admasyitoh.com

Dari YouTube hingga K-Drama, Sumber Inspirasi di Kala Jenuh Melanda

Post a Comment

Melarikan diri dan berhenti sejenak dari rutinitas sehari-hari itu wajar ya, yeorobun! Jenuh dan bosan adalah hal manusiawi yang bisa dialami oleh siapa saja. Tidak peduli apapun pekerjaannya, rutinitas yang sama setiap hari bisa menjadi pemicu munculnya rasa jenuh. Belum lagi jika masalah datang bertubi-tubi, saling bergantian, jenuh jadi semakin menyesakkan.

Rasa jenuh ini perlu diatasi agar kita tetap waras dan tidak gampang tersulut emosi. Sebagai ibu rumah tangga yang setiap hari bekerja mengurus anak, suami dan rumah, rasa jenuh juga kerap menghampiri saya. Kalau sudah terlalu jenuh, tetapi selalu tertahan dan tidak tersalurkan, biasanya suami yang jadi sasaran empuk segala macam 'kecerewetan' dan emosi. Ada yang sama? Emak-emak, biasalah. Tetapi ini bukan kebiasaan yang baik, ya! Rasa jenuh harus diusir jauh-jauh untuk tetap menjaga suasana yang menyenangkan demi kesehatan jiwa dan raga. Selain mengganggu emosi, jenuh yang tidak disikapi dengan baik juga bisa menghalangi inspirasi dan ide. Penting sekali untuk menyempatkan dan menyediakan waktu me-time khusus sebagai bentuk perhatian terhadap kondisi diri sendiri. Mendengarkan apa yang paling tubuhmu inginkan dan butuhkan serta memenuhi hak-haknya untuk beristirahat dari keseharian. Bisa dengan olahraga, bermain game, jalan-jalan, membaca atau mengerjakan hobi kesukaan.

Nah, supaya tetap waras dan terhindar dari kejenuhan yang berlarut-larut, saya biasanya 'kabur' sejenak dari aktivitas harian untuk mengerjakan hal-hal yang saya sukai. Contohnya seperti kegiatan-kegiatan di bawah ini. Semoga bisa menjadi ide untuk mengusir kejenuhan, ya!

1. Nonton YouTube

YouTube saat ini bisa disebut sebagai sumber tontonan yang paling banyak digemari dan sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Rasanya hampir semua hal ada di sana. Lagu, video musik, film, berita, podcast hingga tutorial memasak, make-up bahkan hobi, semua ada di YouTube. Inilah alasannya YouTube bisa menjadi sumber inspirasi yang tanpa batas jika dimanfaatkan dengan baik. YouTube menyediakan informasi layaknya Google, dengan cara penyajian yang lebih menyenangkan dan menghibur. Apalagi saat ini banyak fenomena YouTuber dadakan. Dari yang followers-nya ratusan, hingga yang jutaan. Tidak sedikit orang banting stir dari pekerjaannya untuk membuat vlog-vlog. Konten YouTube pun menjadi sangat beragam.

2. Scroll akun Instagram terfavorit

Serupa dengan YouTube, sosial media seperti Instagram juga seolah telah mendarah daging dengan kehidupan generasi milenial seperti sekarang. Tidak hanya sebagai media komunikasi, instagram juga bisa menjadi sarana berbagai informasi dan pengalaman melalui visual dan suara. Yeorobun pasti punya akun tokoh atau komunitas favorit yang diikuti di Instagram bukan? Akun yang bisa menjadi sumber ide dan inspirasi, di samping menjadi hiburan dan mengusir kejenuhan. Eits, boleh bermain IG sesuka hati tetapi jangan sampai lupa waktu, ya! Karena asyik, biasanya orang jadi lupa kerja, lupa makan, lupa ibadah kalau sudah terlanjur pegang HP dan buka IG. Akhir-akhir ini, saya suka scrolling akun-akun tentang memasak, terutama masakan tradisional, membuat roti dan kue kering. Nyatanya, postingan resep dan tutorial mereka bermanfaat bagi saya yang kadang 'buntu' mencari ide menu makanan ataupun kudapan untuk keluarga di rumah.

3. Mendengarkan musik

Sejak dulu masih sekolah, mendengarkan musik memang sudah menjadi kegemaran saya. Bahkan dulu belajar pun harus diselingi mendengarkan lagu-lagu populer favorit di radio. Tetapi, belakangan ini saya tiba-tiba suka mendengarkan lagu bergenre R&B. Semuanya dipicu dari penyanyi idola saya yang baru saja memulai debut solonya dengan genre R&B. Saat ini banyak platform yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik. Sebut saja Spotify dan Joox, yang rasa-rasanya dimiliki oleh hampir semua pengguna smartphone. Mendengarkan musik favorit menjadi lebih mudah, tanpa harus menunggu request di radio seperti zaman dulu. Aktivitas ini juga bisa memicu datangnya ide dan inspirasi. Dengan mendengarkan musik, pikiran bisa menjadi rileks dan santai sehingga kreativitas pun muncul dan mengalir.

4. Jalan-jalan ke supermarket terdekat

Ada yang hobi jalan-jalan? Kemana biasanya teman-teman pergi? Kalau sedang jenuh, biasanya saya 'melarikan diri' ke minimarket atau supermarket terdekat. Meski sebentar, jalan-jalan ke pusat perbelanjaan bisa membantu menyegarkan pikiran, di samping membeli barang-barang yang kita inginkan. Bisa sekalian cuci mata. Emak-emak, biasalah. Yeorobun, adakah yang sama seperti saya?

5. Video call keluarga atau sahabat

Ngobrol dengan keluarga atau sahabat terkasih bisa menjadi salah satu sumber inspirasi. Terutama di masa pandemi seperti sekarang. Bertemu dan bertatap muka menjadi hal yang sulit dilakukan. Beruntung saat ini teknologi yang semakin canggih bisa  mempertemukan kita dengan mereka meskipun secara tidak langsung atau virtual. Jarak kini seolah tidak ada artinya, tidak menjadi halangan untuk tetap menyambung silaturahmi. Berkomuniasai dan berbagi pemikiran dengan orang lain, terutama keluarga dan sahabat, bisa menjadi sumber inspirasi. Dengan menceritakan pengalaman atau permasalahan kepada mereka, kita bisa memperoleh saran dan masukan. Lebih-lebih, merekalah orang terdekat yang bisa mengerti kondisi yang kita alami.

5. Nonton drama atau film Korea

Drama atau film Korea juga bisa menjadi tontonan yang inspiratif ketika sedang jenuh, lho! Genre drama dan film Korea pun beragam, mulai dari romansa, kriminal, hukum, hobi, hingga slice of life. Selain menghibur, tayangan-tayangan tersebut juga bisa membuka cakrawala pengetahuan penonton. Sebagian orang mungkin mempertanyakan bagaimana bisa nonton drama dan film menjadi sumber inspirasi kehidupan. Tetapi bagi pecinta serial maupun film Negeri Ginseng ini, inspirasi bisa saja datang dari tayangan yang ditonton. Apapun genre dan jalan ceritanya, inspirasi bisa datang dari mana saja.

Itulah tadi sumber-sumber inspirasi di kala jenuh melanda. Karena itu, penting untuk menjalani setiap aktivitas yang kita lakukan dengan rasa senang dan ikhlas, agar tidak berat hati. Jenuh adalah hal yang lumrah dan manusiawi. Istirahat dan berhenti sejenak bukanlah dosa. Namun, tetaplah kembali dengan penuh tanggung jawab serta inspirasi dan semangat yang terbarukan. Hwaiting!!


Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

Post a Comment