admasyitoh.com

Jadi Lead Male di Destined With You, Inilah Deretan Drama Korea yang Dibintangi Rowoon SF9

5 comments

destined with you rowoon sf9

Finally, setelah vakum sekitar setahun, Rowoon SF9 akhirnya kembali meramaikan pemberitaan media dengan comeback ke layar kaca. Drama Destined With You dijadwalkan tayang perdana tanggal 23 Agustus 2023 besok. Make some noise! Yeayy…

Duh, lama banget aku nunggunya. Dari tahun lalu loh, sampai kayak lumutan gara-gara kelamaan nunggu. Di drama kali ini Rowoon beradu akting dengan Jo Bo Ah, sesembak cantik yang jadi pemeran utama di drama Tale of The Nine Tailed 1983 awal 2023 lalu. Noona-noona again yak, lama-lama Rowoon jadi specialist penakluk noona-noona nih.

Iya… Spesialis penakluk para noona. Kamu nggak salah baca kok. Karena selama ini memang Rowoon lebih sering main bareng noona-noona, aktris yang selalu lebih tua dari dirinya. Mau dia jadi pemeran utama (main cast) atau pemeran pendukung (supporting cast), hampir selalu lawan noona-noona.

Emang apa aja sih drama Korea yang diperankan si main vocalist SF9 yang tampan paripurna ini? Simak tulisan ini sampai selesai ya! Kalau teman-temanku pasti hafal, tiap aku nulis soal Rowoon pasti panjang, hehe.

Rowoon sebagai Idol dan Aktor

Anyway, artikel (random) ini seharusnya aku posting tanggal 7 Agustus lalu, pas ulang tahunnya Rowoon. Tapi karena lagi sibuk memikirkan umat di dunia nyata, jadi nggak sempat nulis. Yang jelas, tulisan ini dibuat dalam rangka ulang tahunnya si ayang, Kim Seok Woo a.k.a Rowoon SF9. Idol yang berhasil membuatku oleng, meruntuhkan pertahananku sebagai EXO-L (fans boy group EXO) garis keras, sehingga jatuh ke dalam fandom bernama Fantasy. Lebay ya? Iya memang. Faktanya SF9 adalah grup yang sangat layak dicintai dan diperhatikan.

First of all, visual Rowoon memang harus diakui sangat menjual dan MAHAL, yeorobun. He’s so effortlessly gorgeous. Look-nya di kamera selalu rapi, rupawan, manly dan dewasa. Buktinya dia sering digaet jadi model atau brand ambassador merek-merek terkenal, mulai beauty, fashion, gadget, home appliance sampai industri F&B. Katakanlah kalau kita ke Korea nih, kita bisa lihat muka Rowoon dimana-mana, di berbagai iklan, ditempel di fasilitas-fasilitas publik.

Meski sering dipasangkan dengan noona-noona, aku nggak terima ya kalau dibilang Rowoon mukanya boros. Bukan boros! Berani ngatain Rowoon? Kita ribut aja lah. Dia aja masih cocok pakai seragam SMA. Tapi ya dia memang kelihatan dewasa, mature, laki banget. Even tho, aslinya kadang kayak aegi kok—kayak bayi. Kepribadian Rowoon memang baik, unik dan menarik. Speechless pokoknya, masyaAllah!

Secondly, kelebihan Rowoon bukan cuma ganteng ugal-ugalan dong. Dia bertalenta. Sebagai idol, Rowoon dipercaya menjadi bagian dari vocal line di grupnya. Ini tentu karena dia punya suara dan kemampuan vokal yang mumpuni untuk menjadi singer. Nggak heran, tujuh tahun jadi trainee euy! Udah banyak banget jam latihan vokalnya. Padahal selama masa trainee itu Rowoon juga masuk jajaran dancer lo di FNC Entertainment. Hebat nih cowok…

Tidak lama setelah debut dengan SF9 (2016), Rowoon menjajal peruntungan baru dengan berkarir di dunia akting (2017). Dan, dia serius di bidang yang ‘ngeri-ngeri sedap’ ini, yeorobun. Di Korea, jadi idol itu bukan perkara mudah ya. Apalagi kalau kemudian merangkap jadi entertainer. Jelas butuh banyak sekali pengorbanan dan perjuangan.

