admasyitoh.com

Oreo 110th Birthday Celebration: Selalu Ada yang Baru, Seru dan Haru untuk Para Ibu

1 comment

#WishOreo110

Yeorobun, siapa sih yang tidak kenal Oreo? Biskuit cokelat yang khas dengan warnanya yang pekat dan topping vanila putih ter-sandwich di tengahnya. Rasanya enak, manis, serta selalu jadi favorit anak-anak di seluruh dunia. Apalagi kalau sudah disandingkan dengan susu hangat. Hmm, yummy!

Jangankan anak-anak, aku yang sudah emak-emak gini aja masih suka ngemil Oreo. Biskuit satu ini memang sulit ditolak. Yah, gimana ya… Rasanya memang enak, beda dari biskuit yang lain. Ditambah lagi variannya banyak. Tidak cuma rasa vanila yang original, banyak juga rasa yang lain.

Anyway, tahun ini Oreo ulang tahun ke-110, lo! Wah, tak kusangka sudah setua itu ternyata. Meski sudah berusia lebih dari seabad, biskuit dari Mondelez ini tetap eksis sampai sekarang. Tak pernah lekang digerus oleh zaman, bahkan di tengah gempuran produk-produk sejenis yang semakin banyak di pasaran. Legendaris sekali, ya!

Yeorobun, makan cokelat atau biskuit cokelat seperti Oreo ternyata banyak lo manfaatnya. Bukan cuma untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Kalau kamu penasaran khasiat cokelat dan seseru apa momen makan Oreo bareng keluarga, ikuti artikel ini sampai selesai, ya! Let’s check this out!

Manfaat Makan Cokelat untuk Anak-Anak

IMHO, sepertinya hampir semua anak suka makan cokelat. Aku jarang sekali ketemu anak yang menolak diberi kue atau cemilan berbahan cokelat. Walaupun sudah diperingatkan, makan cokelat terlalu banyak bisa bikin gigi berlubang, tapi cokelat dan anak-anak sepertinya tidak terpisahkan, yeorobun.

Bagi orang dewasa–terutama perempuan nih–cokelat konon bisa memicu pelepasan endorfin di otak sehingga membuat mereka bahagia. Makanya tidak heran kalau cokelat menjadi idola kaum hawa. cokelat diyakini ampuh untuk memperbaiki mood yang berantakan, apalagi setelah dihujani bertubi-tubi kegalauan. Nah, bagaimana efeknya kalau untuk anak-anak?

Anak-anak memang cenderung suka makanan manis seperti cokelat. Tapi sebetulnya ada nggak sih manfaatnya bagi mereka? Apa benar bisa bikin sakit gigi? Well, mari kita diskusikan di sini.

manfaat cokelat untuk anak

Menurut berbagai sumber, ternyata cokelat juga punya banyak khasiat bagi kesehatan anak, yeorobun. Kalau dirangkum, setidaknya ada lima manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi cokelat.

1. Memperbaiki Suasana Hati dan Mengurangi Stres

Mengutip dari Parenting First Cry, cokelat–khususnya cokelat hitam–bisa meningkatkan suasana hati anak. Kandungan triptofan dalam cokelat berperan penting untuk merevitalisasi suasana hati dan mengurangi stres dalam tubuh. Kandungan lainnya seperti serotonin, theobromine dan phenylethylamine juga membantu kinerja otak untuk mensekresikan hormon kebahagian seperti oksitosin, dopaimn dan endorfin.

Eits, jangan pusing dulu dengan istilah hormon yang aneh-aneh. Intinya, kandungan cokelat yang kaya bisa memicu otak untuk menghasilkan hormon kebahagiaan yang bisa meningkatkan suasana hati mereka. Jadi bukan cuma buat orang dewasa, cokelat ternyata juga bisa mengurangi stres dan memperbaiki mood anak-anak.

Karena anak-anak juga bisa lelah seperti kita, orang dewasa, yeorobun. Beri mereka cokelat ketika mereka sedang sedih, supaya mereka merasa lebih baik. Wah, jadi ingat serial film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, ya. Pottermania pasti tahu maksudku.

