admasyitoh.com

Tips Mempercantik Tampilan Blog agar Makin Rapi dan Estetik

10 comments

mempercantik tampilan blog

Yeorobun, setelah memasang custom domain, kini saatnya mempercantik tampilan blog agar lebih nyaman dibaca. Siapa sih yang nggak seneng kalau nemu blog yang nyaman dilihat dan enak dipandang? Sudah artikelnya bagus, visualnya keren pula. Wah, pasti puas bacanya!

Perlu diingat, blog yang user friendly tidak selalu yang tampil unyu-unyu dan ramai gadget ini-itu. Yang penting simpel, rapi dan navigasinya jelas sehingga memudahkan user atau pembaca blog.

Unik boleh. Tapi tak perlu pakai warna macam-macam, yang tabrakan sana-sini, dan akhirnya malah bikin mata tak nyaman.

Kenyamanan adalah faktor utama untuk mempertahankan pembaca, di samping konten yang berkualitas dan bermanfaat.

Blog yang kaya konten dan informatif, dilengkapi dengan infografis, didukung dengan visual yang user friendly dan atraktif, akan membuat pengunjung betah eksplorasi. Dan, jangan lupa menerapkan aspek-aspek SEO agar performa blog makin mantap di mata mesin pencari.

Well, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempercantik blog agar tampil makin ciamik.

Disclaimer!

  • Aku bukan programmer atau ahli kode-kode script HTML apalah itu. Tapi sebagai orang awam, pesanku cuma satu. Jangan buru-buru mumet lihat kode-kode HTML yang panjang! Cermati pelan-pelan. Setiap kode pasti ada ciri khasnya.
  • Segala bentuk script atau kode HTML yang diterapkan di blog ini, bersumber dari Blogspedia Coaching yang diampu oleh Coach Marita Ningtyas dan coaches yang lain. Jadi, aku nggak bikin sendiri ya, yeorobun! That's why aku tidak mencantumkan kode-kode HTML di sini.

PERMAK TEMPLATE BAWAAN BLOGSPOT

tips mempercantik template bawaan blogspot

Nah, biasanya yang masih bloger pemula, masih baru banget mulai ngeblog, pakai template bawaan Blogspot ini. Bahkan masih pakai yang default, template yang pertama kali terpasang otomatis ketika bikin blog. Dulu aku pun begitu.

Template bawaan ini memang simpel, yeorobun. Seperti namanya, Simple. Tampilannya sangat sederhana.

Tetapi justru ini yang jadi kelemahan template sediaan Blogspot. Kelewat simpel, sampai aku sendiri tidak bisa menemukan mana sisi menariknya. Tahu sendiri lah ya, penampakannya yah begitulah. Karena terlalu sederhana, template bawaan Blogspot ini butuh banyak dipermak supaya lebih menarik serta ramah pembaca maupun search engine.

Sebetulnya yang terbaru Blogspot sudah menyediakan template yang lebih elegan. Seperti Emporio, Emporio, Notable dan sejenisnya. Tapi template-template ini pun belum memenuhi kaidah SEO.

Jadi, kalau kamu bertahan memakai template bawaan Blogspot, ya banyak yang harus kamu permak dan optimasi supaya lebih user friendly dan SEO friendly. Ada beberapa hal yang bisa kamu tambahkan atau lakukan, di antaranya:

  • Navigasi menu di bagian heading - seperti menu homepage, sitemap, about atau label artikel, sehingga memudahkan pengunjung membaca yang mereka inginkan
  • Tombol back to top - sehingga pengunjung tidak perlu scroll terlalu jauh untuk kembali ke homepage
  • Gadget profil atau about - berisi informasi kontak atau email, agar pengunjung lebih mudah mengenalmu
  • Social media button - memuat hyperlink yang langsung menghubungkan blog dengan akun sosial media
  • Permak tampilan - seperti font, warna tulisan, rata kiri, rata tengah dan lain-lain
  • Optimasi SEO - seperti peletakan H1, H2, H3 dan seterusnya

Ternyata banyak ya yang perlu dipermak? Dan permaknya pun harus memasukkan beberapa kode HTML atau Add CSS.

Ribet? Benar sekali! Sebulan belum tentu kelar permak blog bawaan ini supaya bisa memenuhi kriteria. Apalagi kalau buta kode-kode HTML sepertiku. Wah, pasti jadi lama banget! 

Thus, aku merekomendasikan untuk pakai template dari pihak ketiga. Biasanya template pihak ketiga sudah lebih responsive dan SEO friendly daripada template bawaan Blogspot, sehingga lebih gampang konfigurasi dan setelannya.