Tapi rupanya Rowoon memang dikaruniai dengan berbagai kelebihan yang mendukung karirnya. Visual mempesona, talenta bernyanyi, dancing skill, plus lengkap dengan bakat akting yang nggak main-main. Rowoon benar-benar memulai dari nol, dari main web drama, lalu ke drama layar kaca dengan peran minor, sampai akhirnya jadi main role. Tinggal ke layar lebar nih yang belum.

Peran-peran drama yang diambil Rowoon selama ini juga cukup variatif. Mulai dari anak sekolah, marketer, pegawai kantoran, malaikat maut, sampai bangsawan di drama sageuk. Yah, walaupun perannya selalu jadi pihak protagonis. Selalu jadi orang baik-baik—tapi emang mukanya aja udah memancarkan aura positif dan kebaikan.

Harapanku sebagai fans, Rowoon bisa terus bersinar dan semakin banyak menunjukkan sisi-sisi yang berbeda. Kadang penasaran aja gitu, lihat Rowoon jadi orang jahat, psikopat, gangster atau kriminal. Pengen juga lihat Rowoon mencoba peran profesi yang challenging, kayak dokter, polisi, detektif, pastur, atau pilot misalnya.

/monmaap, emang fans tuh suka banyak maunya yak, wkwk/

Meskipun, jujurly, aku kurang yakin untuk peran-peran action dengan aktivitas fisik yang keras dan intens, seperti lari kejar-kejaran, lompat-lompat atau bahkan salto-salto. Bukan apa-apa, cuma karena Rowoon sendiri punya riwayat cedera (cukup parah) yang membuat aktivitas fisiknya terbatas.

FYI, Rowoon ini pernah dua kali cedera, yeorobun. Yang pertama ketika dia masih anak-anak (dulu dia pemain bola cilik). Yang kedua ketika cedera punggung dan lutut saat aktivitas grup tahun 2020. Gara-gara cedera ini Rowoon sampai hiatus selama beberapa bulan, padahal tahun 2020 itu SF9 lagi masa promosi lagu Summer Breeze. Wah, sedih banget pasti.

Di comeback SF9 yang terakhir aja—Januari 2023 kemarin—ada part dance yang dia tidak boleh, karena gerakannya cukup rumit dan energik. Harus memutar tumit lalu menekuk lutut sampai menyentuh lantai. Nah gerakan-gerakan begini yang sepertinya harus Rowoon hindari.

List Drama Korea yang Dibintangi Rowoon SF9

Drama-drama yang ada di daftar ini hanya yang dibintangi Rowoon sebagai pemeran utama ya. Untuk peran-peran pendukung atau minor di luar pembahasan. Bukan berarti tidak bagus. Bukan. Cuma kalau dibahas jadinya panjang nih tulisan, ntar yang baca bosen, hehe.

/emang sebetulnya kalo aku udah ngomongin Rowoon atau Baekhyun tuh mesti nggak ada habisnya, bucin akut, parah banget/

For additional information aja, akting pertama Rowoon adalah di web drama Click Your Heart (2016) sebagai dirinya sendiri. Tahun 2017 masuk ke akting televisi dengan peran Kang Hyun Il di drama School 2017. Di sini perannya masih minor banget. Next, tahun 2018 Rowoon jadi support cast drama About Time (sebagai Choi Wee Jin) dan Where Stars Land (sebagai Ko Eun Sub). Rowoon juga pernah jadi cameo di drama Find Me In Your Memory dan Was It Love? Tahun 2020.

