admasyitoh.com

Review Clodi GG T-Dipe, si Clodi Slim Anti Bulky

4 comments

review clodi gg t-dipe

Yeorobun, clodi GG (Grow With Green) by Gee Gallery adalah salah satu pelopor clodi lokal Indonesia yang sudah ada sejak 2016. FYI, produk-produk clodi GG sudah ada sejak tahun 2010, lo. Jadi produknya sudah lama beredar dulu di pasar, baru perusahaannya yang berbadan hukum resmi didirikan. Wah, keren banget sih ini perjuangan owner-nya.

Kalau dilihat dari tahunnya, clodi ini termasuk generasi pertama clodi lokal yang juga betul-betul seratus persen buatan Indonesia. Tahun 2010 itu bahkan aku masih SMP, yeorobun. Belum kepikiran tentang clodi sama sekali, bahkan cita-cita punya anak aja belum ada. Haha.

Tapi, owner Gee Gallery–yaitu Kak Indah dan suami–berhasil membawa suatu inovasi dalam dunia perawatan anak, khususnya popok. Eits, jangan salah, ya. Popok ini rupanya memang barang sepele. Namun keberadaannya sangat dibutuhkan dan menjadi kebutuhan paling esensial dalam proses tumbuh kembang anak.

Inovasi yang dilakukan oleh Gee Gallery telah menghasilkan ribuan (bahkan mungkin jutaan) clodi (cloth diaper) yang sekarang digunakan oleh banyak orang tua, serta menjadi salah satu produk clodi favorit para mama. Termasuk diriku.

Kenapa clodi GG menjadi favorit? Apa kelebihan dan kelemahannya? Berapa harganya? Di mana belinya? Jawab rasa penasaranmu dengan membaca tulisan ini sampai selesai, ya!

DISCLAIMER! Ulasan ini aku tulis jujur berdasarkan pengalaman pribadi ya, tidak ada yang dilebih-lebihkan. Kalau terkesan mengunggulkan, berarti ya memang produk ini unggul. Sebab benar-benar ditulis dari hati. Pengalaman ini sangat mungkin berbeda dengan yang dialami oleh orang lain. Silahkan disikapi dengan bijaksana.

REVIEW CLODI GG T DIPE SIZE 1

"Clodi atau cloth diaper adalah inovasi modern yang diambil dari kebiasaan baik sejak ratusan tahun yang lalu. Sejarah penggunaan popok tradisional yang menggunakan kain dan beberapa tali kain sebagai pengikatnya telah diadopsi dengan baik berkat teknologi berkembang saat ini." (Gee Gallery)

Dari definisi di atas sudah jelas ya clodi itu apa. Kalau belum jelas, kamu bisa membaca cerita pengalaman dan alasan-alasanku berclodi yang sudah pernah aku tulis sebelumnya.

Inovasi adalah 'koentji' yang memegang peran penting dalam dunia per-clodi-an. Inilah kenapa GG tidak pernah berhenti berinovasi dan berkreasi sejak tahun 2010 silam, demi menghasilkan produk esensial ibu dan bayi yang berkualitas.

Clodi GG hanya salah satu bagian kecil dari inovasi yang telah mereka lakukan. Saat ini banyak produk GG yang beredar di pasaran, tidak cuma clodi. Ada produk lain seperti menstrual pad, breast pad, GG magic balm, serta yang terbaru detergen khusus stripping clodi yaitu Laundry Treatment Stripping Powder.

Furthermore, clodi GG sendiri ada lima macam, yeorobun. Yaitu Lil' G (khusus newborn), Tutu, B-Dipe, T-Dipe Size 1 dan T-Dipe Size 2. Nah, ulasan kali ini aku ingin fokus membahas T-Dipe Size 1, ya. Clodi ini termasuk tipe AI2 (all in two) berbentuk pull up pant. Jadi dalam tiap set ada dua bagian yaitu outer pocket dan insert. Disebut pull up pant karena clodi ini menggabungkan konsep clodi pocket yang dibuat seperti pant (celana).

Overview

Kesan pertama ketika clodi ini sampai di tanganku adalah 'wow'. Mewah. Padahal yang aku punya ini motifnya solid alias polos, yeorobun. Tapi warnanya cantik. Dark grey kebetulan warna yang memang aku sukai. Netral, jadi bisa dipakai oleh anak laki-laki maupun perempuan.

