admasyitoh.com

Confession: I'm EXO-L and This is How I Fall Into Rowoon and SF9

38 comments

rowoon sf9

WARNING! Tulisan ini mengandung kebucinan akut yang mungkin berlebihan alias lebay bagi sebagian orang. Kebijaksanaan pembaca sangat diharapkan untuk menyikapi hal ini.

****

Untuk pertama kalinya dalam sejarah karir per-KPOP-anku, kesetiaanku kepada Baekhyun dan EXO benar-benar goyah. Pertahananku akhirnya runtuh, yeorobun. Selama ini aku mengira–dan meyakini–bahwa EXO adalah cinta pertama sekaligus yang terakhir bagiku. Ternyata aku salah. Keyakinanku pudar…

Kok bisa? Gimana ceritanya?

Semua berawal dari drama The King's Affection yang aku tonton baru-baru ini. Meski drama ini tayang tahun 2021 lalu–dan sudah masuk watchlist juga saat itu–tapi baru kemarin aku kesampaian nontonnya. Tokoh utama pria (lead male) drama ini diperankan oleh Rowoon SF9. Dan dari sinilah semua kegilaanku bermula.

Jujur, niat awalku nonton The King's Affection adalah untuk menyaksikan Park Eun Bin yang sukses besar memerankan karakter Woo Young Woo dalam Extraordinary Attorney Woo (2022).

Di drama The King's Affection aku kembali terpukau oleh kemampuan akting Eun Bin eonni. Ia berperan sebagai raja. Iya raja, bukan ratu, walaupun ia perempuan. Lebih tepatnya, ia berpura-pura menjadi raja untuk menggantikan kakak laki-lakinya–saudara kembarnya sekaligus Putra Mahkota asli–yang meninggal dunia saat masih muda. Aku akan membahas drama ini secara detail di artikel yang lain.

Briefly, aku kagum sekali dengan peran Eun Bin eonni. Dua peran drama terakhirnya (Lee Hwi dan Woo Young Woo) semua ekstrem tapi mampu ia tampilkan dengan sangat baik. Daebak lah pokoknya!

Tetapi…  Nonton The King's Affection dan Park Eun Bin rupanya menimbulkan efek samping bagiku. Dalam pengembaraanku menyaksikan drama ini, di tengah jalan aku ternyata jatuh cinta dengan Rowoon yang tak lain adalah pasangan Eun Bin eonni.

Sebucin itukah aku ke Rowoon?

Entahlah. 

Let me tell you... Belum lama ini, tvN merilis teaser acara ragam bertajuk House On Wheels Season 4 di mana Rowoon menjadi salah satu main cast di sana. And, you know what, teaser dirilis pagi hari, tetapi bapernya sepanjang hari, yeorobun. Seharian aku sibuk menenangkan diri karena tertampar visual Rowoon yang begitu menggetarkan hati dan membuat jiwaku terguncang hebat. Lebay kan?

Ya Tuhan, indah sekali makhluk ciptaanMu satu ini, begitu kataku dalam hati.

Rowoon adalah salah satu idol-aktor paket lengkap yang berhasil merebut seluruh perhatianku sejak pandangan pertama. FYI, bukan cuma visualnya yang aduhai menawan tampan rupawan, Rowoon punya tinggi badan yang tidak biasa. Berbagai sumber menyebut 190 cm, walaupun ia mengaku 189 cm. Pliss ya, beda 1 cm itu hampir nggak kelihatan, Woon. Jadi tidak heran kalau Rowoon selalu menarik perhatian siapa saja. He’s just like a walking giant baby.

Kalau soal visual, jangan ditanya lagi deh. Buktinya banyak. Sampai sekarang entah berapa banyak brand yang menggaet dirinya sebagai ambasador. Mulai dari produk sampo, makanan, kosmetik dan perawatan kulit, pakaian sampai peralatan elektronik rumahan. Gila nggak tuh, diborong semua?!

IMO, Rowoon termasuk salah satu jajaran artis Korea yang gantengnya tidak manusiawi, seperti halnya Sehun EXO dan Jaehyun NCT. Aku dan sahabat-sahabatku bahkan sampai 'mengatai' mereka blasteran surga, caused by their unrealistic visuals which have ever existed on Earth as long as we live.

