admasyitoh.com

Review Aplikasi IDN App: Beragam Inspirasi dalam Satu Genggaman!

16 comments

review aplikasi idn app terbaru

"Ya. Kita hidup di dunia yang progresif." — Drama Korea 'Because This Is My First Life'

Aku setuju dengan kata-kata Nam Se Hee di drama itu. Yeorobun, saat ini kita memang hidup di era yang sangat dinamis dan progresif. Dimana dunia cepat sekali berubah dan berkembang, termasuk dalam bidang teknologi digital. Kemudahan untuk mendapatkan akses informasi dan berita menjadi kebutuhan esensial yang tidak bisa lagi dikesampingkan.

Menjadi blogger yang menggemari budaya Korea (Korean Culture), aku menyadari bahwa aku sangat bergantung pada teknologi ini. Apalagi mengikuti arus gelombang Hallyu ini seolah tidak ada habisnya, yeorobun. Selalu ada isu-isu baru setiap hari yang sayang sekali untuk dilewatkan. Agar tidak ketinggalan berita terbaru, aku membutuhkan platform atau aplikasi baca berita yang komprehensif dan up to date.

Untungnya sekarang ada IDN App, sebuah aplikasi untuk baca berita yang menyenangkan. Hadir dengan berita terlengkap dan terkini, IDN App menjadi partner sekaligus sumber inspirasi untuk tulisan-tulisanku. Tidak hanya informatif, platform satu ini juga kaya fitur yang ‘bisa banget’ menjawab kebutuhan para Millennials dan Gen Z. So, seperti apa sih serunya menjelajah aplikasi ini? Yuk, kita bredeli satu per satu di sini…

Aplikasi Baca Berita Terlengkap dan Terkini yang Kaya Inspirasi

Siapa sih yang nggak kenal IDN Times? Gudangnya artikel dan berita Indonesia yang paling hits dan kekinian. Kalau googling tentang topik apapun pasti selalu ketemu dengan IDN Times. Betul? Tahu nggak sih, IDN Times sudah memuat 652 ribu postingan lo! Dari topik lifestyle, hiburan, bisnis, sport, kesehatan, sampai berita hari ini semua tersedia.

Atau, ada yang mengikuti Popbela.com? Suka cari inspirasi fashion dan beauty di platform ini? Yap, Popbela.com fokus membahas tentang lifestyle, fashion, beauty dan pop culture yang identik sekali dengan perempuan masa kini.

Ada lagi nih Popmama.com, another populer digital platform yang memuat all about parenting. Kalau kamu seorang mama milenial dan ingin mencari info atau tips-trik seputar pengasuhan anak, di sinilah tempatnya! Komplit, semua ada! Mulai dari masa kehamilan sampai anak lahir dan tumbuh remaja, ada semua artikelnya. Tinggal dipraktikkan demi menjadi orang tua yang baik, hihi.

Tiga platform yang aku sebutkan tadi adalah sebagian kecil media yang berada di bawah naungan IDN Media—sekaligus yang paling sering aku gunakan. Bayangkan bagaimana jadinya kalau ketiga platform ini bisa diakses dalam satu aplikasi saja? Pasti seru dan memudahkan sekali!

Nah, inilah yang ditawarkan oleh aplikasi IDN App. Ribuan berita, informasi dan inspirasi ada dalam satu genggaman. Cukup modal gawai di tangan, kita sudah bisa mengakses semua media yang kita inginkan. Tidak hanya tiga platform tadi ya, kita bisa mengakses platform IDN Media lainnya.

media platform idn app

Personally, sebagai blogger sekaligus fans KPOP, favoritku adalah IDN Times dengan topik Korea. Di sanalah aku bisa menemukan berita atau isu yang ‘lagi happening’ untuk dimuat di blog personalku. IDN App mencakup semua informasi seputar Hallyu yang kemudian menjadi ide, inspirasi sekaligus referensi untuk menulis para oppa kesayanganku.

