admasyitoh.com

5 Website yang Membayar Penulis Lepas, Freelancer Wajib Coba!

Kamu suka menulis? Senang kalau tulisanmu dibaca banyak orang? Saya punya berita gembira! Catat baik-baik dan jangan sampai dilewatkan, ya! 

KERJA SENANG, CUAN PUN DATANG

Siapa sih yang tidak butuh uang? Meski bukan kebutuhan utama, tetapi di zaman dengan budaya konsumerisme ini semua membutuhkan uang. Diakui atau tidak, uang adalah salah modal utama untuk hidup. Untuk beli makanan, pakaian hingga tempat tinggal kita butuh uang. 

Setiap orang, terutama orang dewasa, bekerja demi menghasilkan pundi-pundi uang untuk bekal kehidupan mereka. Ada yang bekerja sesuai keahlian mereka, kompetensi pendidikan atau menekuni hobi dan bakatnya. 

Saya termasuk orang yang bekerja dengan menekuni hobi. Saya menyukai dunia literasi sejak kecil dan senang sekali kalau tulisan saya bisa dibaca oleh banyak orang. Apalagi kalau tulisan itu bisa memberi manfaat khusus bagi mereka yang membacanya. Wah, luar biasa senangnya! 

Memang, ada kalanya menekuni hobi sebagai pekerjaan terasa sulit dan berat. Segala sesuatu memang selalu ada rintangannya. Tetapi, ada keuntungan utama jika menjadikan hobi sebagai pekerjaan. Yap, seperti yang kamu duga, bisa dijalani dengan senang hati! 

Saya bersyukur bisa menjadikan hobi menulis sebagai salah satu pintu rezeki. Sebab, saya bisa menjalaninya dengan senang hati dan tanpa paksaan. Kesulitan-kesulitan seperti writer's block, keterbatasan waktu, maupun kurangnya data untuk bahan tulisan, memang selalu menghampiri. Tetapi, saya tetap bisa melaluinya dengan senang hati. Rintangan-rintangan itu berubah menjadi tantangan-tantangan yang siap saya taklukkan dengan semangat. 

Ada kepuasan tersendiri di setiap tulisan yang akhirnya bisa saya selesaikan dengan baik. 

Terkait dengan rezeki, saya beruntung hidup di era dengan teknologi modern seperti sekarang. Dimana orang bisa dengan mudah menghasilkan uang asal tahu trik-triknya. Menjadi freelancer atau penulis lepas seperti saya salah satunya. 
Dengan menjadi freelancer atau penulis lepas, kita bisa menambah uang jajan atau pundi-pundi tabungan dari tulisan yang kita hasilkan. Bayangkan, tulisan kita dibaca orang, memberi manfaat bagi mereka yang membacanya, lalu kita dibayar. Menarik 'kan? 

Kapan lagi bisa duduk manis sambil menulis lalu rezeki datang menghampiri? Sekarang lah saatnya bagi kamu penulis lepas untuk produktif. Kerja senang, cuan pun datang! 

5 WEBSITE YANG MEMBAYAR PENULIS LEPAS

Dengan kemajuan teknologi, segala hal menjadi lebih mudah. Semua serba online dan digital. Menjadi freelancer atau penulis lepas juga lebih mudah. Cukup menulis artikel lalu kirim ke media atau website yang menerima tulisan dari kontributor lepas. Selesai! 

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang mencari target untuk mengirim tulisanmu, artikel ini wajib kamu simpan, ya! Inilah salah satu rahasia saya untuk menghasilkan cuan dari rumah lewat tulisan. 

Tidak cuma menghargai hasil karya dan idemu, website-website di bawah ini berani membayarmu dengan nominal yang menggiurkan, lho! Tertarik mencoba? 

1. Androbuntu

Yang pertama, saya merekomendasikan website Androbuntu. Website ini didirikan sejak tahun 2017 dan sudah dibaca oleh lebih dari 25 juta orang, lho! 

Androbuntu adalah media online yang membahas seputar perkembangan teknologi khususnya gadget. Mulai dari tips dan trik mengggunakan gadget, tutorial menggunakan aplikasi atau sistem operasi, sampai cara mengatasi permasalahan-permasalahan tentang gadget. Intinya, ada banyak sekali artikel bermanfaat seputar dunia gadget di website satu ini. 

Buat kamu yang ahli atau hobi menulis terkait teknologi dan gadget, kamu wajib mengirim tulisanmu ke website satu ini. Kalau kamu pernah bongkar-pasang gadgetmu atau punya pengalaman menarik kamu juga bisa membaginya dengan orang lain melalui website Androbuntu ini. 

Androbuntu menerima tulisan dari kontributor dan akan membayar setiap karya yang lolos untuk ditayangkan. Sebelum mengirim artikel, pastikan untuk memeriksa kembali ketentuan-ketentuan artikelnya, ya! Yang pasti, tulisanmu harus original dan tidak copy-paste dari tulisan orang lain. Kalau mau mencantumkan gambar, pastikan gambar tersebut adalah milikmu sendiri dan bukan dari screenshot blog atau YouTube orang. 

