admasyitoh.com

MV KPOP Terbaik dengan Tema Komedi, Bikin Ketawa dan Hepi Lagi!

14 comments

mv kpop terlucu

Pernah dengar istilah MV kan? Music video. Itu lo, video yang mengiringi musik atau lagu tertentu. Di tulisan ini kita fokus bahas MV KPOP, ya.

Dari sekian banyak yang ada, MV KPOP terbaik itu yang gimana sih?

IMHO, ini lebih ke soal selera ya. Kalau beberapa tahun ini fandom-fandom KPOP saingan jumlah views MV di YouTube, kalau aku pribadi lebih ke kualitas MV-nya. Jadi, nggak selalu MV KPOP yang booming banget dan jumlah views-nya terbanyak adalah yang terbaik. Nope! I don’t think so…

Menurutku, yang terbaik adalah yang lagunya bagus, suaranya sopan di telinga, kualitas vokal idolnya juara, punya konsep yang jelas atau unik, sinematografinya keren, plus yang nggak kalah penting adalah pesannya sampai ke penonton. Yang sekali lihat langsung 'klik' alias berkesan. Nah, nyari MV KPOP yang begini nih yang susah, yeorobun.

KPOP sendiri buatku sudah menjadi hiburan yang paling gampang dicari ketika lagi suntuk-suntuknya menghadapi keruwetan hidup. Nonton video-video KPOP bisa bikin aku senyum-senyum nggak jelas sendiri. Sejenak melupakan kegalauan dalam jiwa.

Gimana jadinya kalau video KPOP yang ditonton justru video lucu atau komedi? Wah, dijamin bisa bikin cekikikan bahkan ketawa sendirian di kamar!

MV jadi salah satu pilihan video per-KPOP-an yang paling sering aku tonton, selain drama Korea dan variety show. MV lagu KPOP selalu punya konsep tertentu. Inilah kenapa setiap MV pasti unik atau khas, berbeda antara yang satu dan yang lain. Apalagi kalau MV tersebut menjadi title track suatu album.

Tema atau konsep MV ini beragam. Bisa pop-culture, cute, romantic, dark, misterius, atau bahkan komedi. 

Setahuku tidak banyak MV KPOP yang mengusung tema komedi ini. Dan, berikut ini adalah beberapa MV KPOP terbaik dengan tema komedi atau terlucu yang pernah aku tonton. Yang bikin suasana jadi ceria, ketawa-ketawa tapi tetap punya nilai estetika. Check it out!

MV KPOP Terbaik dan Terlucu

DISCLAIMER! Berikut ini adalah daftar MV lagu KPOP dengan konsep terlucu dari lintas generasi KPOP. List ini ditulis berdasarkan pengalaman dan preferensi pribadi. Bukan berarti grup yang tidak ditulis di sini jelek, bukan. Tetapi, yang dipilih cuma yang punya konsep komedi. Terima kasih atas pengertiannya.

1. MV EXO-CBX “The One”

Sebagai EXO-L (fans EXO) aku paham betul kalau konsep utama grup ini mengusung tema fantasi misterius yang cenderung dark. Nah, tahun 2016 SM Entertainment membuat gebrakan dengan mendebutkan sub unit EXO-CBX yang punya background sebaliknya. 

EXO merupakan salah satu boy group KPOP generasi 3 terbaik yang pernah ada, jadi soal kualitas vokal dan musiknya enggak perlu diperdebatkan lagi deh. Buatku, EXO adalah grup KPOP terbaik yang pernah ada. Kumpulan 9 orang multi talenta yang indah dan harmonis. Soal visual, wah EXO juara sih. Visual killer! Intinya grup ini juara buatku.

Nah, ada salah satu MV grup ini—dari sub unit EXO-CBX—yang punya konsep lawak banget. Judulnya “The One”, dirilis tahun 2016 sekaligus menandai debut sub unit ini. "The One" menjadi opening track album perdana mereka, Hey Mama! sekaligus menjadi special clip untuk tur konser EXO PLANET #3 - The EXO’rDIUM.

Lagu ini bergenre pop-disco, yang punya ritme ceria dan funky. Mengadopsi gaya retro 1970an (old school) yang dipadukan dengan ritme modern. Dalam MV-nya, ada penampilan spesial dari Suho (leader EXO), yang ditafsirkan sebagai bentuk dukungan EXO atas debutnya sub unit EXO-CBX.

Yang lucu dari MV ini adalah jalan ceritanya. Sebetulnya lagunya menceritakan tentang cowok yang tidak bisa menolak pesona cewek yang disukainya. Tapi dibalut dalam komedi. Kehadiran Suho juga jadi makin menghibur, karena disini ia benar-benar ‘dinistakan’ oleh Chen, Baekhyun dan Xiumin yang jail dan iseng banget.

