admasyitoh.com

Review Menspad GG by Gee Gallery

2 comments

review menspad gg

Yeorobun, anakku sudah dua tahun ini pakai clodi (sejak masih newborn). Jujur, kadang aku kepo gimana sih rasanya pakai clodi. Nyamankah? Lembapkah? Atau bagaimana sebetulnya. Satu-satunya cara supaya aku bisa tahu rasanya adalah dengan pakai menspad. Beberapa minggu lalu aku baru banget mencoba pakai menspad GG untuk pertama kali.

Dan, ternyata rasanyaa… Jeng jeng jeng! Baca ceritaku ini sampai akhir, nanti kita simpulkan bareng-bareng.

REVIEW MENSPAD GG

Menspad atau reusable menstrual pad adalah pembalut kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang-ulang. Bedanya dengan pembalut sekali pakai adalah produk ini tidak menghasilkan sampah. Tidak pakai-buang-pakai-buang, tapi pakai-cuci-pakai-cuci.

Menspad kain diklaim lebih ramah lingkungan dengan jangka masa pakai cukup lama yaitu sekitar lima tahun. Lumayan kan, lima tahun tidak produksi sampah pembalut. Makanya tidak heran kalau ini produk ini menjadi salah satu andalan untuk mengurangi sampah yang bisa menimbulkan masalah lingkungan sehingga berdampak pada bencana perubahan iklim.

Secara umum, menspad serupa dengan clodi (cloth diaper) . Mulai dari bahan atau material pembuatannya, proses produksi, sampai cara mencuci dan merawatnya pun sama. That's why, biasanya produsen-produsen clodi lokal juga memproduksi menspad bersama-sama.

Menspad GG ini, tbh, menjadi menspad pertamaku seumur hidup. GG (Grow With Green) diproduksi oleh Gee Gallery, salah satu produsen clodi lokal yang ada di Bogor. GG terus berinovasi sejak tahun 2010 untuk membuat produk baby and moms essentials yang ramah lingkungan. Clodi dan menspad ini contohnya.

So, gimana sih rasanya pakai menspad? To be very honest, awalnya aku pikir pakai menspad itu sumpek, gerah, ngganjel, lembap, pokoknya serba nggak enak lah. Tapi, rupanya itu cuma prasangka karena aku belum pernah coba. In fact, pakai menspad rasanya sama saja seperti pakai pembalut biasa yang sekali pakai itu.

Nggak gerah atau sumpek. Biasa aja. Apakah nyaman? Emm, relatif nyaman walaupun menurutku lebih enak dan nyaman pakai menstrual cup (menscup)–karena aku sudah lebih dulu pakai menscup sebelum mencoba menspad ini, yeorobun.

Yang ingin aku garis bawahi, pakai menspad rasanya sama saja seperti pakai pembalut biasa, bahkan lebih nyaman karena tidak menimbulkan iritasi. Nah, buat yang sering mengeluh gatal-gatal atau iritasi selama menstruasi, menspad kain ini bisa banget jadi alternatif pengganti pembalut sekali pakai. Karena terbuat dari kain yang lembut dan breathable, menspad ini tidak melukai kulit jika bergesekan atau bersentuhan langsung.

Bertahun-tahun hidup, aku menyesal sekali baru kenal produk-produk ecofriendly seperti menspad ini dua tahun terakhir. Kenapa enggak dari dulu-dulu aja pakainya?! Jadi aku nggak perlu mengeluh risih atau iritasi gara-gara pembalut, walaupun sudah gonta-ganti segala merk, dari yang murah sampai yang mahal.

Alasan lainnya yang bikin aku maju-mundur mencoba pakai menspad adalah aku terlalu negative thinking dengan proses perawatannya. Aku pikir pasti susah sekali menghilangkan noda pada menspad. Pasti susah nyucinya, susah bersihnya. 

Padahal ternyata mencuci dan merawat menspad ini gampang banget! Disemprot air aja udah hilang nodanya. Kalau nodanya agak bandel tinggal dikucek sedikit tanpa perlu tenaga ekstra. Ketika dijemur pun cepat keringnya.

Wah, sepertinya aku perlu menambah stok menspad nih. Bisa dipakai gantian dengan menscup. Karena memang dipakai enak, anti gerah, anti bocor dan anti iritasi. Pantesan, kawan-kawanku yang sudah lebih dulu beralih ke menscup mengaku enggan pakai pembalut sekali pakai.

Oiya, kembali ke awal seperti yang aku bilang, gara-gara pakai menscup ini aku jadi tahu apa yang dirasakan anakku ketika pakai clodi. Ya kira-kira tidak jauh beda lah. I ensure my self that he enjoys his cloth diaper, as well as I enjoy my menstrual pad.

Well, mari kita bedah dulu si menspad GG ini. Apakah sebagus clodi GG T-Dipe yang dipakai anakku? Atau seperti apa ya?

Overview

overview menspad gg

Sama seperti clodinya, menspad GG juga dibuat dari material basic yang sama. Outer-nya terbuat dari PUL (polyurethane laminated) yang bersifat waterproof dan breathable, sehingga mencegah cairan bocor serta memungkinkan kulit tetap bisa bernafas dengan baik.

So far, aku belum pernah mengalami cairan bocor, walaupun lagi heavy flow. Ketika tidur malam pun aku tetap nyaman dan bebas gerak tanpa bocor ketika bangun di pagi hari. Dan, yang pasti bebas iritasi.

