admasyitoh.com

Rekomendasi Hotel Murah di Surabaya Selatan: Rumah Familiku 1 Syariah Siwalankerto

36 comments

hotel murah di surabaya selatan

Yeorobun, yang hobi backpackeran mana suaranya?? Sini merapat… Ada hidden gem hotel murah di Surabaya selatan yang bagus dan pas banget buat staycation ala-ala nih!

Jadi, belum lama ini aku dan keluarga staycation di salah satu hotel di kota kami, Surabaya.

Jujurly, niatku waktu itu cuma mau cari suasana 'tidur' yang berbeda. Awalnya mau staycation keluar kota, tapi malas capeknya perjalanan. Apalagi cuaca akhir-akhir ini lagi hobi banget nge-prank. Pagi sampai siang cerah terang benderang. Sore tiba-tiba hujan deras dan gerimis abadi sampai keesokan hari.

Ya sudah, kita nginep aja di dekat-dekat sini. Yang penting suasananya beda, biar ga bosen. Ga usah mahal-mahal, yang penting nyaman! Begitu kataku kepada suami. It’s okay, nggak perlu mahal yang penting suasananya baru biar mamak bahagia ya, hehe.

Dan, pilihan kami jatuh pada Rumah Familiku 1 yang ada di kawasan Siwalankerto, Surabaya selatan. Tidak jauh dari rumah, sekitar 15 menit naik kendaraan. 

**Wkwkwk, staycation macam apa ini deket banget sama rumah…

Awalnya sempat underestimate, karena yah, tarif hotel semurah itu dapat apa sih? Tapi setelah merasakan sendiri situasinya di lokasi… Wow! Ini sih worth it banget! IMO, hotel ini cocok banget bagi keluarga kecil. Atau, bagi wisatawan yang mau jalan-jalan dengan budget pas-pasan. Penasaran? Baca ulasan ini sampai habis, ya!

Kenapa Pilih Rumah Familiku 1?

Ada beberapa kesan yang membuat penilaianku jadi bagus terhadap hotel satu ini. Overall, selain harganya murah, hotel ini nyaman dan memuaskan servisnya. Untuk harga semurah itu, menurutku fasilitas yang didapatkan sudah sangat lumayan, yeorobun. Dan, bisa banget diulang nginep di sini. Highly recommended kalau punya cita-cita liburan di Surabaya.

Penginapan Syariah yang Cocok untuk Keluarga

Dari judulnya sudah jelas ya, hotel ini termasuk penginapan syar’i. Jadi kalau mau nginep pasangan di sini harus pasangan halal. Begitu masuk ke resepsionis dimintai bukti sah pasangan suami-istri, seperti buku nikah, KK atau minimal KTP yang alamatnya sama.

Kecuali single atau belum menikah, cukup tunjukkan KTP saja. Beda ceritanya kalau kamu mau sendirian, tapi mau menerima tamu, tentu ada kebijakan khusus nantinya.

Karena penginapan syar’i, hotel ini cocok sekali untuk keluarga kecil. Ayah, ibu, anak dan orang tua. Kapasitas kamarnya cukup untuk ayah-ibu dan anak. Tapi kamu bisa minta extra bed kalau memang dibutuhkan. Oiya, ada pilihan tipe kamar connecting room juga lo! Jadi bisa banget kalau mau datang satu keluarga, tapi kamarnya nggak terpisah-pisah namun tetap ada space yang lega.

Hotel Murah di Surabaya Selatan yang Memuaskan

Kesan pertama masuk lobby hotel ini adalah minimalis dan nyaman. Di depan meja resepsionis ada beberapa kursi dan sofa. Lobby ini juga terhubung dengan semacam cafe minibar(?) yang estetik gitu. Sayangnya tidak buka sepanjang waktu, sepertinya buka kalau ada tamu yang punya acara tertentu aja.

Meskipun tidak besar dan minimalis, tapi hotel ini bersih dan rapi sekali. Aku paling suka dengan desain kamar-kamarnya yang modern. Pengelola banyak memanfaatkan interior yang bisa memaksimalkan ruangan. Jadi walaupun kamarnya tidak besar—yah cukupan lah standar—tapi tetap rapi dan tidak sumpek. Tetap ada space longgar yang bisa buat sholat berjamaah dengan suami dan anak.

