admasyitoh.com

Lirik Lagu ‘The Letter’ yang Dicover Baekhyun EXO Pasca Wamil

12 comments

baekhyun exo selesai wamil

Yeokssi, Baekhyun of EXO, The Genius Idol is back! Setelah penantian dua tahun lamanya, tepatnya 641 hari, akhirnya Baekhyun resmi menyelesaikan wamil pada tanggal 4 Februari 2023 kemarin. Tagar #Baekhyun_is_back auto trending di Twitter selama beberapa waktu lalu, yeorobun

Aaaa…!! Welcome back, My King! Seneng, bahagia, terharu, campur-campur pokoknya. Boleh deh kalau mau ngatain lebay, emang perasaan seperti ini tuh biasanya susah dimengerti oleh non kpopers. Haha.

Pasca kelar wamil, sepertinya Baekhyun emang beneran niat comeback se-comeback comebacknya. Nah, gimana tuh?

Sejak 5 Februari 2023 adaaa aja konten tentang Baekhyun. Yang nge-tweet lah, siaran live di YouTube lah, tiba-tiba nge-Space di Twitter lah, pokoknya ada aja. Yang terbaru kemarin doi tiba-tiba rilis video cover lagu di channel YouTube pribadinya.

Sampai aku menulis ini, video cover lagu yang diupload Baekhyun ini masih nangkring di Trending #26 YouTube. Padahal, dia cuma ngecover doang, belum rilis album full. Mungkin emang EXO-L sekangen itu sama si happy virus ini. Jadi begitu rilis video auto murka deh, ugal-ugalan streaming. Haha.

Aku sendiri langsung ketagihan kok sama lagunya. Udah dari sananya suara Baekhyun oke, lagunya bagus, Baekhyun nyanyinya keren. Ahh, sempurna! Well, aku mau berbagi kebahagiaan dulu atas kembalinya Baekhyun ke panggung sosial media dan hiburan.

Kembali Aktif Setelah Wamil

Baekhyun mulai berdinas resmi sejak tanggal 6 Mei 2021, tepat di hari ulang tahunnya. Selama 21 bulan ia bertugas sebagai pelayan publik di salah satu lembaga pemerintah. Kalau di Indonesia mungkin semacam lembaga dinas sosial gitu lah.

Baekhyun tidak bisa bertugas sebagai tentara militer, yeorobun. Sebab, Baekhyun mengidap penyakit hipotiroid akut yang membuat dirinya lemah secara fisik, dalam arti tidak bisa beraktivitas keras seperti tentara. Tidak bisa diforsir. Aku pernah menulis tentang penyakit hipotiroid Baekhyun ini di artikel lain.

Karena berdinas sebagai pelayan publik, masa bakti militer jadi lebih lama daripada tentara biasa. Kalau biasanya wamil sebagai tentara berlangsung selama 19-20 bulan (tergantung dari instansi mana dinasnya), nah kalau menjadi pelayan publik bisa jadi 21-22 bulan. Inilah kenapa menunggu Baekhyun kelar wamil itu rasanya lamaaa sekali! Benar-benar menguji kesabaran dan kesetiaanku, huhu. Makanya, begitu Baekhyun officially discharged dari dinas, wah lega dan bahagia luar biasa!

“에리들! 오래 기다렸지! 나왔다! 나 이제 어디 안가 ~❤️ 쥬아~? 나도 쥬아 ~!

Eri-deul! You’ve waited for a while! I’m here now! I will never go anywhere again. Do you like it? Me too!”

Postingan Baekhyun via Lysn pada tanggal 5 Ferbuari lalu rasanya seperti air mineral dingin di tengah kemarau panjang. Adem! Menyejukkan sekaligus mengobati kerinduan fans yang selama ini hanya bisa menanti dalam kerinduan dan kehaluan.

Penantian dua tahun dibayar lunas dengan sapaan ramah dari idol kelahiran 1992 ini. Ditambah lagi, Baekhyun mengunggah foto selca dirinya yang terlihat sehat, semakin muda, tampan dan menggemaskan. Is he even aging backward? The real definition of kelar wamil makin glowing shining shimmering splendid sih ini…

Tidak berselang lama, akun resmi EXO kemudian merilis pengumuman kalau Baekhyun akan menggelar jumpa fans secara online via YouTube live pada tanggal 6 Februari 2023 pukul 16.00 KST. Sebagai fans, aku jelas nggak bisa skip acara yang satu ini. Kangen lihat kelakuan Baekhyun yang petakilan, usil dan nggak bisa anteng.

