admasyitoh.com

Resep Kuliner Keluarga: Sop Ayam Pak Min Klaten Ala-ala yang Lezat & Kaya Manfaat

16 comments

resep kuliner keluarga

Aku langsung jatuh hati ketika pertama kali mencicipi sop ayam Pak Min Klaten semasa kuliah dulu. Di Batu dan Malang setahuku memang belum ada resto cabangnya, jadi yah maklumlah kalau baru pertama kali coba ketika sudah kuliah di Surabaya

Dulu, kalau mau makan sop ini tinggal beli aja. Bisa langsung ke restonya atau pesan online. Pernah sampai aku bela-belain hujan-hujanan lo buat beli! Setelah menikah, barulah aku ‘ngide’ buat masak sendiri sop ayam yang rasanya unik ini.

Ngomongin soal rasa, IMHO, tidak ada sop ayam yang rasanya bisa mengalahkan kenikmatan sop ayam Pak Min Klaten. Segar, sedap, hangat, lezat pokoknya nikmat! Sudah pernah coba? Kuliner satu ini sudah terkenal sejak lama loh…

Ini bukan iklan atau endorse ya, yeorobun. Tapi aku memang asli jatuh cinta dengan kuliner satu ini. This is absolutely my comfort food! Sebegitu ngefansnya, aku sampai bolak-balik trial error—yang sudah pasti lebih banyak error-nya—demi bisa menyesapi segarnya kuah kaldu ayam yang kaya rempah ini di rumah.

Khasiat Sop Ayam untuk Kesehatan

Sebelum berbagi resep sop ayam ala-ala yang kubuat, ada informasi yang sayang sekali kalau kamu lewatkan.

Tidak hanya sedap dan memuaskan lidah, sop atau sup ayam ternyata punya khasiat untuk kesehatan lo! Bahkan ketika hamil dulu, aku sering makan sop ayam ini, apalagi ketika terserang flu. Karena sop ayam kaya kandungan nutrisi yang bisa meredakan gejala flu. So, apa saja sih manfaat sop ayam ini? Let’s check this!

khasiat sop ayam

1. Menguatkan Sistem Imun

Seperti yang kita tahu, daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang lazim sekali dikonsumsi masyarakat Indonesia. Protein ini dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan memicu kemunculan antibodi. Inilah yang menghalau virus-virus dan kuman dari dalam tubuh. Daging ayam juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menguatkan imunitas seperti vitamin B.

2. Mengurangi Peradangan

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Stephen Rennard (spesialis peradangan University of Nebraska Medical Centre) tahun 2000, ditemukan bahwa sop ayam mengandung nutrisi yang bisa menghambat pergerakan sel penyebab flu di dalam tubuh. Sop ayam juga bisa melawan infeksi pada hidung dan tenggorokan dengan baik.

Selain itu, bumbu dan rerempahan yang ditambahkan dalam sop ayam, seperti bawang merah dan bawang putih, mengandung allicin yang bermanfaat sebagai antibakteri, antivirus dan anti jamur alami yang dibutuhkan tubuh.

3. Melegakan Tenggorokan dan Pernafasan

Kamu mungkin pernah merasakan, menghirup uap hangat dari sop ayam bisa membuat hidung dan tenggorokan lebih lega. Nafas jadi lebih lancar dan plong!

Hasil studi para peneliti di Sinai Medical Centre Miami menyebutkan jika menghirup uap sop ayam bisa menyembuhkan gejala flu secara perlahan lo! Makanya tidak heran kalau menu ini sering dihidangkan untuk orang yang sedang sakit.

4. Menghangatkan Tubuh

Mengonsumsi sop ayam hangat ketika sakit bisa membuat tubuh jadi lebih hangat sehingga gejala flu berkurang perlahan. Ini karena kuah hangatnya terasa segar dan memberi kenyamanan.

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi kan kalau jahe biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh? Nah, kandungan rempah seperti jahe, lada dan pala yang dimasukkan dalam sop ayam ternyata bisa memberi kehangatan, mengurangi batuk dan membuat dada terasa lebih longgar.

5. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Manfaat paling utama yang didapatkan dari segala jenis sup sebetulnya adalah memenuhi asupan tubuh akan cairan. Biasanya flu membuat nafsu makan seseorang menurun, jadi lebih malas makan atau minum air putih. Nah, dengan menyantap sop ayam, kebutuhan cairan tubuh bisa tetap terpenuhi.

Sop ayam yang kaya rasa bisa membangkitkan kembali selera makan yang drop. Dengan demikian, tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sekaligus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk pulih dari sakit.

