admasyitoh.com

Cara Daftar Google News untuk Blogger, Artikel Lebih Cepat Terindeks!

9 comments

cara daftar google news untuk blogger

Tbh, aku sudah cukup lama dengar tentang Google News. Tapi aku belum tahu dan belum tertarik tentang bagaimana cara daftar Google News untuk blogger.

Waktu itu aku pikir buat apa daftar wong blogku cuma blog personal, bukan website berita atau media massa. Ternyata, untuk daftar Google News tidak harus web berita, yeorobun. Blog personal pun bisa. Bahkan banyak senior blogger yang sudah lebih dulu daftar.

Konon, dengan mendaftarkan blog ke Google News bisa membuat artikel di blog jadi lebih cepat terindeks. Lebih cepat daripada inspect URL di Google Search Console (GSC). Wah, terdengar menggoda sekali kan? Kalau kamu penasaran, di bawah ini tutorial daftar Google News untuk Blogspot yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat ya!

SEKILAS TENTANG GOOGLE NEWS

So, apa itu Google News? Menurut berbagai sumber yang aku baca, Google News adalah layanan Google yang fokus untuk menyediakan konten berita dari berbagai website di seluruh dunia. Makanya tidak heran kalau konten-konten yang terbit di Google News biasanya selalu berkaitan dengan peristiwa atau isu-isu yang sedang populer dan aktual.

Dan, mungkin ini pula yang menjadi alasan konten jadi lebih mudah terindeks oleh Google, dibandingkan dengan artikel yang tidak didaftarkan pada Google News. Even tho, manfaatnya bukan hanya lebih cepat terindeks. Masih banyak keuntungan lain yang didapat dari pasang Google News ini.

manfaat google newsSama seperti layanan Google lainnya–seperti Google Analytics dan Search Console, layanan Google News ini juga gratis, yeorobun. Bahkan untuk bisa menikmati konten-konten di platform ini tidak harus login ke Google. Inilah mengapa Google News menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna user di seluruh dunia.

Tetapi, bagi publisher (atau dalam hal ini blogger) ada beberapa syarat untuk mendaftar Google News.

  1. Buat blog berita - untuk blog personal bisa diartikan sebagai blog yang menyajikan konten aktual (atau terbaru) dan penting, apapun niche blognya.
  2. Ciptakan konten yang berkualitas - yaitu konten yang orisinil, tidak plagiat atau menjiplak tulisan orang lain, ulasan yang fokus dan mendalam, serta selalu up to date. Bukan membuat konten yang dilarang seperti konten yang mengandung ujaran kebencian, kekerasan, seksual, atau melanggar hak cipta.
  3. Perhatikan struktur blog - gunakan URL yang unik dan tidak berubah; tampilan blog yang menarik dan responsif; serta punya navigasi yang mudah.
  4. Jelaskan identitas blog dengan baik - informasi ini penting untuk verifikasi nantinya, karena itu lengkapi Page About di blog sebaik mungkin, bila perlu tampilkan foto profil dan profesi agar Google ‘percaya’ dengan latar belakangmu.

CARA DAFTAR GOOGLE NEWS UNTUK BLOGGER

Yeorobun, setelah tahu keuntungan dan manfaatnya sekarang saatnya mendaftarkan blog ke Google News. Caranya cukup simpel kok, cuma memang butuh waktu lumayan lama. Bukan tahapannya yang lama, tapi review atau peninjauan dari Google sendiri yang bikin lama. Well, simak caranya berikut ini!

ATTENTION! Oiya, siapkan dua gambar berformat PNG ya. Yang pertama square berukuran 512×512 px, yang kedua rectangle ukuran 200×20 px. Selain itu, pastikan alamat email yang digunakan sama dengan alamat email untuk blog.

Pertama, masuk ke laman https://publishercenter.google.com/ untuk membuat akun. Klik Add publication lalu isi data yang diperlukan. Isi Publication name dengan nama blog, Primary website property dengan URL blog, Location pilih Indonesia. Jangan lupa checklist kotak kecil di bawah Location, kemudian klik Add publication. Selanjutnya, di halaman Publisher Center pilih Google News.

Isi data-data yang diminta pada tab General, Content settings dan Review and publish. Di tab General - Basic information - Publication category pilih kategori sesuai niche blogmu. Di bagian Distribution, Countries pilih Worldwide, sedangkan Google properties pilih Allow all propertiesKlik Next.

Beralih ke tab Content settings. Pada bagian Sections klik New section, lalu pilih Feed. Lalu pada kotak dialog yang ditampilkan isi Section title dengan judul blog. Isi RSS or Atom feed URL dengan link berikut ini.

  • https://www.namablog.com/feeds/posts/default?alt=rss untuk blog yang sudah TLD.
  • https://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss untuk blog yang belum TLD.

View access pilih Anyone, kemudian klik AddPada bagian Access groups klik New access group. Isi data yang diminta pada Create access group.

  • Group name isi dengan nama blog.
  • Klik Add user, lalu User 1 isi dengan alamat email.

