admasyitoh.com

Deretan Serial K-Drama Hits Terbaik yang Bikin Susah Move On

Post a Comment

Jangan ngaku pecinta drama Korea kalau belum nonton drama-drama ini!

Serial drama Korea memang selalu mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri. Ada berbagai macam alasan yang membuat drama-drama dari negeri ginseng ini diminati dan dicintai banyak orang. Di antaranya yaitu tema cerita yang unik dan menarik, alur kisah yang mengalir apik, diselingi konflik dan intrik. 

Selain itu, akting para pemain yang totalitas tanpa batas, sinematografi yang berkualitas, serta tak lupa visual yang sungguh memikat dan selaras. Tak jarang, drama-drama yang diproduksi di sana memakan biaya hingga ratusan juta rupiah demi menghadirkan tontonan yang mampu memuaskan para penikmat drama. Proses produksi film pun sudah barang tentu membutuhkan waktu yang lama, mulai dari pra-syuting hingga editing, sebelum akhirnya dirilis di layar kaca. 

Belum lagi lagu-lagu dan musik-musik soundtrack original yang mengiringi setiap adegan, yang juga turut menambah keindahan drama. Bayangkan jika tidak ada iringan-iringan OST yang menjadi latar adegan-adegan dalam drama. Pasti garing dan membosankan, ya! 

Berjuta alasan itulah yang membuat drama Korea begitu dicintai dan digemari oleh banyak orang, tidak hanya di Korea sendiri tetapi juga di berbagai negara lainnya.

Sebagai warga K-Dramaland, bagi saya menghabiskan waktu untuk menonton drama rasanya sudah seperti makan nasi, alias sudah menjadi kebiasaan rutin sehari-hari. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi nonton drama yang bisa dimanfaatkan, sehingga tidak perlu berlangganan TV kabel yang menyediakan chanel khusus drama Korea. Sebut saja Netflix dan Viu. Drama-drama yang tersedia di kedua aplikasi ini cukup lengkap. Penonton bisa memilih sendiri judul drama yang disukai.

Dari sekian banyak drama Korea yang pernah saya tonton sepanjang karir per-drakor-an saya, ada beberapa judul yang membuat saya susah move on hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Saya sudah menonton ulang drama-drama favorit ini berkali-kali dan tetap belum merasa bosan sampai sekarang. 

Deretan drama favorit ini pas sekali untuk mengusir kejenuhan saya di sela-sela kesibukan mengurus anak, suami dan rumah tangga. Berikut ini 5 judul drama Korea hits terfavorit, terbaik, yang berhasil membuat saya baper berlarut-larut dan gagal move on ke drama lainnya.

1. Mr. Sunshine


Kim Eun Sook chakka-nim harus saya akui memang penulis drama yang luar biasa. Hampir semua karyanya selalu menjadi drama hits dan fenomenal, tak terkecuali Mr. Sunshine. Drama ini termasuk salah satu drama dengan biaya produksi termahal sepanjang sejarah, lho! 

Mengangkat tema romansa pada awal era penjajahan Jepang di Korea, diselingi dengan kisah-kisah perjuangan yang patriotik dan epik. Berbeda dengan genre drama sageuk pada umumnya yang lebih sering mengambil setting antara era Goguryeo sampai Joseon, Mr. Sunshine justru berlatar pada masa-masa akhir Joseon. 

Pemilihan latar ini menarik karena menampilkan transisi era Joseon dan modern, di mana Joseon mulai mengenal budaya Barat yang banyak dipengaruhi oleh gaya Eropa dan Amerika, namun berbenturan dengan hegemoni Jepang yang berambisi untuk menguasai Joseon sepenuhnya.

Di drama ini, penonton akan banyak melihat warga asing yang mulai ramai berdatangan ke Joseon, tentara-tentara militer asing yang bermarkas di sana, serta warga asli Joseon yang mulai berakulturasi dengan budaya-budaya negara lain. Penonton juga dibuat betah dengan sinematografi yang berkualitas tinggi setingkat film layar lebar. Belum lagi visual set syuting yang mempesona dan soundtrack original yang memanjakan telinga.