Belum lagi manner-nya. Ahh, cakep banget. Dia sangat humble dan punya pola pikir yang dewasa. To be honest, sebetulnya aku selama ini betul-betul menghindari dongsaeng alias brondong alias dedek-dedek gemes. Nggak mau nambah bias dedek-dedek. Kok ya 'ndilalah' aku malah bucin ke Rowoon, padahal dari segi usia dia lebih muda dariku, ya walaupun cuma beda dikit.

Tapi… Tidak ada alasan bagiku untuk menolak pesona Rowoon. Meski lebih muda, tapi aku tidak keberatan kalau harus memanggilnya oppa. Menurutku dia sangat pantas disebut pria dewasa yang berpikiran matang dan jauh ke depan. He's a great manReally down to earth and caring for others.

For example...

Dalam salah satu wawancaranya dengan majalah Jepang, Rowoon mengaku tidak pernah membaca atau mempelajari dulu list pertanyaan yang akan diajukan saat interview. Karena nanti jadinya akan seperti oh pertanyaan ini nanti harus kujawab begini, pertanyaan itu harus kujawab begitu.

Alih-alih, Rowoon memilih untuk jujur dan apa adanya saat diwawancara. Saat itu dia ditanya, saat itu pula dia menjawab. Spontan. 

Kadang dia terlihat berpikir cukup lama untuk menjawab sebuah pertanyaan. Ini karena dia sangat hati-hati memilih kata-kata untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya. Meski spontan, dia tidak ingin menimbulkan kesalahpahaman atau membuat pernyataan yang memicu perdebatan.

Apakah dia menyesal tidak mempersiapkan jawaban sebelumnya? Ya, tentu saja. Tetapi baginya itu adalah dirinya yang sebenarnya. Bukan topeng, gimmick atau settingan. Kalaupun ada penyesalan, yaa... itulah proses baginya. Dan dia bersyukur pernah mengalami itu.

Wow, sungguh pola pikir yang tidak biasa menurutku, jika dibandingkan dengan artis-artis lain. Intinya Rowoon keren lah. If you know what I mean, yeorobun.

Oke, stop!

Cukup di sini saja pembahasan tentang visual dan kepribadian Rowoon. Nggak ada habisnya nanti. Terlalu indah, sampai aku nggak sanggup berkata-kata. Skip, kita bahas lainnya.

Aku baru tahu kalau nama asli Rowoon adalah Kim Seok Woo. Nah kan, bagus ya namanya. Dahlah, kalau orang lagi jatuh cinta tuh emang semua tentang doi jadi bagus semua, indah semua, nggak ada yang jelek. Bahkan boboknya aja jadi cakep. Ya kan? Hayo ngaku…

Well, sebagai aktor Kim Seok Woo a.k.a Rowoon menurutku punya kemampuan akting yang layak diperhitungkan. Sebatas yang aku tahu, dia sudah empat kali menjadi lead male drama Korea; Extraordinary You (2019), She Would Never Know (2021), The King’s Affection (2021) dan yang terbaru Tomorrow (2022). Dan, semua penampilannya bersinar cemerlang. Ini yang peran pendukung (supporting role) nggak aku hitung ya.

Dari keempat drama ini hanya Extraordinary You yang belum aku tonton. Sengaja dan memang belum ada niat nonton, karena aku kurang begitu suka drama tema anak sekolahan, yang kisah cintanya menye-menye. Haha. Padahal dari drama ini Rowoon berhasil memenangkan award pertamanya sebagai Best New Actor di berbagai event.

Dari sini saja sebetulnya sudah menunjukkan bakat aktingnya yang luar biasa dan memang pantas dinantikan. Di drama The King’s Affection, Rowoon (sebagai Jung Ji Woon) berhasil menunjukkan sosok bangsawan terhormat, yang begitu loyal, setia, cerdas, berkarakter, tetapi juga hangat, ceria dan sedikit ceroboh.

drama the king's affection

Jujur aku paling suka karakter Rowoon di drama ini dibanding drama-dramanya yang lain. Bucin dan cerobohnya dia itu lo yang bikin lucu dan gemes. Uhh, jadi pengen nyentil kupingnya deh! Oiya, Rowoon juga mengisi OST drama ini lo. Judulnya No Goodbye In Love (OST Part 7).