Oiya aku hampir lupa! Satu-satunya peran di layar lebar buat Rowoon, sejauh ini, adalah Trolls Worlds Tour (Korean-dubbed version) tahun 2020 lalu. Rowoon kebagian jadi pengisi suara Branch (karakter utama cowok), sementara karakter utama ceweknya diisi oleh Wendy Red Velvet (tuh kan, jadi voice over aja sama noona-noona juga). Ayo dong, para produser dan sutradara di Korea, ajak Rowoon main film layar lebar. Udah waktunya debut nih, nunggu apa lagi?! 

1. Extraordinary You

rowoon extraordinary you

Drama ini tayang akhir tahun 2019 dan menjadi serial pertama Rowoon dengan peran mayor, langsung sebagai tokoh utama pria alias lead male actor. Di sini Rowoon main bareng Kim Hye Yoon (lead female) dan Lee Jae Wook (2nd lead male).

Extraordinary You (어쩌다 발견한 하루 / July Found by Chance atau Suddenly One Day) diadaptasi dari salah satu Webtoon Daum populer, yang dirilis tahun 2018. Drama ini menceritakan tentang seorang siswi SMA prestisius bernama Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) yang menyadari bahwa dirinya ternyata hidup di dunia komik. Eun Dan Oh lalu berusaha mengubah dirinya sebagai tokoh utama komik dengan menemukan cinta sejatinya, yaitu siswa bernama Haru (Rowoon).

FYI, dari drama ini Rowoon mendapatkan award pertamanya di dunia akting sebagai Best New Actor. Dari sinilah popularitas aktor Rowoon terus meroket. So far, dari semua dramanya Rowoon yang sudah tayang, cuma di drama ini Rowoon tidak dipasangkan dengan noona-noona. Sayangnya cuma drama ini yang belum aku tonton, karena aku kurang berselera dengan drama yang temanya anak sekolahan. Yah, someday lah, kalau sudah ada niat, hehe.

2. She Would Never Know

rowoon she would never know

"Chae Hyun Seun (starred by SF9 Rowoon) is one of the most greenest-flag boyfriend ever in entire Korean drama history."

Dirilis awal tahun 2021 dengan judul asli Senior, Don't Put On That Lipstick (선배, 그 립스틱 바르지 마요). Di sini Rowoon berperan sebagai marketer perusahaan kosmetik bernama Chae Hyun Seung. Chae Hyun Seung ternyata jatuh cinta dengan seniornya sendiri, Yoon Song Ah, yang diperankan oleh Won Jin Ah.

Chae Hyun Seung berusaha mati-matian untuk memenangkan hati Yoon Song Ah, di tengah banyaknya konflik asmara di antara mereka.

Di drama ini kamu akan melihat akting Rowoon yang super duper mempesona, meluluh lantakkan hati para gadis sedunia dengan karakternya yang hangat, baik dan tanpa cela. Pokoknya the greenest-flag boyfriend ever lah! Benar-benar kriteria cowok idaman. Walaupun harus ku akui, Chae Hyun Seung ini pinter loh main 'tarik-ulur' soal asmara. Kira-kira Rowoon di real life begitu juga nggak ya?

3. The King’s Affection

rowoon the kings affection

Nah, ini favoritku. Juara banget ini mah dramanya. The King's Affection (연모 / Yeonmo) adalah drama kedua Rowoon yang dirilis tahun 2021, tepatnya tayang di akhir tahun. Drama ini sebetulnya juga berdasarkan dari manhwa alias kartun, tapi kemudian diadaptasi jadi live action dan itu bagus banget! Jadi drama Korea pertama yang menang International Emmy Awards kategori Telenovela tahun 2022 lo! Keren kaan…

Dari posternya sudah jelas ya kalau drama ini bergenre sageuk atau sejarah (jujur aku paling suka drakor genre ini). Rowoon berperan sebagai Jung Ji Un, bangsawan aristokrat yang jatuh cinta dengan Raja Lee Hwi. Iyaaa… Raja.

