admasyitoh.com

Fungsi Rice Cooker Selain Masak Nasi untuk Anak Kos

43 comments

fungsi rice cooker miyako nanoal nikita willy

Salah satu alat masak yang paling banyak digunakan di dalam rumah adalah rice cooker. Setuju nggak? Di zaman modern ini, terutama di kota, rasanya hampir tidak mungkin ada rumah yang tidak punya rice cooker. Fungsi rice cooker yang utama ada dua, yaitu memasak beras menjadi nasi dan menghangatkan nasi setelah matang.

Saking praktisnya, rice cooker ini seolah juga menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh anak kos. Aku masih ingat dulu ketika masih kuliah, pertama kali ngekos, dibela-belain beli Rice Cooker Miyako baru dengan alasan supaya bisa menghemat jatah belanja makanan sehari-hari.

Betul memang kalau barang ini disebut perkakas wajib buat anak kos. Rice cooker nama dagangnya. Tapi aku menyebutnya P3K, Pertolongan Pertama Pemadam Kelaparan. 

Nah, dengan semakin canggihnya teknologi membuat rice cooker semakin modern serta memiliki berbagai bentuk dan warna. Fitur yang ditawarkan pun semakin banyak, yeorobun. Tidak hanya anak kos, bahkan Nikita Willy pakai Miyako juga. Salah satu pilihannya adalah tipe MCM-586 BH varian warna baby pink yang cantik. Nikita Willy memilih Miyako Nanoal untuk membantunya dalam meringankan pekerjaan memasak. 

Salah satu alasan Nikita memilih Rice Cooker Miyako adalah karena Miyako menggunakan Panci Nanoal Berlian Hitam dengan lapisan anti lengket yang 10 kali lebih tahan lama, panci lebih tebal dengan ketebalan 1,4 mm, double coating sisi dalam dan luar serta bebas PFOA.

Apa Fungsi Rice Cooker Selain Masak Nasi?

Yeorobun, menariknya adalah rice cooker ternyata bukan cuma bisa digunakan untuk memasak nasi lo. Selama ini mungkin banyak yang tidak menduga kalau rice cooker memiliki fungsi selain untuk masak nasi. Sudah tahu kalau fungsi rice cooker ternyata lebih dari itu? Kalau belum, mari kita bahas bersama-sama fungsi rice cooker yang (bisa jadi) menjawab kesulitan-kesulitan hidup anak kos, seperti di bawah ini.

1) Menggoreng Telur

Siapa yang menyangka jika rice cooker yang selama ini digunakan hanya untuk menanak nasi, ternyata juga bisa digunakan untuk menggoreng telur? Sebuah solusi jika tiba-tiba gas di rumah habis dan kamu tidak punya cadangan tabung, maka rice cooker bisa digunakan untuk memasak di rumah. Caranya pun mudah, kamu cukup menuangkan minyak goreng atau memasukkan margarin ke dalam panci nanoal rice cooker, kemudian tekan tombol “cook”. Jika sudah panas, masak sampai matang.

fungsi rice cooker untuk menggoreng telur

Tidak salah memang jika kamu menggunakan rice cooker dengan panci nanoal pilihan Nikita ini untuk memasak telur. Panci nanoal ini memiliki keunggulan utama yaitu lapisan tidak lengketnya 10 kali lebih tahan lama dibanding lainnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir memiliki panci yang berkerak atau lengket saat digunakan memasak nasi, bahkan panci ini juga mudah digunakan untuk menggoreng telur.

2) Merebus Mie Instan

Mie instan adalah menu favorit anak kos di tanggal tua yang wajib ada. Betul nggak? Tapi, bagaimana jadinya kalau kamu tidak memiliki kompor dan panci untuk merebus air? Nah, di saat seperti inilah Rice Cooker Miyako bisa kamu gunakan sebagai pengganti panci sekaligus kompor untuk merebus mie instan kesukaanmu.

mie rebus rice cooker

Caranya hampir sama seperti kamu memasak air di atas kompor. Hanya saja ini diganti dengan rice cooker. Isi panci dengan air secukupnya, kemudian masukkan mie instan dan tunggu hingga matang. Waktu yang dibutuhkan untuk merebus mie instan hanya sekitar 8 menit, 2 menit saja lebih lama dibanding menggunakan kompor.

