admasyitoh.com

Para Master Bloger, Inspiratif dan Panutan

Post a Comment


Sebagai anak baru di dunia blogging, saya tentu membutuhkan banyak bimbingan dari para senior bloger inspiratif, yang sudah lebih dulu terjun di bidang ini. Apalagi saat ini di Indonesia banyak sekali bloger baru yang bermunculan. Untuk bisa bersaing, saya tidak cukup hanya menulis, memposting di blog lalu selesai. 

Ada banyak faktor lain yang harus saya perhatikan demi menjadi bloger yang sukses, seperti teknik SEO, memilih template yang baik, hingga menulis konten yang berkualitas.

Untuk menjadi bloger yang saya impikan, saya perlu referensi dari para bloger yang telah sukses mendalami dunia blogging. Nah, di bawah ini adalah beberapa blogger yang menjadi panutan saya untuk belajar.

Raditya Dika (radityadika.com)

Siapa sih yang tidak kenal Raditya Dika? Namanya sudah kondang di Indonesia sebagai bloger, penulis, komika YouTuber, hingga sutradara film. Bloger yang sering menjadi juri ajang kontes komika ini, mengawali karirnya sebagai bloger dengan nama kambingjantan.com sebelum akhirnya berubah menjadi radityadika.com.

Bang Radit awalnya menjadikan blog sebagai diary harian digital. Ia menuliskan cerita kehidupan pribadinya di blog. Cerita-ceritanya yang menggelitik, dengan bahasa yang ringan dan asik, digemari oleh banyak orang. Bang Radit kemudian menulis cerita-ceritanya menjadi novel, kemudian diterbitkan oleh Gagasmedia. 

Singkat cerita, pada awalnya buku karangannya tidak sepopuler itu. Hingga akhirnya ia membuat gebrakan marketing, dengan cara meminta pembacanya berfoto dengan novelnya lalu diunggah ke blog. Gebrakan kreatif ini memberikan dampak yang nyata, hingga novel-novelnya kini populer dan best seller di mana-mana.

Berkat kreativitas dan kerja kerasnya, Bang Radit lantas dikenal sebagai aktor dan komika yang andal. Mungkin tak banyak bloger yang akhirnya terjun ke dunia entertain, kemudian sukses dengan nama yang besar. Oleh karenaithu, tidak salah jika menempatkan Bang Radit ini sebagai bloger Tanah Air panutan.

Sugeng Riyadi (sugeng.id)

Ketika pertama kali membaca bio blog ini, saya merasa seperti menemukan harta karun. Bagaimana tidak, isinya sangat lengkap. Banyak sekali tutorial blogging yang berguna bagi para pemula seperti saya.

Mas Sugeng, sapaan akrab si pemilik blog, menjabarkan semua artikelnya dengan runtut dari A sampai Z. Jadi tidak heran kalau blog ini sering dijadikan rujukan para bloger untuk belajar. Tidak hanya itu, Mas Sugeng juga menyediakan template-template blog yang responsif dan SEO friendly, seperti yang diungkapkan oleh MomBloggerCupu dalam Blogspedia Challenge. Benar-benar paket lengkap 'kan?

Trinity (naked-traveler.com)

Bisa dibilang blog ini adalah panutan bagi para travel bloger se-Indonesia. Trinity, si empunya blog, berhasil menyajikan konten yang begitu menarik dan memikat mata pembaca. Ia sudah banyak berkeliling dunia dan mengabadikan perjalanannya dalam sebuah jurnal digital yang cantik sekali.

Visual blognya pun ciamik! High class, simpel dan elegan. Ditambah gambar-gambar yang menarik berkualitas tinggi. Siapapun pasti betah membaca blognya. Seperti diajak traveling ke berbagai tempat wisata! Tidak hanya itu, ia juga telah menerbitakan buku-bukunya ke dalam beberapa seri.

Jihan Mawaddah (jeyjingga.com)

Bloger yang saya kenal dari komunitas Bloger Perempuan ini adalah salah satu bloger inspiratif yang sangat saya kagumi. Mbak Ji, demikian sapaan akrabnya, adalah seorang personal lifestyle bloger yang telah menjadi langganan juara lomba blog.

Sejak 2018 karirnya sebagai bloger, sudah lebih dadi tiga puluh kompetisi blog yang ia menangkan. Mbak Ji membuat saya termotivasi, sekaligus membuktikan bahwa seorang ibu pun tetap bisa berkarir dan eksis di dunia digital. 

Tidak hanya itu, Mbak Ji juga bukan orang yang pelit ilmu. Ia selalu ramah ketika ditanyai ini-itu. Asik diajak ngobrol dan menyenangkan. Beberapa waktu lalu bahkan Mbak Ji sempat mengadakan short course bloger untuk pemula, berkolaborasi dengan bloger lainnya yaitu Mbak Shafira Adlina dan Mas Rozak Al-Maftuhin.

Bailey Bouwman (clothdiaperpodcast.com)

Namanya mungkin asing di Indonesia. Ya, karena memang Mrs. Bouwman ini bukan orang Indonesia. Beliau adalah seorang podcaster asal Amerika yang juga mengelola blog khusus membahas tentang clodi alias cloth diaper.

Mrs. Bouwman adalah salah satu cloth diaper-mom panutan saya. Di dalam blognya, ia banyak memberikan tips-tips berclodi yang sangat bermanfaat bagi para pengguna clodi seperti saya. Blog dan podcastnya benar-benar fokus membahas clodi, lengkap, runtut dari A sampai Z!

Ia juga memberikan kesempatan kepada bloger lain dari seluruh dunia untuk menjadi guest post dan berbagi apapun tentang berclodi di blognya. Tidak hanya itu, ia juga telah menulis sebuah buku yang menjadi kitab rujukan berclodi, serta telah dipasarkan ke berbagai negara. Buku ini bisa dibeli di Amazon dan sudah menjadi salah satu wishlist saya.

Nah, itulah beberapa bloger inspiratif yang menjadi panutan dan motivasi saya untuk terus meningkatkan skill blogging. Bagaimana denganmu? Siapa yang menjadi sumber inspirasimu?

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

Post a Comment