admasyitoh.com

Inspiratif, 5 Kepribadian Rowoon SF9 yang Patut Ditiru!

1 comment

kepribadian rowoon sf9 yang patut ditiru

Rowoon itu… Ganteng. Lawas! Dari dulu aku juga tahu kalau Rowoon itu ganteng. Dahlah, kalau urusan visual, gantengnya Rowoon itu udah nggak perlu diperdebatkan lagi. Masyallah dah, bikin speechless. Valid, no debate. Kalau ada yang bilang Rowoon kurang ganteng, sini maju loe! Gelud aja ama gua, haha.

But he is more than just handsome, yeorobun. Aku tahu dia ganteng, tapi aku tidak menyangka dia semenarik itu.

Kebiasaanku ketika mengidolakan seseorang, aku pasti akan cari tahu dan memperhatikan detail apapun tentang dirinya. Every single thing about him. Nah, Rowoon ini ternyata tidak cuma visualnya yang menawan. Tapi karakternya pun menarik dan mengagumkan.

Semakin aku perhatikan dia, semakin aku terkesima. Dan, menurutku kurang bermakna—alias 'unfaedah'—rasanya kalau ‘ngebiasin’ idol tapi tidak bisa mengambil inspirasi dari mereka. So, baca tulisan ini sampai selesai ya, supaya kamu bisa dapat inspirasi juga dari Rowoon.

Kim Rowoon, Saranghae!

Pertama kali kenal Rowoon dari drama The King’s Affection, aku pikir di real life dia adalah sosok yang cool dan jaim. Tapi, setelah kepo-kepo lebih dalam ternyata enggak juga. Idol-aktor satu ini ternyata punya kepribadian unik dan cenderung ceria. Mirip kayak Baekhyun yang tingkahnya sungguh random dan absurd minta ampun. Emang kayaknya seleraku yang random-random gini deh. Rowoon, Mas Eddie dan Baekhyun adalah tiga spesies random dalam semesta perbucinanku kepada bias, haha.

Kim Seok Woo (nama asli Rowoon) punya banyak keunikan yang tidak diperlihatkan di drama Korea. Sisi lucu, menggemaskan, tapi di saat yang sama juga membuatku semakin terpesona. Semakin dikepoin, semakin aku tahu kalau Rowoon ternyata lebih keren dari yang aku kira. Kalau terus-terusan dicekoki dengan image yang baik-baik, yaa… Aku bisa apa, yeorobun, selain bisa gila?

Iya, tergila-gila sama Rowoon. Udah ganteng, baik, sopan, kaya, masih muda, lucu, perhatian, pinter masak lagi. Ahh, sempurna. Mak, nikahin aku sama Rowoon Mak. Siapa sih cewek yang nggak klepek-klepek meleyot kalau ketemu cowok yang modelan begitu? Ambyar pasti.

People may think I am over dramatic and too obsessed with Rowoon and Baekhyun. But I know my limit. Aku tahu bagaimana cara mencintai mereka sebagai fans. Walaupun fanatic, aku nggak toxic. I am not radical.

Orang-orang yang mengikutiku di sosial media mungkin berpikir aku terlalu terobsesi dengan biasku. Terlalu over dan mengagung-agungkan mereka. Karena aku sering banget post tentang mereka di sosmed. Tapi sebetulnya aku sendiri lah yang paling tahu bahwa aku masih punya batasan. So, tbh, aku nggak terlalu ambil pusing kalau ada orang yang mute atau block akunku dari sosmed mereka. Itu hak mereka.

Aku tahu cara mencintai mereka sebagai fans. Mereka tetap idol yang tidak bisa aku gapai di dunia nyata. Mereka bahkan tidak tahu kalau aku ada dan hidup di belahan dunia yang berbeda. Agak sad ya, huhu. Tapi gapapa. I'm ok, gwaenchanha.

Aku senang bisa tahu dan kenal mereka. Aku cukup melihat mereka dari jauh (ya syukur-syukur kalau bisa ketemu langsung) dan mencintai mereka sebagai idola. Dan, aku bersyukur bisa mengambil inspirasi dari sosok mereka untuk aku amalkan dalam hidupku sendiri.

Biasku adalah Inspirasiku

Aku tidak pernah salah pilih bias, yeorobun. Bias atau idola bagiku bukan sekedar sumber bahan tulisan di blog atau sasaran pelarian ketika hidup tidak berjalan sesuai keinginan. Ya benar, melihat karya dan penampilan mereka memang menjadi hiburan sendiri bagi emak-emak milenial yang hobi sambat sepertiku ini.