Berikutnya, klik Go to publication settings. Lengkapi data-data yang diminta pada tab General dan Visual styles.

Bagian Basic information, isi Publication name dengan nama blog, lalu pilih bahasa pada kolom Primary language. Bagian Location, pilih Country Indonesia. Bagian Primary website property URL isi dengan URL blog, lalu klik Verify in search console.

Pada Additional website property URLs, klik Additional URL lalu isi dengan URL blog. Pada Contacts, klik New contact lalu masukkan alamat email. Klik Add. Klik Next, lalu beralih ke tab Visual styles. Upload gambar logo blog yang sudah disiapkan, lalu klik Save di pojok kanan atas.

Kembali lagi ke Google News setting. Di halaman ini, klik aja semua yang ada tulisannya Review. Khusus bagian Review Terms of service jangan lupa lengkapi form yang diberikan, lalu klik Submit. Kalau masih ada yang perlu di-Review, maka lengkapi yang diperlukan sampai status Review-nya hilang. 

Khusus di bagian Section memang butuh waktu beberapa menit untuk memuat artikel yang ada di blog (biasanya sekitar 5 menit), klik Refresh. Jangan lupa selalu klik Save setelah melengkapi data apapun.

Setelah draft Google News app publishing status tidak ada yang perlu di-review kembali, klik Publish. Statusnya akan berubah dari DRAFT menjadi IN REVIEW. Done. Tinggal tunggu 2-4 minggu sampai Google selesai me-review blog kita.

in review google news

ENCLOSURE

Selamat menunggu, yeorobun. Gimana? Gampang to caranya? Tidak sesulit pasang Google Search Console (GSC), apalagi Google Analytics (GA) yang njelimet dan bisa bikin mumet.

Memang, banyak faktor yang membuat suatu artikel bisa muncul di page one Google, terutama aspek SEO. Tetapi, pengindeksan tentu menjadi faktor penting yang tidak boleh dilupakan. Apalah artinya artikel sudah SEO friendly, tetapi tidak bisa ditemukan oleh pengunjung karena tidak terdeteksi oleh Google?

Setelah mendengar cerita-cerita senior tentang keuntungan daftar Google News ini, aku akhirnya tertarik juga. Beruntung Coach Marita memberi materi ini di kelas Blogspedia Coaching #3 yang aku–alhamdulillah berkesempatan–ikuti. Langsung 'sat set sat set' daftar.

So, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan blogmu ke Google News! Semoga tutorial cara mendaftar Google News untuk blogger ini bermanfaat, ya!

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. Fans of EXO & SF9. We are one, 사랑하자!

Related Posts

9 comments

  1. awalnya saya gak gitu peduli dengan googlenews ini, saya kira mirip-mirip googleplus. setelah berhasil mendaftar dan blog saya disetujui pihak Google, memang terasa perbedaannya dari segi trafik, kecepatan index dan harga CPC AdSense yang meningkat. Sayangnya pendaftaran dan pengaturan tampilan artikel kita di googlenews cukup ribet. Hingga sekarang, artikel saya di Googlenews tidak muncul gambarnya, hanya sebaris judul artikel. jika ada saran, bagaimana agar saat tampil, artikel kita juga muncul gambar utamanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, saya juga baru beberapa hari ini akhirnya diapprove si GNews dan memang terasa efeknya. Btw, sebetulnya saya juga belum ngulik lebih jauh si GNews ini, jadi kalau masalah tampilannya saya belum begitu paham. Tapi di bagian setting ada buat ngatur Visual Style nya, udah dicoba kah?

      Delete
  2. Aku baru tahu tentang Google News nih langsung pengen daftar ngebantu biar blog kita lebih dikenal ya makasih tipsnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, nggak perlu inspect URL udah langsung keindeks Google soalnya. Cuma ya gitu, nunggu diapprove si Google ini yang lumayan lama. Aku kemarin sekitar semingguan kalo gak salah

      Delete
  3. Wah, aku butuh banget info mengenai google news ini.
    Karena sudah lama juga penasaran se-powerful apa kalau sudah terdaftar di Google News.

    Yang bikin galau kalau artikel lama keindexnya, padahal uda minta di GSC.
    Haturnuhun yaa, kak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum lagi kadang di GSC masih suka ada yang eror dan gak tahu maunya si Google ini sebetulnya apa, kadang sampe galau berhari-hari ya teh? heheh...

      Kalau pengalaman temen-temen yang udah lebih dulu daftar katanya emang powerful, gak perlu inspect URL udah otomatis keindeks Google. Dan lebih cepet. Secara traffic organik juga lebih banyak untungnya...

      Delete
  4. Alhamdulillah blog saya juga sudah approve GNews, prosesnya lumayan lamya sih sampe tayang skitar semingguan kyk y wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat ya kak... bener, tiap hari selalu ngecek kapan ini status berubah dari in review jadi live wkwk

      Delete
  5. makasih infonya, saya coba untuk daftar gnews dulu. Melihat manfaatnya cepet keindeks dan berpeluang dapat trafik

    ReplyDelete

Post a Comment