Fasilitasnya lengkap, yeorobun. Setiap kamar sudah ada lemari sepaket dengan hangernya. Aku pernah nginep hotel selevel tapi lebih mahal, nggak dikasih lemari, cuma ada rak baju dan gantungan, tapi nggak dikasih hanger. Kan jadi agak kecewa ya…

Next, ada rak modern-minimalis yang digantung di tembok. Di dalamnya sudah dikasih electric water heater, gelas dan cangkir. Sekalian dengan air mineral botol, kopi, gula dan teh yang gratis tentunya. Ini memanjakan pelanggan yang suka ngopi sepertiku.

Ada televisi pintar di seberang tempat tidur dan nakas plus lampu tidur di sebelahnya. Stop kontak banyak, nggak ribet bawa kabel olor. Nah, yang menurutku spesial adalah kita bisa pinjam sajadah ke resepsionis. Tinggal telepon, langsung clingg diantar ke kamar.

Sebagai penginapan yang berlabel syar’i menurutku hotel ini sudah cukup baik karena bisa menyediakan sajadah ke pengunjung. Walaupun ada mushola juga di lantai bawah yang ukurannya lumayan longgar, full karpet sajadah dan sudah ada mukenanya.

**Karena pengalaman selama ini aku seringnya ketemu hotel yang musholanya yah begitulah. Cenderung ala kadarnya, sempit, kurang terawat dan tidak ada mukena. Maklum, karena kebanyakan tamu hotel memang lebih nyaman sholat di kamar sendiri kan.

Selain mushola umum, Rumah Familiku juga punya aula serbaguna. Sayangnya aku kemarin nggak sempat explore atau tanya lebih jauh ke pihak pengelola, seperti kapasitas ruangan, bisa digunakan untuk acara apa dan lain sebagainya.

Fasilitas lain seperti toiletries, wifi dan tempat parkir, standar sebagaimana hotel pada umumnya. Seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampoo, sandal, de-el-el. Kekurangannya cuma satu, yaitu tempat parkirnya terbuka. Jadi, pengunjung yang membawa kendaraan roda dua—otomatis bawa helm kan—harus lebih waspada ketika cuaca hujan. Kalau deres ya jelas basah kuyup ciin…

Rooftop Pool and Cafe yang Estetik

Nah, ini yang bikin anak-anak suka. Hotel ini punya rooftop pool and cafe! Meski tidak terlalu besar, tetapi kolamnya bisa banget buat seru-seruan bareng anak dan anggota keluarga lainnya. 

Jangan lupa pakai pelampung dan baju renang yang sopan ya! Terutama kalau kamu nggak jago renang. Karena kolamnya lumayan dalam yeorobun, satu setengah meter. Mereka menyediakan ban pelampung, tapi kalau untuk anak-anak ada baiknya menyiapkan perlengkapan renang sendiri.

Di sekitar kolam ada area berjemur yang jadi satu dengan cafe rooftop. Banyak juga tempat duduk model ayunan yang estetik dan teduh. Kalau malam dan cuaca cerah tempat ini estetik sekali. Sayangnya, pas aku ke sini justru hujan deras semalaman, hiks. Padahal kan seru ya bisa menikmati suasana malam romantis ala-ala, sambil menikmati makanan ringan di cafe.

Untuk ukuran hotel bintang 2, punya kolam renang dan cafe seperti ini menurutku sudah sangat bagus. Kolam ini juga yang jadi fasilitas andalan karena selalu bisa menarik perhatian tamu yang menginap. Jadi, siap-siap antri ya kalau mau renang! Kolamnya hampir tidak pernah sepi!

Pelayanan Sat-set-sat-set

Resepsionis terbuka 24 jam penuh. Check-in dimulai jam 14.00, sedangkan check-out maksimal jam 13.00. Pelayanannya ramah dan cekatan, sat-set-sat-set anti lelet-lelet club! Walaupun pas mau check-in kemarin aku sempat antri, karena barengan dengan pengunjung lain, tapi tidak perlu menunggu terlalu lama.

Begitu pula dengan staf lain, seperti tenaga kebersihan. Selain bekerja maksimal menjaga kebersihan hotel, mereka juga dengan senang hati membantu para tamu yang membutuhkan bantuan. Seperti membawakan koper ke lift, menunjukkan lokasi kamar dan lain sebagainya.

