admasyitoh.com

Harga Oli Motor Matic yang Hemat di Planet Ban

12 comments

harga oli motor matic

Tbh, sebagai perempuan yang tidak menggemari dunia otomotif, aku paling awam soal kendaraan bermotor dan segala tetek bengek perintilannya. Aku tidak tahu kapan harus servis, apa saja yang perlu diservis, berapa harga oli motor, bagaimana caranya ganti ban, dan lain sebagainya. Saking awamnya, aku bahkan tidak tahu kalau motor yang aku tumpangi bannya kempes. Keterlaluan bukan?

Baru setelah pegang motor sendiri, sejak kuliah di Surabaya beberapa tahun lalu, aku mulai aware dengan kondisi motor matic milikku. Aku pernah ketika berangkat ke kampus tiba-tiba motorku rewel. Tarikan gasnya terasa berbeda. Nggereng… Rasanya seperti lebih berat daripada biasanya.

Sampai di kampus, aku mengeluh ke teman-teman di kelas. Mereka—terutama para laki-laki—menanggapi. Mungkin waktunya servis atau ganti oli, begitu kata mereka. Oke, mungkin itu sebabnya motorku rewel.

Sepulang dari kampus aku langsung meluncur ke tempat servis motor di sekitar kost. Setelah dicek dan diservis, mekanik menghampiriku.

“Mbak, lain kali servisnya yang rutin ya! Jangan lupa ganti oli kalau sudah XXXX ribu. Jangan cuma dipakai tapi nggak dirawat. Eman-eman motornya. Walaupun nggak ada yang rusak, nggak ada yang error, tetep harus diganti olinya biar nggak sampai rusak.”

Sepenting itukah servis dan ganti oli motor? Aku beruntung motorku tidak mogok di tengah jalan dan tidak ada kerusakan yang serius. Andai aku masa bodoh dengan kondisinya yang rewel, bisa jadi aku mengalami hari yang lebih buruk. 

Aku yakin banyak perempuan di luar sana yang sama-sama awam urusan mekanik sepertiku. Tetapi setidaknya pengetahuan basic seperti ini harus kita ketahui, yeorobun. Minimal kita harus bisa perhatian dengan milik pribadi, termasuk menjaga dan merawat kendaraan sendiri.

Kenapa Oli Motor Harus Rutin Diganti?

Ganti oli motor rutin ternyata memang penting sekali, sama seperti servis rutin. Oli motor berfungsi sebagai pelumas mesin. Oli ini juga berperan mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, membersihkan kotoran, mendinginkan mesin serta menjaga agar mesin tidak aus. Seiring berjalannya waktu, kualitas oli akan berkurang karena motor terus digunakan serta terpapar suhu panas. Inilah alasan mengapa oli motor harus diganti secara rutin.

Apa Efeknya Jika Tidak Diganti?

Oli motor yang dipaksa terus-menerus bekerja tanpa diganti, lama-lama akan mengalami penurunan kualitas atau degradasi. Kalau sudah kotor dan terdegradasi, maka fungsi oli menjadi kurang efektif untuk melumasi mesin. Akibatnya mesin akan mengalami gesekan berlebihan, lebih cepat panas dan aus. Lama-lama mesin akan rusak. Kalau mau dirinci lebih lanjut, oli motor yang tidak diganti rutin akan menyebabkan:

  • Peningkatan gesekan berlebihan
  • Penyumbatan karena oli kotor
  • Peningkatan suhu mesin
  • Mesin lebih cepat rusak
  • Kerusakan lebih parah yang berujung pada kenaikan biaya perbaikan

Kapan Waktunya Oli Motor Harus Ganti?

Kapan waktu terbaik untuk mengganti oli motor? Umumnya mekanik merekomendasikan penggantian oli motor setelah menempuh jarak 3000-5000 kilometer, atau setiap 3-6 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai lebih dulu. Meski demikian, ada beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa oli motor sudah saatnya diganti, yaitu:

  • Warna oli yang kusam - idealnya oli baru berwarna kuning kecoklatan dan bening
  • Bau yang aneh - ketika mesin dinyalakan dan tercium bau yang tidak biasa, bisa jadi mengindikasikan adanya kontaminasi atau pembakaran dalam sistem pelumasan
  • Suara mesin kasar atau berisik - hal ini terjadi karena gesekan antar komponen mesin terjadi secara kasar, yang artinya pelumasan tidak terjadi dengan baik
  • Konsumsi oli tinggi - kalau terus-menerus harus menambah oli dalam waktu singkat, bisa jadi oli telah terdegradasi
  • Kinerja mesin menurun - jadi gampang mogok, mesin rewel, atau akselerasinya menurun bisa jadi disebabkan oleh kondisi oli yang sudah kotor

Apa Saja Manfaat Ganti Oli Motor?

Ternyata mengganti oli motor secara berkala penting sekali, yeorobun. Dilansir dari laman Planet Ban, penggantian oli motor sangat bermanfaat untuk menjaga performa motor agar tetap stabil dan tidak cepat rusak. Hal ini karena oli motor yang optimal akan bekerja secara efektif untuk:

  • Menjaga suhu mesin
  • Menjaga keawetan komponen mesin
  • Mencegah komponen mesin agar tidak aus
  • Mengurangi gesekan antar komponen mesin
  • Menghemat bahan bakar
  • Meringankan biaya perawatan

Berapa Harga Oli Motor Matic di Planet Ban?

Salah satu tempat yang paling recommended untuk ganti oli motor secara berkala adalah Planet Ban. Jadi, di Planet Ban ternyata tidak cuma melayani penggantian ban, yeorobun. Mereka juga menyediakan layanan perawatan atau servis, serta ganti oli rutin. 