2. Menyehatkan Jantung

Next, cokelat juga diklaim bisa menyehatkan jantung. Flavonoid yang terkandung dalam cokelat bersifat antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung serta kondisi detak jantung tidak teratur. Hal ini karena flavonoid bisa mencegah pembekuan darah dalam tubuh, sehingga sirkulasinya pun lancar dan tidak terhambat.

Kalau sirkulasi darah lancar, maka seluruh metabolisme dan proses yang terjadi dalam tubuh pun bisa berjalan optimal. Jadi di sinilah kunci khasiat cokelat yang berpengaruh pada kinerja otak dan organ lainnya dalam tubuh anak.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak dan Konsentrasi

Yeorobun, flavonoid ternyata juga bisa merangsang hippocampus otak. Fungsi ini bisa membantu anak mengembangkan konsentrasi yang baik serta memori yang efektif. Seperti yang aku tulis di poin sebelumnya, kandungan cokelat bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ini tentu sangat membantu perkembangan fungsi otak pada anak-anak.

Melansir dari Grid Kids, sebuah penelitian di tahun 2014 mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat selama tiga bulan bisa menyelesaikan tes memori dengan baik. Bahkan penelitian lain menyebut bahwa konsumsi cokelat ini juga berkorelasi dengan jumlah warga yang meraih Nobel.

Percaya atau tidak, intinya cokelat bisa meningkatkan kinerja otak sehingga anak bisa lebih fokus dan konsentrasi. Hasilnya adalah anak punya tingkat memori yang lebih tinggi. Jadi mereka bisa lebih mudah mengingat sesuatu, seperti pelajaran sekolah atau kegiatan yang mereka lakukan.

4. Mengurangi Kolesterol dan Mencegah Strok

Senyawa sterol dan flavanol yang terkandung dalam cokelat bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kedua senyawa ini baik untuk diet rendah lemak dan meningkatkan fungsi kardiovaskular dengan cara menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan tekanan darah.

Studi lebih lanjut juga menunjukkan orang yang mengonsumsi cokelat mempunyai risiko terkena strok lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsinya. Manfaat ini biasanya didapatkan dari cokelat dengan kadar cocoa tinggi seperti dark chocolate.

5. Menyehatkan Pencernaan dan Tidak Mudah Sakit

Anak-anak juga bisa mengalami masalah pencernaan seperti orang dewasa. Masalah seperti ini bisa dicegah dengan konsumsi cokelat. Kandungan cokelat yang kaya mineral seperti magnesium, selenium, kalium, seng, besi dan lain sebagainya, bisa membantu dalam menjaga kesehatan. Magnesium misalnya, ia berperan penting dalam menjaga regulasi pencernaan agar lebih lancar dan optimal ketika bekerja.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam cokelat juga membantu menangkal radikal bebas. Dengan demikian, anak jadi tidak mudah sakit dan bisa beraktivitas dengan mudah.

Yeorobun, ternyata sebanyak itu manfaat cokelat untuk anak-anak. Jadi jangan terlalu melarang anak-anak makan cokelat, ya! Even tho, tetap perlu diperhatikan porsinya agar seimbang dan tidak berlebihan.

Kita perlu ingat bahwa kandungan gula dan lemak dalam cokelat tidak selalu baik bagi kesehatan. Meski punya segudang manfaat dan tidak dilarang, konsumsi cokelat tetap harus dibatasi agar tidak menimbulkan dampak negatif di antaranya:

  • Kerusakan gigi
  • Potensi alergi
  • Sakit perut atau diare
  • Ketagihan yang berujung pada kegemukan

Lalu, apakah benar cokelat bisa menimbulkan sakit gigi? Menurut id.theasianparent.com sebetulnya yang bikin sakit gigi bukan cokelatnya, yeorobun. cokelat justru bisa mencegah timbulnya plak yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. 

Alih-alih, kandungan gula tambahan yang ada dalam produk olahan cokelat yang bisa memicu sakit gigi. Karena itulah anak-anak–dan orang dewasa juga sebetulnya–dianjurkan untuk menyikat gigi secara teratur, terutama setelah makan cokelat, minimal dua kali sehari.

