admasyitoh.com

Baekhyun EXO Si Idol 'Bunglon' yang Jenius

21 comments

baekhyun exo universe

Aku lupa kapan tepatnya mulai tergila-gila dengan lelaki satu ini. Baekhyun EXO. Memiliki suara khas yang aduhai sopan sekali di kuping. Masuk dari telinga, turun ke hati. Nyess sekali yeorobun! Bikin dengkul kopong dan pikiran ambyar...

Member EXO satu ini memang jenius. Kalau aku bilang, dia seperti bunglon. Segala jenis atau genre musik bisa disikat habis. Idol dengan segudang bakat dan prestasi. Sering jadi panutan idol-idol lainnya. Super humble, unik dan… Ah sudahlah, pokoknya kalau aku ngomongin Baekhyun nggak akan ada habisnya! Maklum, lagi jatuh cinta.

Dari sekian banyak penyanyi Korea yang pernah debut di dunia hiburan, Baekhyun adalah cinta pertama dan terakhirku. Kenapa terakhir? Karena aku tidak mau lagi tengok sana-sini ke idol lain. Cukup Baekhyun seorang yang bisa membuatku senyum-senyum sendiri seharian.

Sebegitu ngefans-nya aku dengan si Baekhyun ini. Rasanya tidak afdol kalau belum bikin tulisan tentang dia. Ya nggak

So… Yeorobun-deul, let me introduce you, Baekhyun, yang sekarang sedang memenuhi kewajibannya untuk mengabdi pada negara. Atau sebut saja wajib militer.

BIASED CONTENT ALERT! Konten ini mengandung unsur bucin atau bias, kepada salah satu idol dan grup KPOP. Tanpa ada maksud tertentu, murni konten per-bucin-an terhadap bias. Mohon pengertian dan kebijaksanaannya, agar tidak memancing fans war, terutama bagi fanbase lain. Terima kasih!

KENALAN DENGAN BAEKHYUN EXO

Beberapa waktu lalu, aku pernah menulis tentang rekomendasi playlist EXO. Di sana aku juga mengenalkan sedikit tentang EXO, satu dari sekian banyak boygroup asal Korea Selatan yang debut tahun 2012. Nah, Baekhyun adalah salah satu member dari grup yang sudah terkenal di dunia ini.

Nama lengkapnya Byun Baek Hyun, tetapi lebih terkenal dengan nama panggungnya yaitu Baekhyun. Lahir di Bucheon, Provinsi Gyeonggi pada 6 Mei 1992 (ini aku hapal lho, tanpa ngintip contekan nulisnya). Bungsu dari dua bersaudara. Punya kakak laki-laki yang tujuh tahun lebih tua darinya dan sudah menikah. Jadi, si Baekhyun ini sudah punya dua keponakan sekarang.

Di EXO sendiri, Baekhyun ada di posisi main vocal alias vokal utama. Nggak heran sih. Karena memang suaranya seindah itu, yeorobun! Walaupun sebetulnya dia juga layak ditempatkan di posisi lain, seperti main dancer dan rapper.

Menariknya, Baekhyun adalah member dengan masa trainee tercepat di EXO. Hanya butuh delapan bulan baginya untuk menjalani masa latihan. Sedangkan member lainnya butuh waktu bertahun-tahun menjadi trainee untuk bisa debut sebagai idol. Bahkan ada yang sampai tujuh tahun!

Bukan karena apa-apa ya yeorobun! Semua ini karena Baekhyun termasuk orang yang istimewa. Dia pintar dan sangat cepat belajar. Bakatnya sudah ada sejak lahir. Jadi dengan latihan dan arahan saja sudah bisa membuatnya layak untuk debut.

Hasilnya? Wah, jangan tanya. Outstanding! Sebagai vokal utama, Baekhyun punya ciri khas dengan power suaranya yang kuat, warna suara yang agak berat, serta kontrol vokal yang akurat.

