admasyitoh.com

Love In Contract: Park Min Young Janda Berkali-Kali

34 comments

review drama love in contract

Annyeong yeorobun...

Ada drama baru dengan jalan cerita yang menarik loh. Cerita tentang kawin kontrak memang tema yang sering dan lumrah dalam drama. Tapi biasanya cerita kawin kontrak gitu kan melibatkan dua pasangan saja.

Motifnya bisa karena beda kasta. Jadi inget drama Fated to Love You. Pura-pura menikah dan jadi pasangan suami istri karena ada suatu hal atau perjanjian.

Tapi gimana jadinya kalau kawin kontrak dengan banyak orang dan terjadwal. Inilah konsep drama terbaru Park Min Young dan Ko Gyung Pyo.

Pernikahan yang dilakukan adalah bisnis. Jadi Park Min Young ini menjalankan bisnis istri sewaan untuk membantu para kliennya mendapatkan tujuan atau hanya sekedar membantu permasalahan dalam hidup si klien.

Oke mari kita bahas sinopsis dan review drama Love In Contract

Sinopsis Drama Love In Contract

Choi Sang Eun menjalankan sebuah bisnis yang tidak biasa tapi bukan bisnis main-main. Single Life Helper adalah nama bisnis yang tengah ia jalankan. Tentunya ia menjalankan bisnis ini untuk membiayai kehidupannya.

Sesuai namanya dia membantu para lelaki lajang yang tidak ingin menikah dan tidak bisa menikah karena alasan tertentu. Dalam menjalankan bisnisnya dia sangat selektif memilih kliennya agar tidak menyusahkan dikemudian hari.

Dia mempunyai seorang suami (klien) istimewa karena sudah menjalankan kontrak selama lima tahun dan tidak pernah telat membayar.

Tentunya jika ingin menyewa Choi Sang Eun ada persyaratan yang harus disetujui. Dan ia bebas menentukan apakah membantu sang klien atau tidak tergantung dari pertemuan awal mereka.

Pemeran Drama Love In Contract

Park Min Young sebagai Choi Sang Eun

Go Kyung Pyo sebagai Jung Ji Ho

Kim Jae Young sebagai Kang Hae Jin

Kang Hyoung Suk sebegai Woo Gwang Nam

Jin Kyung sebagai Yoo Mi Ho

Profile Drama

Judul : Love in Contract

Hangeul : 월수금화목토

Romanisasi : wolsugeum hwamokto

Network : TvN, Viki

Episode : 16

Tanggal Tayang : 21 September - 10 November 2022

Genre : Komedi-Romance-Bisnis

Bukan Kawin Kontrak Biasa

Dengar bisnis istri sewaan bukan berarti dia bekerja layaknya istri sungguhan ya. Dia hanya bertugas menjalankan peran layaknya istri dihadapan banyak orang. Ada kontrak perjanjian yang harus dipatuhi.

Ada klien yang berhasil mendapatkan kontrak bisnis, ada ibu yang berhasil sembuh dari sakitnya karena mendengar anaknya menikah meski pada akhirnya tentu mereka harus cerai untuk mengakhiri kontrak.

Choi Sang Eun selalu menemui kliennya dari kejauhan untuk memastikan penampilan lalu mendengar alasan sang klien kenapa dia harus dibantu. Dari berbagai alasan klien ini kita mengetahui bahwa keduanya merasa diuntungkan dan Sang Eun sejatinya orang yang baik.

Mantan Suami Jadi Bestie

mantan jadi bestie

Sang Eun menerima salah satu klien yang cukup menggerakkan hatinya. Klien ini adalah satu-satunya anak lelaki di keluarganya dan amat disayangi. Dia merasa bersalah pada saudaranya yang perempuan karena banyak harapan yang digantungkan orang tua padanya.

Bahkan sebelum dia menikah saudaranya tidak akan menikah dulu. Itu menjadi beban baginya. Masalahnya adalah dia tidak bisa menikahi perempuan chingu...

Yes dia menyadari dirinya seorang gay dan dia tidak bisa berterus terang pada keluarganya. Itulah sebab dia menyewa Choi Sang Eun dan menandatangani kontrak untuk menikah.

Meski pada akhirnya bercerai tapi mereka tetap hidup bersama layaknya keluarga sebagai nuna dongsaeng. Aku pribadi suka sekali gambaran persahabatan mereka berdua.

Meski isu gay di Korea hampir sama tabunya seperti di Indonesia tapi aku mulai menyadari banyak drama yang menampilkan kisah ambigu ini. Apakah ini sebagai bentuk dukungan atau bentuk protes dengan keberadaan kaum minoritas ini?