Apakah ada warna lain atau motif lain yang tidak polos? Ada. Banyak! Masih banyak warna lain yang bisa kamu pilih. Ada juga yang full printed motif, kalau kamu tidak suka yang polosan. Lucu-lucu pula motifnya. Mau pilih yang mana? Terserah. Kembali lagi pada kondisi dan selera masing-masing, ya.

Aku sengaja memilih T-Dipe karena desainnya menurutku paling cocok dipakai untuk toddler yang aktif. Maklum ya, anak umur dua tahun apalagi cowok, suka banyak tingkah. Kudu pinter-pinter emaknya memakaikan clodi kalau dia lagi main. 

Size 1 diklaim bisa dipakai untuk anak dengan berat badan 7 sampai 20 kg. Ukuran lingkar pinggang < 60 cm dan lingkar paha < 40 cm.

Untuk anakku yang berusia dua tahun, dengan berat 12 kg dan tinggi 85 cm, clodi ini sangat pas di badannya. Desainnya rapi, slim, ramping, anti bulky. Suka banget! Bahkan bapaknya sampai bilang, kok clodinya bagus bun, gak keliatan bulky sama sekali. Dah, ini aspek yang paling bikin aku jatuh cinta dengan si GG T-Dipe.

Meski cutting-nya cenderung small daripada clodi lain dengan tipe sejenis, tapi clodi ini tetap bisa meng-cover pup atau pipis anak dengan baik. Tidak gampang bocor atau rembes samping. Dan, kayaknya nih, karena small cutting ini pula clodi ini jadi lebih fit atau pas di badan anak.

Aspek lainnya yang bikin aku suka clodi ini adalah materialnya. Outer clodi dibuat dari bahan PUL (polyurethane laminated) yang lentur atau elastis. Karena elastis, clodi ini bisa mengikuti bentuk tubuh dengan mudah dan tidak kaku. Emm, bisa agak melar juga, jadi kalau ditarik-tarik pun tidak masalah. Memasangkan ke badan anak pun jadi lebih mudah.

Lapisan PUL ini juga bersifat waterproof dan breathable. Jadi aku tidak perlu khawatir bocor atau kulit anakku ruam, sebab kulitnya tetap bisa bernafas meski tertutup rapat.

penampakan outer dan inner

Next, inner-nya terbuat dari bahan microfleece yang lembut sekali. Aku berani jamin kalau bahan ini sangat aman bersentuhan langsung dengan kulit bayi atau anak karena memang selembut itu. Apalagi clodi GG sudah mengantongi sertifikat SNI dan sudah melewati berbagai tahap uji kaji sebelum dipasarkan.

Kecuali, si anak memang punya alergi dengan bahan-bahan tertentu dalam kain. Tapi selama tidak ada alergi, microfleece terbukti aman bersentuhan dengan kulit secara langsung. Selain lembut, material ini pun bersifat stay dry sehingga mencegah ruam yang timbul akibat kelembapan tinggi.

Oiya, clodi GG T-Dipe juga dilengkapi dengan inner gusset, ya. Keberadaan gusset ini, IMO, sangat berguna untuk menampung pup bayi agar tidak 'mbleber' ke samping. Jadi pup anak tertampung di sana, tidak berantakan kemana-mana, yeorobun.

Kalau insert-nya, masih sama seperti clodi lokal pada umumnya. Memakai bahan microfiber yang konon punya kapasitas penyerapan hingga tujuh kali berat aslinya. 

Nah, yang unik dadi insert clodi GG ini adalah punya dua sisi yang berbeda. Lapisan belakang berupa microfiber yang berserat kasar (mirip handuk tapi bukan handuk, ya!), sedangkan lapisan depannya tidak berserat atau lembut. Jadi, insert ini sudah bisa langsung menempel ke kulit bayi tanpa perlu liner khusus yang lebih lembut, yeorobun. Ini sangat menguntungkan bagi anak yang masih pakai clodi tipe coveria karena kulitnya tetap aman bergesekan dengan insert secara langsung.

insert gg

Secara teoritis, insert microfiber tidak boleh bersinggungan langsung dengan kulit karena gesekannya bisa saja menimbulkan lecet atau kulit kemerah-merahan. Tapi insert microfiber dari GG berbeda dengan yang lain, yeorobun. Tetap aman bersentuhan langsung dengan kulit anak.

Dan, ternyata ada rahasianya nih. Aku spill sedikit deh. Insert buatan GG terdiri dari tiga lapis microfiber kemudian di bagian paling atas dilapisi lagi dengan microfleece. Inilah kenapa insert GG punya dua sisi yang berbeda.