Dia bisa menempatkan dirinya dengan sangat baik, mana lagu atau nada yang butuh vokal lantang dan all out. Mana note-note yang butuh suara whisper atau chest voice. Atau mana nada yang harus dieksekusi dengan vokal lembut penuh perasaan.

Karena kemampuan kontrolnya yang luar biasa inilah Baekhyun bisa membawakan genre lagu apapun dengan sangat baik. Banyak kok vocal coach yang mengakui kemampuan Baekyhun. Dan, banyak pula idol lain yang mengidolakan Baekhyun sebagai panutan. Keren 'kan?

Uniknya, Baekhyun ternyata juga berbakat di bidang beladiri lho! Kabarnya sih, idol petakilan satu ini sudah punya sabuk hitam di seni beladiri hapkido. Kira-kira semacam tae kwon do begitulah. Kalau penasaran definisi tepatnya bisa dicek di Google, ya!

KARIR BAEKHYUN EXO

1. Debut dengan EXO

konser smtown baekhyun exo

Pada tanggal 30 Januari 2012, Baekhyun diperkenalkan sebagai anggota kesembilan sekaligus vokal utama dari EXO. Selanjutnya, pada tanggal 8 April 2012 ia resmi debut sebagai idol bersama-sama member EXO yang lain, di bawah naungan SM Entertainment.

Bersama EXO, Baekhyun telah mengikuti lima kali tur konser dunia bertajuk Exoplanet yaitu The Exo Planet 1, The Exoluxion, The Exordium, The Elyxion dan terakhir The Exploration.

2. Membentuk sub-unit EXO-CBX

Pada tanggal 31 Oktober 2016, Baekhyun bersama Chen dan Xiumin resmi debut sebagai sub-unit EXO dengan mini album Hey Mama! dan langsung populer di Korea Selatan. EXO-CBX berhasil menjadi salah satu sub-unit terbaik dengan empat album yaitu Hey Mama! (2016), Girls (2017), Blooming Days (2018) dan Magic (2018).

EXO-CBX sendiri sudah berkali-kali tur konser di Jepang dengan tajuk Magical Circus. Nah, ini salah satu konsep yang paling aku sukai. Semua setting, mulai dari panggung, lighting, set list, diatur persis seperti sirkus. Yang paling menarik tentu saja karena ada live music band-nya!

3. Bermain drama

Baekhyun mulai bermain drama dalam seri EXO Next Door sebagai karakter fiktif dirinya sendiri. Kemudian tahun 2016, dia ikut berperan sebagai pemeran pendukung di drama Moonlovers: Scarlet Heart Ryeo. Ini drama kudu dan wajib banget ditonton, yeorobun! 

Drama ini menjadi salah satu drama terbaik dan paling populer di berbagai negara. Bertabur visual dan aktor papan atas mulai dari Lee Junki, IU (Lee Ji Eun), Kang Ha Neul, Baekhyun--pastinya, Nam Joo Hyuk, Hong Jong Hyun, Jisoo dan masih banyak lagi pemain keren lainnya.

Banyak penonton–termasuk diriku–yang mengaku belum bisa move on dari drama ini karena settingnya yang memang keren, walaupun sad ending. Kelewat sad malah, keterlaluan sedihnya! Semua tokohnya meninggal, termasuk Pangeran Wang Eun yang diperankan Baekhyun! Nggak rela aku tuh...

moonlovers baekhyun exo

Sayangnya, pihak produser tidak bisa mewujudkan keinginan penggemar untuk membuat season kedua drama, karena kesibukan para pemainnya serta biaya yang tidak sedikit.

4. Tergabung dalam grup SuperM

SuperM merupakan supergroup besutan SM Entertainment dan Capitol Records yang debut tahun 2019. Disebut supergroup--dan dijuluki sebagai The Avengers of KPOP--karena memiliki konsep yang unik dan sangat berbeda. Menampilkan banyak koreografi, dengan vokal dan rap yang sangat menakjubkan. Tak tanggung-tanggung, promosi mereka pun diawali di Amerika Serikat.