Di lain kesempatan, Rowoon tampil begitu dewasa sebagai sosok pemuda bernama Chae Hyun Seung, yang jatuh cinta kepada seniornya di tempat kerja, dalam drama She Would Never Know. Di sini aku bisa melihat sisi lain Rowoon yang sangat berbeda. Dia begitu sempurna untuk menjadi pria idaman para wanita.

Pesonanya, Ya Tuhan... Meski bukan superior (yang hanya ada dalam imajinasi dan halusinasi), tapi karakter Chae Hyun Seung memang terlalu sempurna. Karakter seperti ini sangat mungkin ada dunia nyata, walaupun Rowoon sendiri mengaku nggak relate dengan sifatnya yang asli. Tapi ketika sudah masuk akting, dia tetap bisa merasakan dan membawakan apa yang Chae Hyun Seung rasakan.

she would never know

Bisa dibilang, Chae Hyun Seung is the one of the greenest flag boyfriends ever in Kdramaland, besides Choi Ung (Our Beloved Summer, 2021) and Lee Junho (Extraordinary Attorney Woo, 2022). Jadi kalau yeorobun cari kriteria cowok idaman para wanita itu seperti apa, bisa berkaca kepada mereka bertiga ya, haha.

Berikutnya, Rowoon kembali menunjukkan penampilannya yang totally different di drama Tomorrow sebagai Choi Joon Woong. Anak muda yang masih sangat naif, polos, super ceroboh tetapi berhati hangat dan punya empati tinggi. Di drama ini banyak sekali adegan lucu yang berhasil membuatku sakit perut. Ya gara-gara si Rowoon ini. Adegannya kocak-kocak. Coba tonton deh kalau nggak percaya!

tomorrow drakor

So far, aku sangat menantikan penampilan Rowoon di masa depan dengan berbagai genre yang berbeda, sama seperti yang dia katakan; ingin mencoba berbagai genre. Syukur-syukur kalau dia berkesempatan main di film layar lebar. Ayo dong para director-nim, ajak Rowoon main layar lebar...

Next, bahas Rowoon sebagai idol...

Gara-gara aktingnya di drama yang begitu excellent, aku jadi kepo bagaimana Rowoon tampil bersama grupnya, yaitu SF9. Hasil risetku menunjukkan kalau Rowoon ada di posisi visual, center dan lead vocal di grupnya. 

Kalau soal visual dan center sudah tidak perlu diperdebatkan ya. Seluruh warga KPOP dan Kdrama rasanya mengakui si visual dan center grup ini. Tapi, lead vocal? Jinjja? Aku sempat tidak percaya Rowoon ada di barisan vokal SF9. 

Setelah kepo-kepo, ternyata ya memang suaranya bagus. Deep dan ada husky-husky gimana gitu kadang. Warna suaranya paling deep di SF9. Aduh, aku bisa tenggelam lo mas karena suaramu, haha.

Secara teknik vokal juga mumpuni. Tidak heran dia dipercaya mengisi OST The King’s Affection. Semua ini adalah hasil trainee yang dia jalani sekitar enam tahun lamanya. Jadi bukan hal aneh kalau Rowoon punya kemampuan menyanyi yang patut diacungi jempol.

Rowoon bisa menggapai note-note tinggi (walaupun belum setinggi Baekhyun EXO) dengan baik. Di berbagai penampilan solonya juga terdengar stabil dan sopan di telinga. Perannya sebagai lead vocal sering tampak nih ketika tampil dengan grup. Coba cek lagu-lagunya SF9. Bagus-bagus kok.

Nah, ada satu lagi yang bikin aku makin parah terrowoon-rowoon. 

Begini… Biasanya idol kan memang sering meng-cover karya-karya senior atau grup lain ya. Termasuk SF9. Mereka juga pernah beberapa kali meng-cover lagu-lagu EXO sunbaenim. FYI, EXO debut tahun 2012 sedangkan SF9 tahun 2016.