3) Membuat Jelly dan Agar-agar

Berikutnya, kamu juga bisa membuat jelly atau agar-agar, lo, menggunakan Rice Cooker Miyako. Hidangan penutup favorit ini ternyata bisa kamu buat dengan mudah untuk melengkapi menu di meja makan. Bahkan panci nanoal pilihan Nikita Willy ini bisa kamu gunakan sekaligus sebagai cetakan jelly atau agar-agar yang kamu buat.

pudding jelly rice cooker

Caranya tidak susah. Pertama yang harus kamu lakukan adalah merebus air bersama-sama dengan bubuk agar-agar dan gula pasir yang sudah diaduk rata sebelumnya. Rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, lepas panci dari rice cooker dan dinginkan di suhu ruang sampai agar-agar set atau mengeras. Praktis banget kan?

4) Membuat Kue Bolu dan Kue Kering

Fungsi lain rice cooker adalah bisa menggantikan oven dan peralatan baking lainnya. Kalau kamu ingin membuat kue di kos, tapi tidak punya oven, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa membuat kue bolu bahkan kue kering dengan menggunakan rice cooker. Panci Nanoal Rice Cooker Miyako bisa difungsikan sebagai loyang kue, sementara rice cooker sebagai ovennya.

bolu pisang kukus rice cooker

Jangan takut! Caranya gampang kok. Kamu cukup membuat adonan kue terlebih dahulu di wadah lain sesuai resep. PENTING! Jangan gunakan panci untuk membuat adonan ya karena dikhawatirkan bisa menggores lapisan anti lengketnya. Setelah adonan jadi, olesi panci dengan margarin dan tuangkan adonan. Kemudian masak hingga matang. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam (tiga kali tekan tombol “cook”). Dan, taraaa… Kue bolu kukus rice cooker yang lezat sudah siap disantap! Bisa banget jadi teman bikin tugas di kos.

Yuk, Pakai Rice Cooker Miyako seperti Nikita Willy!

Yeorobun, ternyata memang banyak ya fungsi rice cooker dari Miyako Indonesia ini. Tidak hanya bisa digunakan untuk menanak nasi dan menghangatkannya, akan tetapi juga bisa difungsikan untuk hal lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sangat menarik kan? 

Saking praktis dan simpelnya, rice cooker ini rasanya sudah jadi barang wajib buat dimiliki anak kos. Percayalah, punya rice cooker di kos akan sangat membantumu memasak berbagai jenis makanan tanpa kompor gas, wajan, bahkan oven. Nah, kamu ingin mencoba rice cooker pilihan Nikita Willy juga? Yuk, cek produk terbaru di miyakoofficial.id! Semoga bermanfaat, yeorobun...

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

43 comments

  1. Sama mbaaa aku juga waktu ngekos pakainya Miyako sampai sekarang. Wah ternyata bisa buat masak apa aja yaaa. Ahh masak mie rebus di rice cooker sih andalan anak kos banget ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata Miyako ini jadi andalan anak kost karena dia multi fungsi ya, wah membantu banget nih, enggak perlu banyak alat apalagi untuk anak kost secara tempatnya kan juga terbatas, tapi sudah bisa untuk masak apa aja, solutif nih

      Delete
  2. Iihh keren ya rice cooker Miyako ini. Aku malah belum pernah goreng telur pakai rice cooker, heheee... Kalau masak air sih pernah waktu gas habis. Perlu dicoba sesekali juga goreng telur pakai rice cooker. :)

    ReplyDelete
  3. Rice cooker Miyako memang andalan banget. Kualitasnya gak diragukan lagi. Apalagi kalau buat anak kost ya, gak cuma bisa buat masak nasi tapi juga bisa bikin sayur sop :D

    ReplyDelete
  4. Senangnya jadi tau macam-macam fungsi rice cooker, pas banget nih buat anakku yang lagi ngekos juga. Pernah nyoba juga sih zaman ngekos dulu, bikin kue pakai ricekoocer hasilnya juga emang enak, ya. hhm... Jadi naksir sama miyako nanoal rice cooker ini, bentuk dan warnanya cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang zaman ngekos itu semua barang jadi multifungsi yaa mba. Aku juga gitu pas ngekos, tapi belum pernah sih kalau bikin kue. Mbak Nita berarti emang udah seneng bikin kue dari zaman ngekos dulu ya mbak, keren sih mbaaa ๐Ÿ˜

      Delete
  5. Wah, bisa samaan dengan NIkita Willy nih. Saya cocok pakai rice cooker Miyako. Nasi lebih tahan lama. Dan tentunya punel ketika dimakan

    ReplyDelete
  6. saya baru nyoba masak macam-macam nasi pakai rice cooker, eh ada yang masak telur pakai rice cooker, memang ya Miyako multi fungsi dan bikin nasi awet.