Tapi jangan salah ya, Lee Hwi ini ternyata perempuan yang menyamar jadi laki-laki lo. Keren banget aktingnya Park Eun Bin yang memerankan tokoh Lee Hwi ini. Yeokssi, Park Eun Bin is a really versatile actress. Nggak heran kalau Park Eun Bin menang Daesang (Grand Prize) di Baeksang Art Awards 2023—meski karena perannya sebagai Woo Young Woo.

Sebagai drama sageuk pertama, Yeonmo ini menurutku jadi tonggak atas karir Rowoon di genre sageuk. Karena next Rowoon bakalan banyak main genre ini. Aku bahas di bawah yaa…

Yang belum nonton, kamu harus nonton! Aku nggak mau spoiler ya, pokoknya harus nonton sendiri. Karena sebagus itu. Very recommemded! Ceritanya, sinematografinya, alurnya, cast-nya, sampai soundtrack-nya semua bagus. Juara!! 

Bocoran dikit deh, drama satu ini sebetulnya adalah kisah romansa tragis yang dibalut dalam cerita sejarah dengan sedikit bumbu komedi. Bisa membayangkan? Oke, langsung nonton aja ya!

4. Tomorrow

rowoon tomorrow

Yang satu ini juga wajib banget ditonton. Fardhu 'ain ini mah, wabil khusus buat yang lagi punya mental health issue.

Tomorrow atau Naeil (내일) ini diadaptasi dari webcomic dengan judul yang sama dan ditayangkan pada paruh pertama 2022 kemarin. Kalau di drama-drama sebelumnya Rowoon selalu terlibat dengan cerita romance, di drama kali ini justru pindah haluan ke genre fantasi-psikologi.

Rowoon diceritakan sebagai pemuda berhati hangat yang gigih mencari kerja bernama Choi Jun Woong. Singkat cerita, terjadi sebuah insiden yang membuat dirinya diangkat sebagai grim reaper magang di Jumadeung.

Bersama Tim Manajemen Risiko yang diketuai oleh Koo Ryeon (Kim Hee Seon), mereka bertugas mencegah orang-orang yang berusaha mengakhiri hidupnya sendiri. Seperti apa petualangan mereka? Tonton sendiri dan rasakan berbagai inspirasi positif dari drama ini yeorobun. Tapi plisss jangan salfok ke visualnya Rowoon yang ganteng dan lucu menggemaskan ya, hehe.

Banyak konflik drama ini yang relate dengan kehidupan sehari-hari. Itulah kenapa drama dengan romance yang sangat tipis ini menjadi berharga. Ada episode-episode yang membuat penonton sadar bahwa hidup ini bukan untuk disia-siakan. Seberat apapun masalah yang kita hadapi, bunuh diri tidak akan mengakhiri semuanya.

5. Destined With You

rowoon destined with you

Lagi-lagi Rowoon dipasangkan dengan noona-noona. Seperti yang kubilang di awal, Destined With You (이연애는 불가앙력 / Yi Yeonaeneun Bulgahangryeok atau This Love Is Irresistible) tayang premier pada tanggal 23 Agustus 2023 besok. Beradu akting dengan Jo Bo Ah, kali ini Rowoon kembali ke genre romance-fantasy.

Jang Shin Yu (Rowoon) adalah seorang pengacara cerdas dan tampan (aduh ini sih Rowoon banget di real life) yang mempunyai kutukan turun-temurun di keluarganya. Demi menyelamatkan hidupnya, Jang Shin Yu harus menemukan pemilik kotak kayu berisi buku kuno yang ternyata adalah Lee Hong Jo (Jo Bo Ah).

