admasyitoh.com

Blogspedia Coaching: Kelas Blogging Terbaik untuk Pemula

6 comments

blogspedia coaching

Yeorobun, tulisan kali ini aku dedikasikan khusus untuk Coach Marita dan coaches lainnya di kelas Blogspedia Coaching #3 yang aku ikuti selama kurang lebih tiga bulan terakhir. Mungkin lebih cocok disebut curhat personal. Tetapi aku berharap ada manfaat yang bisa kamu ambil dari tulisan ini. Semoga berkenan, ya!

PERTAMA KALI MENGENAL BLOGSPEDIA

Aku membuat blog ini sekitar akhir tahun 2020, kemudian mulai menulis artikel beberapa bulan setelahnya. Tapi aku baru kenal Blogspedia Coaching kira-kira paruh kedua tahun lalu, sekitar bulan Juli saat kelas Blogspedia Coaching #2 sudah berlangsung beberapa minggu.

homepage blogspedia

Jujur aku lupa persisnya bagaimana aku kenal Blogspedia Coaching ini. Kalau tidak salah waktu itu karena kepo dengan salah satu senior di komunitas blogger yang aku ikuti. Namanya Mbak Widya. Dulu aku lumayan sering mampir ke blognya, sampai akhirnya aku tahu kalau ternyata Mbak Widya ini adalah peserta kelas Blogspedia Coaching #2 yang berlangsung tahun 2021 lalu. Dan, waktu itu aku memang lagi cari kelas atau semacam tutor untuk belajar ngeblog.

Dari sana, aku ketemu dengan Blogspedia. Tapi saat itu takdir belum berpihak padaku. Aku telat tahu infonya. Ketika kelas sudah berjalan, aku baru tahu informasi tentang kelas ngeblog gratis di Blogspedia ini. Padahal aku ingin sekali belajar bagimana cara menjadi blogger pemula.

Tbh, iri rasanya saat itu kalau lihat Mbak Widya dan senior-senior Blogspedia Coaching lainnya update artikel-artikel bagus di blog mereka. Kapan ya aku bisa seperti itu? Karena aku tidak ingin kehilangan kesempatan, aku mulai aktif mengikuti Blogspedia ini di website maupun di sosmed. Siapa tahu ada info kelas coaching batch berikutnya, begitu pikirku.

Sampai akhirnya, aku diberi kesempatan untuk belajar ngeblog di kelas yang keren ini di tahun 2022. Di kelas Blogspedia Coaching Batch #3. Rasanya senang dan bersyukur sekali, karena salah satu goal atau blog planning terpenuhi. So, apa itu Blogspedia dan Blogspedia Coaching? Bagaimana pengalamanku di kelas ngeblog gratis ini? Apa saja yang aku dapatkan? Aku akan ceritakan di sini. Stay tune!

TENTANG BLOGSPEDIA COACHING

Blogspedia sebetulnya adalah blog personal milik Coach Marita Ningtyas yang punya niche khusus seputar blogging. Banyak sekali artikel tentang blogging yang bisa ditemukan di sini. Dan, semuanya ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pemula sepertiku.

"Blogspedia jika dijabarkan maka memiliki makna blogs ensiklopedia. Berharapnya nanti blog ini bisa membantu teman-teman newbies yang kesulitan dan bingung mengenai istilah-istilah blogging, dengan membaca artikel-artikel di Blogspedia bisa tercerahkan." (Coach Marita Ningtyas, owner Blogspedia Group)

Tujuan blog ini dibuat sejak awal memang untuk memberikan tutorial-tutorial ngeblog yang gampang diikuti oleh Cupuers, sebutan untuk blogger pemula ala Blogspedia. Sebab, pemula apalagi emak-emak, biasanya sulit mengikuti bahasa-bahasa teknis seperti programmer. Coach Marita ingin berbagi ilmu dan pengalamannya seputar blogging dengan bahasa yang sederhana.

Dalam perjalanannya, Blogspedia ini tidak hanya menjadi tempat belajar ngeblog bagi pemula. Blogs ini semakin berkembang dan akhirnya menjadi Blogspedia Group, bisnis yang menawarkan jasa seputar blogging. Blogspedia Coaching hanyalah salah satu dari sekian banyak jasa Blogspedia yang ditawarkan. Kelas ngeblog gratis ini sudah berjalan beberapa tahun terakhir, aku merupakan salah satu peserta angkatan ketiga di program ini.