/…ngakak banget asli di sini, beneran menggambarkan real life mereka kayaknya, ChenBaekXi (dan member lain) yang jail dan nakal di luar nalar, serta Suho sang Leader yang menghadapi ‘penistaan’ dari membernya dengan kesabaran setebal isi dompetnya, haha.../

Nah, puncak komedinya adalah plot twist di bagian akhir video. Sosok cewek yang ada dalam video ternyata punya wajah yang sama persis dengan Baekhyun, tapi super duper cantik dan centil!! Maaf ya, yang cewek tulen bisa insecure gara-gara kecantikan Baekhyun di sini. Nggak habis thinking aku tuh...

2. MV SF9 “Mamma Mia!”

SF9 juga merupakan salah satu boy group KPOP generasi 3 yang punya kualitas terbaik. Sayangnya grup ini terlalu underrated, kurang mendapat perhatian publik, apalagi di Indonesia. Padahal grup ini punya talenta yang layak diperhitungkan. Seperti EXO, SF9 ini juga terdiri dari 9 orang oppa-oppa tampan (dan mapan) yang pesonanya susah ditahan, yeorobun.

/…kenapa aku terjebak di perbucinan oppa yang anggotanya 9 orang, 18 orang oppa sudah cukup memeriahkan semesta perbucinanku pada bias lah.../

Sebagai Fantasy (fans SF9), jujur, aku merasa kecewa dan sangat menyayangkan bakat mereka. Dari segi vokal, dance, visual hingga kualitas musik, SF9 ini punya nilai yang bagus sekali. Sangat berkarakter dan ‘menjual’ seharusnya. Tapi entah kenapa grup ini kurang terkenal. 

Konon, ini karena kurangnya promosi dari agensi. Yah, di Korea sana FNC Entertainment memang dikenal sebagai agensi yang terlalu menyia-nyiakan talenta para artisnya karena tidak memberikan promosi yang proper. Aigoo, bulsanghae…

Ada satu MV dari SF9 yang aku suka banget karena kocak nggak ada obat! Dijamin bikin ketawa nontonnya. Berjudul “Mamma Mia!”, lagu ini merupakan bagian dari mini album keempat SF9 dengan tajuk yang sama (dirilis tahun 2018).

Melansir dari 1TheK, “Mamma Mia!” menggambarkan tekad para cowok untuk memperjuangkan cintanya, tapi dikemas dengan cara yang playful (nggak ada keliatan unsur romantisnya blass, kecuali lirik lagunya). Lagu ini bergenre retro, upbeat yang funky serta memancarkan energi yang bright dan cheerful. Intinya asik dan ceria banget!

Soal konsep udah nggak perlu ditanya lah, dijamin kocak! Visual mereka itu lo, lucu-lucu dan bikin aku salah fokues, haha. Ditambah dance-nya yang energik, kompak dan asik. Yah, beginilah kalau sekumpulan dancer dengan visual memukau diberi talenta vokal dan akting. Penonton bukan cuma dimanjakan dengan suara mereka, tapi juga performance, dance, visual dan akting!

Member SF9 tampil sebagai pemuda labil yang naif, nakal dan menggemaskan. Di sini kamu bakal lihat akting mereka yang keren-keren. Berasa nonton sitkom pokoknya. Nggak heran kalau masing-masing member ini kemudian terjun ke dunia akting.

MV-nya lucu nih, proses syutingnya jauh lebih lucu lagi. Rowoon, salah satu member SF9, bilang kalau saat syuting MV ini mereka diminta untuk akting secara natural. Artinya menunjukkan sisi asli mereka. 

Alih-alih akting, Rowoon justru bilang, “Aku rasa member tidak perlu akting. Kami hanya perlu menunjukkan sisi asli kami di MV ini.” So, kalau kamu melihat kerusuhan dan keributan di MV ini, yah kira-kira seperti itulah kelakuan mereka aslinya di dunia nyata kalau lagi ngumpul semua member.

Saking rusuhnya (ketika syuting), mereka sampai harus take berkali-kali, lo! Director-nya sampai angkat tangan. Akting natural mereka melebihi ekspektasi alias mereka terlalu rusuh dan susah diatur! Aigoo, gosaenghasyeosseumnida gamdognim…

3. MV Super Junior “Mamacita”

Next, ada boy group legend dari KPOP generasi 2 nih. Kalau dengar nama Super Junior tuh bawaannya emang langsung pengen ketawa. Karena kelakuan asli mereka di real life yang memang kocak. Sudah bukan rahasia lagi kalau member-membernya adalah para pelawak yang melakukan kerja sampingan sebagai idol, kata netizen, saking konyolnya mereka.