Seperti ketika aku menulis ulasan ini, bertepatan dengan momen comeback EXO, boy group yang paling aku gandrungi. Wah, aku excited sekali! Banyak artikel di IDN Times terkait EXO yang bisa melengkapi kekurangan informasiku. Seperti postingan berjudul 7 Fakta Comeback EXO di Album Ketujuh Bertajuk EXIST, Formasi Lengkap?

Dan, semakin banyak yang aku baca, semakin dalam pula yang bisa aku tulis. Di sinilah pentingnya riset konten. IDN Times adalah partner yang baik dengan menjadi rujukan yang komprehensif dan kredibel.

Sayang sekali, sampai artikel yang sedang kamu baca ini aku publish, IDN Times—sepertinya luput—belum mengungkit bahwa MV “Let Me In” sudah berhasil menduduki posisi #1 YouTube worldwide trending. Comeback EXO kali ini seperti menjanjikan kesuksesan besar karena pre-order albumnya sudah memecahkan rekor sebagai album yang ‘paling banyak dipesan dalam waktu 24 jam’ sepanjang sejarah KPOP melalui Ktown4u (platform online untuk penjualan KPOP stuff secara internasional dan resmi).

Terlepas dari itu, aku tetap enjoy menggunakan aplikasi live streaming yang khas dengan warna merah ini. Tidak hanya topik Korea, topik-topik lain juga tidak kalah menarik untuk disimak. Terutama tentang parenting, kuliner dan lifestyle yang sangat relate dengan kehidupanku sehari-hari. Semua disajikan secara up to date dan terpercaya. Dijamin nggak akan ketinggalan berita viral deh!

Fitur-fitur Unggulan Aplikasi IDN App Terbaru

“IDN is a one-stop content platform for millennials and Gen Z in Indonesia.”

Sesuai dengan tagline di atas, IDN App adalah bank ide dan inspirasi untuk aktivitas sehari-hari yang dibutuhkan oleh para Millennials dan Gen Z. Beragam info menarik dan bermanfaat bisa dinikmati dalam genggaman tangan.

Selain konten-kontennya yang lengkap dan kekinian, IDN App punya beragam fitur unggulan, yang membuat aplikasi ini begitu dicintai oleh para pengguna. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Responsif dan User Friendly

Selama menggunakan IDN App, aku hampir tidak pernah mengalami kendala aneh-aneh, seperti tulisan yang kurang jelas, menu yang njelimet atau sejenisnya. Ini karena aplikasi ini cukup responsif dan user friendly. Bisa diakses dengan laptop maupun ponsel serta mudah sekali digunakan meskipun oleh pengguna baru. Keunggulan ini masih didukung pula oleh beberapa poin penting di bawah ini.

1.1 Tampilan Simpel dan Jelas

IMHO, kunci utama kenyamanan platform baca berita bagi pengguna terletak pada tampilan. Meski punya ratusan ribu postingan—baik berita hard news maupun artikel populer—aplikasi ini tetap mempunyai tampilan yang simpel, rapi dan cenderung minimalis. Style seperti ini belakangan memang lagi digandrungi oleh banyak orang, yeorobun.

Menu navigasinya pun jelas dan bisa dioperasikan dengan baik. Kemudian, tidak ada tampilan yang mencolok mata. Desain tampilannya sederhana dan elegan, membuat pengguna betah berlama-lama menjelajahi artikel-artikel di dalamnya. Benar-benar anti ribet dan anti rempong!

1.2 Artikel Bergaya Listicle

Ini salah satu fitur yang paling aku sukai dari IDN App. Informasi yang disajikan dengan gaya listicle menurutku lebih mudah dipahami daripada gaya narasi yang panjang dan ngebosenin. Nah, artikel-artikel yang ada di aplikasi ini mayoritas disajikan dengan gaya poin-poin seperti ini. Jadi lebih gampang ‘kan bacanya?