Tapi terlepas dari itu semua dari drama ini aku menemukan keunikan tinggal bersama dengan seorang gay. Bebas dari perasaan sungkan antara laki dan perempuan yang katanya jika laki-laki dan perempuan itu tidak bisa murni bersahabat. Tapi dari Sang Eun dan Gwang Nam aku melihat sebuah hubungan unik yang membawa kedamaian ketika melihat mereka.

Cinta Pertama Choi Sang Eun

Choi Sang Eun tidak ingin menikah. Dia melakukan bisnis ini adalah murni karena tuntutan biaya hidup dan hutang yang harus dia bayarkan kepada seseorang.

Dia mempunyai klien tetap yang sangat sopan dan hanya meminta ditemani makan malam pada hari senin, rabu dan jumat. Masa kontrak dengan klien bernama Jung Ji Ho ini akan segera berakhir tapi ada perasaan tidak rela dalam hatinya.

Sepertinya dia mulai menyukai Jung Ji Ho begitu pula sebaliknya tapi Sang Eun selalu mengabaikan dan mencoba mengacuhkan perasaannya berkedok profesionalitas pekerjaan.

Akankah Jung Ji Ho menjadi cinta pertama Sang Eun?

Pria Dari Masa Lalu

Sang Eun sangat membenci masa lalunya. Tidak ada yang mengetahui masa lalunya kecuali mantan suami yang kini berubah menjadi bestienya.

Kang Hae Jin adalah selebritas papan atas yang mempunyai banyak penggemar. Dia baru saja pindah ke kondominium yang jadi tempat tinggal Jung Ji Ho.

Kang Hae Jin tidak bisa melupakan cinta pertamanya yang bernama Jamie. Dan kebetulan dia bertemu dengan Jamie di kondominium itu dan ia telah menjadi istri dari seseorang.

Awalnya agak kecewa dong ya ketemu cinta pertama eh ternyata doi sudah jadi istri orang. Tapi dia ingat bahwa Jamie yang dia kenal benci ikatan pernikahan.

Saking keponya dia jadi memata-matai pasangan suami istri tersebut dan menemukan keanehan diantara mereka sehingga muncullah kesalahpahaman.

Berbagai kesalahpahaman itu dia jadi tahu pekerjaan Jamie alias si Choi Sng Eun. Dan terjadilah kontrak pernikahan dadakan yang terpaksa ia ambil.

Btw, kalau ini jadi drama Indonesia mungkin judulnya bakal jadi Ribetnya Bersuami Dua.

Kesan Menonton Drama Love In Contract

Jujur saja drama ini cukup menarik karena sudut pandang ceritanya. Jalan ceritanya lumayan kocak dan menghibur di tengah gempuran drama yang suka bikin overthingking dan mengajak untuk tebak-tebakan.

Mungkin karena akunya juga lagi pengen menikmati drama ringan dan komedi gitu. Hanya saja cerita second lead dengan karakter Kang Hae Jin menurutku sungguh tidak dibutuhkan. Apa karena aku sudah menentukan pilihan kalau Choi Sang Eun dengan Jung Ji Ho.

Tapi jika tanpa Kang Hae Jin maka jalan cerita dramanya tidak jauh berbeda dengan cerita drama kawin kontrak yang awalnya perasaan biasa saja lalu berubah jadi cinta.

In my opinion aku lebih menikmati persahabatan tak biasa Sang Eun dengan Gwang nam. Ah mereka ini mengalihkan pandanganku.

Pesan Drama Love In Contract

Bukan drama Korea kalau tidak ada pesan dan pelajaran yang bisa diambil di dalamnya. Nah, ada beberapa pesan yang menarik perhatianku untuk dijabarkan dari drama Love in Contract ini.

Jangan Menghakimi

jangan menghakimi

Menjadi kaum minoritas (kaum gay) memang tidak mudah. Dan aku rasa mereka juga sadar kalau mereka berbeda tapi ada hal di dalam diri mereka yang tidak bisa mereka kendalikan.

Aku ingin bilang jangan menghakimi mereka. Apalagi berpandangan jijik. Seperti karakter Sang Eun yang bisa menerima Gwang Nam dan bersikap layaknya nuna.

Atau seperti sikap Kang Hae Jin ketika bertemu Gwang Nam. Dia menerima tawaran kerja dari Kang Hae Jin. Mengingat dia orang yang berbeda dan suka diberhentikan kerja ketika mengetahui kondisi dirinya. Maka dia memilih untuk jujur di awal.

"memang kenapa jika kau gay? Aku juga punya teman yang gay. Aku hanya tidak suka mereka (netijen) menganggpku gay"

Kita tahu bahwa mereka menyimpang tapi bagiku pribadi bukan berarti kita tidak bisa berteman dengan mereka. Terlepas dari prinsip agama dan keyakinan seseorang, ataupun adat dan norma, bukan seharusnya kita memusuhi mereka. Bukan berarti aku mendukung ya... Tapi, kalau tidak mau mendukung, maka cukup hormati pilihan hidup mereka sebagai sesama manusia.

