admasyitoh.com

Filza Halwa, Inspirasi Generasi Tangguh dan Mandiri

50 comments

filza halwa korean stuff

Adalah Filza Halwa, seorang gadis gen Z yang tangguh, pekerja keras dan mandiri. Di usianya yang menginjak 21 tahun, ia sudah berpenghasilan tetap untuk membiayai kebutuhannya sehari-hari.

Menjadi bagian dari gen Z atau iGeneration memang membuatnya dekat dengan teknologi dan internet sejak kecil. Ia lahir ketika teknologi sedang berkembang dengan sangat pesat dan semakin maju. Inilah yang dimanfaatkan oleh Filza untuk memberdayakan diri serta mengisi kantong sakunya dengan lembaran-lembaran rupiah.

Gen Z memang dikenal sebagai generasi yang mandiri, pandai teknologi dan punya ambisi tinggi. Filza adalah bagian dari generasi ini, yang tidak pernah berhenti belajar dan dan bekerja demi membekali diri.

Ambisinya menuntut Filza menjadi gadis muda yang tidak berpangku tangan. Meski mengaku sebagai 'orang mageran', nyatanya ia tetap semangat bekerja di toko bunga, sembari mengikuti kelas blogging di sana-sini untuk memajukan blog yang telah dirintisnya sejak tahun 2021 lalu.

Ia juga pandai membaca situasi. Di saat dunia sedang dilanda gelombang Korean Culture atau Hallyu Wave seperti sekarang, Filza mencuri celah untuk berkreasi dan menjadikan tren ini sebagai tema blog yang dibesarkannya.

Meski masih muda, semangat dan kegigihannya untuk mandiri patut ditiru, bukan hanya oleh generasi yang sebaya dengannya, tetapi juga bagi siapa saja yang tengah berjuang untuk menggapai impian dan ambisi. Termasuk aku dan kamu yang sedang membaca tulisan ini. Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan Filza!

BERKENALAN DENGAN FILZA HALWA

Filza Halwa Amalina lahir di Gresik, pada 20 Juli tahun 2001. Ia lebih senang memakai nama Filza Halwa di dunia digital. Akrab dipanggil Filza, meskipun ada pula yang memanggilnya Mbak Fifil. Unik ya? Panggilan ini ia peroleh dari pekerjaannya sebagai admin sebuah online shop di kota domisilinya. 

Sejak lahir hingga sekolah menengah atas Filza tinggal di Gresik. Lalu ketika memasuki bangku kuliah, ia memilih pulang-pergi menempuh jalanan Gresik-Lamongan, sebab Filza harus menyelesaikan studinya di Institut Pesantren Sunan Drajat Program Studi Ekonomi Syariah. 

Gadis yang menyukai warna cerah ini--seperti kuning misalnya--adalah sosoknya yang sederhana tetapi berpikiran dewasa. Sebagai anak sulung dari empat bersaudara, ia sadar sepenuhnya bahwa ia memikul tanggung jawab besar di pundaknya.

Ia selalu mengaku sebagai 'orang mageran'. Padahal kenyataannya ia tekun dan rajin bekerja. Kuliah, kerja dan ngeblog bisa ia lakukan secara bersama-sama dan beriringan. Keren 'kan?

Katanya, Filza termasuk anak yang pemalu, lho! Padahal dalam beberapa momen ia cukup mahir berbicara di depan publik. Kemampuan public speaking-nya boleh diuji deh. Meskipun pemalu, bagi orang-orang di sekitarnya, Filza termasuk orang yang mudah beradaptasi, supel atau gampang bergaul.

Sederet prestasi telah berhasil ia raih dari kerja kerasnya. Seperti menjadi juara 1 Olimpiade Aswaja tingkat kabupaten Gresik, masuk 20 besar Olimpiade Biologi tahunan di kabupaten Gresik, serta beberapa kali mengikuti seminar di kampusnya. Pengalaman-pengalaman berharga tersebut selalu ia ingat dan dijadikan bekal untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

langit senja filza halwa

Perempuan yang menyukai laut dan langit senja ini bermimpi untuk menjadi orang yang mandiri finansial sejak dini. Cita-citanya adalah menjadi orang yang sukses dan mapan secara ekonomi. 

Sungguh rumusan cita-cita yang sangat jujur, jelas, ambisius dan masuk akal yeorobun! Siapa sih yang tidak ingin jadi orang kaya dan mapan? Betul nggak? Tetapi jarang ada orang yang berani berkata lantang, cita-citaku ingin jadi orang banyak uang. Apalagi untuk orang sebelia Filza. Kebanyakan orang akan menjawab profesi atau jenis pekerjaan tertentu ketika ditanya soal cita-citanya.