Member terdiri dari berbagai anggota boyband besar asuhan SM Entertainment, yaitu Taemin Shinee; Baekhyun dan Kai EXO; Taeyong dan Mark NCT; serta Lucas dan Ten WayV. Meski menuai reaksi beragam pada awal debutnya, SuperM tetap meraih posisi pertama billboard dengan lagu-lagunya.

5. Debut dan rilis album solo

Baekhyun resmi debut solo dengan album berjudul City Light dengan track utama UN Village pada tahun 2019. Nah, yang bikin album ini geleng-geleng kepala adalah genrenya.

Awalnya aku pikir Baekhyun akan masuk jalur musik ballad, karena suaranya memang cocok sekali dengan lagu ballad. Ternyata dia lebih memilih genre R&B, yeorobun! Daan… BOOM! Pecah banget nget nget nget! Keren abis. Dahlah, aku gak bisa berkata-kata.

UN Village sendiri merupakan gabungan aliran R&B (of course), jazz dan pop. Dan Baekhyun bisa membawakan lagu ini dengan sempurnahhh!

Album berikutnya, Delight (2019) dan Bambi (2021), Baekhyun menampilkan sisi lain yang berbeda dari dirinya, dengan kualitas musik dan vokal yang semakin apik. Dahlah, kalau soal vokal si jenius ini memang beyond the level! Selalu bikin aku terpesona, kehabisan kata-kata dan hilang akal. Sulit digapai maqomnya…

6. Kolaborasi dengan penyanyi lain

Baekhyun dijuluki sebagai King of Collaboration karena dia sering berkolaborasi dengan penyanyi lain. Kamu tahu Suzy 'kan? Baekhyun dan Suzy berkolaborasi membawakan lagu Dream pada tahun 2016, yang membuat mereka memenangkan Best Collaboration MAMA.

Tahun sebelumnya Baekhyun juga duet dengan Soyou (former SISTAR) dengan lagu berjudul Rain. Kolaborasi dengan Suzy dan Soyou meraih predikat all kill karena langsung menguasai semua tangga lagu!

Baekhyun juga pernah berkolaborasi dengan K.Will yang sudah malang-melintang di dunia OST drama Korea, melalui lagu ballad berjudul The Day. Terakhir, Baekhyun bersama Seo Moontak–salah satu penyanyi rock senior–merilis lagu Hurt. Keren sekali kolaborasinya! Sulit dicover penyanyi lain, karena nada-nada tinggi bertebaran di sana.

Intinya, banyak idol lain yang ingin kolaborasi dengan Baekhyun, karena memang sekeren itu!

OST DRAMA KOREA YANG DINYANYIKAN BAEKHYUN EXO

Kalau berbicara tentang Baekhyun jangan lupakan OST drama Korea yang dibawakan olehnya. Suaranya yang indah dan merdu memang menarik banyak produser drama. Jadi, nggak heran kalau Baekhyun jadi semakin sering keluar-masuk studio rekaman untuk mengisi lagu latar berbagai judul drama. 

Ada sekitar sepuluh judul drama Korea yang OST-nya dinyanyikan oleh Baekhyun EXO. Nah, kalau kamu penasaran cek video di bawah ini ya!

  1. Is It Me? - OST Lovers of the Red Sky
  2. U - OST Doom at Your Service
  3. Every Second - OST Record of the Youth
  4. My Love - OST Dr. Romantic 2
  5. Happy - OST Do You Like Brahms
  6. For You - OST Moonlvers (EXO-CBX) 
  7. On the Road - OST Hyena
  8. Beautiful - OST EXO Next Door
  9. Someone Like You - OST Live (EXO-CBX) 
  10. Be My Love - OST Love Playlist 4 (EXO-CBX) 

Dari sekian banyak OST drama yang dinyanyikan Baekhyun EXO, mana favoritmu? Kalau aku sih, semuanya. Nggak sanggup kalau cuma harus pilih satu, haha. Ceritakan di kolom komentar yaa... 

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, μ‚¬λž‘ν•˜μž!