Jika ingin mengirim artikel tutorial, jangan lupa untuk memeriksa kembali tulisanmu, ya! Pastikan tulisanmu mudah dipahami dan diikuti oleh pembaca. Lengkapi dengan instruksi yang jelas dan gambar atau video yang mendukung. Kamu bisa memeriksa lagi ketentuan-ketentuan ini lebih lengkap di website Androbuntu. 

2. Basabasi.co

Kamu suka menulis cerpen? Puisi? Esai? Atau tulisan sastra lainnya? Kalau ya, Basabasi adalah pilihan yang tepat untuk publikasi karya-karyamu. 

Basabasi bisa dibilang adalah platform sastra online yang rajin menayangkan karya-karya penulis keren di dunia literasi. Seperti saya bilang tadi, mulai dari puisi hingga esai. Sudah banyak penulis yang mendulang rupiah dari platform satu ini. 

Kamu bebas mengirimkan sebanyak dan sesering mungkin karyamu ke sana. Tetapi semua karya yang masuk akan melalui proses seleksi oleh para kurator yang sudah ahli di bidangnya. Jadi, kalau sampai dua minggu pasca mengirim karya kamu belum mendapat kabar apapun, artinya tulisanmu belum lolos kurasi ya! Cobalah di lain kesempatan. 

Basabasi memberikan upah yang beragam untuk karya-karyamu sesuai kategori mereka, seperti cerpen, puisi, esai, rehal, hibernasi atau tajalli. Jumlahnya lumayan lho buat tambah beli skincare atau piranti game impianmu. Penjelasan lengkapnya bisa kamu periksa sendiri di website mereka. 

Nah, menariknya kamu akan mendapat sovenir berupa kaos dari Basabasi jika karyamu dimuat untuk pertama kali. Jadi, tunggu apa lagi? 

3. IDN Times

Siapa sih yang tidak kenal IDN Times? Platform online yang sering memuat tulisan-tulisan trending dan seliweran di media sosial satu ini? 

Sebagai platform populer, IDN Times menyajikan artikel-artikel yang populer, bersifat umum atau sedang menjadi trending topic di kalangan masyarakat. Kamu bisa bergabung dengan IDN Times Community, wadah para kontrubutor yang menulis artikel di IDN Times. Segala informasi terkait pengiriman artikel juga ada di sana. Kamu juga bisa bersaing secara sehat dengan kontributor lainnya dalam komunitas. 

Sistem pembayaran di website satu ini berdasarkan poin yang kamu kumpulkan. Setiap artikel yang terbit, lalu dibaca dan dibagikan oleh netizen akan menyumbang poinmu. Semakin banyak poin, kamu semakin untung. Poin inilah yang bisa ditukar dengan fresh money atau produk tertentu. 

Nah, IDN Times menerima dua jenis tulisan yaitu listicle dan narasi. Tulisan listicle biasanya berisi tentang daftar informasi tertentu yang terdiri dari poin-poin. Sedangkan narasi cocok untuk tulisan yang berisi uraian atau deskripsi seperti cerpen, opini dan surat terbuka. 

4. Brilio

Hampir sama dengan IDN Times, Brilio juga menjadi salah satu platform online yang populer di kalangan generasi milenial. Website brilio.net ternyata juga menerima artikel dari kontributor lepas, lho! 

Kamu bisa mengirim artikel populer atau yang bersifat umum, namun disajikan secara unin dan menarik. Kalau artikelmu tampil di halaman utama, maka kamu akan mendapatkan upah yang lumayan nilainya. 

Tapi ingat, tidak semua artikel akan dibayar atau lolos tayang, ya! Sebelum tayang, artikelmu akan diseleksi lebih dulu oleh para auditor. Meski tidak mudah, jangan mudah menyerah ya! 

5. Mojok.co

Punya pengalaman mistis atau horor? Tulis saja ceritamu di mojok.co! Website satu ini terbilang unik, karena mempunyai moto 'sedikit nakal banyak akal'. Mereka menerima tulisan-tulisan pendek yang katanya bisa ditulis hanya dalam seperminuman kopi waktunya (kira-kira 600-1000 kata). Bisa sambil menunggu bus lewat, katanya! 

Menariknya lagi, website ini memuat tulisan-tulisan yang unik dan cenderung nyeleneh. Tulisanmu bisa dikelompokkan dalam beberapa kategori seperti esai yang membahas isu populer; otomojok yang suka otomotif; malam jumat untuk tulisan horor; konter untuk tulisan bertema teknologi; susul (sungguh-sungguh liputan) untuk liputan yang humanis dan gaya hidup.

Karya yang masuk akan melalui meja seleksi sebelum pihak mojok.co menyatakan layak ditayangkan. Tapi mereka berani membayar karyamu dengan setimpal, lho! Yah, bisa untuk traktir pacar makan di tempat estetik lah, katanya. Tertarik mencoba? 

SUMMARY

Ternyata bekerja menjadi penulis lepas atau freelancer tidak buruk ya, teman! Saat ini banyak website atau platform online yang bersedia menerima karya kita dan memberi upah untuk tiap karya kita yang ditayangkan. Asah terus kemampuan menulismu, tetap semangat dan pantang menyerah. Menekuni hobi menulis tetap bisa menghasilkan pundi-pundi tabungan. Bisa dikerjakan dengan mudah dari rumah. Kerja senang, cuan pun datang! 


Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

Post a Comment