"Ingin jadi orang yang banyak duit dengan jalan yang halal tentunya. Biar bisa ngapa-ngapain. Bukan mata duitan, tapi zaman sekarang segalanya butuh duit." (Filza Halwa)

Nah, menariknya adalah Filza ternyata seorang EXO-L sekaligus merangkap NCTzen. Itu lho, sebutan untuk fandom (kumpulan fans atau penggemar) EXO dan NCT. EXO dan NCT adalah dua boygroup ternama asal Korea Selatan yang mempunyai penggemar dari berbagai lini masa di seluruh penjuru dunia.

Kebetulan lagi, EXO dan NCT berada dalam satu naungan agensi yang sama yaitu SM Entertainment. 

Pertama kali mengenal Filza secara pribadi, aku sempat kaget. Ternyata kami punya idola yang sama yaitu EXO. Sebagai EXO-L yang mengidolakan Baekhyun, aku tentu sangat gembira karena bertemu dengan sesama EXO-L meski dengan cara yang tak disangka-sangka. Dari kelas blogging!

Bagi Filza, Chen EXO dan Mark NCT adalah sosok yang paling ia idolakan di grup masing-masing. Chen EXO merupakan cinta pertama yang membawa dirinya terjun dalam arus gelombang Hallyu (Korean Culture). Sayangnya, ketika aku bertanya lagu EXO atau NCT yang mana favoritnya, ia tidak bisa menjawab. Ia cenderung menyukai banyak lagu yang enak didengar dengan ritme santai.

Filza tidak mempunyai hobi khusus yang spesifik, yeorobun. Di kala senggang, Filza lebih suka menonton video konser, jalan-jalan atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Kalau kamu ke Gresik, kamu bisa mengajaknya berkeliling kota untuk ditunjukkan tempat-tempat menarik seperti pantai berpasir putih.

Oiya, satu lagi yang unik adalah kebiasaan Filza yang suka ngemil 'tutulan'. Sejenis rujak buah dengan bumbu yang lebih encer. Bagi kamu yang berasal dari luar Gresik pasti merasa asing dengan makanan satu ini. Sama, aku juga! Tetapi secara umum rujak ini memiliki rasa yang manis, asin, gurih dan pedas, kata Filza. 

Tutulan adalah makanan tradisional lokal yang berupa rujak buah, dan biasa dijumpai di Gresik bagian utara hingga perbatasan Gresik-Lamongan. Dibumbui dengan petis merah (terbuat dari ikan, bukan udang seperti petis hitam) atau saus kacang terkaramelisasi. Uniknya, bumbu tutulan masih ditambah dengan letok (sejenis sambal) terasi.

BLOG SEBAGAI SUMBER PENGHASILAN

Yeorobun, demi mewujudkan impiannya untuk mandiri dan mapan finansial, Filza--yang masih muda dan ceria--merintis blog sejak akhir tahun 2021. Belakangan ini Filza bahkan aktif mengikuti kelas Google Adsense Blog dan Blogspedia Coaching Batch #3.

1. Tentang blog Korean Stuff

Awalnya KPOP hanyalah hobi yang ia lakukan untuk menghibur diri dari penatnya rutinitas kuliah dan tekanan pekerjaan. Sampai suatu ketika, Filza menemukan sebuah blog yang full membahas tentang KPOP.

Kapan lagi bisa dapat uang dari hobi? Itulah kutipan perkataan sang pemilik blog, yang menginspirasi dirinya untuk membuat blog dan menghasilkan uang jajan tambahan. Lalu, setelah melewati segala ini-itu serta pertimbangan yang matang, Filza mendirikan blog Korean Stuff.

Blog ini berisi tentang segala hal yang berkaitan dengan Korean Culture. Explore Things About KPOP and Korea, begitu jargonnya. Kamu bisa menemukan berbagai informasi seputar Hallyu Wave yang saat ini seperti wabah yang melanda berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Mulai dari KPOP, skincare, desain, musim hingga wisata di Korea, bisa kamu temukan di blog Korean Stuff ini. Meskipun menjurus pada satu tema yaitu segala hal yang berbau Korea, Filza mengaku belum menentukan satu niche untuk blognya. Sejauh ini ia fokus pada Korean lifestyle sebagai niche utama.

2. The big why ngeblog

Cuan dan profit menjadi motivasi terbesar Filza memilih blogging. Ada masa di mana ia pernah berhenti bekerja selama beberapa waktu. Terbiasa disibukkan dengan kuliah dan pekerjaan serta gajian, membuat Filza gelisah ketika nganggur dan tidak ada pemasukan.

