admasyitoh.com

Akun dan Channel Masak-masak Terfavorit

Post a Comment

Semenjak menikah tiga tahun lalu saya mulai suka memasak. Awalnya biasa saja dan merasa lebih karena tugas sebagai istri. Karena pasca menikah langsung tinggal berdua saja dengan suami, mau tidak mau saya harus bisa masak sendiri. Lama-lama, memasak jadi hal yang menyenangkan sekali. Lebih-lebih kalau hasilnya disukai dan diakui oleh suami. Suami menyantap makanan dengan lahap. Lalu habis bersih tak bersisa. Beuh, puas dan bahagia sekali, sampai tidak bisa diceritakan dengan kata-kata.

Setelah pandemi, memasak jadi semakin seru dan menyenangkan. Kegiatan masak-masak menjelma menjadi hobi dadakan yang tidak cuma asyik tapi juga menantang. Saya semakin suka mencoba resep-resep baru. Alasannya, agar suami tidak bosan makan yang itu-itu saja selama kerja di rumah. Berawal dari mencoba resep-resep di cookpad dan mengikuti tutorial di Instagram maupun YouTube, seiring waktu saya mulai berani coba-coba membuat resep sendiri. Lama-lama semakin merasakan bahwa memasak itu asyik. Memasak adalah cerminan ekspresi dan luapan emosi. Ketika memasak dilakukan dengan kegembiraan, hati yang senang, serta pikiran yang tenang, hasilnya akan memuaskan. Sebaliknya, kalau masak ketika lagi gak enak hati, hasilnya kurang memuaskan biasanya.

Nah, salah satu yang pendukung yang bisa bikin semangat masak-masak adalah akun atau channel resep di YouTube maupun Instagram. Saat ini banyak sekali yang membuat vlog atau video tutorial memasak. Berikut ini adalah channel YouTube resep masakan terfavorit versi saya.

1. Abu Tosca

Namanya unik, ya? Sesuai nama tersebut, peralatan memasak atau kitchen ware dalam video didominasi oleh warna abu-abu dan tosca. Entah sengaja atau tidak, tetapi si pemilik channel selalu memakai peralatan yang bercorak dua warna tersebut. Uniknya lagi, video-video memasak dibuat dengan gaya cooking ASMR. Biasanya yang dibuat ASMR video mukbang. Kalau di channel ini justru memasaknya yang dibuat ASMR. Meskipun tetap ada musik latar, tetapi diatur pelan sehingga tidak menghikangkan suara asli dari alat-alat masak maupun suara yang ditimbulkan dari proses memasak. Tidak ada suara narasi apapun. Viewers akan dibuat terpesona dengan suara natural telur yang dikocok, penggorengan dengan minyak panas, bumbu yang dihaluskan dengan blender, atau benturan antara pisau dengan talenan ketika bahan makanan dipotong-potong. Resep-resepnya terbilang sederhana, khas makanan rumahan, sehingga mudah sekali diikuti. Ssst, suara cooking ASMR ternyata juga bisa me-refresh pikiran dan mood pendengar, lho! Menarik bukan? Penasaran? Jangan lupa kunjungi channel 'abu tosca' di YouTube dan follow akun @abutosca_official di Instagram, ya!

2. Devina Hermawan

Channel satu ini sepertinya sudah sering lalu-lalang di beranda YouTube, ya! Siapa yang tidak kenal Chef Devina Hermawan. Mulai dari masakan tradisional, western, asian cuisine, sampai kudapan, ada semua. Cemilan ala restoran sampai ala gerobakan abang-abang juga bisa. Dan jangan lupakan kue-kue kering yang juga tidak absen dalam video-videonya. Chef cantik satu ini memang produktif sekali, tidak cuma membuat konten, tetapi juga menulis tentang masakan. Buku-bukunya sudah beredar di Gramedia. Karena profesionalitasnya dalam memasak, tidak heran kalau channel Devina Hermawan di YouTube sudah mempunyai lebih dari 1,2 juta subscriber. Para pecinta masak-masak juga bisa meng-explore akunnya di Instagram @devinahermawan untuk melihat keseharian Sang Chef. Hebat, ya?

3. Fun Cooking with Yackikuka

Satu lagi channel memasak yang videonya sudah sering bertebaran di explore sosial media. Yackikuka sering membuat tutorial resep yang simpel dan anti ribet. Seperti membuat kue tanpa mixer dan oven, cukup pakai blender. Makanan-makanan yang dibuat pun kreatif dan variatif. Mulai dari makanan keluarga sehari-hari, kudapan, hingga menu MPASI. Tutorial yang dibuat mudah diikuti, sehingga tidak heran kalau videonya sering di-repost berbagai akun di Instagram. Bahkan channel Fun Cooking with Yackikuka sudah mempunyai 1,36 juta subscriber.

4. Murniasri Sarifudin

Pertama kali tahu namanya dari Instagram ketika sedang mencari resep bolu kopi. Ternyata Murniasri Sarifudin juga mempunyai channel di YouTube dengan nama yang sama. Pemilik sering membagikan resep kue atau roti buatannya yang mudah diikuti dan  dicontoh oleh pemula. Beberapa resep bahkan dijamin anti gagal, lho! Karena itu, tidak heran kalau banyak followers yang menggunakan resepnya sebagai modal jualan. Roti sobek manis atau donat misalnya. Beberapa followers membuat roti-roti tersebut dengan panduan resep Murniasri Sarifudin. Hasilnya benar-benar lembut, seratnya nampak jelas, dan tentu saja nikmat rasanya. Roti-roti yang dibuat nyatanya laris manis terjual. Wah, bisa jadi ide jualan bagi ibu rumah tangga seperti saya. Tertarik mencoba? Kunjungi Instagram @murniasri_sarifudin, ya!

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

Post a Comment