Keesokan harinya, konten tentang Baekhyun kembali mendominasi explore sosial mediaku. Akun resmi EXO lagi-lagi mengunggah foto Baekhyun yang menjadi cover majalah W Korea Vol. 3 Man. Majalah ini rencananya terbit Maret 2023 mendatang.

Dua tahun benar-benar menjadi masa vakum dan hiatus, Baekhyun literally tidak tampil sama sekali di dunia hiburan. Yah, memang ada sih konten vlog yang dirilis tiap bulan di channel YouTube EXO. Tapi, vlog-vlog ini pun sebetulnya sudah Baekhyun siapkan jauh-jauh hari sebelum berangkat wamil. Sengaja dirilis secara bertahap kayak cicilan, tiap sebulan sekali, sebagai penawar rindu supaya para fans (yang berhati selembut bayi kayak aku) enggak merasa kangen setengah mati.

FYI, awalnya Baekhyun berencana rilis di channel pribadi. Tetapi karena idol yang wamil dianggap tidak pantas mengunggah apapun di channel maupun akun sosmed pribadi, akhirnya akun EXO mengambil alih tugas ini. Daripada Baekhyun dan EXO dihujat netizen, yekan? You know lah, knetz itu kejam sekali kalau menghujat. Walhasil, untuk sementara waktu KyoongTubechannel pribadi Baekhyun—jadi vakum dan sepi konten.

Selesai wamil, Baekhyun benar-benar memberi banyak kejutan kepada fans. Setelah melakukan siaran live di YouTube pada tanggal 6 Februari, hari berikutnya Baekhyun mengejutkan fans dengan tiba-tiba mengadakan live Space di Twitter. “Akan lebih baik kalau aku bisa mendengar suara kalian (para fans),” itulah alasannya. Wah, beruntung banget yang kemarin dipilih Baekhyun buat ngobrol langsung. Aku iri, aku bilang… Hiks.

Muatan konten tentang Baekhyun tidak berhenti sampai di situ. Tanggal 9 Februari, channel The VoiceTunning merilis video lagu The Letter yang dinyanyikan Baekhyun. Video ini juga dirilis di channel pribadi Baekhyun, KyoongTube, yang langsung menjadi trending topic selama beberapa hari di YouTube. Sebagus apa sih lagu ini? Atau sebagus apa sih penampilan Baekhyun? Yuk, kita kepoin bareng-bareng!

Lirik Lagu ‘The Letter’ Kim Kwang Jin yang Dicover Baekhyun

The Letter adalah lagu milik Kim Kwang Jin yang dirilis pada 1 April 2017 silam. Termasuk lagu genre ballad yang punya makna cukup menyayat hati. Melodinya jelas mendayu-dayu dan terdengar sedih. Banyak nada tinggi yang butuh power kuat untuk dibawakan.

Fun fact, lagu ini ternyata sudah dicover berkali-kali oleh penyanyi lain, termasuk para idol populer seperti IU dan si Ballad Prince, Kyuhyun Super Junior. Masing-masing penyanyi tentu punya style ketika mwmbawakan lagu "Pyeonji (편지)" ini. Kebanyakan diiringi dengan instrumen dasar piano dan melodi yang lembut, khas lagu ballad.

Nah, menariknya Baekhyun ternyata mengcover lagu ini dengan penyajian yang sedikit berbeda. Berkolaborasi dengan Votiz Band, lagu ini berubah menjadi lagu ballad yang bernuansa band pop rock. Diiringi instrumen organ, gitar bass, melodi dan drum. Di tangan main vocalist EXO ini, The Letter jadi jauh lebih menarik dan full color, meski tidak menghilangkan unsur balladnya.

Soal pembawaan, wah jangan ditanya! Baekhyun termasuk salah satu idol dengan suara yang powerful. Ciri khas suaranya yang kuat, bulat, stabil dan punya range yang lebar. Belum lagi teknik vokalnya yang luar biasa. Baekhyun bisa memainkan register suara dengan mudah. Aduhai, sopan sekali di telinga.