6. Kaya Vitamin dan Mineral

Lazimnya, sop ayam rumahan di Indonesia dibuat dengan tambahan berbagai macam sayuran seperti wortel, kentang, brokoli, buncis, hingga seledri. Sayur-sayuran ini kaya mikronutrien penting terutama vitamin dan mineral. Vitamin A, C, E, kalsium, serat dan kandungan nutrisi lainnya dalam sayur-sayuran bisa menjadi booster imunitas dan membangkitkan tenaga.

Keunikan Sop Ayam Pak Min Klaten

Pertama, sop ayamnya Pak Min itu rasanya pure sekali. Benar-benar nge-ayam banget, karena tidak ada campuran bahan lain seperti aneka macam sayuran di dalamnya. Ini yang paling ‘atraktif’ bagiku.

Beda dengan sop ayam rumahan yang sering kita makan bahkan masak sendiri. Sop ayam Pak Min Klaten hanya berisi daging ayam. Kalaupun ada sayuran, yah daun bawang atau seledri. Tidak lebih.

Karena tidak ada tambahan sayuran, rasa sop ayam Pak Min jadi lebih otentik. Kekayaan rasanya berasal dari ayam asli. Tidak ada tambahan lainnya yang merusak citarasa.

Pengalamanku memang kalau masak sop ayam ini ditambah sayuran seperti wortel dan buncis, rasanya jadi rusak, yeorobun. Semacam ada pahit-pahit dan kecutnya gitu. Entah karena aku merebus sayur terlalu lama, atau emang nggak pinter masak, atau salah treatment bahannya. Tapi sayur tambahan memang ‘nggak jodoh’ kalau dicampur dengan sop ayam Pak Min ini.

Lalu, apakah tidak bisa sop ayam ini dimakan dengan sayuran? Bisa! Seperti yang aku tulis di atas, sayur-sayuran kaya akan mikronutrien seperti vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Tapi, cara masaknya beda. Nanti aku kasih tahu triknya di resep bawah ya!

Intinya, ada kemewahan dan kemurnian citarasa dalam kesederhanaan sop ayam Pak Min yang hanya berisi daging ayam.

Kedua, sop ayamnya Pak Min itu otentik dan kaya citarasa dengan aroma rerempahan yang khas dan menonjol. Pertama kali menyeruput kuahnya, langsung terasa tuh kalau bumbunya lebih dari sekadar duo bawang, lada dan jahe. Ada rasa-rasa lainnya yang unik tapi tidak ekstrem, nggak kayak rasa yang pernah ada ke mantan.

Kalau aku cermati, rasanya seperti ada pala, kayu manis, sereh dan bahan-bahan lain yang entah apa. Jadi mikir kan, ini sop apa wedang uwuh? Haha.

Karena rasanya unik dan khas, jujurly, jadi sulit sekali menemukan resep otentik sop ayam ini. Nampaknya, Pak Min hanya menurunkan resep ini kepada anak-anaknya dan tidak dibagi ke seluruh rakyat Indonesia. Jadi susah sekali mau recook, yeorobun!

Indeed, ya ngapain juga rahasia perusahaan dibagi-bagi ke publik. Sementara, rasa dan resep otentik ini adalah kekuatan utama untuk menjalankan bisnis kuliner turun temurun sop ayam Pak Min Klaten.

Saking uniknya, aku tidak percaya sop ayam Klaten manapun kalau tidak ada embel-embelnya Pak Min!

Gimana yaa…?? Sop ayam ini memang senikmat itu, makanya tidak heran kalau banyak yang ingin recook. Bahkan banyak juga rumah makan yang judulnya Sop Ayam Klaten, tapi bukan resepnya Pak Min. Tapi rasanya beda kok! Nggak seperti sop ayamnya Pak Min yang asli.

Aku pas recook sop ayam ini sudah mencoba berbagai resep yang aku temukan di internet. Trial error berkali-kali, karena dasarnya emang nggak pinter masak nih, haha. Sampai akhirnya aku menemukan resep ala-ala yang menurutku paling pas di lidah, sesuai dengan ingatanku pada rasa sop ayam Pak Min Klaten kala itu—ketika pertama kali coba dulu.

Ketiga, entah perasaanku saja atau memang benar, ayam yang dipakai untuk sop ayamnya Pak Min itu berbeda dengan ayam biasanya. Daging ayamnya tidak berwarna putih, jadi jelas nggak pakai ayam potong atau ayam negeri.

Warnanya agak kemerahan, tapi kayaknya bukan ayam kampung juga. Entah pakai ayam apa. Apakah ada spesies ayam tertentu yang khusus sop ayam ini? Kalau ada yang tahu, tolong bisikin aku ya!