Di sini, kita dapat bertemu dengan Lee Byung Hun yang berperan sebagai Eugene Choi, seorang kapten marinir Amerika asal Joseon, yang kembali ke tanah kelahirannya setelah sekian lama tinggal di negeri Paman Sam. Eugene Choi lalu jatuh cinta kepada Go Ae Shin, seorang bangsawan patriotik, yang diperankan oleh Kim Taeri.

Bermula dari kesalah pahaman, keduanya akhirnya saling jatuh cinta, namun harus terhalang perbedaan budaya dan strata sosial. Hadirnya Yoo Yeon Seok (berperan sebagai Gu Dong Mae), Byun Yo Han (sebagai Kim Hui Seong) dan Kim Min Jung (sebagai Kudo Hina) juga turut mewarnai kisah asmara di antara mereka. Akan tetapi, karena penjajahan Jepang dan bangsa-bangsa lain yang ingin menguasai Joseon, kisah cinta mereka harus dikorbankan demi perjuangan memerdakan diri dari tangan bangsa penjajah.

Ingin tahu kisah selengkapnya? Teman-teman bisa menyaksikan drama 24 episode yang tayang di paruh kedua 2018 ini pada aplikasi Netflix. Akting para pemainnya tidak perlu diragukan lagi. Semuanya memerankan karakternya secara totalitas dan patut diapresiasi tinggi (standing applause untuk Mr. Sunshine). 

Kemampuan akting para cast yang mumpuni ditambah kerja keras para crew yang bertugas, membuat drama ini layak dinobatkan sebagai salah satu drama Korea terbaik sepanjang masa. Salah satunya terbukti dari banyaknya nominasi dan penghargaan yang diraih, termasuk gelar Daesang yang berhasil didapatkan Lee Byung Hun (untuk kesekian kalinya) dalam ajang 3rd Asia Artist Awards dan gelar Best Actor dalam Baeksang Art Awards ke-55, yang merupakan ajang penghargaan perfilman tertinggi di Korea Selatan.

Drama ini merupakan produk original Netflix dengan CJ E&M dan di Korea sendiri ditayangkan di saluran TV kabel tvN. Rasanya sudah menjadi rahasia umum kalau tayangan-tayangan Netflix tidak pernah ecek-ecek, ya! Selalu bagus dan menarik untuk diikuti. 

Drama yang menguras emosi, bahagia, sedih dan air mata ini menduduki peringkat pertama dalam deretan drama terfavorit saya, karena belum ada yang bisa menandingi kualitas alur ceritanya, settingnya, akting para pemainnya, sinematografinya, serta original soundtrack-soundtrack-nya.

2. Mr. Queen (No Touch Princess atau Queen Cheorin)


Baru-baru ini saya menemukan serial drama yang berhasil saya membuat saya tertawa lepas dan akhirnya sering saya tonton ulang. Mr. Queen merupakan drama bertema sejarah kerajaan Joseon yang tayang di stasiun tvN sejak akhir tahun lalu hingga awal tahun 2021 ini. 

Terdiri dari 20 episode utama dan 3 episode (terdiri dari 6 seri) tambahan. Drama bergenre komedi romantis ini sukses menjadi drama hits favorit banyak orang karena menyajikan cerita yang unik. Meskipun bertema sejarah, drama ini tetap terasa ringan dinikmati karena disajikan dengan komedi yang mengocok perut para penonton.

Bercerita tentang seorang koki di Cheongwade yang rohnya tertukar dan terjebak di tubuh seorang ratu Joseon pada era Raja Cheoljong. Inilah awal mula cerita komedi dimulai. Bagaimana seorang Ratu Cheorin, yang tubuhnya dirasuki seorang koki modern, membantu Raja Cheoljong dalam menumpas tirani dan para koruptor di kerajaan. 

