplyDelete
  11. Tempatnya enak dan luas, makan mie nggak pernah bosen aq udah lama nggak makan mie, gelatonya menggugah selera

    ReplyDelete
  12. sayangnya di Semarang belum ada ya? padahal kelihatannya enak, menunya lengkap dan tempatnya besar. Semoga di Semarang segera ada, masak harus ke surabaya dulu sih

    ReplyDelete
  13. Ketemuan sama mbak lendy pasti obrolannya seputar perkembangan drakor dan kpop nih hihihihi
    Liat foto dan reviewnya jadi ngiler deh, olahan mi itu emang ga pernah gagal bikin ingin coba

    ReplyDelete
  14. Wah, bisa meet up dengns sesama blogger di tempat ini pasti berkesan banget ya mbak. Tempatnya juga nyaman, dan menunya aku banget ini 😃

    ReplyDelete
  15. Ngiler liat gelatonya. Walaupun bukan anak-anak tapi aku suka banget coba-coba rasa gelato. Bisa nih mampir buat ngemie + coba gelato di sana.

    ReplyDelete
  16. Menu mie emang slalu menggoda ya, sekilas tampilannya mirip mie viral yg cabangnya dmna2. Tpi yg ini nama menu2nya lebih unik, plus nya lagu ada gelatooo..duh komplit sekali

    ReplyDelete
  17. Hmm, makanannya menggoda sekali ya ada mie dan dimsum..saya pengen nyoba gelato nya juga

    ReplyDelete
  18. lo meet up sama Teh Lendi, hiks kok ajak-ajak to, secara aku penasaran sama dia, belum pernah ketemu offline, dia adik kelasku kuliah tapi beda jauh, akunya lulus kapan, dianya baru masuk hehehe
    yuk meet up

    ReplyDelete
  19. Suka banget makan di wizzme ini. Menurut ku lengkap banget ga hanya menyediakan mie pedas dan dimsum, tapi juga ada ricebowl, sushi dan yg paling penting ada gelato. Buat keluarga paket lengkao, suami yg ga begitu suka mie bisa makan ricebowl dan sushi, anak aku bisa jajan gelato. Thats why suka bgt makan di sini eheheh

    ReplyDelete
  20. Waktu liat fotonya aku kira ini harganya agak mahal, ternyata ramah dikantong ya. InsyaAllah besok klo ada kesempatan mau coba juga deh

    ReplyDelete
  21. Di Jember juga ramai banget nih Wizzmie. Karena ga suka ramai-ramai banget, jadi saya oun belum mencoba rasa menunya. Cuma tahu menunya aja

    ReplyDelete

Post a Comment