Sedikit gambaran, berikut ini adalah informasi beberapa jasa Blogspedia yang bisa mungkin berguna untukmu. Tapi soal harga masing-masing jasanya tidak aku spill di sini ya, kamu bisa pelajari sendiri di website Blogspedia atau kontak mereka di sosial media.

jasa blogspedia

1. Penulisan Artikel SEO

Blogspedia menawarkan jasa penulisan artikel berbasis SEO bila kamu kewalahan untuk mengisi blog. Tidak perlu khawatir dengan kualitas tulisannya, Coach Marita dan tim Blogspedia selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis. Skill mereka tidak perlu diragukan lagi, karena sudah berpengalaman sejak tahun 2012 lalu.

2. Konten Sponsorship

Blogspedia juga menerima jasa sponsored content untuk di-post di blog-blog di bawah naungan Blogspedia. Setidaknya ada enam blog yang bisa kamu pilih sesuai niche yang kamu butuhkan. Artikelnya pun bisa kamu siapkan sendiri, atau bisa juga request khusus kepada mereka.

3. Pemasangan Custom Domain dan Template Blogspot

Sejak tahun 2016, Coach Marita mulai membuka jasa pemasangan custom domain dan template untuk blogspot. Dan, yang pasti templatenya sudah SEO friendly. Alasannya konon karena banyak teman-teman blogger yang tidak berani memasang template maupun custom domain sendiri. Tidak heran, karena pasang domain dan permak tampilan blog memang challenging, yeorobun. Aku merasakan sendiri.

4. Pembuatan Website

Blogspedia juga melayani pembuatan website untuk pelaku usaha, instansi maupun personal. Khusus jasa Blogspedia satu ini, Coach Marita mengajak sang suami untuk bekerjasama membangun website impian klien. FYI, Coach Martin (suami Coach Marita) ini programmer ya, beliau memang ahli di bidang ini. Jadi, kalau kamu ingin membuat website untuk bisnis atau kantormu, jangan ragu untuk memakai jasa mereka!

5. Blogspedia Coaching

Nah ini yang paling menarik. Seperti yang sempat aku singgung di atas, Blogspedia Coaching adalah kelas ngeblog gratis untuk para blogger newbie sepertiku. Benar-benar gratis! Tiga bulan aku mengikuti kelas ini, aku tidak mengeluarkan biaya apapun selain modal kuota internet, yeorobun. Di kelas ini, para peserta coaching bisa belajar ngeblog dari nol sampai tuntas. Mulai dari cara menjadi blogger pemula, sampai blogger profesional yang bisa menghasilkan cuan. Menarik kan?

PENGALAMAN DAN KESEMPATAN BELAJAR

Sebetulnya, salah satu syarat untuk menjadi peserta kelas Blogspedia Coaching ini adalah harus benar-benar pemula atau belum punya blog TLD alias masih ada embel-embel blogspot di alamat url-nya. Saat kelas ini dimulai sekitar Juni 2022 lalu, blog Sundries Journal ini sudah punya custom domain seperti sekarang. Tetapi aku memanfaatkan golden ticket dari Coach Marita yang aku dapatkan dari Challenge Blogspedia akhir 2021.

Aku masih ingat bagaimana golden ticket ini aku dapatkan. Saat itu, untuk memperingati Hari Blogger Nasional tahun 2021 pada bulan Oktober, Coach Marita mengadakan tantangan yang salah satu hadiahnya adalah golden ticket untuk Blogspedia Coaching #3. Tanpa ragu, aku menerima tantangan itu.

Selama tiga hari berturut-turut aku harus membuat postingan di blog sesuai ketentuan challenge, yaitu tentang cara memperingati Hari Blogger, sosok atau profil blogger panutan, serta kriteria blogger sukses sesuai versiku. Beruntung, doaku terkabul. Aku bisa menyelesaikan tantangan ini dan berhasil mendapat golden ticket impian.

perjalanan blogging

Indeed, setelah itu aku tidak langsung mendapat kabar baik tentang kapan kelas dimulai dan sebagainya. Selama berbulan-bulan aku terombang-ambing tanpa kejelasan. Yang bisa aku lakukan tiap hari cuma refresh homepage Blogspedia, berharap ada pengumuman untuk kelas berikutnya. Sambil mempraktikkan tutorial-tutorial blogging yang ada di sana.

Aku sempat galau, yeorobun. Di satu sisi aku sudah ngebet ingin segera membeli custom domain, tapi di sisi lain kalau pasang TLD aku khawatir ditolak oleh Coach Marita untuk menjadi peserta coaching. Setelah curhat ke Mbak Widya dan Mbak Naqiba (alumni coaching angkatan kedua juga) waktu itu, akhirnya aku membeli custom domain yang aku inginkan ada bulan Februari 2022.

Selama ‘digantung’ berbulan-bulan itu rupanya Coach Marita sedang menyiapkan sesuatu, yaitu challenge Blogspedia lainnya. Challenge ini juga memberikan hadiah golden ticket Blogspedia Coaching #3 bagi peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan. Oalah, ternyata aku lagi dicarikan teman buat belajar di kelas nanti.