Oreo Membersamai dari Generasi ke Generasi

keseruan oreo bareng keluarga

Well, bagaimana yeorobun? Masih mau melarang anak makan cokelat? Jangan deh, ya. Daripada terlalu melarang mereka, lebih baik dampingi saat anak makan cokelat. Salah satu produk cokelat yang paling disukai anak-anak adalah Oreo. Biskuit legendaris satu ini punya banyak sekali varian rasa, bahkan di Indonesia sendiri ada lebih dari delapan varian rasa, lo. Sudah coba semua? Rasa apa yang paling kamu suka?

Kalau aku, varian yang paling favorit adalah original dan cokelat-kacang. Rasa original ini sudah jadi kesukaan sejak kecil. Dulu ketika masih sekolah TK (sekitar tahun 1998, wah ketahuan umurnya nih) aku paling girang kalau menemukan bungkus Oreo dalam tas bekal sekolah. Rasanya istimewa sekali, berasa bawa jajan paling spesial ke sekolah.

Karena aku tinggal di desa dan belum banyak toko seperti sekarang, bisa ketemu Oreo adalah sesuatu yang ‘wah’ sekali, yeorobun. Jarang-jarang bisa bawa bekal Oreo. Tapi ibuku rela berdesak-desakan dengan para ibu lainnya di warung jajan, demi mendapatkan biskuit yang disukai anaknya ini. Sudah jarang ada, laris pula. Sekali digelar, langsung ludes terjual.

Ahh, terharu rasanya kalau ingat kembali momen-momen itu. Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu. Sekarang sudah ganti generasi. Aku bahkan sudah punya anak balita, tapi rasa Oreo tak pernah berubah.

Oreo pertama kali hadir di Indonesia tahun 1994 silam dan hingga kini selalu punya ruang khusus di hati masyarakat. Biskuit paling laris nomor 1 di dunia ini paling setia membersamai dari generasi ke generasi. Dari nenek ke ibu, dari ibu ke cucu. Dulu ibuku yang membelikannya untukku. Sekarang aku membelikannya untuk anakku.

Mungkin tradisi turun-temurun ini pula yang terjadi dengan jutaan keluarga di lebih dari seratus negara di dunia, sejak Oreo pertama kali diciptakan 110 tahun silam. Ritual ‘diputar, dijilat, dicelupin’ sudah menjadi tradisi ikonik yang mewarnai kehangatan banyak keluarga untuk menikmati biskuit cokelat satu ini. 

Inovasi Oreo yang tidak pernah henti berkreasi selalu menghadirkan sesuatu yang baru untuk mewarnai momen-momen seru serta haru bersama orang-orang tersayang. Momen-momen inilah yang selalu menjadi kenangan berharga dan tidak terlupakan di benak setiap insan.

“Sejatinya menciptakan momen kebersamaan melalui aktivitas seru bersama keluarga memang penting untuk rutin dilakukan agar ikatan emosional dapat terjalin dengan baik. Salah satunya dapat diciptakan melalui berbagai aktivitas seru dan menyenangkan dengan menikmati camilan favorit bersama keluarga.” (Saskhya Aulia Prima M.Psi selaku Psikolog & Co-founder Rumah Psikologi TigaGenerasi)

Yeorobun, momen-momen seru dan menyenangkan penting sekali untuk membentuk ikatan emosional yang baik serta membentuk keluarga yang harmonis. Bagi diriku sendiri, momen seru bersama keluarga adalah saat bisa berkumpul dengan seluruh anggota keluarga tercinta, bercanda tawa, tidak perlu memikirkan beban-beban dunia, bebas mencurahkan isi hati dan pikiran, sambil ditemani kopi atau teh hangat dan kudapan favorit keluarga seperti Oreo.

Tetapi momen seperti itu kadang agak sulit dilakukan karena kesibukan masing-masing anggota keluarga. Apalagi kalau jumlah anggotanya banyak. Benar-benar harus meluangkan waktu khusus untuk bisa berkumpul bersama.