Resep Sop Ayam Pak Min Klaten Ala-ala

Resep yang aku bagikan ini adalah resep ala-ala yang aku kreasikan dengan berkali-kali jatuh bangun (halaah), memadukan berbagai sumber di internet dan sudah disesuaikan dengan selera keluargaku, ya! Semoga bisa menjadi ide memasak menu sehat di rumah!

Bahan-bahan

  • Bahan utama: 1 ekor ayam kampung (bisa diganti ayam potong)
  • Bahan pelengkap: seledri, daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis dan sambal favoritmu
  • Sayuran (optional): wortel, kentang, brokoli, buncis, kol atau sesuai selera

Bumbu-bumbu

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe (sekitar 2 cm)
  • 1 sdt lada putih
  • 1 ruas laos
  • 1 batang sereh
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang bawang prei (ambil bagian putihnya)
  • 1 butir pekak (bunga lawang)
  • 2 batang kecil kayu manis
  • ¼ butir pala
  • 3 buah cengkeh
  • 2 buah kapulaga

Cara Memasak

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada dan pala.
  2. Memarkan lengkuas, jahe dan sereh.
  3. Rajang tipis bagian putih bawang prei.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng sampai harum.
  5. Tambahkan lengkuas, jahe, sereh, daun salam, daun jeruk, bawang prei, pekak, cengkeh dan kapulaga.
  6. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong-potong dan dibersihkan.
  7. Tambahkan 1 liter air kemudian rebus ayam sampai matang dan empuk.
  8. Di panci terpisah, rebus sayur-sayuran yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai selera (bisa direbus sekaligus atau satu per satu). Di sinilah kuncinya agar rasa sop ayam tetap terjaga. Jangan merebus sayuran dicampur dengan ayam karena bisa merusak kemurnian rasa sop ayam. Rebus sayuran sampai kematangan yang diinginkan.
  9. Setelah ayam matang dan empuk, tambahkan garam, gula dan penyedap atau kaldu bubuk.
  10. Koreksi rasa, lalu taburkan bawang goreng, daun bawang dan seledri. Voila!! Sop ayam Pak Min ala-ala siap disajikan dengan nasi panas.

Note:

  • Kalau kamu suka, tambahkan sayuran rebus ke dalam mangkuk ketika sudah siap disantap
  • Jangan lupa perasan jeruk nipis dan sambalnya kakak :)

Yeay!! Akhirnya sekarang bisa makan sop ayam ala-ala Pak Min Klaten di rumah. Sepuasnya dah! Sampai sekarang, sop ayam ini masih menjadi menu andalan keluargaku. Super comfort food bagiku, yang bisa menggugah selera makan si kecil sekaligus kesukaan ayahnya. Kalau makan sop ayam ini sudah pasti lahap dan nambah. Hmm, mantaap!

Kapan-kapan aku mau mencoba kreasi sop ayam yang lain. Samgyetang terutama. Itu lo, makanan khas Korea, sama-sama sop ayam tapi ada ginsengnya. Masaknya pakai ayam ingkung alias utuh, lalu di dalam badan ayamnya diisi beras ketan. Kalau suka nonton drakor pasti tahu, hehe.

Konon, samgyetang ini juga punya segudang manfaat bagi kesehatan terutama menjaga stamina tubuh. Siapa tahu habis makan samgyetang jadi segar bugar kayak Rowoon Oppa yang kayak nggak ada capeknya kerja, haha. Next lah, masukin wishlist dulu.

Summary

Sop ayam Pak Min Klaten adalah salah satu kuliner legendaris yang punya rasa otentik dan unik. Segar, sedap, nikmat dan kaya rempah menjadi ciri khas utama sop yang hanya berisi daging ayam tanpa tambahan sayur ini. Meski banyak ditiru, tapi tidak ada yang bisa menandingi citarasa yang sudah turun temurun diwariskan oleh Pak Min kepada anak-anaknya.

Resep kreasi sop ayam Pak Min ala-ala bisa menjadi ide kuliner keluarga di rumah. Selain sedap disantap, sop ayam ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk meredakan gejala flu.

Kandungan nutrisi dalam sop ayam diyakini bisa mengurangi peradangan; melegakan tenggorokan dan pernafasan; menguatkan sistem imunitas tubuh; menghangatkan badan; memenuhi kebutuhan cairan; serta kaya vitamin dan mineral yang membantu pemulihan dari sakit.

Setelah mengetahui resep dan khasiatnya, apakah kamu tertarik untuk membuatnya di rumah? Apa resep kuliner keluarga andalan di rumahmu? Yuk, share di kolom komentar, ya!