Insert menspad ini terbuat dari dua lapis microfiber (satu lapisan pada ukuran pantyliner) yang mempunyai kapasitas dan daya serap tinggi. Sedangkan inner-nya–yang bersentuhan langsung dengan kulit–terbuat dari microfleece warna putih yang halus dan lembut. Anti lecet ketika bergesekan dengan kulit.

IMO, inner yang dibuat warna putih ini bisa membantu proses mencuci menspad lebih maksimal. Sebab, noda akan terlihat jelas jika menempel di sana. Jadi, kalau ingin menspad benar-benar bersih, pastikan warna putihnya bebas noda. Semprot dengan jet washer atau air mengalir untuk memudahkan proses mencuci.

detail outer inner

Next, menspad GG mempunyai dua desain yang berbeda, yaitu full printed motif dan solid color. Sayangnya ketika aku beli kemarin motifnya random, tidak bisa pilih motif. Kalau beli yang solid color, bisa memilih warna dark silver, dark turquoise, deep caramel, fuchsia, lite turquoise, navy dan red wine.

Personally, aku lebih prefer yang solid color karena warna-warnanya tergolong netral, selain terkesan lebih elegan. Sedangkan yang printed motif, emm… Motifnya lucu-lucu, yeorobun. Semoga suatu saat GG bisa lebih update lagi dengan motif-motif yang lebih chic dan elegan.

Menspad GG ini menurutku tipis, sama saja seperti pembalut biasa. Jadi ketika dipakai tidak terasa mengganjal atau bulky.

Oiya, ada tiga ukuran yang bisa dipilih atau diperbanyak sesuai kebutuhan. Size pantyliner, day dan night. Khusus yang pantyliner mereka cuma pakai satu lapisan microfiber sebagai insert. Jadi lebih slim dibanding dua ukuran lainnya.

variasi ukuran menspad gg

Harga

Menspad GG bisa dibeli langsung melalui official store di marketplace kesayangan kamu. Bisa dibeli eceran atau bundling package. Harga ecerannya (solid color) mulai 20.000 untuk pantyliner, 33.000 day size dan 39.000 untuk night size. Sedangkan untuk paket bundling bisa kamu beli seharga 72.009, berisi masing-masing satu buah size pantyliner, day dan night.

Harga ini bisa berubah-ubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan produsen dan promo yang berlaku, ya! Kalau kamu membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kontak mereka di akun Instagram resmi @ggclothdiapers.

Keunggulan

Kelebihan utama menspad GG adalah performanya yang maksimal. Pembalut kain ini punya kapasitas dan daya serap yang baik, sehingga bisa mencegah cairan bocor atau tembus.

Hal ini juga didukung oleh material produk yang berkualitas. Yaitu lapisan outer PUL (polyurethane laminated) yang waterproof, insert microfiber dua lapis, serta inner microfleece yang lembut dan sangat aman bersentuhan dengan kulit.

Dari segi harga, satu set atau paket pembalut modern ini cukup affordable. Kalau memperhitungkan aspek ekonomi dibandingkan dengan pembalut sekali pakai (disposable menstrual pad), produk ini tentu jauh lebih hemat dan mengurangi pengeluaran produk menstrual hygiene selama bertahun-tahun

Kelemahan

Meski performa dan kualitasnya maksimal, aku cukup menyayangkan beberapa aspek, yaitu desain, cutting dan packaging yang digunakan. IMHO, desainnya kurang ergonomis terutama di bagian sayapnya yang terlalu lebar. Ditambah lagi beberapa jahitannya kurang rapi, utamanya untuk yang ukuran pantyliner.

Selain itu, cutting-nya tergolong besar atau lebar. Jadi kadang kurang fit ketika dipakai, walaupun sudah dilengkapi dengan kancing snap yang kuat dan erat.

Yang cukup aku sayangkan juga adalah kemasannya yang masih menggunakan plastik biasa. Semoga ke depannya produsen lebih concern dengan masalah ini dan bisa menemukan solusi kemasan pengganti yang lebih ramah lingkungan dan minim sampah.

kemasan plastik

SUMMARY

Menspad GG merupakan salah satu produk pembalut kain yang ramah lingkungan. Keunggulan utama menspad ini adalah performa dan kualitasnya yang baik, nyaman dipakai serta harganya yang affordable.

Indeed, menspad ini tetap perlu meningkatkan desain produknya agar cutting menspad lebih ergonomis dan semakin nyaman digunakan. Termasuk packaging produk yang perlu lebih inovatif dan ecofriendly, sehingga tidak menimbulkan sampah plastik.

Overall, aku memberi skor 8/10 untuk segala aspek yang ada pada menspad ini. Jangan lupa untuk selalu bangga dan memakai produk lokal. Dengan memakai produk dalam negeri kita turut memajukan perekonomian nasional sekaligus memangkad jejak karbon (carbon footprint) yang timbul akibat transportasi dan pengiriman barang.

Bagaimana, yeorobun? Tertarik mencoba menspad GG sepertiku? Ceritakan di kolom komentar, ya!

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

2 comments

  1. Thanks ka sudah sharing. Aku belom nyaman pake menspad gini, baru coba beberapa kali tapi akhirnya balik lagi ke biasa huhu apa kurang nyaman kali yaa sama bahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak... Kalo boleh tahu pake menspad merk apa? Karena kadang ada yang nggak cocok sama bahannya. Kalo pilih menspad jangan sampe tergiur harga murah, soalnya sebanding dengan kualitasnya sih, hehe...

      Delete

Post a Comment