Selain itu, insert ini juga didesain berupa kantong yang memudahkan untuk penambahan booster insert, in case kamu ingin meningkatkan kapasitas serapnya. So far, tanpa tambahan booster pun aku tidak pernah mengalami kebocoran dari clodi ini. Sebab, daya serap dan kapasitas insert-nya sudah sangat baik. Dengan catatan, si kecil bukan termasuk heavy wetter

Yah, pernah bocor sekali. Tapi itu pun bukan karena salah clodinya. Melainkan kesalahanku yang lupa tidak segera mengganti clodi padahal sudah lebih dari empat jam. Maaf khilaf, mama juga manusia. No judging please, huhu.

Yang paling bikin aku heran, insert clodi ini tebal, penyerapannya maksimal, tapi ketika dipakai tetap tidak bulky. Bayangkan, ada tiga lapisan microfiber ditambah satu lapis microfleece yang dijahit, lalu dimasukkan dalam pocket. Tapi kalau dipakai tetap slim. Kok bisa ya? Ini masih jadi misteri yang belum bisa aku pecahkan.

Dari material snap atau kancingnya juga baik. Meski kelihatannya sama saja seperti kancing snap pada umumnya, tapi snap yang mereka pakai berkualitas. Tidak gampang copot atau rusak. Sebab, aku pernah punya clodi yang snapnya mudah sekali rusak. Syukurlah snap clodi GG T-Dipe ini tidak demikian. Bahannya berkualitas, kuat, tidak rapuh dan awet.

snap clodi gg t-dipe

Entah bagaimana owner mendesain clodi ini. But so far, clodi ini adalah clodi terbaik yang pernah aku miliki. Dari desainnya, jahitannya, materialnya, performanya, semua sangat baik dan prima. Bikin semangat berclodi jadi makin membara. Tbh, clodi ini membuatku ingin terus berclodi, yeorobun. Padahal anak sudah memasuki usia untuk toilet training. Tapi rasanya masih berat berpisah dengan clodi sebagus ini.

Harga

Karena clodi GG T-Dipe ini ada beberapa jenis, maka harga clodi ini pun beragam, yeorobun. Tergantung dari ukuran, motif dan paketnya. Supaya lebih jelas, kamu bisa mempelajari tabel di bawah ini, ya! Harga yang tertera di sini bisa jadi berubah sewaktu-waktu, tergantung owner dan promo yang berlaku. 

harga clodi gg t-dipe

Harga produk GG lainnya, selain clodi T-Dipe, bisa kamu tanyakan langsung di Instagram mereka @ggclothdiapers. Tenang, owner dan adminnya ramah, kok. Mereka bersedia membantu apapun keluhan, masukan dan pertanyaanmu dengan senang hati.

Clodi GG bisa dibeli dengan mudah via marketplace. Bisa langsung ke official store mereka atau agen-agen reseller resmi GG yang tersebar di berbagai daerah. 

Keunggulan

kelebihan gg t-dipe

Seperti yang sudah aku singgung di atas, keunggulan utama clodi GG T-Dipe ini adalah desainnya yang slim dan fit di badan anak. Meski memakai insert yang tebal, ditambah cutting-nya yang cenderung small, clodi ini tetap rapi dan tidak bulky saat dipakai.

Bahan-bahan yang digunakan dalam clodi ini mempunyai kualitas yang bagus, cenderung lentur dan elastis, sehingga mudah disesuaikan dengan bentuk badan anak. Anak pun jadi lebih leluasa bergerak karena clodi yang dipakai tidak kaku. Lebih-lebih bagi anak yang bergerak aktif seharian.

Kapasitas dan daya serapnya pun prima. Meski hanya menggunakan satu insert tanpa booster, tetapi clodi tidak bocor atau rembes lebih dari empat jam.

Untuk clodi tipe pull up pant, panel snap di pinggangnya sangat rapi dan tipis, tapi tidak mudah robek. Desain ini juga membuat clodi jadi lebih slim, yeorobun. Tidak seperti clodi pull up pant lain yang kebanyakan panel snap pinggangnya terbuat dari karet tebal.

Kancing atau snap yang digunakan sangat kuat dan tidak mudah rusak. Baik di bagian pinggang maupun riser (adjuster snap di bagian depan).

Selain itu, di bagian perut (lapisan dalam atau inner atas) ada panel waterproof yang mencegah terjadinya bocor atau rembes ke bagian depan. IMHO, ini salah satu kelebihan yang jarang ada pada clodi-clodi lainnya.