Dan, sebagai anak yang pengertian, ia merasa segan kalau harus meminta uang kepada orang tua terus-terusan. Sungguh ini kepribadian yang sangat baik dan patut ditiru, yeorobun! Keadaan telah mendidik dan mendewasakan Filza menjadi anak muda yang tangguh dan mandiri.

Dengan niat dan tekad untuk mandiri itulah Filza membuat blog, yang harapannya bisa menambah jumlah nominal tabungan dan uang sakunya. Meski beberapa bulan menjalani karir sebagai bloger ternyata tak seindah ekspektasinya. 

Rupanya mendapatkan cuan dari blog tidak semudah itu. Ia sangat sadar banyak sekali yang harus ia pelajari dan kuasai untuk bisa mendapatkan penghasilan rutin dari blog. 

Tetapi, kembali lagi bahwa the big why adalah pondasi utama dalam melakukan sesuatu. Sesulit dan serumit apapun itu, Filza mau belajar demi mengembangkan dan membesarkan blognya. Apalagi blognya sudah dianggap seperti anak sendiri, yang ia cintai, sayangi dan perjuangkan sepenuh hati.

Lagipula, cari kerja di zaman sekarang itu susah, kawan! Sarjana lulusan perguruan tinggi ternama saja belum tentu bisa dapat kerjaan pasca keluar dari kampus. Inilah yang menguatkan Filza untuk merawat blog Korean Stuff sebaik mungkin.

Setidaknya blog bisa menjadi investasi ketika kelak ia lulus kuliah dan belum mendapat pekerjaan yang pasti. Pun setelah punya pekerjaan tetap, bloger tetap bisa dijadikan profesi sampingan yang menyenangkan dan menghasilkan.

Prinsip yang selalu ia pegang teguh adalah jangan sampai menjadi pengangguran. Harus selalu berpenghasilan. Apakah terdengar ambisius bagi seorang perempuan? Menurutku tidak.

Meski suatu saat perempuan pasti menikah dan ditanggung oleh suaminya, tetapi perempuan yang mandiri dan tidak bergantung pada laki-laki adalah perempuan yang keren dan mempesona! Lebih-lebih di zaman modern seperti sekarang. Iya nggak? 

Semua cita-cita dan motivasi inilah yang selalu menjadi pelecut semangat bagi Filza untuk terus belajar, berkembang dan menulis di blog miliknya.

BEKERJA SEBAGAI FLORISTA DAN ADMIN TOKO

florista filza halwa

Sejak awal aku sudah menegaskan bahwa Filza adalah sosok yang mandiri. Kamu harus tahu bahwa saat ini Filza juga bekerja sebagai florista dan admin online shop di lingkungan tempat ia tinggal.

Di sela-sela kesibukannya kuliah, serta aktivitasnya sebagai bloger, Filza masih bekerja di toko bunga. Menurut penuturannya, sang owner mempunyai toko bunga dan toko baju. Di sanalah ia bekerja, sebagai florista sekaligus admin toko online.

Bekerja di sektor perdagangan juga membuatnya paham bahwa untuk memulai sebuah bidang usaha atau bisnis butuh modal yang tidak sedikit. 

Awalnya, Filza sempat berpikir untuk membuka store KPOP. Tetapi setelah bekerja, ia sadar bahwa membuka toko artinya butuh modal awal yang banyak dan ia belum mampu memenuhi itu. Maka blog Korean Stuff lah jalan ninja yang dipilihnya untuk menghasilkan cuan tambahan.

TIPS MEMBAGI WAKTU BLOGGING DARI FILZA HALWA

Yeorobun, kamu mungkin berpikir pasti susah membagi waktu antara kuliah, bekerja dan ngeblog seperti yang dijalani Filza. Aku pun berpikiran sama! Tetapi rupanya Filza punya senjata rahasia yang membuat dirinya tetap bisa produktif dan melakoni semua aktivitasnya dengan beriringan.

Tips-tips di bawah ini bisa kita contoh juga lho, terutama bagi para bloger!

1. Meluangkan waktu

Mengasuh blog dianalogikan seperti mengasuh anak. Luangkan waktu di sela-sela kesibukan sehari-hari untuk merawat blog atau update artikel. Jangan menunggu waktu luang, tetapi luangkanlah waktu, jika memang ingin menjadikan bloger sebagai pekerjaan. Kalau dirawat dengan baik, blog akan tumbuh dan berkembang dengan baik pula.