MEMPERCANTIK TAMPILAN BLOG DENGAN TEMPLATE PIHAK KETIGA

Menginstal tema atau template dari pihak ketiga memang selalu identik dengan utak-atik kode HTML, yeorobun. Pasang template dengan cara edit HTML lebih direkomendasikan daripada cara restore template yang akan dipakai.

Sebab, cara restore kadang membuat tampilan blog menjadi berantakan karena ada script-script dari template sebelumnya yang masih 'nyantol'. Aku pernah nih mengalami kejadian begini. Karena ribet editnya, jadi aku memutuskan untuk memasang lagi template dari awal dengan cara edit HTML.

Well, Seperti yang sempat aku singgung di atas, jangan pusing dulu lihat kode- kode HTML yang berbaris panjang seperti tidak ada habisnya. Setiap kode pasti ada ciri khasnya. 

Kalau sudah tahu ciri khasnya, permak tampilan blog bisa jadi aktivitas yang seru dan mengasyikkan. Bisa bikin lupa waktu, lupa makan enak dan tidur nyenyak. Trust me!

1. Kriteria memilih template pihak ketiga

memilih template pihak ketiga

Yeorobun, di Google nyatanya banyak sekali template Blogspot yang bisa dipilih. Mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Dari yang simpel dan chic, sampai yang unik dan nyetrik.

Ada beberapa kriteria yang perlu kamu perhatikan sebelum mengunduh template Blogspot. Berikut ini penjelasannya.

1.1 Mudah konfigurasinya

Pilih template yang setelannya gampang, tidak perlu utak-atik banyak kode HTML, serta jelas panduan dan dokumentasinya.

Seharusnya ketika download template bukan hanya file .xml yang kamu dapatkan. Ada pula file yang berisi panduan atau dokumentasi template yang bisa menjadi bekal untuk utak-atik HTML-nya. Jadi kamu tidak perlu cari script sendiri di Google untuk menata tampilan blog. Semua sudah tersedia di panduan dan dokumentasinya.

1.2 Tersedia berbagai mode (responsive)

Tidak cuma tampilannya baik di desktop mode, pilih template yang mobile friendly, karena saat ini pengguna internet lebih banyak yang pakai mobile phone daripada PC desktop.

Sebelum download template, cek dulu demonya. Jadi kamu bisa tahu bagaimana tampilannya di mode desktop, tab maupun mobile. Kalau banyak perubahan dan berpotensi membuat pengunjung tidak nyaman, lebih baik tinggalkan saja. Ganti cari template yang lain.

1.3 Loading ringan

Walaupun cantik, tapi template yang terlalu banyak gadget bisa membuat loading blog berat atau lambat. Pilihlah template yang loadingnya ringan dan cepat. Cek juga kecepatan loadingnya di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.

Template biasanya cenderung lebih lambat ketika dibuka di versi mobile. Jadi jangan kaget kalau mendapatkan hasil yang berbeda ketika diuji page speed-nya.

loading blog cepat

1.4 Mendukung SEO

Pilih template yang sudah ramah SEO, ya! Cek aspek-aspeknya dengan extension SEO Meta Inspector atau Seoptimer.com.

Lihat apakah heading-heading di dalamnya sudah sesuai hirarki dan berurutan. Kadang ada template yang masih perlu diatur ulang heading-nya meski diklaim sudah SEO friendly.

2. Fiksioner template gratis rasa premium

Sebelum download, pilihlah template dari sumber yang jelas. Kalau belum ada anggaran, tidak perlu memaksa pakai template berbayar. Yang gratisan pun ada kok, yang bagus dan nyaman digunakan. Seperti template Fiksioner yang aku pakai di blog ini.

Fiksioner adalah template besutan Igniel.com yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya tidak jauh berbeda dengan versi berbayar. Fitur-fiturnya sama, meski gratis tapi rasa premium.

Setelannya pun gampang, karena panduan dan dokumentasinya sudah komplit. Tinggal ikuti setiap tahapnya, dan voila! Jadilah seperti blog yang sedang kamu baca sekarang.

Jangan lupa mencantumkan copyright credit untuk template yang free, ya! Sebagai bentuk apresiasi untuk kreator. Karena bikin template itu tidak mudah, yeorobun. Mari kita hargai kerja keras mereka.