Upaya mereka mendapat tentangan dari Ratu Sunwon dan adiknya, Kim Jwa Geun, yang sangat berambisi untuk terus menguasai kerajaan. Tidak hanya itu, kisah asmara antara Ratu Cheorin, Raja Cheoljong, Permaisuri Jo Hwa Jin, serta Kim Byeong In, juga turut menambah konflik drama ini menjadi hidup. Semuanya dikemas apik dalam nuansa komedi tapi serius, intrik tapi epik, serta visual yang memanjakan mata.

Penonton akan dihibur dengan chemistry yang kuat antara Shin Hye Sun (sebagai Ratu Cheorin) dan Kim Jung Hyun (sebagai Raja Cheoljong), serta sederet pemain lainnya seperti Bae Jong Ok, Seol In Ah dan Na In Woo

Sepanjang tahun 2021 ini, Mr. Queen adalah drama terbaik dari segala aspeknya, yang belum bisa tergantikan. Saya bisa tersenyum, tersipu, kecewa dan menangis menonton drama ini, meskipun lebih banyak dibuat tertawa lepas. Semua aspeknya memuaskan, apalagi konfliknya mempunyai akhir yang indah dan bahagia, membuat saya semakin susah berpaling ke drama lainnya. Kalau saya bilang, happy ending-nya kelewat bahagia sampai sulit sekali dilupakan begitu saja.

Terlepas dari beberapa kontroversinya, drama produksi YG Studioplex ini telah berhasil memikat hati banyak penonton dengan cerita yang menarik dan hangat. Kemampuan para pemain dalam membawakan karakternya patut diacungi jempol dan mendapat penghargaan. Saya secara pribadi berharap, Shin Hye Sun dapat membawa pulang Daesang dalam ajang Baeksang Art Award tahun 2021 nanti. Semoga saja!

3. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo


Masih dalam genre yang sama dengan Mr. Queen, Moon Lovers juga bercerita tentang seseorang yang jiwanya berkelana ke masa lalu dan terjebak di tubuh orang lain. Bedanya, setting drama ini terjadi di era yang lebih tua dari Joseon, yaitu masa-masa awal era Goryeo. Inti konflik dari drama ini menceritakan kisah Raja Gwangjong dalam merebut dan mempertahankan tahta kerajaan.

Drama ini bertabur visual dan bintang papan atas. Ditayangkan di stasiun TV SBS pada tahun 2016 dan terdiri dari 24 episode. Lee Junki (berperan sebagai Pangeran ke-4 Wang So, kelak menjadi Raja Gwangjong) beradu akting dengan penyanyi solo terkenal IU alias Lee Ji Eun (berperan sebagai Go Ha Jin dan Hae Soo, wanita yang dicintai Pangeran Wang So). 

Drama ini juga diramaikan oleh aktor-aktor terkenal lainnya seperti Kang Ha Neul (sebagai Pangeran ke-8 Wang Wook), Baekhyun EXO (Pangeran ke-10 Wang Eun), Nam Joo Hyuk (Pangeran ke-13 Baek Ah), Ji Soo (Pangeran ke-14 Wang Jung), Kang Ha Na (Putri Yeon Hwa), Hong Jong Hyun (Pangeran ke-3 Wang Yo), serta Seohyun SNSD (Woo Hee).

Drama yang juga besutan YG Studioplex ini juga termasuk drama dengan biaya produksi termahal pada masanya. Tidak mengherankan karena drama ini menyuguhkan visual yang apik dan menarik, yang dapat dilihat dari para pemain yang terlibat, latar syuting, wardrobe dan properti, serta original soundtrack-nya yang juga melibatkan para penyanyi maupun idol terkemuka.

Sama halnya dengan Mr. Queen, drama ini juga berhasil memikat banyak penikmat drama di berbagai negara karena cerita dan alur yang sulit dilupakan. Tidak salah jika drama ini dikelompokkan dalam kategori drama terbaik favorit. 