Nah, momen-momen seru ini bisa diciptakan, yeorobun. Salah satunya dengan menghadirkan Oreo di tengah-tengah kita. Oreo adalah pilihan terbaik untuk menemani setiap momen keluarga; seperti saat ngobrol, nonton bareng, jalan-jalan, bermain dengan anak, hingga acara-acara spesial keluarga. Berikut ini adalah contoh-contoh serunya aktivitas keluargaku bersama Oreo.

1. Cemilan Favorit Keluarga

oreo cemilan favorit

Biskuit Oreo masih menjadi favoritku untuk ngemil. Sebagai ibu rumah tangga aku butuh meluangkan waktu untuk me time supaya tetap ‘waras’. Ngemil cokelat adalah salah satu bentuk self healing paling ampuh bagiku untuk mengembalikan mood dan tenaga. Itulah kenapa Oreo cocok sekali jadi pilihan.

Oreo juga menjadi teman ngobrol yang nikmat bareng keluarga. Seperti saat si ayah pulang kerja, sambil melepas penat, sambil berkumpul dan ngobrol bareng anak istrinya, dengan ditemani cemilan favorit keluarga. Apalagi aku dan anakku cuka makan cokelat, Oreo selalu jadi rebutan.

2. Teman Nonton Bareng Keluarga

Momen seru kadang tercipta dari aktivitas yang sederhana, tidak perlu keluar rumah atau menghabiskan banyak uang. Cukup dengan nonton bareng film atau serial favorit di rumah. Nonton bareng anak dan pasangan jadi makin betah ketika ditemani dengan biskuit cokelat yang manis dan lezat. Kadang bahkan tidak terasa Oreo-nya sudah habis duluan, bersih tak bersisa, eh malah film-nya belum tamat juga. Pernah ngalamin juga nggak?

3. Bekal Praktis dan Nikmat

oreo jadi bekal

Simpel, praktis dan nikmat. Inilah kenapa aku suka sekali bawa Oreo ketika mengajak anak jalan-jalan ke tempat wisata atau taman bermain. Anak dijamin suka, aku pun tidak perlu repot menyiapkan bekal macam-macam. Kamu juga bisa mencobanya. Asal jangan lupa membuang bungkusnya di tempat sampah, ya!

Oiya, Oreo ini juga super praktis untuk dijadikan bekal perjalanan jauh, lo. Biasanya anak-anak ‘kan suka bawa bekal cemilan selama perjalanan. Berdasarkan pengalamanku, Oreo ini makanan yang ringan dibawa, tidak makan banyak tempat di tas, tapi cukup bisa diandalkan untuk mengisi ulang asupan energi anak selama di perjalanan.

Aku paling suka bepergian pakai kereta. Dengan membawa bekal seperti Oreo dan susu kemasan, anakku bisa anteng selama di perjalanan. Sambil bernyanyi, sambil menikmati pemandangan dan Oreo kesukaannya. Seru sekali deh pokoknya!

4. Kawan Belajar dan Bermain

teman belajar dan bermain

Dunia anak memang dunia bermain. Oreo menemani waktu bermain anak jadi lebih seru dan berwarna. Aku kadang menyisipkan biskuit cokelat ini di sela-sela waktu bermain si kecil yang saat ini sedang aktif-aktifnya tumbuh dan berkembang.

Sebagai balita dua tahun, ia punya rasa penasaran yang tinggi terhadap segala hal yang ia lihat. Karena itulah aku tidak membatasi aktivitasnya untuk bereksplorasi. Momen seperti ini adalah momen-momen seru yang dialami si anak, tapi sebagai orang tua aku memandangnya sebagai momen haru dan keajaiban.

Tak perlu ketat memberi batasan, aku cukup mengawasi, mengarahkan serta memenuhi asupan nutrisi yang ia butuhkan. Oreo yang mempunyai kandungan utama cokelat membuat anakku tetap ceria, energinya terjaga, sekaligus membantunya berkonsentrasi pada sesuatu yang ia kerjakan.

Tidak hanya itu, Oreo juga bisa mengasah kreativitas si kecil. Kamu bisa mengajak dan melibatkan dirinya untuk membuat hidangan lezat seperti dessert atau puding yang berbahan dasar Oreo. Aktivitas di dapur pasti menjadi pengalaman unik dan berkesan bagi dirinya. 