Referensi

  1. Manfaat Ampuh Sup Ayam jika Dikonsumsi Saat Kamu Menderita Flu - https://www.fimela.com/beauty/read/3753356/manfaat-ampuh-sup-ayam-jika-dikonsumsi-saat-kamu-menderita-flu
  2. Manfaat Sup Ayam Ketika Sakit Menyerang - https://ameera.republika.co.id/berita/pkdw2y349/manfaat-sup-ayam-ketika-sakit-menyerang
  3. Manfaat Sup Ayam untuk Flu dan Resep Pilihan Ala Dapur Umami - https://www.dapurumami.com/artikel/read/manfaat-sup-ayam-untuk-flu-dan-resep-pilihan-ala-dapur-umami

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

16 comments

  1. kayaknya enak banget. Jadi mau coba.

    ReplyDelete
  2. Toss aaah aku juga sukaak beli sop ayam pak min krn kuahnya enak seger plus ayam.kampung pastinya lebih sehat. Naah kelemahannya gada sayurannya emang kudu rela rebus sayuran sendiri sih. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  3. Belum pernah nyoba sop ayam pak Min. Di sini banyak cabangnya. Sepertinya enak ya.

    ReplyDelete
  4. Wah ... ketemu Pak Min Klaten juga di sini. Banyak banget nama Pak Min di spanduk penjual makanan ya. Btw, emang sop panas bikin badan jadi hangat apalagi kalau kaldunya kental sampai minyaknya mengambang itu, hehehe ...

    ReplyDelete
  5. Kebetulan dekat rumahku di Bekasi ada cabangnya juga ini Mbak. Memang selalu rame. Aku pernah coba juga cuma mungkin karena lidahku Sumatera jadi belum familiar dengan rasanya๐Ÿ˜Š.

    ReplyDelete
  6. Thank you resepnya, Sop memang banyak manfaatnya... Obat mujarab ketika saya agi flu

    ReplyDelete
  7. Sop salah satu menu favorit di keluarga kami, apalagi di cuaca Sukabumi yang dingin, sop cocok banget untuk menghangatkan badan. Bikinnya juga termasuk mudah ya dengan bumbu yang gampang dicari juga

    ReplyDelete
  8. Setiap melewati kota Klaten, saya selalu sempatkan mampir beli sup ayam Pak Min. Emang beneran sih ini... rasanya enak banget dan bikin nagih.... Penggemar sup ayam pasti bisa merasakan bedanya...

    ReplyDelete
  9. Hmmm jadi penasaran pengen coba menikmati sedapnya sop ayam Pak Min nih mba, hhe.
    Fun fact-nya gak hanya sedap di rasa ya mba, tapi juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagus banget konsumsi menu-menu seperti ini.

    ReplyDelete
  10. Ya ampun kata segar, sedap, hangat dan lezat bikin aku ngiler ngebayangin rasanya ๐Ÿคค

    Bahannya bisa ada yg di skip aja gak mbak? wkwk banyak bgt aku gak pernah selengkap itu masak sop ๐Ÿ˜†
    Aaahhh iya, aku juga penasaran gimana sih caranya bikin sop Korea, kalau liat Drakor ngiler terus kaya hangat bgt gituuu

    Mbaaakkk tau gak, aku kan abis baca blog kamu, kemarin lewat Cikarang ngeliat poster Sop Ayam Pak Min Klaten hahaha tapi lusuh bgt, itu kayanya cuman poster doang deh ๐Ÿ˜… emang cabangnya dimana mana ya?

    ReplyDelete
  11. Duh langsung negbayangin segarnya, oengen nyobain langsung deh mbak. Bagi alamatnya dong, siapa tahu kalau pas jalan-jalan bisa mampir. Sup ayam bagus banget buat dikonsumsi kalau lagi ga enak bada, apalagi saat flu.

    ReplyDelete
  12. sop ayam pak Min memang endeus kok, tapi aku belum bisa niru, rasanya mantap la pokoknya, dekat rumahku ada lo, yuk mbak ke rumahku ntar ta ajak ke sop ayam pak Min

    ReplyDelete
  13. Aku pertama makan sop ayam pak min ini jaman kuliah di solo. Mampir pak min klaten dan ternyata enduls bgt omoooo :( pantesan always ramai.. dah lama bgt nggak makan. Mau bikin sendiri tetep nggak bs sesedap aslinya wkwk (akunya yg nggak bisa recooknya) ^^

    ReplyDelete
  14. sop ayam pak min memang legendaris, enak. yang bikin ketagihan itu kuahnya. Kalau nyobain masak sendiri sering gagal

    ReplyDelete
  15. Wah aku baru tahu ada sop tanpa sayur ya isiannya. Tapi emang enak lho sop dikasih ayam anakku jadi lebih suka mungkin lebih berasa kali ya rasanya

    ReplyDelete

Post a Comment