Namun, di balik itu semua ada sisi kehidupan mereka yang ternyata menjadi sumber inspirasi, motivasi dan support secara tidak langsung untukku. Ada nilai kehidupan yang aku pelajari dari mereka. yang secara ‘ajaib’ seperti memberi kekuatan untukku supaya tetap tegar dan waras menghadapi permasalahan hidup. Mengingat, perjuangan mereka untuk menjadi seperti sekarang pasti tidak mudah. Dan, karena itu aku tidak boleh ‘cengeng’ atau putus asa, karena perjuanganku mungkin belum ada apa-apanya jika dibandingkan mereka.

Orang-orang boleh berpikir aku gila. Tetapi justru karena barisan para bias ini aku jadi tidak gila. (Noona fans)

Sebagai idol-aktor, Rowoon tidak cuma bertalenta, tapi juga punya attitude yang baik. Sebagai pria dewasa—yang sayangnya lebih muda dariku—dia punya sejuta pesona yang layak untuk dicintai dan ditiru oleh orang lain.

Jujurly, gara-gara Rowoon, akhir-akhir ini aku jadi lebih rajin masak dan bersih-bersih dapur. Why? Yah, karena Rowoon pintar memasak dan suka bersih-bersih dapur. Di grup SF9 sendiri sudah bukan rahasia kalau Rowoon yang paling jago urusan per-dapur-an. Mulai dari masak, cuci piring, sampai beberes isi dapur. Ini jadi motivasi tersendiri buatku. Kalau Rowoon yang cowok aja rajin, masa iya aku enggak bisa?

Memasak dan beberes hanyalah contoh kecil kebiasaan Rowoon yang menurutku patut ditiru. Dia cowok, tapi tidak pernah malu melakukan tugas-tugas domestik yang selama ini selalu diidentikkan dengan perempuan. Apalagi nilai-nilai patriarki di Korea Selatan (dan di Indonesia juga sih kayaknya) masih sangat kental.

Kepribadian Rowoon SF9 yang Patut Ditiru

Seogu a.k.a Rowoon punya sifat, perilaku serta kebiasaan yang bisa dijadikan inspirasi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu? Let’s check this…

1. Sayang Keluarga

Dalam acara variety show House on Wheels S4 episode 4, Rowoon menceritakan kebiasaannya yang masih suka mencium pipi sang ayah meski dia sudah dewasa. Untuk pria berusia 26 tahun (27 tahun di Korea) ini tentu kebiasaan yang tidak biasa. Bukan tidak normal ya, cuma unik aja gitu lo. Jarang-jarang kan ada cowok dewasa yang masih manja, apalagi ke bapaknya.

Kebiasaan ini bukan tanpa alasan, yeorobun. Ketika Sung Dong Il (cast yang lain) mengorek lebih lanjut, rupanya ada kegelisahan mendalam yang Rowoon rasakan. Dia mengaku sedih ketika memikirkan ayahnya yang kini semakin tua. Ibu dan kakak perempuannya biasa hangout berdua, bak sepasang saudara perempuan yang sebaya. Namun tidak demikian dengan ayahnya.

Karena kesibukan kerja, Rowoon jarang ada di rumah. Sedih rasanya kalau mengingat ayahnya menua dan terlihat kesepian. Rowoon berpikir, “Aku harus cari cara untuk menunjukkan rasa sayangku kepada ayah.” Itulah kenapa sampai dewasa ini dia tidak malu mencium pipi ayahnya.

Kalau ada waktu, Rowoon lebih memilih untuk menemui ayahnya, meski cuma untuk minum-minum dan mabuk bersama. No judgement please, orang dewasa minum-minum atau mabuk itu sudah biasa sekali di Korea. Hubungan mereka bukan cuma ayah dan anak, tapi juga sahabat yang paling dekat.

Berikutnya, Rowoon juga menceritakan kedekatannya dengan sang ibu. Dia selalu menghubungi ibunya kapanpun, dimanapun dan apapun aktivitasnya. Kalau lagi sedih nih, atau ada masalah, Rowoon akan menelepon ibunya lalu menangis tanpa ragu. Uwuwu, neomu kiyowo. Menangis dan menceritakan masalahnya kepada sang ibu bisa membuat dirinya kuat dan tegar. Begitu katanya.

Sementara hubungannya dengan noona, kakak perempuannya… Yah, begitulah. Love-hate relationship as usual siblings. Aku pun begitu dengan adik laki-laki semata wayangku. Kalau ketemu gelut, tawuran, tapi kalau jauh kangen-kangenan. Rowoon bahkan pernah sampai lempar-lemparan panci ketika bertengkar dengan kakaknya.

Rowoon lahir dan tumbuh dari keluarga yang baik, penuh limpahan kasih sayang dan kehangatan. Itu pula yang membuat Rowoon jadi pria baik-baik.

