admasyitoh.com

8 Rekomendasi Tempat Makan di Batu-Malang dan Sekitarnya yang Cocok untuk Rombongan Keluarga

10 comments

rekomendasi tempat makan di batu malang

Yeorobun, Kota Batu di Malang Jawa Timur memang terkenal dengan wisatanya yang beragam. Tapi, apalah artinya liburan tanpa kulineran. Bagaikan ayam bakar tanpa sambal, kurang lezat. Nah, berikut ini adalah rekomendasi tempat makan di Batu Malang atau sekitarnya yang cocok banget kalau kamu liburan bareng rombongan atau keluarga.

Beberapa tempat makan di bawah ini bahkan ada yang sudah legend lo! Sebagian sudah ada sejak bertahun-tahun silam, bahkan sejak aku masih kecil. Sudah aku rangkum spesial buatmu yang sedang mencari rekomendasi tempat makan bareng keluarga. Biar nggak kelamaan, yuk langsung kepoin daftar berikut!

Rekomendasi Tempat Makan di Batu Malang

1. Warung Wareg

Alamat: Jl. Raya Dieng No. 9, Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Penggemar ikan gurami mana suaranya?? Kamu wajib berkunjung ke Warung Wareg ini! Tempat ini sangat cocok kalau kamu datang dengan rombongan besar. Mereka punya tempat makan dan parkiran yang luas, cukup menampung kendaraan-kendaraan dengan baik. Desain tempatnya juga unik dan berbeda dari restoran lainnya.

Berbagai jenis makanan bisa kamu nikmati di restoran ini. Tapi menu andalan mereka adalah gurami, seperti yang aku tulis di atas. Segala macam olahan gurami bisa kamu temukan di sini. Mulai dari gurami goreng garing, goreng tepung, gurami bakar dan lain sebagainya.

Fyi, yang aku bahas ini Warung Wareg yang di Jl. Dieng yaa. Sebab, Warung Wareg ini banyak cabangnya dan masing-masing cabang punya ciri khasnya sendiri. Yang aku tahu, selain di Jl. Dieng ada juga cabangnya yang di Jl. Ir. Soekarno No. 7 Mojorejo, Batu, lokasinya dekat dengan Jatim Park 3. Satu lagi ada di Jl. Kepuharjo No. 7 Karangploso, Malang, yang bisa kamu temukan dengan mudah ketika keluar dari pintu tol Singosari dan melaju ke arah Batu.

Semua cabangnya punya sajian yang lezat dan sedap kok. Restoran-restoran ini sering jadi lokasi pertemuan warga setempat, tidak hanya wisatawan yang datang rombongan. Yah, karena tempatnya memang memadai dan kapasitasnya banyak. Dan, pelayanan yang baik. Apalagi mereka buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai malam.

2. Warung Sidik

Alamat: Jl. Agus Salim, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu

Rumah makan satu ini sudah termasuk legend banget lo, sudah ada sejak aku masih bayi dan tetap ramai dikunjungi sampai sekarang. Konon, rumah makan ini sudah turun temurun beberapa generasi.

Lokasinya memang mudah ditemukan karena terletak di jalur utama yang padat. Kalau kamu dari arah Jatim Park 2 mau ke Museum Angkut, atau sebaliknya, kamu bisa dengan mudah melihat restoran ini ada di sisi timur jalan. Yang aku ingat betul dari Warung Sidik ini adalah parkirannya selalu ramai dan sering jadi pemicu kemacetan. Kendaraan pengunjung terus datang dan hampir tidak ada liburnya.

Aku sempat kepo, apa sih yang bikin rumah makan ini selalu ramai pengunjung? Mereka jualan apa sih? Nah, ternyata yang dijual sama seperti rumah makan pada umumnya, yaitu hidangan khas Jawa Timur. Ada rawon, pecel, gudeg, ayam goreng dan sambal kentang yang pedas. Yang bikin istimewa adalah cita rasa masakan mereka yang khas dan sedap. Inilah yang bikin pelanggan selalu balik lagi dan lagi.

Harga makanan di sini sangat terjangkau, mulai dari 10 ribu rupiah. Mereka buka setiap hari, mulai jam 7 pagi sampai jam 7 malam.

3. Wakul (Warung Kuliner)

Alamat: Jl. Ir. Soekarno, Mojorejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu

Kawasan Mojorejo dan Beji memang surganya restoran kuliner, yeorobun. Wakul ini lokasinya sebelahan persis dengan Warung Wareg Cabang Mojorejo. Kalau nggak teliti, kamu bisa-bisa salah masuk restoran karena lokasi dan pintu masuknya memang jejeran. Bayangkan, ada dua restoran besar yang sama-sama ramai lokasinya jejeran kayak manten di pelaminan! Pusing dah, pilih yang mana… Haha.

Restoran yang buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampai 10 malam ini juga menyediakan banyak jenis makanan seperti ayam goreng, nasi goreng, aneka seafood, ikan tawar, aneka mie, bubu dan masih banyak lagi lainnya. Harganya cukup terjangkau,mulai dari 15 ribu rupiah.