5. Hadir dalam Momen Penting

ngumpul sambil ngemil oreo

Yeorobun, sebagai biskuit legendaris yang turun temurun dari generasi ke generasi, Oreo selalu hadir di setiap momen-momen penting keluarga. Acara-acara sederhana jadi lebih seru, haru dan berkesan dengan kehadiran Oreo di tengah-tengah keluarga.

Seperti acara ulang tahun anak misalnya. Tbh, keluargaku tidak punya tradisi khusus untuk merayakan ulang tahun. Tidak ada perayaan khusus seperti pesta atau mengundang anak-anak lain ke rumah. Tetapi momen ini tetap berkesan indah dengan mengajak anak belanja mainan sambil menikmati biskuit Oreo favoritnya.

Oreo juga mengiringi kedekatan dengan sanak saudara pada acara-acara keluarga. Seperti tasyakuran, selamatan, maupun arisan keluarga. Bahkan, Oreo juga bisa menghangatkan kembali hubungan persahabatan dengan kawan lama ketika reunian.

Rangkaian Oreo 110th Birthday Celebration

Yeorobun, begitu banyak momen berharga dan seru dengan biskuit ikonik produk Mondelez International ini. Seperti kata mereka, Oreo berkomitmen untuk selalu menjadi sumber inspirasi momen keseruan bersama keluarga.

Tahun ini, Oreo genap berusia 110 tahun. Vega Gupta selaku Marketing Manager Oreo, Mondelez Indonesia mengungkapkan bahwa Oreo mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk ikut merayakan keseruan #WishOreo110 dengan terus menghadirkan keseruan sepanjang tahun melalui berbagai macam inovasi dan kejutan dari produk Oreo.

Pada perayaan #UlangTahunOreo kali ini, Oreo menghadirkan berbagam keseruan yang bisa dinikmati bersama keluarga atau orang-orang terkasih. Apa saja keseruan itu? Cek di bawah ini, ya!

1. Launching Varian Spesial

oreo birthday cake flavor

Khusus untuk merayakan ulang tahun ke-110 ini, Oreo meluncurkan varian spesial, limited edition, yang diberi nama Birthday Cake Flavor’. Varian ini bisa kamu dapatkan di minimarket, toko-toko atau pusat perbelanjaan terdekat.

Apa bedanya dengan yang biasa? Sesuai namanya, varian spesial ini mempunyai tampilan yang spesial pula. Dengan tetap mempertahankan tampilan biskuit Oreo yang khas, namun bertabur sprinkle warna-warni pada topping vanila di tengahnya. Soal rasa, jangan ditanya. Tidak pernah berubah sejak dulu kala. Proporsi dan manisnya pas, tidak enek atau berlebihan. Makannya pun jadi ketagihan.

Kemasannya pun tampil beda, yeorobun. Kalau biasanya kemasan Oreo didominasi oleh warna biru, kali ini ada kombinasi warna baru yaitu merah jambu. Nah, yang bikin terasa makin spesial adalah kemasan ini juga mencantumkan kode QR yang bisa kamu scan dengan gawai dan langsung terhubung dengan fitur Augmented Reality (AR) berupa filter Instagram pada akun resmi @oreo_indonesia.

2. Fitur Augmented Reality

fitur augmented reality

Oreo juga mengajak keluarga Indonesia untuk ikut serta dalam keseruan perayaan ulang tahun kali ini dengan meluncurkan fitur augmented reality (AR) berupa filter Instagram. Rayakan keseruan momen tiup lilin bersama Oreo secara virtual dan dapatkan hadiah-hadiah menarik untuk 110 partisipan beruntung yang berhasil meniup 110 lilin. Oiya, sebelum tiup lilin jangan lupa make a wish terbaikmu untuk Oreo, ya!