Aku yakin, seseorang yang berasal dari keluarga baik-baik, tumbuh dan dididik tanpa kekurangan kasih sayang, pasti akan menjadi orang yang baik pula ketika dewasa. Umumnya begitu.

2. Perhatian dan Penyayang

Menurut beberapa artikel, Rowoon dilabeli sebagai member yang paling care di SF9. Meskipun bukan leader, tapi Rowoon yang paling perhatian dan peduli dengan member lainnya. Contoh simpel, dia selalu memperhatikan apa yang dimakan member ketika di dorm. Dia juga rela memunguti baju-baju member yang berserakan di lantai.

Yeorobun, ternyata Rowoon tidak cuma perhatian ke member. Dalam salah satu wawancara, si ganteng ini mengakui kalau dirinya termasuk pacar yang romantis dan penyayang. Dulu—dulu banget nih—pas masih punya pacar, Rowoon sampai bela-belain naik bus sejam lebih demi menemui kekasihnya yang sakit dan membawakannya bubur. Terus putus sekarang, kalau aku jadi pacarnya pasti nyesel sih lepasin cowok sebaik ini.

Di berbagai kesempatan, Rowoon juga kerap kali menunjukkan sikap perhatiannya ini kepada orang lain di sekitarnya. Yang terbaru, Rowoon mengirimkan food truck ke lokasi syuting drama yang sedang dia lakoni. Food truck ini ditujukan untuk seluruh staf, pemain maupun kru, yang bekerja dengannya.

Selama syuting acara variety show maupun drama, Rowoon juga selalu menunjukkan perhatian dan kepedulian kepada lawan mainnya. Seperti membenahi tatanan rambut Won Jin Ah (drama She Would Never Know), memijat punggung Park Eun Bin dengan alat pemijat (drama The King’s Affection), atau menyiapkan makanan untuk Kim Min Ha dan mengoleskan sunscreen kepada Sung Dong Il (variety show House on Wheels S4). Kalau nggak percaya, boleh cek sendiri di behind-the-scenes drama-drama ini.

Pokoknya, Rowoon ini orangnya care banget deh. So sweet, romantis, perhatian, baik hati. Nggak ada yang kurang. Dah!

3. Rajin dan Cinta Kebersihan

Jujurly, sepertinya baru kali ini aku punya bias doyan bersih-bersih. Setahuku, Baekhyun dan Choi Woo Shik bukan tipe orang yang suka beberes, walaupun nggak jorok juga. Tapi Rowoon ini betul-betul harus diacungi jempol menurutku.

Kalau kata Inseong (member SF9), Rowoon adalah satu-satunya orang yang rajin bersih-bersih dapur asrama. Sebanding dengan kemampuan memasaknya. Jadi nggak cuma jago masak nih, tapi beres-beresnya juga sekalian.

Aku juga melihat—di layar kaca—bagaimana cintanya Rowoon dengan kebersihan selama syuting House on Wheels S4. Dia bahkan sampai dijuluki ‘monster tisu’, sedikit-sedikit dilap tisu. Meja tidak sempat kotor. Sampai-sampai Song Hee Won memujinya (sekaligus menyindir lebih tepatnya), “Aku tidak sempat bersih-bersih, karena Rowoon mengambil semua tugasku (sebagai tukang bersih-bersih. Haha.” Begitu kelakarnya.

Udah ganteng, sopan, cinta kebersihan lagi. Ahh, emang langka manusia kayak Rowoon gini.

4. Sopan dan Ceria

Soal attitude, Rowoon sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Selama ini (dan semoga sampai kapanpun nanti), si visual grup SF9 ini selalu punya image positif. Dia tidak pernah diterpa berita ataupun rumor-rumor negatif. Syukurlah…

Semua ini tentu karena dia punya attitude yang baik. Sopan, menghormati yang lebih tua dan tahu bagaimana cara bersikap atau menempatkan dirinya terhadap orang lain.

Konon, Rowoon menjalani masa trainee terlama di SF9 bersama Zuho, tujuh tahun. Selama menjadi trainee ini tentu mereka sudah dilatih, dididik dan dipersiapkan untuk menjadi idol. Bukan cuma kemampuan vokal dan dance, tetapi juga etika alias manner. That’s why, he has good manners, good attitude, not only good visuals and talent.

Tapi… Tapi… Ada yang unik nih dari seorang Rowoon. Meskipun punya pola pikir yang dewasa, care dan respect ke orang lain, ternyata kebanyakan orang yang bertemu Rowoon suka sekali ‘babying’ dia, lo. Iya, babying. Menganggap dan memperlakukan Rowoon seperti bayi. Nggak heran juga sih, karena dia memang punya kepribadian yang ceria. Aku aja suka gemas sendiri sama dia, rasanya pengen aku adopsi aja jadi pasangan hidup.