Yang bikin aku makin kagum, Baekhyun selalu bisa mengeksekusi lagu dengan baik. Ia tahu sebuah lagu harus diapakan, dibawakan dengan cara apa dan bagaimana. 

Ia punya kedewasaan yang tinggi dalam menyanyi. Artinya, tidak mentang-mentang dia punya range suara yang seperti pipa Ruc*ka, jangakaunnya jauh, jadi semua lagu ditembak dengan belting-belting tinggi. Ada saat-saat dimana dia cukup mengandalkan falsetto, dieksekusi dengan power secukupnya dan tidak ngoyo. Intinya, Baekhyun benar-benar Idol Bunglon yang bisa menyesuaikan diri dengan warna lagu—lagu apapun—dengan sangat baik.

FYI, lagu The Letter ini disyuting secara one take, lo. Without rehearsal alias tanpa latihan. Jadi kek spontanitas aja gitu bawainnya. Tapi kamu bisa lihat sendiri bagaimana performanya yang begitu dewasa, menjiwai dan sangat powerful. Merinding aku kalau dengar Baekhyun nyanyi begini. This is called eargasm, yeorobun! Belum lagi Votiz Band yang nggak kalah keren. Ahh, lagu ini jelas menambah panjang playlist lagu live session Baekhyun yang pasti aku dengarkan tiap hari. Let's check this video!

Lirik Lagu The Letter (Romanization)

Yeogi kkajiga kkeut ingaboo

Ije naneun doraseogesso

Eokji noryeogeuro

Inyeo neul geoseulleo goerophijineun angesso

Hago sipeun mal haryeo haetdeon mal

Idaero da namgyeo dugoseo

Hoksina gidaedo

Pogiharyeohao geudae budi jal jinaesio

[Chorus]:

Ginagin geudae chimmugeul

Ibyeollo bada dugesso

Haengyeo i mam dachilkka

Geun simeun jeobeoduo

Oh saranghan saramiyeo

Deo isang mot boado

Sasil geudae isseumeuro

Himgyeoun naldeureul gyeondyeowasseume gamsahao

Joheun saram mannao

Saneun dongan nal itgo sasio

Jinjeong haengbokhagil baragesso

I mamman gajyeogao

Arti Lirik Lagu The Letter

Aku kira ini adalah akhirnya

Sekarang Aku akan berbalik

Aku tidak akan mengganggu kamu

Terhadap hubungan dengan upaya paksa

Aku meninggalkan semua

Yang ingin Aku katakan

Aku akan berhenti berharap

Tolong jaga dirimu

[Chorus]:

Aku akan menerima kesunyianmu

Yang lama sebagai perpisahan

Jangan khawatir tentang menyakiti hatiku

Oh, orang yang kucintai

Meski aku tidak bisa melihatmu lagi

Bahkan, aku bersyukur

Bahwa aku mengalami hari-hari yang sulit karena kamu

Temui orang yang baik

Lupakan aku saat kamu hidup

Aku sangat ingin kamu bahagia

Bawa hati ini

Makna Lagu The Letter

Haduh, kok sedih ya kalau baca arti liriknya. Lagu ini ngingetin ke Berhenti Berharap Sheila On 7. Iya gak sih? Vibes-nya sama. Intinya tentang perpisahan sepasang kekasih. 

Karena lagu ini aslinya dinyanyikan oleh laki-laki, jadi aku berasumsi si cowok melepaskan ceweknya. Mereka sudah lama pacaran, tapi entah bagaimana kronologinya, si cewek berbuat salah dan menyakiti hati si cowok. Awalnya si cowok memaafkan si cewek nih dan tetap ingin mempertahankan hubungan mereka.

Tapi lama-lama si cowok menyadari kalau hubungan mereka tidak bisa lagi bertahan. Kalau dipaksa justru akan menyakiti banyak pihak. Akhirnya dia menyerah dan melepaskan si cewek. Dan, berakhirlah hubungan mereka.

Yang bikin terharu nih, si cowok ini kayaknya tulus banget sayangnya sama si cewek. Buktinya, sampai putus pun dia masih mendoakan kebahagiaan si cewek dan berharap dia bertemu cowok lain yang lebih baik, lo. Wahh, nyesek banget ya?