Tingkah konyol ini kebawa sampai ke MV mereka, yeorobun. Salah satunya di MV “Mamacita” yang dirilis tahun 2014 silam. Lagu ini menjadi title track album mereka yang ketujuh bertajuk Mamacita. Bergenre pop R&B, jazz yang seru abis, videonya bertema Amerika Latin. Di MV ini, lihat muka mereka aja udah bikin ketawa, lebay banget, tapi lucu!!

By the way, MV Super Junior yang satu ini ada dua versi. Full MV version (yang original) dan Drama Version. Versi full MV masih menampilkan jalan cerita secara keseluruhan dan ada tampilan dance mereka. Kalau versi dramanya hanya menampilkan cerita tanpa ada penampilan mereka dance. Yang versi drama lebih lucu daripada yang versi MV.

4. Heechul ft. Min Kyung Hoon “Sweet Dreams”

Apapun yang berhubungan dengan Suju alias Super Junior rasanya memang selalu mengundang tawa, yeorobun. Apa kaitannya dengan “Sweet Dream”? FYI, buat yang belum tahu, Heechul adalah salah satu member Super Junior yang paling ‘rusuh dan suka ribut’. Bisa dibilang, Heechul adalah ‘biang kerok keributan’ di manapun ia berada. Karena orangnya memang seseru dan seasik itu.

Di lagu “Sweet Dreams” yang dirilis tahun 2016 ini Heechul duet dengan Min Kyung Hoon, solois sekaligus vokalis band rock Buzz. Lagu ini bergenre sentimental rock dengan jalan cerita yang sebetulnya ‘ngenes’ dan nggak lucu sih.

Yang bikin MV lagu ini jadi lawak adalah Heechul jadi sad boy di sini. Jadi ceritanya dia punya crush nih, dia naksir cewek yang di MV ini diperankan oleh Momo Twice. 

Kehadiran cast Knowing Brothers (variety show di JTBC) yang lain bikin MV ini jadi makin lawak. Para cast Knowing Brothers, Kang Hodong cs, menculik dan menyekap Momo.

/…kalau tahu kelakuan mereka di Knowing Brothers pasti tepok jidat lihat mereka di MV ini, karena aslinya mereka rusuh banget, heran…/

Demi menyelamatkan Momo, Heechul dan Kyung Hoon belajar beladiri kepada Lee Soogeun (cast Knowing Brothers juga). Mereka pun akhirnya berhasil mengalahkan Kang Hodong cs dan membebaskan Momo. Nah, plot twist-nya di sini nih. Ketika Heechul mau memeluk Momo, ternyata Momo mendorongnya. Momo memilih menjatuhkan pelukan ke Kyung Hoon. Heechul cuma bisa terdiam melihat cewek yang dia sukai memilih sahabatnya.

Plot twist berikutnya, ternyata semua peristiwa di atas cuma mimpi Heechul, yeorobun. Ketika terbangun dari mimpi, Heechul melihat Momo masuk ke kelasnya dan memperkenalkan diri. Yaa, Heechul otomatis seneng dong ya, karena yang dialami cuma mimpi. Masih punya kesempatan nih memperjuangkan cinta, hehe.

Ending-nya adalah puncak plot twist dan komedi sekaligus (sorry to say) cringe. Ter-plot twist dari semua plot twist yang ada. Melihat Heechul salting karena kehadiran Momo, Kyung Hoon cuma menghadapi dengan santai dan senyuman. Tapi siapa sangka kalau di mejanya ia ternyata pernah menulis ‘김희철 ❤ 민경훈’ yang artinya ‘Kim Heechul ❤ Min Kyung Hoon’.

Speechless kan? Sama! No comment deh. Melongo aku lihatnya.

Yah, terlepas dari segala kontroversi dan skandalnya (FYI, di real life Heechul memang pernah pacaran dengan Momo), lagu ini buatku tetap lucu karena lihat ekspresi muka mereka di sini lawak banget. Mungkin karena aku terbiasa nonton kerusuhan mereka di Knowing Brothers kali ya. Dan, yang paling penting lagu ini menyabet gelar ‘all kill’ di Gaon Digital Chart, sebuah pencapaian yang luar biasa dan tidak mudah, yeorobun.

Penutup

Well, itulah MV KPOP terbaik dengan tema komedi dan terlucu yang pernah aku tonton. Apapun konsepnya, MV KPOP selalu punya ciri khas dan daya tarik tersendiri. Sayangnya, tidak banyak MV KPOP yang mengusung tema komedi namun tetap punya nilai estetika. Dalam artian, punya unsur komedi yang pas, nggak berlebihan, nggak neomu isanghae (nggak aneh) dan nggak freak. Walaupun pendapat ini cenderung relatif ya, karena semua kembali ke soal selera alias preferensi.