1.3 Bahasa Mudah Dipahami

Karena target utama IDN App ini adalah para Millennials dan Gen Z, bahasa yang digunakan pun tentu bahasa yang populer dan mudah diterima oleh pembaca. Seperti bahasa ketika ngobrol dengan teman sendiri. Bahkan untuk berita hard news pun tidak menggunakan bahasa yang serius dan berat.

1.4 Aplikasi Ringan

Poin ini krusial sekali untuk sebuah aplikasi ponsel. Ringan dan loading-nya tidak lambat (pada koneksi yang stabil). Selama menggunakan aplikasi IDN App, aku belum pernah mengalami masalah seperti eror, tiba-tiba 'ngelag' atau gagal loading artikel. Ini menandakan bahwa aplikasi ini tidak berat ketika dipasang di ponsel.

1.5 Opsi Mode Gelap

Ada yang hobi scrolling medsos atau berita sebelum tidur? Sama, aku juga. Entah kenapa rasanya ada yang kurang kalau belum ngecek ‘berita hari ini’ sebelum tidur. Nah, salah satu keunikan IDN App adalah adanya opsi mode gelap. Opsi ini bisa kamu temukan di bagian Pengaturan dan bisa dikonfigurasi secara otomatis mengikuti setting ponsel, lo! Scrolling berita malam-malam pun jadi lebih nyaman di mata dan tidak mengganggu teman tidur di sampingmu, hihi.

2. Pilihan Topik Beragam

Total ada 23 topik yang bisa dipilih pada menu Explore. Dengan banyaknya cakupan topik ini, IDN App bisa menjangkau lebih banyak pengguna. Sebab, apapun hobi serta minat para Millennials dan Gen Z semua terakomodasi dengan baik. Laki-laki, perempuan, single, parents, ibu rumah tangga, karyawan swasta, freelancer, guru, apapun latar belakangnya bisa menikmati topik pilihan yang diminati. Kurang lengkap apa coba?!

3. Iklan Tidak Mengganggu

Yang tidak kalah penting, iklan-iklan yang dipasang di IDN App ini tidak mengganggu aktivitas digital pembaca. Di aplikasi ini kita tidak akan sampai mengumpat dalam hati karena lagi enak-enaknya baca berita tiba-tiba ada iklan besar yang muncul di tengah jalan. Gangguan seperti tulisan yang tertutup iklan tidak akan dijumpai di aplikasi ini.

4. Fasilitas Hiburan Seru 

IDN App masih memberi tambahan dengan menghadirkan hiburan seru. Di sini, kamu bakal menemukan banyak Quiz yang seru dan menghibur abis. Aku sudah pasti paling suka Quiz receh-receh yang berbau Korea. Selain seru, ternyata ini juga bisa mengukur seberapa parah sih kegilaanku pada budaya Korea.

Seperti Quiz yang baru-baru ini aku ikuti, Tebak Judul Drama Korea dari Pemainnya. Seberapa Ingat Kamu? Hasilnya ternyata aku ‘hebat banget’, bisa menebak semua pertanyaan dengan benar. Wah, sepertinya memang aku secinta itu nonton drama Korea!

Eits, bukan berarti Quiz di sini cuma main-main ya! Ada juga Quiz yang ‘lebih serius’ yang berkaitan dengan psikologi atau relationship, yang bisa digunakan untuk mengetahui karakter seseorang. Penasaran? Coba deh, biar tahu sensasinya!

fitur hiburan di idn app

Belum cukup sampai di situ, kita juga bisa nonton film gratis di IDN App ini. Pada menu Explore > Nonton Film Gratis Yuk kita bisa memilih tayangan yang menarik. Berkolaborasi dengan TrueID, IDN App menghadirkan berbagai judul film, serial atau klip pendek Indonesia dan Thailand secara GRATIS. Dan, sebagai drakor lovers, aku berharap semoga kelak aku bisa nonton film atau drama Korea juga di IDN App.