Yang unik, kamu bisa menikmati aneka sambal di sini free alias gratis! Mulai dari sambal terasi, sambal bawang, sambal mangga dan segala rupa persambalan duniawi bisa kamu temukan di sini. Gratis lagi. Duh, aku paling nggak tahan kalau ada menu sambelan gini. Nggak sanggup menolak, yeorobun.

Fasilitasnya lengkap, seperti kolam ikan, mushola, tempat bermain anak juga ada. Kalau nggak penuh, kamu bisa pilih tempat makan lesehan atau non lesehan. Karena areanya memang luas, jadi kamu bisa banget bawa rombongan keluarga atau kerabat lainnya ke sini.

4. Warung Mbok Sri

Alamat: Jl. Raya Beji No. 105, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Restoran satu ini lokasinya gampang banget ditemukan, yeorobun. Tepat berhadap-hadapan dengan obyek wisata Jatim Park 3. Punya area dan tempat parkir yang cukup luas, karena bisa menampung kendaraan-kendaraan besar seperti bus pariwisata. Otomatis rumah makan satu ini cocok sekali untuk kulineran bareng rombongan.

Nah, kalau di bagian depan langsung seberangan dengan Jatim Park 3, lain halnya dengan view di bagian belakang. Di belakang, kamu bisa menyantap makanan sambil menikmati view pegunungan. Dijamin hawanya sejuk dan adem, yeorobun. Bebas mau pilih area indoor atau outdoor.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai hidangan seperti ayam goreng, gurami asam manis pedas, cah sawi, sambal cobek dan berbagai minuman mulai dari jus, kopi susu, es dawet dan lain sebagainya. Restoran satu ini buka mulai jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Pas kan, setelah pas keliling seharian di Jatim Park 3, capek, lapar, tinggal nyebrang ke depan. Kamu dan rombongan bisa makan sepuasnya dengan harga terjangkau.

5. Lesehan Pak Sholeh

Alamat: Jl. Raya Kertanegara, Ngambon Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang

Ini juga salah satu rumah makan legend yang ada di Malang. Namanya memang Lesehan Pak Sholeh, tapi section non lesehan juga ada kok. Menu andalan di rumah makan ini adalah lalapan ayam goreng atau bakar. Tapi bagi kamu pencinta ikan gurami, udang dan bandeng, wah di sini sih surganya. Mau goreng atau bakar, bebas tinggal pilih sesuai selera.

Masih ada menu pendamping lainnya seperti tempe penyet, tempe bacem, sambal terong, pecel lele, cah kangkung, dan lain sebagainya. Pokoknya komplit deh! Tapi yang nggak boleh kamu lewatkan adalah minuman khas mereka yaitu es beras kencur dan es sinom. Segernyaaa… Nggak ada lawan deh!

Lokasinya belum masuk ke Kota Batu. Kalau kamu masuk dari arah tol Singosari, lanjut ke Karangploso, kamu bisa menemukan rumah makan ini di sisi kanan jalan sebelum pasar Karangploso, tepat sebelahan dengan ATM Mandiri.

Parkirannya luas dan bisa menampung banyak kendaraan besar seperti bus dan minibus. Kalau musim liburan nggak pernah sepi, karena memang restoran ini sudah se-legend itu, yeorobun. Banyak pelanggan yang asalnya dari luar kota yang pasti mampir ke tempat ini. Buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam, jangan sampai kehabisan es beras kencurnya, ya!

6. Brawijaya Garden Resto Batu

Alamat: Jl. Ir. Soekarno No. 151, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Lagi-lagi masih di kawasan jalan raya Beji, surganya kuliner yang sangat dekat dengan lokasi wisata. Nggak heran di sepanjang jalan raya ini banyak restoran, karena berada di area obyek wisata dan di jalan utama. Jadi mudah sekali ditemukan. Saking banyaknya sampai bingung pilih yang mana.

Nah, di Brawijaya Garden Resto ini ada area tempat duduk indoor dan semi outdoor yang sangat memadai untuk rombongan wisata atau keluarga besar. Buka mulai jam 9 pagi sampai 9 malam.

Menu yang disediakan beragam, sama seperti restoran-restoran lainnya, ada aneka olahan ayam ikan, cah daging baby buncis, urap-urap sayur, pepes tuna mangga. Minumannya yang istimewa ada kunyit asem dan teh tarik.

7. Pupuk Bawang

Alamat: Jl. Panglima Sudirman No. 116, Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu

Makan-makan with a view adalah definisi yang tepat untuk Pupuk Bawang ini. Sebab, di belakang sengaja dibuat teras yang menghadap langsung ke view kebun seledri, gunung dan rumah-rumah di Kota Batu. Kalau siang view pemandangan alam, kalau malam view kelap-kelip lampu dari perumahan penduduk.

Menu yang mereka sediakan mulai dari rawon, sop buntut, nasi goreng, mie goreng dan masih banyak menu lainnya. Harganya cukup terjangkau, mulai dari 20 ribu sampai 60 ribu rupiah. Kapan lagi bisa makan-makan yang harganya ramah kantong, ditemani view keren plus udara yang sejuk. Hmm, pasti keluarga betah diajak ke sini!