****

Kalau lihat bagaimana penampilan Baekhyun dan arti lagunya, rasanya enggak lebay ya kalau lagu ini masuk trending topic YouTube, walaupun cuma dicover aja. Indeed, tentu ada nama besar Baekhyun dan EXO juga yang turut menggerakkan tangan fans untuk streaming. Tapi, lagu ini memang asli bagus kok. Dan, jadi makin favorable bagiku karena dibawakan oleh Baekhyun. 

Sekarang EXO-L tinggal nunggu aktivitas Baekhyun lainnya nih. Dan, so pasti fans menunggu comeback solo Baekhyun dan EXO full member. Jadi, gimana menurutmu? Ada niat mau cover lagu ini juga? Coba ceritain di kolom komentar dong. Annyeong…!

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

12 comments

  1. tulisan ini mengingatkan masa muda saya yang hilang. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Tengah malem baca artikelmu, Al..
    Rasanya kudu mewek..

    Kenapa semellow itu akutu..
    Semoga cinta exo-l tetap abadi dan bisa berjalan bersama di saat susah senang sedih bahagia.

    **jadi inget Fine-nya Bang TY.
    Sungguh lagu yang menyayat hati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gomawoyo eonni.. saranghaja!! huhuhu... Kangen banget liat ber 9 di satu panggung...

      Taeyong ini ya gitu, ngasih lagu ya ngiris2 bawang. Eh ngiris2 hati... Tapi bagus lagunya, gimana dong.. Mana suaranya bang TY serak2 gimana gitu kan, haduuh...

      Delete
  3. Korea oh korea kenapa selalau membawa bawang, bahagia, sedih bawangnya selalu banyak. Liriknya ngena banget nih, aplagi bagi yang pas patah hati, seakan dah mewakili perasaannya.

    Mencoba ikhlas ditinggal, tapi sakjane yo nyesek tetap.

    ReplyDelete
  4. Ga mengikuti Kpop tapi setuju banget kalau menyimak lagu membuat kita lebih mudah belajar bahasa

    ReplyDelete
  5. Oh, ini lagu yang biasanya dinyanyikan anak wedokku... Baru ngeh kalau yang nyanyi member EXO yang baru selesai wamil...

    ReplyDelete
  6. Welcome back Baekhyun
    Pasti banyak yang nunggu EXO perform utuh, termasuk Baekhyun-nya. It,s so long

    ReplyDelete
  7. Padahal engga tau lagunya yang mana, nadanya yang gimana. Tapi pas baca liriknya yang Bahasa Indo kenapa berasa potek hati ini. Gitu banget, sih. Bikin sad, huhu.

    Trus dijelasin vibes-nya sama kaya lagu Sheila On 7 yang Berhenti Berharap, duh itu kan deep banget, bikin jelb jleb maksimal, Ayang Rowoon.

    ReplyDelete
  8. Baru kemarin dengerin lagu2 ost drama salah satunya lagu Baekhyun. Eh udah balik wamil langsung nyanyi. Josss

    ReplyDelete
  9. Oh jadi dia seumuran aku nih lahiran 92? Hahaha jadi berasa bestie. Keren ya idol wamil 1-2 th nggak main-main, jadi bayangin kalau di sini begitu juga gmn ya? Wkwk. Anyway, aku nggak ngikutin doi but performance dia karena mengidap hipertiroid apakah ngaruh mba?

    ReplyDelete
  10. Baekhyun lahir di saat aku lulus SD, wkwkwk beda satu dekade nih, tetiba berasa tua ya
    semua warga korea profesi apapun taat ikut wamil ya, suka idenya yang membuat post bertahap di IG secara saat wamil tentunya ga berhubungan dengan dunia hiburan ya
    walaupun wamil, eksis harus tetap ajaln la ya

    ReplyDelete
  11. cukup loading lama bacanya, mengingat tidak mengikuti banget perjalanan Baekhyun. So far, apa harus bca artikel berikutnya atau sebelumnya ya. Jujur, sampai browsing nyari beberapa hal yang tak ku mengerti

    ReplyDelete

Post a Comment