2. Membuat content plan

Content plan atau semacam perencanaan konten blog bisa membantu bloger untuk tetap produktif. Buat rancangan judul artikel, outline, referensi hingga pengembangannya menjadi beberapa sub bab. Kamu bisa menulisnya di laptop, handphone ataupun buku catatan khusus. Dengan membuat perencanaan seperti ini kamu mempunyai program untuk kehidupan blogmu!

SUMMARY

Menjadi bagian dari gen Z, sekaligus anak sulung dalam keluarga, menempa Filza Halwa menjadi pribadi yang kuat, tangguh dan mandiri. Cita-citanya untuk menjadi orang yang mapan ekonomi dan finansial adalah alasan utama Filza Halwa bekerja keras menjadi bloger, florista sekaligus admin toko. Semangat dan kemandiriannya telah menginspirasi orang lain untuk terus belajar dan bekerja keras menggapai cita-cita.

Kalau kamu? Inspirasi apa yang bisa kamu peroleh dari sosok Filza Halwa? Ungkapkan gagasanmu di kolom komentar ya!

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

50 comments

  1. Salut sama semangat juangnya Neng Filza, insyaAllah kelak menjadi orang sukses yg sholihah kebanggaan keluarga. Semoga semua usaha yg dirintis semakin berkembang, yaa, semangat teruuus, dan tetap konsisten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin allahumma aamiin. Terima kasih doanya mbak Nita :)

      Delete
  2. Paling bangga sama anak-anak muda yang seperti ini, sangat menginspirasi, btw penasaran nih sama pengalaman floristnya filza. Semoga nanti ada bahasan khusus di blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, nggak semua anak muda pekerja keras. Apalagi zaman sekarang. Ya nggak? Hehe

      Delete
  3. Paling seneng lihat anak muda yang menginspirasi begini, semangatnya itu lho keren, btw penasaran sama pengalaman floristnya nih, semoga ada bahasannya juga nantinya yeay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kayaknya bakalan susah nih, karena blognya udah fix niche utama Korean Culture. Hehe.. Tapi coba nanti aku sampaikan ke Filza yaa :)

      Delete
  4. Masyaallah tabarakallah, usia 21 tahun sudah mandiri dan berdaya. Insyaallah ke depannya akan lebih sukses lagi dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merasa tersentil aku mbak, pas tahu masih umur 21 tahun (belum genap). Aku umur segitu belum kepikiran kerja, masih asyik kuliah aja 😂

      Delete
  5. Wah lahir di tahun yang sama. Bahkan lebih mudaan Filza, adududu... Keren sih ini, dari ulasan mbak di atas jadi lebih mengenal karakter dari Filza Halwa. Berterus terang, 'saklek', tapi biasanya tipe orang seperti ini begitu jujur dan gak ada orang baik 100% memang.

    Btw, semoga Allah beri kelancaran untuk usaha yang tengah dikelolanya. Dan untuk kita juga, supaya tetap berusaha bergerak mewujudkan segala cita. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin allahumma aamiin. Terima kasih atas doanya mbak Ulfah. Semoga kita semua dimudahkan oleh Allah untuk menggapai angan-angan kita yaa

      Delete
  6. Masya Allah, cara menyampaikan tentang orofil Mba Filza ini keren banget. Mba Filza juga keren euy, pengen kolaborasi deh. Tapi mau kolaborasi apanya juga bingung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas dukungannya mbak, hehe..

      Coba mbak Devi langsung kontak Filza, ajak kolaborasi gitu, bisa langsung berangkat ke blognya hihi

      Delete
  7. Menginspirasi sekali mbk filza ini. Masih muda udah mandiri. Banyak kegiatan lagi. Seneng sama orang yg penuh semangat gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ikutan semangat juga ya mbak? Nular gitu semangatnya..

      Delete
  8. Baca ini aku terkagum-kagum sendiri. Mbak penulis yang keren banget kemampuan nulisnya, dan dedek Filza yang masyaallah masih muda tapi sudah tahu dengan jelas apa keinginannya. Barakallah tuk semuanya. Semoga menular semangat juang dan kemampuan menulisnya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin, barakallah. Semoga bisa mengambil manfaat atau inspirasi apapun dari tulisan ini ya mbak Putri. Yuk semangaaat kita semua masih belajar 😁

      Delete
  9. Semoga Dik Filza dilancarkan dan dilapangkan segala yang diusahakannya dan tetap semangat menjalani hidup sambil tetap fangirling hehe. Terimakasih untuk perkenalannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin allahumma aamiin. Terima kasih atas doanya mbak :)

      Btw, fangirling itu ternyata hidden weaponnya buat Filza. Dari fangirl jadi bloger hehe

      Delete
  10. Masya Allah, ikut semangat baca ulasannya Mbak Alifia. Tulisannya detail banget, Mbaaa. Dari mulai kepribadian sampai bahas blogging-nya, lengkap dan runut. Always the best.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yang nulis ceritanya Filza aja ikut semangat mbak, inspiratif sekali Filza ini, hehe

      Semoga bermanfaat ya mbak Melaa. Yuk semangatt!!