"Jang Shin Yu adalah laki-laki 33 tahun, seorang legal advisor, lawyer di Onju City Hall. Keturunan keluarga kaya raya yang selalu memakai pakaian bagus dan mahal. Tidak banyak bicara, jujur, tapi punya sisi humoris. Tampan dan selalu jadi pusat perhatian karena kepintarannya. Ia selalu meraih peringkat pertama dan berbakat di bidang olahraga. Kalau dideskripsikan sebagai aroma, maka Jang Shin Yu adalah aroma kemeja linen yang dikeringkan dengan baik di musim gugur yang cerah." — Rowoon (SF9)

Kalau dari deskrispsinya si doi tentang karakter Jang Shin Yu sih menarik dan menggoda ya. Tapi berhubung drama ini belum tayang, yeorobun, aku belum bisa cerita banyak. Yang jelas, kalau sebelum-sebelumnya Rowoon selalu rebutan cewek melawan cowok lain, nah di drama ini nanti kabarnya Rowoon a.k.a Jang Shin Yu yang akan jadi rebutan dua cewek. Wow, emang udah seharusnya sih cowok spek level Rowoon ini jadi rebutan banyak cewek.

Oiya, demi drama ini, Rowoon totalitas diet lo. Katanya dia sampai turun 9 kilo dari peran drama terakhirnya sebagai Choi Jun Woong. Makanya nggak heran kalau di sini dia jadi keliatan lebih serius mukanya, tirus banget, dan lebih dewasa. Agak sedih sebetulnya lihat Rowoon jadi kurusan begitu. But, it's okay, demi kerjaan ya kan. Tapi gantengnya tetep kok, tetep keterlaluan!

Di drama ini juga ada beberapa scene yang flashback ke masa lalu, jadi Rowoon bakal tampil pakai hanbok lagi nih.

6. The Matchmaker

the matchmaker

Setelah The King's Affection, Rowoon kembali ke genre sageuk dengan drama The Matchmaker (혼례대첩 / Honryedaecheob atau The Wedding Battle). Tayang premier tanggal 30 Oktober 2023 lalu. Dan, untuk pertama kalinya Rowoon punya lawan main dongsaeng alias dedek-dedek nih. Uhuyy, akhirnya pas syuting dipanggil oppa ya, gak manggil noona terus ke ceweknya, hehe.

Di drama ini Rowoon berperan sebagai Shim Jung Woo, keturunan bangsawan yang tampan dan cerdas. Dia menjadi peringkat pertama dalam ujian pegawai kerajaan. Tapi Shim Jung Woo ternyata dijodohkan dan menikah dengan putri kerajaan. Sayangnya, tak lama setelah menikah sang putri meninggal dunia. Singkat cerita, Shim Jung Woo tidak bisa menikah lagi ataupun terjun ke pemerintahan—sudah jadi aturan negara alias kerajaan gitu gaes.

Simpelnya, di sini Rowoon bakal jadi duda muda, tampan, cerdas dan menantu raja. Waduh waduh, sungguh menggoda sekali duda satu ini ya, haha.

Kabar terakhir yang aku terima (sok-sokan dikabarin padahal berita dari fanbase wkwk), Hwiyoung, salah satu member SF9, akan tampil sebagai cameo di drama ini. Jadi makin nggak sabar dong lihat sesama member ketemu di satu drama.

Nah, di drama ini Shim Jung Woo nanti akhirnya terlibat suatu hubungan dengan Jung Soon Deok, janda muda cantik, yang diperankan oleh Cho Yi Hyun. Mau tahu seperti apa kisah mereka? Yuk, langsung capcus nonton ke Viu atau KBS2 tiap Senin dan Selasa malam jam 21:50 KST. 

7. Takryu

Sampai artikel ini aku publish, satu-satunya drama Rowoon yang belum fix press-release adalah drama satu ini. Maksudnya pihak agensi Rowoon, FNC Entertainment, belum mengkonfirmasi kalau sang aktor akan mengambil peran di drama ini dan masih dalam pertimbangan. Padahal beritanya sudah santer di media. Bahkan Takryu sendiri adalah drama buatan FNC Entertainment.

