admasyitoh.com

Mengisi Hari Libur dengan Tetap Aman dan Menyenangkan selama Pandemi

Post a Comment

Liburan atau akhir pekan bisa jadi adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Besar harapan untuk melepas penat dan menikmati waktu istirahat dengan tenang. Tidak hanya karyawan atau pekerja, ternyata hari libur juga waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh ibu rumah tangga seperti saya. Setiap hari disibukkan dengan mengurus anak dan rumah tangga bisa menyebabkan kejenuhan. Jenuh yang berkepanjangan akan menjadi stres dan jika tidak diatasi dengan baik bisa menjadi sumber penyakit, lho! 

Ada banyak cara untuk mengisi hari libur dan mengusir jenuh. Kebanyakan mungkin senang menghabiskan waktu liburnya untuk jalan-jalan atau berwisata. Tetapi karena situasi pandemi, alangkah lebih baik untuk menunda berwisata ke tempat umum yang banyak dikunjungi orang. Nah, berikut ini adalah beberapa ide kegiatan untuk menghabiskan hari libur dengan tetap aman dan tidak berkerumun dengan banyak orang.

1. Rebahan

Rebahan atau leyeh-leyeh di atas tempat tidur harus ditempatkan pada urutan pertama. Jika setiap hari kita sibuk bekerja atau banyak tugas di tempat kerja, maka menikmati waktu istirahat adalah cara paling ampuh mengisi waktu liburan. Tidur dan istirahat bisa me-recharge kembali tenaga dan semangat kita yang loyo setelah seminggu bekerja. Sesekali tidak apa-apa bermalas-malasan di kamar, pesan makanan cepat saji, sambil menikmati serial favorit di atas kasur. Asal jangan lupa tetap mengerjakan kewajiban lain seperti ibadah, ya!

2. Beberes dan membersihkan rumah

Kegiatan ini termasuk cara yang produktif dan sangat positif untuk menghabiskan hari libur. Setelah berhari-hari disibukkan dengan tanggung jawab pekerjaan, tidak jarang kita menjadi kurang perhatian dengan kebersihan dan kerapian tempat tinggal. Bahkan kadang untuk sekedar menyapu lantai pun tidak sempat. Nah, memanfaat hari libur untuk membereskan rumah dan membersihkan lingkungan sekitar bisa menjadi obat untuk mengatasi rasa jenuh sekaligus menjaga keindahan tempat tinggal kita. Tidak perlu bersusah payah, cukup dikerjakan dengan santai. Percayalah, rumah yang tertata rapi, bersih dan segar bisa menyegarkan kembali pikiran yang kusut setelah seminggu penuh beraktivitas tanpa istirahat.

3. Mendekorasi ulang 'kandang'

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Menciptakan suasan baru di rumah dengan menata ulang perabotan atau mendekorasi rumah sesuai keinginan juga bisa dilakukan untuk mengisi hari libur. Suasana yang baru bisa membuat semangat kita kembali bangkit untuk menyongsong hari baru jika liburan telah berakhir.

4. Mencoba hobi baru

Beberapa orang mencoba kegiatan baru untuk dijadikan hobi, seperti berkebun, fotografi, memasak atau membuat prakarya. Pun demikian dengan saya. Semenjak pandemi, saya tertarik untuk mencoba membuat kue kering atau cake. Sebagai penyuka pisang dan roti, saya suka membuat cake pisang. Tidak lupa juga membuat kue kering seperti nastar, choco chips atau butter cookies. Lebaran nanti bisa dibuat isi toples untuk menemani waktu bercengkrama dengan keluarga, lho! Selain membuat kue, saya juga tertarik untuk mencoba fotografi. Semoga suatu saat hobi baru ini bisa saya tekuni dan membawa manfaat yang nyata.

5. Quality time dengan pasangan dan keluarga

Pekerjaan yang sibuk sering kali membuat kita jarang berkumpul dengan keluarga. Oleh karena itu, momen hari libur adalah saat yang paling tepat untuk meluangkan waktu bersama pasangan maupun keluarga. Tidak perlu pergi keluar rumah. Kita bisa mengajak orang terkasih nonton film yang sudah lama masuk dalam wishlist Netflix. Atau bisa juga dengan mengajak si kecil bermain, membaca dongeng dan membuat prakarya. Percayalah, selain menghilangkan jenuh, bercengkrama dengan mereka yang kita sayangi akan semakin menguatkan bonding serta me-recharge kembali semangat kita. 

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

Post a Comment