Berhubung motor di rumahku semuanya matic, maka aku berani merekomendasikan Planet Ban sebagai pilihan terbaik untuk perawatan motor matic. Planet Ban menawarkan harga oli motor matic terbaik dan bervariasi antara Rp 19.000 sampai Rp 95.000, yang bisa dipilih sesuai jenis dan kondisi motor milik konsumen. Beberapa di antaranya yaitu:

  • X-TEN Oli Gear Matic (Rp 19.000) untuk motor matic dengan berbagai cc
  • X-TEN 10W30 Matic 0.8L (Rp 49.000) untuk motor matic 125 cc
  • X-TEN 10W40 Matic 0.8L (Rp 49.500) untuk motor matic 125 cc
  • X-TEN 10W40 Super Matic 1.0L (Rp 66.000) untuk motor matic 150 cc
  • X-TEN Double Ester Matic 10W30 0.8L (Rp 90.000) untuk motor sport matic 150 cc
  • X-TEN Double Ester Matic 10W40 0.9L (Rp 95.000) untuk motor sport matic di atas 150 cc

Bagaimana tipe motor selain matic? Don’t worry, Planet Ban juga menyediakan oli motor bebek dan motor sport yang harganya tidak kalah lengkap dan hemat kok. Sesuaikan saja dengan tipe motormu, lalu kamu bisa mengunjungi bengkel Planet Ban terdekat.

Referensi

  1. 6 Manfaat Ganti Oli Motor untuk Pemilik Kendaraan - https://planetban.com/blog/6-manfaat-ganti-oli-motor-untuk-pemilik-kendaraan
  2. Harga Oli Motor Matic, Motor Bebek dan Motor Sport Terbaik - https://planetban.com/blog/harga-oli-motor-matic-motor-bebek-dan-motor-sport-terbaik
  3. Kapan Waktu Ganti Oli Motor yang Tepat - https://www.mobil.co.id/id-id/consumer/faqs-and-tips/bike-and-scooter-faqs-and-tips/tips-mencari-waktu
  4. Mengapa Harus Ganti Oli Motor Rutin? Ini Penjelasannya! - https://www.adira.co.id/detail_berita/metalink/mengapa-harus-ganti-oli-motor-rutin-ini-penjelasannya

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.
Newest Older

Related Posts

12 comments

  1. wah lengkap ini informasinya, jadi tahu juga kalau ternyata di Planet Ban bisa ganti oli, terima kasih informasinya mbak

    ReplyDelete
  2. Saya pernah ganti oli di Planet Ban dan harganya memang reasonable. Udah gitu pelayanannya lumayan cepat dan bayarnya bisa pake tunai dan cashless juga. Cukup puas dengan pelayanan dari Planet Ban ini

    ReplyDelete
  3. Memang para wanita ini perlu diedukasi masalah perawatan motor. Jadi nggak cuma pakai pakai aja terus. Padahal ganti oli juga mudah sekali, tinggal datang ke planet ban saja, sudah pasti diurus mekaniknya dengan profesional. Kita cuma perlu mengingat-ingat kapan jadwal ganti oli selanjutnya. Semoga setelah baca artikel ini nggak ada ibu-ibu yang masih mager ganti oli rutin.

    ReplyDelete
  4. Saya termasuk orang yg kurang aware nih soal perbengkel-an.. Tapi kalau diserahkan ke pihak terpercaya seperti planet ban untuk ganti oli motor jadi tenang juga kita.. Thanks untuk informasi lengkapnya kak..

    ReplyDelete
  5. Aku banget ini paling bingung kalau ditanya bannya kempes nggak? Hhe. Murah banget harga oli matic di Planet Ban, mulai dari Rp. 19.000 saja. Sudah mah murah, terpakainya juga bisa sampai berbulan-bulan. Keterlaluan memang kalau nggak diganti-ganti.

    ReplyDelete
  6. Ibu-ibu memang maunya tinggal naik saja, tanpa memperhatikan hal-hal penting yang harus rutin dilakukan. Padahal perawatan motor itu harus rutin, terutama ganti oli. Terima kasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  7. Kebanyakan perempuan mah gitu ya, kagak ngarti mesin tapi males ke bengkel wkwkwk. Alhasil begitu udah mulai parah, baru deh motornya masuk rumah sakit haha. Aku selalu ingat kata temenku, kalau nggak suka ke bengkel... minimal oli motor ganti sebulan sekali, kalau lagi malas, gpp dua bulan sekali. Tapi lebih baik sebulan sekali. Bisa rawat mesin dan hemat bahan bakar. Sejak itu aku selalu ganti oli secara rutin deh.

    ReplyDelete
  8. rasa tarikan motor juga beda kalau oli tidak segera diganti. dan ini bener banget sih mbak, bisa berimbas pada mesin motor jika tidak rutin ganti oli. Apalagi yang buat jarak jauh

    ReplyDelete
  9. Aku banget nih kak, pokok tau nya naikin aja motor...hhehe... untuk urusan ganti oli sudah percaya banget sama bengkel planet ban. Untungnya didekat rumah ada bengkel planet ban..

    ReplyDelete
  10. Ya ampun sama mba, jangankan ganti oli, bahkan ban kempes pun kadang gk nyadaršŸ„² skrg udah mulai sadar pentingnya servis motor, tempat andalan ya planet ban, mana lengkap banget pilihan oli nya.

    ReplyDelete
  11. Pas banget nih, kebetulan lagi mau ganti oli motor. Planet Ban dekat dari rumah juga tempatnya. Jadi ga repot jauh-jauh.

    ReplyDelete
  12. Mengontrol kondisi oli motor memang salah satu hal penting dal perawatan kendaraan. Dan tentu, soal oli pilihannya pasti Planet Ban, dong šŸ„°

    ReplyDelete

Post a Comment