3. Kolaborasi dengan Merchant F&B

oreo bittersweet by najla

Khusus di ulang tahun ini, Oreo juga menggaet beberapa merchant F&B terkenal untuk meluncurkan produk spesial. Sebut saja Bittersweet by Najla. Najla Farid Bisyir selaku Founder mengaku senang bisa berkolaborasi dengan biskuit legendaris yang satu ini. Dan, khusus untuk memeriahkan perayaan ulang tahun Oreo, Bittersweet by Najla menghadirkan produk khusus dessert box bertajuk ‘cookies and cream special anniversary’. Wah, pasti jadi semakin seru dan diburu banyak penggemar Oreo, nih!

FYI, Bittersweet by Najla ini tidak cuma ada di Jakarta Raya, ya. Outlet resminya sudah tersebar di berbagai daerah, seperti Surabaya, Solo, Semarang, Yogyakarta dan Bandung. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kesulitan untuk mencoba varian spesial #UlangTahunOreo ini. 

#WishOreo110 untuk #UlangTahunOreo

Yeorobun, ulang tahun merupakan momen spesial yang menandai pertambahan usia seseorang menjadi lebih dewasa. Ada yang merayakannya secara sederhana, ada pula yang mengadakan pesta. Bagaimana pun caranya, ulang tahun selalu diiringi dengan sederet doa dan harapan panjang umur serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun berikutnya.

Begitu pula dengan #UlangTahunOreo ini. Perayaan #WishOreo110 adalah salah satu bentuk ungkapan syukur Oreo karena bertambahnya usia yang sudah lebih dari seabad. Dan, dalam perayaan ini aku berdoa semoga Oreo tetap panjang umur, agar selalu menemani kehangatan keluarga dari generasi ke generasi.

Semoga kesuksesan selalu menyertai Oreo, dengan inovasi dan kreasi yang tiada henti. Tradisi turun-temurun yang diciptakan Oreo selalu menjadi sumber inspirasi keseruan bersama keluarga. Itulah kenapa, aku berdoa agar Oreo terus dicintai dan mendapat tempat khusus di hati para penggemarnya.

Oreo selalu berhasil menghadirkan sesuatu yang baru, yang menginspirasi momen-momen haru dan seru bagi para ibu. Semoga Oreo juga selalu membersamai tumbuh kembang generasi penerus bangsa menjadi anak-anak yang sehat, ceria dan bahagia. Seperti tawa mereka ketika menikmati Oreo sambil bermain dan belajar.

Semoga, ya! Kalau kamu? Apa harapan terbaikmu untuk ulang tahun Oreo ke-110 ini? Ceritakan di kolom komentar dan jangan lupa ikut memeriahkan perayaan #WishOreo110 ya!

REFERENSI

  1. 5 Manfaat cokelat untuk Kesehatan Anak-anak - https://www.popmama.com/amp/kid/1-3-years-old/fx-dimas-prasetyo/manfaat-cokelat-untuk-kesehatan-anak-anak
  2. Jangan Larang Anak Makan cokelat, Simak Manfaatnya Berikut Ini! - https://id.theasianparent.com/manfaat-cokelat/amp
  3. Efek Positif dan Negatif Konsumsi cokelat untuk Si Kecil - https://motherandbeyond.id/amp/9721/efek-positif-dan-negatif-konsumsi-cokelat-untuk-si-kecil
  4. Apakah Makan cokelat Baik untuk Anak? - https://amp.kompas.com/health/read/2021/12/29/080000068/apakah-makan-cokelat-baik-untuk-anak
  5. Banyak Digemari Anak-anak, Intip 4 Manfaat Mengonsumsi cokelat untuk Kesehatan - https://kids.grid.id/amp/472987203/banyak-digemari-anak-anak-intip-4-manfaat-mengonsumsi-cokelat-untuk-kesehatan?page=all
  6. Press Release Oreo 11th Birthday #WishOreo11 dalam Lomba Blog Oreo 110th Birthday Celebration - https://ibuibudoyannulis.com/iidnreborn/lomba-blog-oreo-110th-birthday-celebration/

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. We are one, 사랑하자!

Related Posts

1 comment

  1. kehadiran oreo memang bikin hangat suasana ya mba, apalagi kalau sampai rebutan wkwk

    ReplyDelete

Post a Comment