Setahuku ada lagu Growl, Call Me Baby, Monster dan Love Shot yang pernah mereka cover. Celakanya, part-part lagu EXO yang dinyanyikan Baekhyun hampir selalu diberikan ke RowoonSebagai EXO-L aku hapal banget nih mana part-part Baekhyun. Jadi begitu lagu EXO di-cover idol lain, aku langsung notice mana yang part dia dan dinyanyikan siapa. 

Dan, ketika di-cover SF9 lalu part doi dikasih ke Rowoon... Alamaaak! Lemah aku lihatnya. Dengkul kopong, adem panas keringat dingin. Semakin terpesona aku oleh Rowoon.

Di sisi lain, aku juga speechless dengan kemampuan dance yang dia tunjukkan. Di mataku, Rowoon cocok juga andai ditempatkan di main dancer. Gerakannya luwes, penuh penghayatan (lihat ekspresinya ketika dance), terlihat ringan. Kayak enteng begitu. Apalagi posisinya sebagai center, otomatis dia sering disorot kamera saat di atas panggung.

Aku jadi makin nggak nyangka. Ternyata Rowoon begitu bertalenta.

Konon, Rowoon adalah member yang paling sibuk di antara yang lain karena jadwal syuting dramanya yang padat. Menyiapkan album comeback sambil syuting drama? Ahh, itu sudah biasa. Yang bikin keren, meski keduanya berjalan barengan, Rowoon tetap bisa menunjukkan penampilan terbaiknya di semua aktivitas yang dia jalani.

Walaupun kesibukan solonya segambreng, banyak artikel yang mengatakan kalau Rowoon adalah member yang paling perhatian kepada member lainnya. Nggak heran sih, karena kelihatan dari sikapnya yang memang humble, seperti aku bilang di atas. Orang-orang yang ada di sekitarnya pun pasti jadi nyaman.

Kalau SF9 gimana?

Ternyata member SF9 cakep-cakep, ya. Astaga oleng juga aku jadinya. Meleyot, ambyar... Haha. Bukan cuma visualnya, tapi karya-karya SF9 ternyata keren-keren, lo. Duh, kemana aja aku selama ini kok bisa ada grup sebagus ini luput dari perhatianku.

full member sf9

Jadi begini yeorobun… Dari Rowoon aku mengenal lebih jauh tentang SF9. Beberapa minggu ini aku sibuk mencari info dan data tentang grup besutan FNC Entertainment ini. Beranggotakan sembilan cowok tampan rupawan–sama seperti EXO ya OT9 ganteng–yang menjadi perkumpulan bakat berbeda dari member-membernya.

Selain Rowoon, di grup ini ada Youngbin (leader), Inseong, Jaeyoon, Dawon, Zuho, Taeyang, Hwiyoung dan Chani si maknae.

Lagu pertama yang aku dengar dari SF9 dan langsung mencuri perhatianku adalah RPM. MV-nya dirilis tahun 2019 lalu. Aku sempat terkejut di part puncaknya ada nada tinggi, yang belting-nya wow sekali.

Ternyata part ini dinyanyikan oleh Inseong. Dan, jujur aku sebetulnya paling suka karakter suara Inseong. Mirip-mirip Baekhyun gitu. Rupa-rupanya, Inseong memang mantan trainee SM Entertainment sebelum akhirnya memilih pindah dan debut bersama SF9. Pantes, produk-produk SM memang tidak pernah mengecewakan kalau urusan vokal.

RPM pada akhirnya membuat rasa penasaranku semakin dalam. Aku mulai kepoin SF9 lebih jauh. Mulai cari tahu lagu-lagunya di YouTube, cari info tentang album-albumnya, sampai googling tentang member-membernya. Tanpa sadar, playlist di laptop dan Hp seketika berubah jadi SF9 semua.

Yang paling parah, sejenak aku sampai teralihkan dari EXO! Aku terlalu fokus dengan Rowoon dan SF9 sampai EXO luput dari perhatianku, yeorobun. Akhh, mianhae EXO.

Aku juga baru tahu kalau ternyata SF9 adalah singkatan dari Sensational Feeling 9. Kalau diselidiki lebih lanjut, grup ini berkaitan erat dengan NEOZ School–acara survival FNC–pada masa pre-debutnya dulu. Yang FNC stan pasti kenal banget sih dengan NEOZ School ini. Ada dua grup di dalamnya, NEOZ Dance dan NEOZ Band (kemudian disebut Honesyt).