In addition, seperti template pihak ketiga kebanyakan, Fiksioner juga sudah menyediakan social media button. Aku hanya perlu memasukkan nama akun dan link akun sosial media. Tidak perlu membuat kode HTML baru untuk memasukkan hyperlink. Enak kan?

before after permak blog

Dan, aku hanya menambahkan logo komunitas-komunitas yang aku ikuti. Caranya mudah, cukup menambahkan gadget di layout dan memasukkan kode HTML yang dibutuhkan. Kodenya bisa kamu lihat di Blogspedia, ya!

logo komunitas dan label

Lainnya, aku cuma perlu melakukan sedikit kustomisasi tema serta mengedit beberapa kode HTML di dashboard untuk optimasi aspek SEO dan meningkatkan performanya. 

optimasi seo blog

3. Rekomendasi template pihak ketiga

Selain Fiksoner, ada beberapa template lain yang bisa kamu pilih. Berikut ini adalah beberapa tempat download template yang bisa kamu pertimbangkan.

3.1 Sugeng.id

Namanya sudah terkenal nih di kalangan bloger. Tidak hanya artikel tips-tips blogging, Mas Sugeng–sang pemilik Sugeng.id–juga menjual template blog yang bagus-bagus dan keren.

Template-template buatannya sudah banyak dipakai orang lo. Karena memang beneran bagus ya, yeorobun. Even tho, kamu harus membeli untuk bisa menikmati template buatannya.

3.2 Igniel.com

Selain Fiksioner, Igniel juga bikin template yang lain seperti Textrim, Cineplex dan Iglo. So far, yang paling aku suka adalah Fiksioner. Menurutku tampilannya paling elegan dan sesuai preferensiku. Template lain yang ingin aku coba adalah Textrim.

3.3 Gooyaabi Templates

Di sini banyak sekali pilihan template yang bisa kamu pakai. Mau yang gratis banyak, yang berbayar pun juga banyak. Gooyaabi mengklaim template-template yang mereka sediakan sudah SEO friendly. Tetapi ada baiknya kalau kalian pastikan lagi dengan SEO Meta Inspector sebelum download.

3.4 Dunia Blanter

Nah, yang ini aku baru tahu kemarin dadi Coach Marita. Hanya ada satu template yang gratis, yaitu Wisdom. Template lainnya tidak free ya, jadi harus kamu beli. Tapi kabarnya harga template di sini masih terjangkau kok.

SUMMARY

Tampilan blog yang cantik dan menarik bisa membuat pengunjung betah berlama-lama. Pada intinya, tujuan utama mempercantik tampilan blog adalah untuk membuat visual blog menjadi lebih responsive, user friendly dan SEO friendly. Tampilan yang simpel, rapi dan navigasnya jelas, lebih baik daripada tampilan yang penuh warna dan banyak gadget.

Yeorobun, setelah membaca tulisan ini, sudah siapkah kamu untuk mempercantik tampilan blog? Template apa yang sudah kamu incar? Ceritakan di kolom komentar ya!

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

10 comments

  1. Performa blognya awalan sama ya kaya punyaku...mesti dioptimasi klo gini. Mba Aku...mmg kereen..masyaAllahu

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah.. emang cantik banget setelah dipermak 😍

    ReplyDelete
  3. Mbak dari awal pakai fiksioner kan ya?

    ReplyDelete
  4. Tuh lah jadi makin cantik blognya. Gimana mba setelah berkutat dg html berasa pengen nambah ngulik ngga. Hihihi

    ReplyDelete
  5. Bener2 harus sabar dan teliti ya mbak, mungkin salahku sudah suudzan dulu sama edit code. Bayanganku kodekode itu barisan yg tdk bsa dipahami. Tp ternyata bisa ya,ada ciri khasnya. Tampilan blog nya bgus mbak. Cantikkk. Jd nyaman berlama lama di sundries journal.

    ReplyDelete
  6. Makin cakep aja sih mbak blognya yeay!

    ReplyDelete
  7. rangkumannya lengkap sekali mbaa. Btw Aku sudah hijrah dari template pihak ketiga yang luarnya cantik tapi nggak responsive dan kurang SEO friendly. Mayan yaa pakai Fiksioner dari Igniel, udah free, cantik pula tampilannya.

    ReplyDelete
  8. Cantik mba blognya...nyaman bgt dimata, betah dh berlama2 baca disini

    ReplyDelete
  9. Makin suka blognya mba Alfia, lengkap bgt mbaa. Makin cantik pastinya, hihi

    ReplyDelete
  10. menambah wawan sekali setelah membaca ini, jadi ga sabar pengen benah-benah tampilan blog :)

    ReplyDelete

Post a Comment