    ReplyDelete
  7. Mantab mbak. Masak apapun jadi praktis ya meskipun nggak ada kompor. Btw saya dulu di kos pun mengandalkan rice cooker buat masak dan menghangatkan makanan. Bestie nya anak kos lah ini

    ReplyDelete
  8. Miyako nanoal sebagus ituuu, karena aku dah pakai. Yang paling terasa bedanya dari produk lain itu di bagian anti lengketnya yang nyucinya tanpa effort wkwk. Anyway, jaman ngekos kuliah ricecooker ini penyelamat bgt buat bebikinan di kos kalau tanggal tua haha

    ReplyDelete
  9. Jadi inget, rice cooker di wisma pas kuliah dulu juga Miyako warna pink ๐Ÿ˜ pengen nyoba bikin ager/jelly pakai rice cooker nih, keknya lebih aman juga buat si kakak yang mulai tertarik memasak. Karena gak perlu nyalain kompor dan aduk-aduk di panci panas. Makasih infonya ya, mbak.

    ReplyDelete
  10. Pingin banget coba pake rice cooker Miyako buat masak deh .asli multifungsi sekali. Recommended deh

    ReplyDelete
  11. Emang bole se-multifungsi itu? Rice cooker Miyako emang dabest sih

    ReplyDelete
  12. Molly belom pernah masak ager2 pake rice cooker. hihi.. ternyata banyak juga ya kelebihan punya rice cooker. kpn2 dipraktekin ah.

    ReplyDelete
  13. Rice cooker Miyako ini ya multi fungsi banget, jadi ingin coba deh, saya belum pernah nih coba untuk yang lain selain untuk masak nasi

    ReplyDelete
  14. Bolu kukus? Wah saya koq gak kepikiran bikin pakek rice cooker ya ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  15. Kukira hanya bagus untuk masak nasi dan mi...ternyataaa...banyak juga kegunaan lain dari rice cooker ya..Mantaaab...

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah bikin roti nih. Tapi beberapa temanku bilang bisa sukses bikin roti pakai rice cooker. Wah perlu kucobakah hehehe

    ReplyDelete
  17. Huaaa ternyata sebanyak itu ya fungsi rice cooker. Apalagi klo pake rice cooker miyako, udah terkenal awet dan hargany pun ramah di kantong. Cocok bgt buat para anak kost

    ReplyDelete
  18. Iiihhh kerenn.. Aku selama ini cuma pakai rice cooker untuk masak air kalau gas habis. Boleh deh besok nyoba baking pakai rice cooker nanoal Miyako ini.

    ReplyDelete
  19. Pastinya rice cooker Miyako jadi andalan anak kost. Tapi saya pakai untuk menanak nasi, dan rebus mie instant saja. Belum pernah bikin kue atau agar-agar menggunakan rice cooker.

    ReplyDelete
  20. Wah kalau buay jelly, agar-agar sama kue aku belum pernah nih. Tapi kalau masak mie pernah tuh. Cuma lama banget. Sampai lapar baru mateng hahaha.

    ReplyDelete
  21. wah kebetulan banget nih dengan keadaan ku saat ini yang merantau di pare kediri kak dan saat ini aku hanya punya rice cooker dan ternyata banyak juga fungsinya ya

    ReplyDelete
  22. Rice cooker bisa juga untuk masak air panas buat ngopi. Hanya butuh waktu yg relatif cepat.