Dari acara survival ini, FNC kemudian mendebutkan NEOZ Dance dan menggantinya dengan nama SF9 pada 5 Oktober 2016. Yeay! Happy 6th Debut Anniversary SF9! Happy Anniversary, Kim Rowoon!

debut anniversary sf9

SF9 deserve better!

Meski masih berumur enam tahun, grup ini ternyata sangat produktif. Sampai 2022 ini sudah lebih dari sepuluh album yang mereka rilis, baik full studio, mini maupun single album. Ada yang versi Jepang juga. Sayangnya, aku belum punya data lengkap dan detail tentang album-album ini, selain versi Wikipedia. Let me know kalau kamu punya informasi ini, ya!

Yang paling aku sesalkan adalah kok bisa grup sebagus ini jarang–bahkan minim sekali–dapat award. Bahkan seumur-umur mereka baru sekali menang Music Bank! Kok bisa?! Aku masih nggak habis pikir, bisa-bisanya mereka belum menang penghargaan besar seperti MAMA, MMA, SMA atau award sejenis.

They are really such an underrated but, in fact, amazing group. Beyond my expectation. Come on, people, they deserve better.

Banyak lo lagu-lagu side B mereka yang menurutku malah lebih asik daripada title track albumnya. Keren-keren serius. Mereka menguasai banyak genre dan style musik. Pop, EDM, ballad, kayaknya hampir semua genre sudah mereka coba. Tapi selalu ada ciri khas yang jadi karakter mereka. Apa ya... Aku susah bilangnya. Pokoknya selalu ada karakteristik khas dan itu kerasa banget pas dengerin lagu mereka.

Ada yang bilang, karena SF9 bukan dari agensi Big 3 (atau Big 4 sekarang?), sehingga banyak yang underestimate. Mereka kurang dilirik dan minim atensi publik. Bahkan promosinya pun tidak se-hype artis-artis Big 3. Aigoo bulssanghae...

Padahal mereka bagus lo, yeorobun. Aku sadar tipe vokal para member beda-beda. Mereka adalah kumpulan sembilan karakter berbeda. Masing-masing punya ciri khas personal. Tapi ketika sudah masuk di lagu, suara mereka bisa klop. Bisa 'kawin' gitu ya, sangat harmonis. Yaaa… lagunya jadi bagus.

Ada lima orang vokalis dan empat orang rapper yang saling mendukung dan membangun lagu. Itulah kenapa lagu-lagu mereka selalu penuh warna dan asik.

Bukan ingin membandingkan dengan EXO, karena EXO tetap my ultimate bias, my kings–grup paket komplit yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi kalau soal nge-rap, I admit that SF9 is much better than EXO. 

Hold on, di SF9 ternyata juga ada yang jadi EXO–L garis keras, Taeyang namanya. Ok, skip. Haha.

Kalau soal dance, kemampuan member SF9 menurutku setara. Kecuali Taeyang, yang memang dancing machine, sebagaimana dia mengidolakan Kai EXO. Tapi kalau sudah tampil satu grup, sembilan orang ini selalu kompak. Tidak ada yang major, tidak ada yang minor. Apalagi mereka punya part-part yang selalu jadi kejutan, killing part gitulah. Koreo-koreonya enerjik dan sulit. I am amazed by their synchronization on stage. Just, wow!

Nggak heran juga sih, karena sebetulnya sejak awal pun mereka adalah group dance di NEOZ. Sekumpulan dancer yang dianugerahi dengan vokal dan visual mempesona. Lengkap sudah!

Fandomnya, Fantasy, mungkin memang tidak sebesar fandom-fandom lainnya. Tetapi fans SF9 tersebar di berbagai belahan dunia. Konser mereka tidak hanya di Korea Selatan, ya. Bahkan, sepertinya mereka lebih sering tur di mancanegara, seperti Jepang dan Amerika. Sayang, mereka belum pernah konser ke Indonesia.

Intinya, mereka bagus!