      Delete
  11. Masya Allah, selalu senang dan ikutan bangga sih sama anak muda yang mandiri gini. 🥰🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, jarang ada gadis muda yang pengertian gini, apalagi zaman sekarang. Ya nggak?

      Delete
  12. Selalu seneng dan ikutan bangga rasanya sama anak muda yang mandiri gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak. Semoga kita semua bisa terinspirasi dan ambil manfaat dari sosok Filza yaa..

      Delete
  13. semoga ketularan semangatnya Filza hehehe. btw penulisannya asik mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat cari cuan yang halal dan fokeus ya mbak? Hehehe

      Makasih mbak atas dukungannya :)

      Delete
  14. Menjadi orang banyak uang sebuah cita cita mulia dari anak semuda ini, anak muda tangguh, siap berkarya dan pekerja keras..
    Semangat mba smg impian nya tercapai aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali mbak..

      Aamiin allahumma aamiin, terima kasih atas dukungannya mbak :)

      Delete
  15. Apik sekali tampilan blog nya...sukak banget

    ReplyDelete
  16. Ketika para koreanista berkumpul pasti heboh :-P. Salam hangat dari mantan HOTTEST dan sekarang telah menjadi CARAT seventeen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omo omo, jadi salting nih ada sunbaenim mampir ke rumah dongsaengnya. Sungkem dulu hehe 😂🙏🏻

      Terima kasih eonni atas dukungannya 😁

      Delete
  17. Maa shaa Allah, mengulas salah seorang gen Z dengan pribadi yang keren seakan ga ada habis nya ya mbaa... yang mengulas juga ketjeeh komplit dan informatif banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, masih muda, unik, tapi ada aja yang bikin tersentil hehe..

      Makasih mbak sudah mampir :)

      Delete
  18. ketika dua EXO-L bertemu, apa yang terjadi? 🤩 semoga makin sukses dua blogger kece inii.. dan untuk mba Filza, kece euyy,, muda prestatif edukatif kaya raya 😍 aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngobrol ini itu mulai dari bias sampe makanan sampe yang absurd2 juga wkwk 😂😂
      Aamiin aamiin, semoga kita ketularan kaya raya juga ya mbak hehe

      Delete
  19. Masya Allah...mb Alfia ini bagus sekali tulisannya, cara penggambarannya membuat terkagum-kagum...dn mb filza jg keren sekali yaa, msh muda pny tujuan hidup yg sgt jelas dan pekerja keras lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belajar mbak, di luar sana banyak yang master hehe. Makasih atas dukungannya mbak, semoga bisa bermanfaat dan terinspirasi yaa... :)

      Delete
  20. generasi muda emang perlu selalu produktif seperti mbak Filza ini, semoga tetap meginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, saya setuju! Semoga kita bisa terinspirasi dan ketularan semangatnya yaa!

      Delete
  21. gen Z yang menginspirasi dengan kisah perjuangan yang tak henti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa sekali emang, masih muda tapi jelas mimpinya...

      Delete
  22. masyaAllah mbak filza luar biasa. Saya jadi malu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, saya juga gitu.. Malu mau bilang ingin jadi orang kaya. Padahal itu cita2 yang benarr sekali :"

      Delete
  23. Kalau ada kata EXO jadi keingat waktu sekolah hihihi semua nya fans Kpop. Tapi saya sendiri yang gak tau apa itu Kpop waktu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya kah mbak? Tapi mending gitu deh mbak, cukup tahu aja. Soalnya kalo udah kenal terus jatuh cinta, jadi ngefans, wah susah sembuhnya mbak.. Kayak saya 😂

      Delete
  24. seneng ya Al, dapat teman yang inspiratif. semoga motivasi dan inspirasinya nular ke diriku juga. oh ya saya pecinta berat BTS hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi malu juga sih, aku kalah sama yang lebih muda hehe..

      Waduh ada army. Di luar sana army sama EXOL sering senggol-senggolan nih mbak. Kita jangan yak wkwk 😂

      Delete

Post a Comment