Nah, dari keempat MV KPOP terbaik dan terlucu di atas, mana yang paling kamu suka? Mana yang menurutmu paling lucu dan bikin ketawa? Share pendapatmu di kolom komentar ya! Annyeong…

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

14 comments

  1. Kalau aku pertama dengar yang sweet dream langsung klik dan sering diputer siih... Kayaknya aku yg agak hafal juga cuma itu deh mbak.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lagunya emang easy listening banget bun, aku juga suka. Makanya ini lagu juga mudah diterima orang awam hehe...

      Delete
  2. selama ini baru tahu kalau ternyata ada cerita-cerita menarik di MV nya KPOP, biasanya cuma goyang-goyang denger lagunya tanpa melihat MV nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena kalo ngomongin idol KPOP pasti udah identik dengan dance kan... padahal ya mereka jadi idol nggak cuma modal tampang dan dance doang, kudu pinter nyanyi dan pinter akting, biar syuting MV nya bagus wkwk

      Delete
  3. MV terlucuuuu... tapi bikin sebel yah..
    Masa member gans gitu berakting koplak?
    Kadang suka ngerasa, "Ya iya sii..seluruh dunia mengakui kegantenganmu.. tapi gak kudu dijele-jelein juga keleesss.."

    HUhuhu.. meng-SAD ngliat Mamacita Suju.

    Terlepas dari itu, salut sii.. ide MV yang sesuai dengan konsep lagu itu gak mudah. Plus akting jele buat aidel mungkin gak semudah yang kita bayangkan ya.. Yha kalii... kek aku, gak perlu akting juga dah gak camera face. Wkwkkw~


    Btw, thumbnail SF9 ko persis Ayangku Mas Jeno tersayang seyuniverse, beb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku paling nggak bisa bayangin behind the scene nya suju sih di sini.. hiks hiks.. masih rame ya padahal nggak ada bang yesung lo ini... cuma aku nggak bisa bayangin gimana rusuh dan hebohnya mereka pas syuting ini wkwk

      yang thumbnailnya SF9 itu yoo taeyang eon.. ganteng kan? pasti lah, haha.. iya juga sih, tak liat2 sekilas kok mirip mas jeno yaa?? cuma mas jeno lebih sipit aja, cuma segaris tok matanya hehehe

      Delete
  4. Duh ternyata nggak cuma pintar nyanyi dan joget-joget aja ya. Mereka juga jago akting dan kalo genrenya komedi bikin seru sih nontonnya.

    ReplyDelete
  5. Saya suka liat MV yang lucu lucu dan kocak gak bikin ngantuk si, tp klo yg ada dancenya tambah suka lg karena mereka ganteng2 ya kak

    ReplyDelete
  6. MV tuh meskipun sebentar aja, tapi garapnya lama, apalagi buat MV yang berkesan banget di hati pemirsa, orang yang awalnya ga suka sama band tersebut akhirnya tertarik jug untuk dengerin lagunya
    akupun penasaran akhirnya klik YTnya juga wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Korea memang jago dalam membuat cerita, khususnya MV ya. Dibuat dengan detail, lucu, dan ringan ringan. Jadi penonton terhibur.

    ReplyDelete
  8. Aku ngakak liat aktingnya para cast knowing brothers, bukan kayak film action tapi malah kayak komedi wkwk, boleh juga nih klo mereka tampil bareng lagi maen komedi gitu. Btw baru tau lho saya klo Heechul pernah pacaran sama Momo, liat mereka di MV kayaknya Heechul yg diputusin ya sama si Momo wkwk

    ReplyDelete
  9. Nah kalo komedi, mungkin bisa bikin aku suka felem korea. Karena komedi itu universal, asal jangan pake bahasa negeri konoho. jadinya komedo yg bikin meringis, bukan komedi yg bikin ketawa.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu nih istilah MV (jangan diketawain ya, Mbak).. Maklummm, bukan penggemar K-Pop dan drakor. 😆 Setelah liat videonya ternyata memang lucu ya. Jadi senyum² sendiri.

    ReplyDelete
  11. Anjaaayy si Baekyun bs2nya jd kayak cwek. Emg rata2 cwok kpop cakep2 sih. Didandanin kayak cwek jg bakalan manis tuh. Jujur baru tahu loh ada MV ini krn emg aku tuh senengnya cmn dengerin musik, bkn MVnya. Tp emg videonya ya keren2 bgt sih. Apalagi yg dr Big3. Plus anak usahanya BigHit yg msh msk Big3 jg sih.

    ReplyDelete

Post a Comment