Gimana ya aku bilangnya… SF9 tuh benar-benar outstanding group yang luput dari perhatian publik. Personally, aku berharap SF9 bisa mendapat penghargaan dan pengakuan yang lebih baik di masa depan. Karya-karya dan konsistensi mereka perlu dihargai lebih tinggi dan mahal.

Last but not least, happy 6th anniversary SF9! Semoga langgeng bersembilan ya kalian paket lengkap. Semoga semakin sukses ke depannya. Good luck Rowoon, SF9 and Fantasy! Speechless, bisa-bisanya grup sebagus ini disia-siakan.

Meski belum mendeklarasikan diri sebagai Fantasy, tetapi sebagai penikmat musik KPOP aku sangat mengagumi dan menyukai karya-karya SF9. Sebagai EXO-L yang selama ini setia dan bertahan mencintai grup EXO dan Byun Baekhyun seorang, aku tidak menyangka sama sekali kalau bisa jatuh lagi. Dan, itu kepada Rowoon dan SF9.

Bonus, di bawah ini aku kasih sedikit spoiler playlist SF9 yang akhir-akhir ini sering aku dengarkan. Hope you’ll like it. Yeorobun, annyeong!

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. Fans of EXO & SF9. We are one, 사랑하자!

Related Posts

38 comments

  1. Hai tulisan ini bagus sekali... Terimakasih.... Dulu saya suka nonton film horor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih kak. Aku kurang suka nonton film horor malah, penakut soalnya hehe...

      Delete
  2. Lho, ternyata Rowoon idol tho? Aku malah baru tau. Makasih lho, Kak, infonya. Kirain aktor doang. Aktingnya itu lho bikin gemes. Apalagi pas di Tomorrow, bikin gregetan saking lugunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak nyangka kan doi idol? Gak keliatan ya, keliatannya kayak aktor doang. Ya karena grupnya gak se-hype yang lain di Indo :"

      Bener, di Tomorrow itu emang bikin gemes. Terlalu lugu sampe gregetan yang liat. Tapi kiyowoo...

      Delete
  3. duh ini Rowoon to? tadi saya salah baca judulnya saya kira rawon hehehe, ini lagi lihat Tomorrow bagus juga film nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha koq samaan Mas Arief, saya pun awalnya mikir ini rawon... hehe
      Dasar bapak-bapak yang agak kudet per-K-Pop-an, ya
      Tapi asli, Rowoon multitalent. Selain bagus di tarik suara, juga ciamik dalam aktingnya

      Delete
    2. Hahaha, bisa dimaklumi. Suamiku sendiri juga mesti mlesetin jadi rawon, wkwk. Bapak-bapak emang suka gitu sih haha :D

      Delete
  4. Menurutku tulisan ini gak lebay. Tapi, mbak Alfia mampu mendeskripsikan perasaan "jatuh cinta". Kalau sering baca tulisan Mbak Alfia yg kaya gini, aku yg gak suka K-Pop bisa ikut teracuni 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo... ayooo... Aku racunin terus biar suka KPOP hahaha. Suka ke bias itu emang rasanya bikin jatuh cinta lagi, sesuatu yang gak mungkin bisa dilakukan setelah merid. Tapi karena jatuh cinta ke bias jadi bisa ngerasain itu lagi...

      Delete
  5. Sebagai orang yang jarang nonton per-korean-...saya menyimak tulisan2 keren seperti ini..jadi nambah informasi...dan mungkin jadi tiba2 bucin yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, maap mbak.. Emang selera orang beda-beda ya. Tapi makasih banget mau baca curhatanku yang kayak ABG lagi jatuh cinta, haha. Jadi malu aku tuh..