Related Posts

21 comments

  1. favorit iniii. blog nya maksudku hehehe. saya suka BTS. baru2 aja. keren ih Al bisa review sedetail ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mbak, itu belum detail. Kalo detail soal baekhyun tuh panjaaaaang. Itu yang aku tulis belum semuanya wkwkwk.. Next lah di artikel berikutnya haha

      Delete
  2. Suka banget acting waktu Baekhyun waktu main drama Scarlet Heart Ryeo. Actingnya bikin gemes. Salah satu drama favorite jg karena banyak cogannyaπŸ˜πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drama bertabur visual ya mbak? Sungguh memanjakan mata wkwk

      Tapi endingnya bikin banting meja. Semua meninggal. Baekhyun yang paling menyedihkan meninggalnya :(

      Delete
  3. Aku demen pisan euy pas awal-awal exo keluar dancenya kompak dan powerful banget nggak sih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya kalo soal kompak dance sih grup lain banyak yang lebih bagus. Exo pas awal2 debut belum sebagus sekarang. Karena sering latihan sekarang jadi bisa sinkronisasi dancenya pas...

      Tapi kalo soal vokal, lagu, power, exo best sih menurutku. Paket komplit.. Hehe

      Delete
  4. Wow, idol dengan segudang prestasi. Kata netizen Baekhyun ini mirip V, tapi pas aku lihat selewat di cover video di atas kok mirip Suga. 🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suga BTS? Aku gak apal membernya BTS. Taunya cuma V, itu pun gara2 satu circle sama choi woo shik wkwk. Baekhyun itu mirip V katanya, sama2 petakilan mbak..

      Kalau mau bedain gampang. Kalo jakunnya keliatan berarti itu Suga. Kalo gak begitu keliatan atau malah gak ada jakunnya, berarti itu Baekhyun wkwk

      Delete
  5. Aku nggak begitu kenal sama Baekhyun tapi tahu Chanyeol... sepertinya aku lebih sering mengikuti dramanya dari pada kpopnya...πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kalo Chanyeol emang lumayan sering main drakor. Tapi sekarang yang lebih banyak karir aktingnya kayaknya Sehun sama D.O hehe

      Delete
  6. Wah korea banget ni Mba nya. Aku tadinya ngga paham soal beginian, biasanya cuma lihat sepintas aja. Abis baca ini aku jadi lebih kenal sama Baekhyun, meskipun sambil pusing karena sama sekali ga tahu tentang per korea an- hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mbak. Mending nggak kenal. Kalo udah kenal terus sayang, ketagihan, candu, dah susaaaah banget sembuhnya. Kayak aku ini contoh nyatanya :"

      Delete
  7. Huaaaa Baekhyun... Lagu dream bareng suzy itu emang enak didengar . Wajahnya itu imut² ya mbk hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suaranya sama-sama bagus sih yaa.. Tapi aku paling pengen Baekhyun collab bareng IU. Kan selama ini mereka saingaj terus di chart, kalo rilis album/single barengan. Jadi tawuran terus peringkatnya di chart, kayak pas di Moonlovers.. Wkwk. Kenapa mereka gak duet aja sih πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  8. Waa baekhyun. Lagunya sama suzy emang enak didengar. Wajah baekhyun juga imut² ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya imut, ya kadang ganteng, tapi gak ganteng2 banget sih. Cuma unik. Apa ya, fitur wajahnya itu paling unik dan menarik di EXO, kalo yang ganteng banget gak manusiawi itu Sehun..

      Delete
  9. kurang mengikuti exo, tapi setelah baca ini jadi sedikit tau soal baekhyun. kecee juga yaa baekhyun ini.. lengkaap yak..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak. Kece badai membabi buta. Dahlah aku kehabisan kata2 pokoknya :"

      Delete
  10. Keren, mba Alfiya bisa review selengkap ini. Musti belajar banyak, nih saya, buat cara2 nulis review sama Mba Alfi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum lengkap itu mbak. Masih banyak yang belum aku tulis soal Baekhyun. Cuma kepanjangan nanti wkwk. Kapan2 aja nulis tentang dia lagi...

      Delete

Post a Comment