8. Joglo Dau

Alamat: Jl. Raya Sumbersekar, Semanding, Sumbersekar, Kec. Dau, Kabupaten Malang

Nah, yang satu ini termasuk hidden gem menurutku, padahal sudah termasuk legend dan terkenal di kalangan penduduk lokal. Karena makanannya memang enak-enak, seperti aneka olahan ayam, bebek, burung dara, seafood, gurami dan ikan segar lainnya.

Tempat parkirnya cukup luas dan interior restonya juga khas banget. Didominasi interior tradisional, warna coklat dan kayu. Banyak lukisan yang dipasang di berbagai sudut dan dinding, jadi berasa makan di galeri seni. Apalagi posisinya lesehan, bisa makin akrab dengan keluarga atau rombongan kerabat kan?

Sayangnya, restoran ini cukup sulit ditemukan menurutku, walaupun bisa lihat di Gmaps sih. Tapi lokasinya cukup jauh dari pusat kota, tidak di jalan utama dan tidak dekat dengan obyek wisata. Wah, sayang banget padahal tempatnya estetik dan makanannya pun beragam sekali. 

Cocok juga untuk acara-acara resmi seperti reunian, buka bersama atau meeting kerjaan. Mereka punya section yang bisa di-booking kalau kamu membutuhkan space yang private dan intim.

Penutup

Yeorobun, liburan ke Kota Batu tidak lengkap tanpa menikmati wisata kuliner daerahnya. Apalagi setelah seharian puas jalan-jalan, pasti capek dan lapar. Waktunya me-recharge lagi tenaga sambil menikmati sejuknya hawa kota Batu yang dingin. 

Ada berbagai restoran yang bisa kamu kunjungi bareng rombongan wisata maupun ketika berlibur dengan keluarga. Banyak sekali restoran yang tidak hanya menyediakan menu memanjakan lidah (dan perut pastinya), tapi juga menawarkan sensasi menyantap makanan sambil menikmati pemandangan.

Semoga rekomendasi tempat makan di Batu-Malang dan sekitarnya yang sudah aku rangkum ini bisa menjadi referensi buatmu yang sedang menyiapkan liburan ke Kota Batu, ya! Selamat berlibur, selamat jalan-jalan! Have fun and enjoy your holiday, yeorobun…

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

10 comments

  1. Sudah lama tidak ke Malang, ternyata banyak kulineran tradisional yang terkenal, juga, dengan view bagus dan sejuk

    ReplyDelete
  2. Wah terima kasih mbak atas rekomendasinya, tahun lalu sempet mampir di Malang dari Jember terus ke Batu, anak-anak pingin ke Selecta terus kebingungan mau makan di mana, akhirnya nyari makan di sekitar Selecta aja.

    ReplyDelete
  3. barusan semalam bahas tempat wisata di Batu, Malang hahaha ... di sana emang nyaman untuk traveling bareng keluarga. Apalagi suasana sejuk dan mudah dapat makan di sepanjang jalan. Terbayang dulu pertama kali ke Batu malang dan menginap di dekat Jatim Park masih sepiiii dan kalau lewat magrib mendadak mesti buru-buru cari tempat makan.

    ReplyDelete
  4. Waaa perlu di bookmark ini artikelnya. Bermanfaat banget tuk rombongan keluarga yg travelling ke Batu Malang

    ReplyDelete
  5. Duh sayang banget, kmrn nggak minta referensi dari Mba Al...padahal tempat ini satu jalan aja Yaa, di daerah jajaran Jatim Park. Aku udah semoat masuk ke ketiga park ini, tapi sayangnya nggak sempet kulineran di sini. Malah ke alin2 batu. Moga next bisa main2 lagi ke Batu. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Makasih sharingnyaa batu malang banyak yg enak.murahh...pengalaman pas ke batu malang jajan di alun2 banyak jualan enak.murah (gusti yeni)

    ReplyDelete
  7. Sepertinya kota Batu tak pernah kehabisan rekomendasi tempat makan ya mbak. Saya sendiri kalau ke Batu gak akan bingung mau makan dimana, nah mba sudah nnulis lagi tentang tempat makan baru.

    ReplyDelete
  8. Ya ampun aku cuma pernah sekali ke Batu, pas masih SD. semoga ada kesempatan buat main ke sana dan mampir ke salah satu tempat makan yg mba mention di atas

    ReplyDelete
  9. Makanan asal ada samblnya nggak ada kata nggak doyan kalo aku ka. Meski lauknya cuma tahu tempe, asal nasinya hangat, sambalnya mantap, dimakan saat cuaca dingin uhh nikmatnya...

    Coba tambahkan gambarkam tiap warungnya, biar menarikšŸ„°

    ReplyDelete
  10. Wah noted mba. Aku bakal cobain ntar. Karena aku sering ke Malang juga, anakku kuliah di sana. Sekalian mamaknya kuliner hihihii

    ReplyDelete

Post a Comment