Tak lama berselang dari challenge terakhir, pengumuman resmi seputar Blogspedia Coaching pun akhirnya dirilis. Dan, betapa gembiranya diriku saat melihat namaku ada di dalam daftar peserta. Yeayy! Akhirnya aku bisa belajar di kelas yang super duper keren ini.

Sebetulnya Coach Marita sempat menanyakan apakah aku berniat menghibahkan golden ticket milikku kepada orang lain. Alasannya karena blog-ku sudah TLD–persis seperti yang aku khawatirkan. Tapi aku menolak. Tiket ini mau aku pakai sendiri. Sudah lama aku menginginkan kelas ini, mana mungkin aku rela memberikannya pada orang lain.

Bersyukur sekali punya kesempatan untuk belajar di kelas ini. Kelas pun akhirnya resmi dimulai dan sekarang sudah berjalan tiga bulan. Tanpa terasa aku dan teman-teman lainnya sampai juga di penghujung kelas ini.

Tiga bulan berproses banyak sekali yang manfaat maupun perubahan yang aku rasakan di dunia blogging. Dari yang semula ngeblog masih suka-suka dan asal-asalan, jadi lebih konsisten dan terarah. Dari yang masih moody, jadi lebih dewasa dan punya visi.

Sejak awal masuk kelas, Coach Marita–dan coaches lainnya–selalu menegaskan untuk berpegang teguh pada niat awal dan the big why ngeblog. Sebab niat inilah yang akan menentukan proses berikutnya, akan jadi blogger seperti apa aku nantinya.

Yeorobun, kalau mau dirunut dan dirinci lebih detail, setidaknya ada empat manfaat yang paling aku rasakan dari Blogspedia Coaching ini.

manfaat blogspedia coaching

1. Ilmu dan Pengalaman Blogging

Blogspedia Coaching memang bukan lembaga bimbingan formal. Bahkan tidak ada kelas tatap muka secara langsung. Tapi para coaches merumuskan 'kurikulum pembelajaran' dengan begitu rapi dan canggih. Semua disusun begitu runtut dari paling dasar sampai level profesional, demi memudahkan peserta.

Insight-insight yang diberikan melalui ilmu-ilmu blogging di sini begitu sistematis dan membantu pemula belajar ngeblog lebih mudah. Begitu juga inspirasi-inspirasi dari pengalaman para coaches yang seperti memberi pencerahan tersendiri.

Intinya, di kelas ini aku benar-benar belajar dan berproses menjadi blogger yang aku inginkan. Aku belajar dari ilmu yang paling basic sampai yang lebih advanced dengan cara yang sistematis dan terarah.

2. Guru dan Coaches Keren yang Berdedikasi Tinggi

Belajar tanpa ilmu bisa membuat seseorang salah langkah. Di kelas ini aku bertemu guru, para coaches, yang berdedikasi tinggi. Nah, yang unik di Blogspedia Coaching #3 ini tidak hanya Coach Marita pembimbingnya.

Ada coaches lainnya, yang merupakan alumni coaching angkatan sebelumnya; Coach Hamim, Coach Pida, Coach Zakia, Coach Ugi, Coach Nimas. Satu lagi Coach Martin yang ada di balik layar.

Mereka bukan cuma keren, tapi juga berhati mulia. Selalu ikhlas berbagi ilmu dan pengalaman. Terlihat dari betapa tanggung jawab dan sabarnya mereka membimbingku dan teman-teman supaya tidak salah melangkah.

3. Teman Seperjuangan yang Setia dan Pantang Menyerah

Kelas ini juga mempertemukanku dengan teman-teman baru. Teman seperjuangan yang setia dan pantang menyerah. Belajar dan berproses sama-sama, dari awal sekitar lebih dari lima puluh orang, sampai sekarang yang tersisa tidak lebih dari empat puluh orang.

FYI, metode pembelajaran dilakukan melalui WhatsApp Grup untuk diskusi. Materi diberikan melalui YouTube video dan Google Classroom, yang sekaligus menjadi tempat setoran tugas. Jadi tidak cuma dikasih materi lalu bablas. Tidak. Ada praktiknya, ada setoran yang harus dilaporkan. Dan, berlaku juga sistem gugur. Yang tidak bisa mengikuti atau melewatkan tugas beberapa kali, mau tidak mau harus rela gugur.

Ini yang membuatku harus bertanggung jawab dan berkomitmen penuh. Begitu pula teman-teman lainnya. Supaya bisa lulus bersama-sama, kami harus semangat, komitmen dan menjalankan tugas dengan baik sampai detik-detik terakhir.