    ReplyDelete
  23. Baru tau saya bisa jadi oven juga. Keinget masa² ngekos dulu ricecooker dipakai buat goreng, ngesup, dan macem². Tapi untuk dijadiin oven baru tau ini..keren juga yaa. Nyoba deh nnti.hehe

    ReplyDelete
  24. Sewaktu merantau dan jadi anak kos, aku pernah bikin ayam saus teriyaki dengan rice cooker. Masak capcay dan sayur sop, sayur bayam juga dengan rice cooker. Hidup rice cookee.

    ReplyDelete
  25. jadi makin asik punya rice cooker apalagi yang bisa diandalkan ya, karena memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan kita

    ReplyDelete
  26. jadi makin asik punya rice cooker apalagi yang bisa diandalkan ya, karena memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan kita

    ReplyDelete
  27. Mantab nih miyako bisa buat bikin kue, apa langsung ganti aja yah sama Miyako yang baru magic com-nya

    ReplyDelete
  28. Telur, menjadi salah satu bahan sarapan sehari-hari, kalau g di ceplok, di dadar, atau pun direbus. yummy...

    ReplyDelete
  29. ternyata rice cooker bisa buat masak telur ya, bisa jadi alternatif alat masak kalau gas habis. hehe

    ReplyDelete
  30. Sering gak kepikiran ya. Padahal dulu pas ngekos saya juga bawa rice cooker. Kenapa nggak buat bikin mie instan dan goreng telor aja sih, Hahah... Ikut kompor ibu kost ngerepotin bgt,

    ReplyDelete
  31. Paling sering pakai Rice Cooker untuk bikin mie instan si saat ngerantau hehe

    ReplyDelete
  32. pingin coba bikin puding ah pakai rice cooker Miyako. pudingnya menggugah selera. Rice cooker Miyako ini memang benar-benar multifungsi dan awet.

    ReplyDelete
  33. Aku jadi inget mantanku yang anak kost.
    Jadi, pas diundang ke kosannya, aku kaget karena gak ada alat masak selain Rice Cooker Miyako. Dan saat itu aku sempet marah, karena meragukan kemampuan rice cooker untuk memasak berbagai masakan. Ternyata iya lohh..

    Dari situ, aku sebenernya lupa.. kalo anak kos memang gak boleh bawa peralatan masak selain rice cooker yaa.. Jadi kreatif karena kefefet.
    Dan aku semakin yakin kalau Rice Cooker Miyako memang terbaik.

    ReplyDelete
  34. Aku juga baru tau fungsi rice cooker macam-macam sejak aku jadi anak kosan dua tahun lalu. Aku di Jogja ngekos sendirian. Kalau mau ke dapur males banget keluar kamar. Jadilah masak telur, spageti, mie, bahkan sayur, pake rice cooker Miyako harga 200-an wkwk...

    ReplyDelete
  35. Buat anak kos ricecooker itu penting, kadang bikin nasi juga udah cukup, lauknya beli di luar. Eh tapi baru tahu kalau bikin telur goreng juga bisa pakai ricecooker. Ternyata masak mie dan bikin kue juga bisa.

    ReplyDelete
  36. Sebuah life hack yang bisa menopang hidup anak kos. Punya rice cooker bisa masak yang simple simple

    ReplyDelete
  37. sekarang rice cooker memang banyak fungsinya yaa. sampai bisa bikin kue juga jadi nggak perlu beli oven kalau mau bikin kue

    ReplyDelete
  38. Aku mau beli ini ricecooker dari Miyako kata temen" juga ini tu recomended awet dan tahan lama. Apalagi warna pastel nya Yang bikin gemas.

    ReplyDelete
  39. Sebagai bapack-bapack, aku tuh tahunya kalau rice cooker, ya Miyako... Ternyata banyak merk lain di luaran sana ya... Sekuta itu lho branding miyako

    ReplyDelete
  40. emang boleh se-multifungsi itu rice cookernya? wkwkwk..seru yaa, satu alat bisa dipake untuk bikin berbagai macam makanan..emak-emak irit kayak saya cocok nih pakai miyako

    ReplyDelete
  41. Saya kadang bikin rica-rica ayam pakai rice cooker Miyako saya, kalau gas habis dan ternyata langka di pasaran. Pernah sampai 3 hari ga ada gas, yo wes, masak gantian di rice cooker. Tapi karena bukan fungsi aslinya, perlu bijak mengatur tinggi air ketika memasak.

    ReplyDelete

Post a Comment