FYI, Takryu merupakan drama sageuk (again, lihat si ayang pakai hanbok nih) yang bercerita tentang seorang pria yang menjadi mafia di Pelabuhan Mapo, Sungai Han, yang menjadi pusat logistik dan perekonomian pada dinasti Joseon. Meski jadi mafia, pria ini kemudian jadi legend. Kok bisa? Penasaran?

Sama. Aku pun! 

Belum banyak berita yang detail tentang Takryu ini. Jadi masih sedikit sekali artikel atau rilis resmi yang membahas tentang sinopsisnya, cast-nya, jadwal tayangnya dan segala tetek-bengeknya. Kita harus bersabar, yeorobun.

Yah, semoga saja segera ada kejelasan ya tentang peran yang Rowoon ambil di drama ini. Apapun itu, aku sebagai kekasih gelap fans, sangat mendukung keputusan yang Rowoon ambil dalam karirnya, selama itu membawa kebaikan bagi Rowoon sendiri.

****

Makin nggak sabar nih nunggu dramanya si ayang yang mau tayang beberapa hari lagi. Dari sekian banyak dramanya Rowoon, aku paling suka karakternya sebagai Choi Jun Woong di Tomorrow dan Chae Hyun Seung di She Would Never Know. Kalau kamu? Mana yang sudah kamu tonton? Mana karakter favoritmu? Jangan lupa nonton Destined With You dan The Matchmaker ya! Yeorobun, annyeong…

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

5 comments

  1. Hallo, mash ganteng!
    Hehhe... godain lakik orang. Monmaap~

    Selalu dan selalu berharap Rowoon dapet akting menantang.
    Karir musiknya lancar.
    Dan bisa konser ke Indonesia.

    ((aamiin))

    Buat drama Rowoon, aku rasa dia selalu tepat meranin karakter tersebut. Kek selalu jadi cowo awkward yang manis dan setia. Bukan cuma Haechan dan kak Doy yang punya cinta luar biasa, Rowoon pun selalu meranin karakter cowo dengan Cinta Luar Biasa.

    ReplyDelete
  2. Dan harapanku sebagai pembaca blog fans nya Rowoon ini, semoga mbak Rawon bisa mitap sama si ayang ini yaaa. Meski entah kapan atau cuma angan-angan haha. Fix kalau Tim Rowoon baca ini, bakal direkrut jadi tim buzzernya deh..buzzer dulu gpp yaa.

    Btw, harus ku akui aku melihat secara tampilan visual, speknya tidak mengecewakan sih (jangan marah yaa mbak Rawon). Kalau angka dia 7.85/10 lah (udah rate maksimal ini, ga bisa nego tipis juga). Aku suka actingnya di drama sageuk, King's affection. Meskipun aku nontonnya versi ripiu wkwk.

    ReplyDelete
  3. Muka yang suka berseliweran di fyp tiktokku dan ternyata aku tak asing dengan mukanya karena pernah mengikuti obrolan para pengemar drakor yang membicarakan jalannya tomorow, tapi aku masih tim nyimak aja sih dan nonton versi cepat hahahaha

    ReplyDelete
  4. Hadeeuh, mo nanyain ini sebenernya, akhirnya dah dijawab panjang kali lebar kali tinggi. Dalem dan luas banget. Masyaallahu, dah. Saluut. Emang bener2 fans sejati ennni maah. Langsung nonton dah yg destined. Tapiii yg mana dulu yaa, apa King affection dulu Kali yaak. Haha ... galau.

    ReplyDelete
  5. Oh, ini Ayang Rowoon yang melegenda malang melintang di dunia Cupuers itu. Aku kurang ngikutin drakor akhir-akhir ini, jadi asing sama judul-judulnya. Namun, sepertinya semua drakornya seru-seru.

    ReplyDelete

Post a Comment