      Delete
  6. Baca warningnya udah deg2an 😂😂 tulisan mba Alfia tentang perkoreaan selalu keren, sih. Nggak cuma bebucinan, tapi banyak informasi juga di dalamnya. 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh aku kalo udah bucin gini parah mbak, parah banget.. Kudu ditulis biar puas dan terlampiaskan. Kalo enggak bisa kayak orang kesurupan, tiap hari ngespam story tentang bias di sosmed, wkwk

      Delete
  7. Warning aq kira medeni🤣 ini klo lagi hamil nonton drakor anaknya bisa kaya orang korea nggak ya, tapi kemarin mau nonton netflix thailand karena mau liat orang thailand udah kena semprot🤣 apalagi korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak, lucu amat mbak.. ya kalo hamilnya sama orang korea bisalah, kalo sama-sama pribumi ya ngimpi punya anak kayak idol, wkwk

      Delete
  8. Aq udah komen kok nggak muncul ya mba

    ReplyDelete
  9. Suka sekali dengan judul tulisannya, saya sudah berharap isinya dituliskan dalam bahasa inggris. Tai so far, ulasannya keren

    ReplyDelete
  10. Baca tulisan mba alfia aku jd ikut bucin sama rowoon ini...hahaa... serius visualnya emang beneran menggetarkan hati yaa tp belum pernah sih denger lagu2nya. Jd pengen nonton tomorrow, masuk list dl lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. No.. No... Jangan bucin sama rowoon mbak, bahaya nanti kebayang2 terus soalnya hahaha. Nontonlah tomorrow, bagus kok. Banyak cerita yang relate sama real life. Dan banyak scene lucunya juga hehe...

      Delete
  11. Lhaaa... Pantesan begitu detail bahas Rowoon sampai segitu nya. Rupanya mbak alfi seorang Rowoon lover Gaiss. Iya iyaa ini postingan khusus bahas Rowoon walaupun ada eoni juga haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heehehe, kalo bucin emang beda ya mbak, langsung keliatan... udah bucin, jadi tolol juga gara2 rowoon ini, wkwk

      Delete
  12. Rowoon oh Rowoon, berhasil membuat banyak wanita terpana, wajar sih selain wajahnya yang tampan, suara dan aktingnya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah makanya mbak, paket lengkap kan... good looking, good manner, good attitude, good habit, good acting juga, gimana gak terpesona coba...

      Delete
  13. Aduh suka deg degan kalo liat aktor korea saya nih wkwk

    ReplyDelete
  14. nonton the king afection kalo g salah pas hamil, alhamdulillah si baby tetep mirip bapak e 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuu, please... aku tak tahu harus berkata apa wkwkwk

      Delete
  15. Dirimu join penulis artikel korea2an nggak? Kaya blogger juga ada namanya kak Molly. Suka nulis di media tentang korea2. Ulasanmu ini lengkap woy wkwk. Apa khusus rowoon aja? bacanya senyum2 aku ini apalagi pembukanya ;) wakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di tulisan ini khusus rowoon aja sih mbak, wkwk. Pokoknya kalo nyeritain tentang Rowoon sama Baekhyun tuh emang gak bisa gak panjang, banyak banget yang mau diceritain wkwk

      Delete
  16. Hihi...ketawa dulu, lah, senyum senyum aku dibuatnya baca artikel ini yg nyeritain Babang Rawoon, sebucin ituh dirimu, Dek. Jadi Wee aku kenalan Ama doi. Jelas lengkap...lanjoot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bucin banget ini mbak tolong, huhu... Udah gak ketulung bucinnya, hahaha

      Delete
  17. Rowoon aku bacanya sambil ngowoh, ikutan terpesona meski nggak suka Koreaan. Nggak suka gimana sih, nggak sempat aja nonton dan ngikutin. Padahal sulungku Koreaan banget dan suka ngeracunin Bundanya. Teman-teman juga ada di drakorclass, mbak bisa gabung di grup blogger drakorclass.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih banget mbak sarannya, aku langsung kepoin drakorclass lo... hihihi

      Delete
  18. Walaupun saya bukan penggemar drakor, apalagi K-Pop, tapi saya suka baca tulisan tentang Korea. Penasaran aja, kok sampai sebucin itu para penggemar K-POP? Emang penampilan para artis KOrea sangat menarik sih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya yang bikin bucin itu bukan karena penampilannya aja dokter, tapi karena ada faktor lain, seperti attitude dan talentanya. Begitu...

      Kebetulan rowoon ini udah bertalenta, attitude nya baik, eh kok ya visualnya sempurna begitu.. hahaa

      Delete
  19. Doooh, aku bacane rawoon, maapin aku salah bacaa :((. Aku selalu gabisa bedain siapa artis korea :((

    ReplyDelete

Post a Comment