Sayangnya, ending drama ini cukup tragis dan menyedihkan. Berkebalikan dari Mr. Queen, sad ending drama ini keterlaluan, sampai-sampai penonton dibuat galau berkepanjangan dan berharap adanya season 2 demi akhir yang membahagiakan untuk karakter-karakternya.

4. Hotel Del Luna


Drama bergenre horror fantasi ini menarik sekali untuk diikuti karena mengangkat tema yang unik. Ditayangkan di stasiun tvN tahun 2019 lalu, drama yang dibintangi oleh IU dan Yeo Jin Goo ini termasuk jajaran drama yang bikin susah move on bagi saya.

Karakter Jang Man Wol (diperankan oleh IU) adalah sosok mistis dari zaman Goguryo yang memiliki kekuatan magis. Jang Man Wol dihukum oleh dewa Ma Goo dengan menghentikan putaran waktu hidupnya sehingga ia tidak bisa menua dan tidak bisa musnah. Jang Man Wol bertugas menjadi penjaga (di dalam drama disebut pemilik) Hotel Del Luna, sebuah hotel yang menjadi tempat peristirahatan para hantu atau arwah yang akan menyeberang dari alam dunia dan alam baka. 

Sederet peristiwa dan permasalahan terjadi berkaitan dengan para hantu yang menjadi tamu hotel. Untungnya, Jang Man Wol dibantu oleh Gu Chan Seong (diperankan oleh Yeo Jin Goo), seorang manusia yang menjadi manajer umum hotel, untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. 

Drama ini juga diselingi dengan kisah romantis antara Jang Man Wol dan Gu Chan Seong. Jalinan asmara yang manis, bikin baper dan cukup menguras emosi para penonton.

Drama sepanjang 16 episode ini ditulis Hong Sister yang sudah terkenal di dunia per-drakor-an. Sederet aktor terkenal lain juga turut membintangi drama ini. Sebut saja Shin Jung Geun (sebagai Kim Seonbi, bartender hotel), Bae Hae Sun (sebagai Choi Soo Hee, manajer pelayanan), P.O Block-B (sebagai Ji Hyun Joong, resepsionis hotel) dan Mina Gugudan (sebagai Kim Yuna, pelajar yang magang menjadi manajer). 

Segenap aktor papan atas lainnya seperti Lee Junki, Nam Da Reum, mendiang Sulli, hingga Kim Soo Hyun juga turut memberikan dukungan dan penampilan istimewanya dengan menjadi cameo.

5. Why Secretary Kim (What’s Wrong with Secretary Kim)


Peringkat kelima dalam deretan drakor favorit saya adalah drama yang dibintangi oleh Park Min Young dan Park Seo Joon ini. Bergenre komedi romantis dengan konflik dan penyajian yang ringan serta kocak. Drama ini sangat mudah diikuti, bahkan oleh orang awam sekalipun. Awam dalam artian bukan pecinta drama Korea, ya!

Lagi-lagi ditayangkan di stasiun tvN, drama dengan 16 episode ini menceritakan kehidupan sehari-hari dengan kisah romantis pemain utamanya yang dijamin bikin baper. Kim Mi So (Park Min Young) berperan sebagai sekretaris di perusahaan Yumyung Grup, dimana Lee Young Joon (Park Seo Joon) menjadi direktur di sana. 

Keduanya saling terhubung di masa lalu karena sebuah peristiwa traumatis yang menyakitkan. Kisah asmara keduanya menarik dan lucu, serta membuat para penonton terbawa suasana. Ditambah lagi efek-efek editing sepanjang drama ini ditayangkan, membuat pembawaan drama ini menjadi lebih lucu dan sangat menghibur.

Nah, itulah beberapa judul serial drama Korea hits terbaik yang bikin gagal move on versi saya. Pesan saya, tontonlah serial-serial tersebut secara legal dan bijaksana, demi mendukung industri perfilman yang terus berkembang saat ini. Semoga berkenan dan selamat menyaksikan! 

(Alfia D. Masyitoh/diolah dari berbagai sumber)

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

Post a Comment