Rowoon ‘diyakini’ sebagai member yang paling ceria dan lincah di SF9. Semacam happy virus-nya SF9 begitulah kira-kira. Kadang sikapnya memang menggemaskan, perilakunya seperti anak bayi. Yah, itulah sebabnya banyak fans yang menjulukinya bayi besar alias giant baby. Bukan cengeng kekanak-kanakan ya, tapi perilaku yang lucu dan menggemaskan. Tolong dibedakan yeorobun…

5. Pekerja Keras

Pernah lihat aktor yang perannya itu-itu saja? Sampai diidentikkan dengan karakter tertentu, misalnya ‘spesialis jadi orang kaya’ atau yang lain? Jujurly, kadang lihat aktor atau aktris yang perannya gitu-gitu aja jadi bikin bosen ya, yeorobun.

Apa hubungannya dengan Rowoon? Menurutku, Rowoon termasuk aktor yang berani mencoba berbagai hal baru. Tiga dari empat drama yang dibintanginya (sebagai pemeran utama) punya nuansa yang berbeda. Peran dan karakter yang dia mainkan juga berbeda. Ini menarik buatku. Aku bisa lihat sisi-sisi Rowoon yang berbeda di setiap dramanya.

Merujuk dalam salah satu wawancaranya dengan media Jepang sekitar Oktober lalu, Rowoon mengakui ingin mencoba berbagai peran baru untuk karir aktingnya. Dia tidak mengejar award, yeorobun. Rowoon hanya ingin menunjukkan kerja keras, usaha maksimal, untuk setiap karakter berbeda yang dia perankan. Yah, syukur-syukur kalau bisa main film layar lebar.

Kalau dipikir-pikir lagi, sebetulnya dengan menjadi aktor pun dia sudah sangat bekerja keras. Menjalani kehidupan sebagai idol tentu bukan hal mudah. Banyak yang harus dilakukan, seperti menyiapkan album atau lagu, syuting MV, promosi, konser, tur luar negeri dan lain sebagainya. Tapi Rowoon tidak ragu untuk menyeriusi dunia akting.

Belum lagi menjadi model dan MC di acara-acara hiburan. Sudah bukan rahasia lagi ya, idol atau aktor selalu dilirik macam-macam brand terkenal—bahkan brand mancanegara—karena punya visual yang menjual. Rowoon pun sama. Saat ini dirinya masih menjadi ambasador untuk berbagai brand, baik lokal maupun internasional. Jadwal pemotretan dan promosi pasti membuat dirinya sibuk.

Baru-baru ini, Rowoon juga didapuk menjadi MC acara Music Bank yang diselenggarakan di Chile. Setelah sekian lama ‘jabatan’ ini dipangku oleh Park Bo Gum, kini Music Bank mempercayai Rowoon untuk menggantikannya. Wah, pasti jadi makin sibuk dia. Hope everything goes well for him.

***

Rowoon memang punya visual yang menarik, tampan rupawan. Tapi di sisi lain, banyak sekali kepribadian dan sisi positif yang bisa menjadi inspirasi maupun panutan bagi fans dan siapa saja. Terlepas dari profesinya sebagai idol-aktor, bintang papan atas, Rowoon tetap manusia biasa serta seorang pria dewasa yang punya sisi-sisi unik dan menunjukkan sifat manusiawi. Rowoon tetap manusia, idol juga manusia.

Aku memang begitu tergila-gila kepada idol satu ini. Tapi bukan cuma untuk senang-senang, banyak inspirasi dan manfaat yang aku ambil dari sosok Rowoon. Bagaimana denganmu? Inspirasi apa yang bisa kamu ambil dari seorang Rowoon?

At last, yuk mari kita tunggu penampilan Rowoon di dramanya mendatang. Drama yang dibintangi bareng Jo Bo Ah, yang dikabarkan akan tayang pertengahan tahun 2023 mendatang. Rowoon memang sang penakluk noona-noona, haha. Wah, aku tidak sabar menantikan penampilan Rowoon berikutnya! 

Well, itulah beberapa kepribadian Rowoon SF9 yang patut ditiru dan inspiratif. Semoga bermanfaat, ya. Yeorobun, annyeong...

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. Fans of EXO & SF9. We are one, 사랑하자!

Related Posts

1 comment

  1. Wah comeback juga dia. Ih aku suka qoutenya. Yes we are fanatic fans but not toxic and radikal. Ngga yang senggol dikit bacok. Wkwkwk.
    Yuk mba kita menggila bersama di jalan masing². Ternyata akupn sedang tergila². Tak temenin menggila bareng.

    ReplyDelete

Post a Comment