5. Berpotensi Menghasilkan Cuan

Nah, ini yang paling menarik dan tidak boleh kamu lewatkan. Instal aplikasi IDN App juga berpotensi menghasilkan uang jajan tambahan, lo! Berita ada, artikel populer banyak, hiburan bisa, masih dikasih bonus cuan. Siapa yang nggak tergoda? Ada beberapa program di IDN App yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk pengguna.

5.1 Program Referral

Program referral memungkinkan pengguna untuk mendapatkan komisi dalam bentuk poin dengan nominal tertentu. Saldo reward ini bisa dicairkan via e-wallet atau rekening bank. Syarat dan ketentuan lengkap ini bisa dibaca jelas di IDN Times ya, yeorobun.

“Referral program IDN App adalah memberikan kesempatan untuk user lama untuk mendapatkan reward dengan cara me-refer kode referralnya ke temannya yang belum menjadi user IDN App.” — IDN Times

5.2 IDN Live atau Website Live Streaming

Yang paling ‘hot’, IDN App juga meluncurkan program IDN Live, sebuah fitur layanan live streaming berkualitas yang bisa digunakan oleh para konten kreator. Tujuannya untuk membantu para Millennials dan Gen Z mendapatkan tayangan yang bermanfaat dan berkualitas.

Melalui website live streaming ini para kreator konten akan mendapatkan apresiasi dari Audience berupa virtual gift yang akan dikonversikan ke dalam bentuk poin sebelum bisa ditukar sebagai nominal rupiah.

aplikasi live streaming idn app

Syarat dan ketentuan lengkapnya bisa dibaca lengkap di IDN Times ya, yeorobun. Yang perlu kita pahami sejak awal adalah istilah-istilah penting terkait program IDN Live ini.

  • Audience adalah user yang menonton konten yang dibuat oleh kreator dan dapat memberikan apresiasi berupa virtual gift
  • Streamer adalah user yang membuat konten live streaming guna ditonton oleh Audience, bisa disebut juga dengan kreator konten

Fitur ini sangat menguntungkan bagi para kreator konten untuk mendapatkan penghasilan. Tetapi sebagai Audience aku pun turut diuntungkan karena bisa memilih tayangan live streaming sesuai yang aku butuhkan. Apalagi cara menggunakannya pun sangat mudah.

  • Pertama, masuk ke halaman IDN Live pada IDN App dan akan ditampilkan pilihan live streaming yang sedang berlangsung
  • Kedua, pilih salah satu live streaming yang diminati
  • Ketiga, masuk ke ruangan live streaming yang sudah dipilih
  • Keempat, berikan virtual gift yang berkesan kepada Streamer

5.3 Menu Kreator

Bagi kamu yang punya passion menulis, IDN App juga memberi kesempatan untuk menghasilkan cuan melalui program kreator. Apa saja yang bisa ditulis? Bebas, asal tetap bisa dipertanggung jawabkan.

Seorang sahabat yang sudah lama menjadi kreator di IDN Times pernah berkata, mulai saja menulis hal yang paling disukai atau paling ahli di bidang itu, lama-lama skill-mu akan terus berkembang. Sama seperti program lainnya, dari menu kreator ini penulis akan mendapatkan reward berupa poin yang bisa ditukar menjadi rupiah.

5.4 Lomba Blog

The last but not least, IDN App juga memberi kesempatan buat blogger untuk berburu cuan nih. IDN Media sering mengadakan event kompetisi blog yang berhadiah jutaan rupiah. Ikuti akun official di sosial media dan page Event di aplikasi IDN App agar tidak ketinggalan infonya!

Yuk, Download IDN App Sekarang!