Kelemahan

Nah, ini… Tbvh, aku tuh bingung yeorobun, kalau disuruh nyebutin kekurangan atau kelemahan clodi GG T-Dipe ini apa. Karena aspek-aspek penting yang harus ada pada clodi, seperti performa dan desainnya, sudah diwujudkan dengan baik dalam clodi ini.

Kalau ada sesuatu yang menurutku cukup disayangkan adalah packaging atau kemasannya. Dan, harganya kali ya. Tapi sebetulnya penilaian mahal atau murah itu relatif sih, ya. Tergantung persepsi masing-masing orang.

Kalau dibandingkan dengan clodi lain dengan tipe sejenis, clodi ini harganya memang sedikit lebih mahal. Tapi kalau mengingat performa dan keunggulan-keunggulannya yang lain, rasanya harga itu jadi tak seberapa. Sebanding dengan apa yang aku dapatkan. Clodi ini akhirnya jadi something really worth to buy. Nah, jadi ini masuk kelebihan atau kekurangan? Tolong kasih aku pencerahan, yeorobun.

Well, menurutku dari segi packaging clodi ini masih perlu diinovasi lebih serius lagi. Sejak pertama kali menerima paket ini, aku begitu menyayangkan kemasannya yang masih menggunakan plastik.

packaging plastik

Satu paket clodi dibungkus dalam wadah kantong plastik tebal transparan, dengan desain warna putih dan hijau. Ada informasi lengkap seputar produk serta panduan mencuci dan merawat clodi di sana. Sebetulnya hal ini tidak masalah bagi sebagian besar orang. Plastik memang simpel dan praktis untuk berbagai keperluan, termasuk mengemas produk.

Tetapi, akan jauh lebih baik jika produk ini dikemas pula dengan cantik dalam wadah yang ecofriendly namun tetap aman. Mengingat, clodi adalah salah satu produk yang digadang-gadang bisa mengatasi masalah lingkungan dan perubahan iklim, khususnya berkaitan dengan sampah.

Cukup disayangkan kalau produk yang sudah ecofriendly ini masih dikemas dalam packaging yang tidak ecofriendly. Packaging-nya sedikit bertolak belakang ya dengan tujuan dari dibuatnya clodi itu sendiri.

Meski bukan faktor utama, tetapi bagiku yang masih belajar tentang hidup minim sampah ini, packaging clodi menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh konsumen sebelum membeli clodi, serta bagi produsen sebelum memasarkan clodi. Yah, semoga ke depannya nanti Gee Gallery bisa memberi perhatian pula pada aspek satu ini.

SUMMARY

Yeorobun, clodi GG T-Dipe by Gee Gallery adalah salah satu clodi tipe pull up pant terbaik dan terfavorit yang ada di pasaran clodi. Mempunyai desain yang slim, fit dan tidak bulky, namun performanya tetap maksimal dan daya serap yang tinggi.

Overall, clodi ini merupakan koleksi yang paling aku sukai sepanjang perjalananku berclodi dengan si kecil. Satu-satunya aspek yang menjadi kekurangan clodi ini adalah packaging atau kemasannya yang masih kurang ecofriendly.

Terlepas dari itu, clodi ini tetap menjadi pilihan terbaik bagi para orang tua yang ingin mencoba clodi untuk si buah hati. Aku memberi skor 9.75/10 secara keseluruhan untuk clodi ini. Semoga Gee Gallery bisa selalu memberikan inovasi-inovasi kreatif yang memuaskan konsumen serta semakin berdampak positif bagi kelestarian lingkungan.

At last, demikian review clodi GG T-Dipe yang bisa aku tuliskan. Kalau ada saran clodi lain yang mau diulas, spill di kolom komentar ya!

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

4 comments

  1. Selalu suka ulasannya... Apalagi anakku sejak newborn pake GG. Emang seenak itu siih GG tuuh.

    Selain GG, buat ganti-gantian pake Sobi & BabyOz juga. Boleh dong kapan2 bikin reviewnya. Hehehe

    ReplyDelete
  2. mantap ulasannya bun, lengkap pake banget 😍 dari dulu pengen berclodi tapi masih maju mundur cantik hehe

    ReplyDelete
  3. mba aku itu buta banget sama perclodian ini. Memang belum pernah pake juga. Anakku dulu pakenya popok kain jadul itu. besok deh coba kalo punya anak lagi #ehh

    ReplyDelete
  4. Jaman anakku kecil belum ada ginian. Kalau ada bakal pilih ini

    ReplyDelete

Post a Comment