Teman-teman seperjuangan ini yang membuatku tetap semangat mengikuti setiap tahap pembelajaran yang semakin hari semakin sulit. Secara tidak langsung, mereka telah menjadi support system yang membuatku bertahan di kelas ini. Bahkan aku merasa dekat dengan mereka yang minat dan hobinya sama. Kami sering ngobrol di luar topik kelas melalui chat personal. Seperti Mbak Eka yang sama-sama pencinta oppa-oppa sepertiku. Atau Yuana, Mbak Luluk, Filza, Mbak Riyan dan teman-teman lainnya.

4. Membuka Networking Lebih Luas

Selain itu semua, Blogspedia Coaching ini bagiku adalah 'batu loncatan' yang bisa membuka networking lebih luas.

Setelah kelas ini selesai bukan berarti aku selesai belajar. Masih ada kelas pengembangan lainnya yang ingin aku ikuti. Dan, ilmu-ilmu dari Blogspedia Coaching ini yang menjadi bekal bagiku untuk melangkah ke jenjang berikutnya.

ENCLOSURE

Yeorobun, dari kelas Blogspedia Coaching #3 ini aku juga belajar untuk membangun personal branding sebagai blogger. Gunanya tentu untuk menjadi blogger yang bermanfaat lebih luas, inspiratif dan produktif.

Kalau dipikir-pikir memang banyak sekali materi dan tugas di kelas ini. Apakah aku tidak pernah lelah? Bosan? Ingin berhenti? Pernah, sudah pasti.

Ada kalanya aku merasa lelah, jenuh, ingin berhenti dan menyerah. Kadang tugas-tugasnya terasa berat sekali dikerjakan, sedangkan tugas domestik sebagai ibu rumah tangga tetap harus diutamakan. Kadang aku merasa, ah sudahlah aku berhenti aja, enakan juga nonton drama Korea.

Pikiran-pikiran putus asa seperti itu tentu pernah terlintas di kepala. Tapi kalau sungguh-sungguh dipikirkan lagi, sayang sekali rasanya harus berhenti di tengah jalan sedangkan aku sudah melangkah sejauh ini. 

Tidak ada pilihan lain, satu-satunya jalan untuk berhenti adalah dengan lulus Blogspedia Coaching ini.

Begitu banyak kesan dan manfaat yang aku rasakan dari Blogspedia Coaching ini. Kalau kamu ingin belajar ngeblog dari awal, kelas ini menurutku adalah pilihan paling tepat dan cocok. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan jika kelas ini membuka batch berikutnya. Entah kapan, tapi semoga kabar baik itu segera datang.

At last, aku bersyukur bisa mengikuti kelas ini. Semoga di akhir besok aku bisa lulus dan bergabung dengan Cupuers, para alumni coaching angkatan sebelumnya, dalam tongkrongan blogger cupu bernama Blogspedia. Sebuah circle bloger cupu yang kece dan selalu punya semangat belajar hal baru.

Semoga Coach Marita dan coaches lainnya selalu diberi kesehatan dan keberkahan dalam setiap langkah mereka. Semoga teman-teman seangkatan yang berjuang denganku bisa selalu menjaga semangat belajar dan jalinan pertemanan. Andai ada kesempatan, aku ingin bertemu langsung dengan mereka.

Well... Yeorobun, setelah membaca cerita ini, apakah kamu tertarik ikut Blogspedia Coaching sepertiku? Sudah sejauh mana belajarmu? Ceritakan di kolom komentar ya!

REFERENSI

  1. https://www.maritaningtyas.com/2021/07/jasa-content-writing-semarang.html
  2. https://www.maritaningtyas.com/2022/06/internet-menyatukan-indonesia.html
  3. https://www.blogspedia.my.id/jasa/
  4. https://www.blogspedia.my.id/tentang-blogspedia/

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

6 comments

  1. Kita memang ditakdirkan bertemu di batch 3 dengan jalan yg berbeda. Akhirnya ya mba sampai di titik ini melewati semua rasa yg pernah mendera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah mbak, rasanya nano-nano di kelas ini. But I feel so blessed bisa kenal temen-temen keren kayak mbak Eka. Semoga pertemanan ini selalu terjaga ya mbak.. So happy to know u :*

      Delete
  2. Kelas yang ditunggu-tunggu dan ternyata se Worth it itu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. You did well bestie... Selamat yo akhirnya lulus. Matur thank you mau nemenin aku wkwk...

      Delete
  3. saya baru kenal dengan blogspedia jadi pengen belajar juga mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaap... Semangat semangat!! Semoga tahun depan ada lagi Blogspedia Coachingnya, biar bisa ikut. Worth it banget soalnya, hihi

      Delete

Post a Comment