Yeorobun, IDN App adalah aplikasi berbasis mobile yang menyediakan berita terlengkap, terbaru dan terpopuler yang dibutuhkan oleh para Millennials dan Gen Z. Fitur-fitur unggulan yang ditawarkan membuat aplikasi ini begitu dicintai oleh penggunanya. Konten-konten di dalamnya cocok untuk pembaca dari berbagai latar belakang.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menghasilkan cuan tambahan dari aplikasi live streaming satu ini. IDN App benar-benar one-stop platform media sosial yang dibutuhkan oleh generasi masa kini.

Tanpa perlu basa-basi, yuk download aplikasi IDN App sekarang juga dan nikmati beragam manfaat di dalamnya! Jangan lupa gunakan kode referral alf.iurtsdd6d ya, agar kita bisa saling berbagi dan menyebarkan manfaat sebanyak-banyaknya! IDN App, temukan beragam inspirasi dalam satu genggaman!

review idn app

Referensi

  1. Panduan Penggunaan Fitur Live di IDN App -https://www.idntimes.com/life/inspiration/productidn/panduan-live-idn-app
  2. Mau Ikut Referral Program IDN App? Yuk, Cek Syarat dan Ketentuannya -  https://www.idntimes.com/news/indonesia/umi-kalsum-1/mau-ikut-referral-program-idn-app-yuk-cek-syarat-dan-ketentuannya
  3. Bagaimana Cara Memakai dan Menemukan Kode Referral di IDN App - https://www.idntimes.com/news/indonesia/umi-kalsum-1/bagaimana-cara-memakai-dan-menemukan-kode-referral-di-idn-app

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

16 comments

  1. Sebagai mamah milenial aplikasi IDN sangat membantu sekali dalam berbagai hal. Aplikasi yang selalu on di hape ku nih. Emang sangat memudahkan dalam menangkap berita dan mencari hiburan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. idem mbak, aku juga.. meskipun quiznya kayak receh2 tapi menghibur juga wkwk

      Delete
  2. Bener-bener dalam satu genggaman ya mbak. Aku juga suka baca popbella dan Popmama buat cari tahu tentang parenting. IDN App juga update tentang drama Korea juga mbak. Kapan lalu aku lihat beritanya ada tentang Doctor Cha drakor favorit ku, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak... gercep banget ini memuat artikel atau berita tentang drakor yang lagi hits hehe

      Delete
  3. Kalau aku paling suka nih kalau tampilannya simple, elegan, informatif dan enak dibaca. Jadi mau update info juga bakal betah lama-lama di IDN App karena user friendly. Ada banyak juga fiturnya ternyata ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... dan artikelnya tuh listicle gitu, jadi enak kan bacanya ga bosenin... ga kayak baca berita biasa

      Delete
  4. IDN app memang keren, buka hanya sebagai sumber berita dan informasi saja, tetapi ada fitur-fitur kekinian yang bakal bikin betah berselancar di dalamnya, termasuk live streaming pas pastinya banyak yang suka juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku jarang buka live streamingnya, karena lebih suka baca artikel aja, hehe

      Delete
  5. Suka sekali dengan IDN App ini, paling disuka ikut live streaming. Ada stream chat yang bikin mudah berinteraksi. Banyak insight baru juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. benaarr sekali... insightnya banyak, tapi disajikan secara asyik dan ga membosankan

      Delete
  6. Saya kalau sudah baca satu artikel di IDN malah suka tenggelam di dalamnya. Klik lagi dan lagi artikel yang berhubungan dengan artikel sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. App yang sangat membantuku biar nggak ketinggalan berita. Wajin banget Ini untuk di unduh.

    ReplyDelete
  8. aplikasiny lengkap bet ini, berita ada, live streaming jg dn bisa nmbah cuan...enggak itu sja pula, hiburan dlm bentuk quiz pun jg ada, mantab nih IDN app

    ReplyDelete
  9. Selama ini saya follow IDN Times di Instagram saja dan cukup suka dengan gaya dan ciri khas penyajian berita ala mereka. Sekarang sudah ada aplikasi khususnya, makin keren dah!

    ReplyDelete

Post a Comment