Mengerjakan Hal Yang Dicintai

do what you love

Kalau kata anak jaman jigeum sih kerja sesuai passion ya.

Nah kalau Sang Eun ini kerja sesuai kemampuan. Aku inget scene yang dia dibilang akan susah untuk kerja di perusahaan apapun di Korea.

Mereka nggak tahu aja kala Sang Eun punya bisnis anti mainstream yang menghasilkan banyak uang dan bisa membuatnya tetap hidup mewah.

Dia melakuan pekerjaan yang dia suka dan dia andal melakukannya. Bahkan sering kali dia memuji diri sendiri bahwa dia melakukan pekerjaan dengan hebat.

Dia melakukan pekerjaan dimana orang juga membutuhkan bantuannya dan dia handal mengerjakan hal tersebut.

Kenapa dia andal? Lihatlah masa lalu Choi Sang Eun maka kita bisa menemukan jawabannya.

Gimana kalian penasaran dengan drama Park Min Young satu ini? Yuk langsung aja nonton dramanya! Drama Korea memang selalu ada aja ya, mesti dipenuhi dengan kreativitas dan inspirasi

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. Fans of EXO & SF9. We are one, 사랑하자!

Related Posts

34 comments

  1. Temanya unik di Love in Contract ini.
    Kebayang kalau bener-bener ada profesi kaya dicerita ini. Eh, jangan-jangan ada kali ya, in fact, mengingat Korea sekarang sedang dilanda lonely life dan lonely dead

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, itu kurang tau juga ya pak.. apa jangan-jangan emang ada tapi sembunyi-sembunyi ya? wah agak cringe juga sih kalo ada beneran

      Delete
  2. Membuat penasaran. Tp sepertinya apa ada adegan yg membuat geli ketika memperlihatkan gay nya ? 😬 mau langsung nonton, ak masih blm berani ketagihan drakor wkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. emm,, konflik utamanya bukan di temennya yg gay itu sih mbak, jadi masih aman lah hehe...

      ayo nonton ayoo.. aku racuni terus nih biar ikutan hahaah

      Delete
  3. Wkwkwkwk kok aku ngakak ya baca judul drama kalau di Indonesia. Mungkin kalau di Indonesia akan jadi sinetron yang episodenya gak pernah selesai 😂 ide bisnisnya boleh juga yaa, udah gitu dia pede bgt dengan kerjaannya yg sesuai passion 😂 tidak membenarkan gay, tapi setiap orang punya pilihannya masing2 ya mbaakk. Tapi geli aku kalau nonton yg gay² gini 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh jangan dibandingkan sama sinetron indonesia deh mbak, gak apple to apple kayaknya wkwkwk..

      sama, aku juga agak gimana gitu kalo ada yg gay2 gini... tapi sejauh ini drama yg aku tonton gak pernah menampilkan adegan tidak senonoh antara pasangan gay... jadi semua masih aman sih

      Delete
  4. Suka banget sama aktingnya Park Min Young. Drakor Love in Contract ini memang kocak. Hae Jin melihara si Jamie tapi takut pegang. Wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo urusan drakor2 romcom gini emang Park Min Young ratunya sih mbak ya, selalu bisa aja bikin mesam-mesem hahaah

      Delete
  5. Bisa jadi wishlist nih buat ditonton. Apalagi Iklannya di mana-mana. Kayaknya g ada drama yang gagal selama ada park min young hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener... ini drakornya ada lucu2nya juga sih yu, lumayan...

      tapi, aku paling suka peran park min young di seven days queen, wes iku sumpah keren banget,, paripurna penampilannya

      Delete
  6. Gemes sama Ko Gyung Pyo yg pelan² jd hangat dan bisa tersenyum. Park Min Young sayang aktingnya gitu² aja. Tp temanya boleh lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena park min young mesti ambil peran yang itu-itu aja, iya gak sih mbak? sama kayak lee min ho, mesti jadi orang kaya tajir melintir... nah park min young ini juga gitu, mesti romcom yang perannya mirip

      Delete
  7. Sang Eun termasuk cewek kuat ya bisa menjalankan profesi istri sewaan. Padahal bayangin aja capek huhu. Tapi dia gigih demi keberlangsungan hidupnya. Bisa mengangkat story seperti ini apakah berdasarkan imaginasi atau kisah nyata ya, kalo pun ada hmm prihatin juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bayangin aja tiap hari suaminya ganti, ya walaupun ga full time sih ya istilahnya.. tapi karena banyak kliennya, part time tapi banyak, jadi full time bertahun-tahun jadi istri bayaran...

      entah ada apa enggak di real life, tapi kaolo ada ya ngeri juga menurutku...

      Delete
  8. Hadeh ada-ada ide filmnya wkwk tapi ada isu sensitif juga yaa. Btw, Akhirnya si Jamie ini nikah benerannya sama siapa ya?? Hmm pasti aku disuruh nonton love in contract pastinyaa wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, masih onging mbak kurang dikit lagi hehehe... ya itu yang bikin aku salut, Sokor berani banget ngangkat isu-isu sensitif begini. Makanya kadang sampe ada film atau drama yang dibash bahkan dibanned tayang karena konfliknya terlalu sensitif...

      Delete
  9. Love in Contract apakah ini versi dari Kawin Kontrak yang di Indonesia? Ahh...mengadi-ngadi saja. Btw saya selalu suka dengan film2 korea, sebegitu banyaknya judul alur ceritanya selalu berbeda. Selalu ada hal yang menjadi kejutan di filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali pak... Ya ini emang kawin kontrak, jelas sebagai bisnis. Kalo di Indo udah terhalang norma agama dan adat sih ya, nggak boleh ada kawin kontrak. Kalo di sana emm, aku juga kurang tahu sih, ada beneran apa enggak di real life...

      Hehee, iya pak... Makanya aku betah nonton film atau drakor :D

      Delete
  10. ini film beneran unik deh, sudut pandang yang diambil lo kok bisa seperti itu ya, jadi penasaran endingnya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mbak... Aku udah pernah nonton drama lain yang temanya kawin kontrak, tapi nggak pernah kebayang gimana jadinya kalo kawin kontrak begini dijadikan profesi/bisnis. Kalo pacara sewaan masih okelah ya, la ini istri sewaan. Hahaha Sokor emang ada-ada aja, gila idenya...

      Delete
  11. Waduuh, mantan suami jadi BESTie (mau ngajak tapi takut dosa) 🤭
    Kalau di kehidupan nyata langsung jadi musuhan kebanyakan...
    Menarik niih, masuk list antri tontonan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena nikah jadi suami istri cuma pura-pura aja mbak, makanya bisa bestie-an pas udah jadi mantan. Wkwkwk... Cuss yuk nonton :D

      Delete
  12. Pengen nonton lengkap yang kayak gini itu dimana sih? Apa di youtube ada ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas udah aku tulis sih mbak, pake Viki, hehe.. Platform nonton drakor yang legal sekarang tuh banyak, Netflix, Viki, Viu, Disney+ Hotstar, Prime, iQiYi, banyak deh pokoknya. Malah kalo nyari di Youtube jarang ada yang full, paling cuma cuplikan-cuplikan atau behind the scene nya aja :D

      Delete
  13. Uwaaa park min young... menarik sih ini drama. Next waiting for K-Drama :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drama yang diperanin Park Min Young kayaknya emang nggak pernah gagal ya mbak, hehehe...

      Delete
  14. Yang saya suka dari drakor mereka berani ngangkat macam-macam profesi di ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas... bahkan profesi-profesi gila yang kita gak kepikiran, ya kan. Makasih sudah mampir ke sini :)

      Delete
  15. Waah aku lagi nonton drama ini. Gemes bangettt sama Jung Jiho nyaaa! Hahah semoga happy ending

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, diam-diam menghanyutkan ya dia.. wkwkwk. Aku juga berharap ending paling happy buat mereka deh, hehe

      Delete
  16. uniknya dari drakor adalah mampu ngacak-ngacak emosional penontonnya, dan itu nilai lebihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena mereka kalo bikin pun totalitas ya, nggak tanggung-tanggung... All out. Jadi bisa nyampe ke penonton, ya pesannya, konfliknya, situasinya..

      Delete
  17. Aku uda jarang banget nonton drama korea yang bikin ikutan merasa jatuh cinta. Gak tau kenapa, malah kerasa banget jatuh cintanya PMY sama KGP. Iih...dua orang ini ya.. bikin gemeesshh!!
    Mereka tuh awalnya ga pake skinship apa-apa aja, aku uda deg-degan.

    Huhu...kenapa KGP pinter banget akting jadi hakim yang pemalu gituu...
    Aku kan jadi ikutan tersipu-sipuuu kalo pas dia manja sambil bilang "bab meogja"

    KYAAAA!!!
    Kolom komentarmu jadi spam gasi..?
    Hhaha...mian~

    Terlalu terlalu terlaluuuuu SUKAAAA dengan KGP.

    ReplyDelete
  18. Wah profesi yg boleh dicoba nih 😂 di kita pasti heboh kalau ada yg begini ya

    ReplyDelete

Post a Comment