Dekat Pemukiman dan Kampus

Hotel Rumah Familiku 1 Syariah: Jl. Siwalankerto Timur 2 No. 8, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, 60236

Another benefit menginap di Rumah Familiku ini adalah lokasinya yang strategis serta dekat dengan pemukiman warga dan Kampus Universitas Petra Surabaya. Lokasi seperti ini menguntungkan karena tamu jadi lebih mudah mengakses banyak tempat, termasuk minimarket dan tempat makan.

Di mana ada kampus, ada mahasiswa, di situ pasti banyak kos-kosan dan tempat makan. Percayalah!

Kadang pilihan menu makanan di hotel tidak sesuai dengan selera tamu. Karena itulah keberadaan tempat makan di sekitar hotel bisa menjadi pilihan atau alternatif buat tamu. Yah, walaupun bisa pesan makanan online, tapi nuansa makan di resto atau cafe langsung pasti beda kan dengan kalau takeaway atau order online.

Nah, karena Rumah Familiku ini letaknya di tengah pemukiman dan persis di belakang kampus, yang otomatis banyak mahasiswa, tempat makan di sekitar hotel buanyak sekali! Menjamur di mana-mana ada, laksana cendawan di musim hujan, hehe. Tinggal pilih, mau yang murah, mahal, khas rumahan sampai makanan kekinian, yang halal sampai non halal, semua ada.

Dan, dekat juga dengan minimarket atau pertokoan. Jadi gampang banget kalau mau beli-beli barang yang kamu butuhkan, seperti jajan atau makanan ringan misalnya. Enak to?

Promo dan Diskon Melimpah!

Yang suka berburu diskon atau promo mana suaranya? Siapa sih yang nggak suka promo, apalagi para mama milenial, hehe. Sebetulnya kamu bisa booking hotel ini dari platform booking hotel manapun, seperti Traveloka, Booking.com atau Oyo. Tapi bisa juga booking langsung via WA. Informasi kontak hotel bisa kamu cek di Instagram resminya @rumah.familiku ya!

FYI, Rumah Familiku sering ada promo lo! Biasanya mereka posting informasi promo dan flash sale yang sedang berlaku di akun Instagram. Jadi, pantengin aja terus Instagramnya. Nggak cuma promo, mereka juga sering ada giveaway produk-produk menarik atau voucher menginap di hotel.

Penutup

Buat wisatawan atau siapapun yang mau jalan-jalan ke Surabaya, Rumah Familiku 1 Syariah Surabaya bisa jadi pilihan menginap yang hemat budget namun tetap memberikan kesan dan memuaskan. Lokasinya yang strategis, ditambah fasilitas-fasilitas yang adalah keunggulan utama penginapan satu ini. Dan, ada kolam renang serta cafe rooftop yang menjadi highlight hotel bintang 2 ini.

So far, untuk tarif yang semurah itu, belum lagi kalau ditambah diskon dan promo, Rumah Familiku 1 Syariah sangat recommended buat kamu yang cari hotel murah di Surabaya selatan. Gimana? Tertarik menginap di sini? Yuk, share di kolom komentar ya!

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

36 comments

  1. Konsep hotel syariah atau islami cukup menarik, karena tamu selalu diingatkan untuk berperilaku Islami. Melihat ulasannya, ini hotel cocok untuk keluarga muda, banyak promo Dan giveaway juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya kalo tentang perilaku tamu itu kembali lagi ke tamunya masing-masing kak.. cuma kalo hotel syariah itu nggak bisa sembarangan orang nginep bersama satu kamar... kan emang sering kejadian ya, bukan pasangan non hal nginep sekamar,, nah kalo penginapan syariah tuh nggak boleh begini karena harus menunjukkan bukti pasangan sah

      Delete
  2. Dilihat dari depan kaya ruko gitu ya tapi estetik. Ini cocok nih buat mahasiswa juga ya mba hihi.

    Aku tertarik mbak. Boleh nih kalau kapan² aku bisa ke Surabaya, hihi. Harga per malamnya berapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. per malamnya kisaran 200rb aja mbaak, taoi buanyak promonya kalo bookingnya langsung ke mereka... di IG tuh mereka sering banget ngasih promo, flash sale atau diskon.. aku pas nginep kemarin tuh dapat flash sale jadi cuma kena 50rb aja lo, ini tanpa makan sih tapi bayangin aja 50rb udah bisa bobok enak dan nyaman kek gitu...

      Delete
  3. Saya belakangan ini kalau menginap di penginapan syariah merasa lebih nyaman aja, nanti kalau ke Surabaya saya bisa cobain ini niy kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaap... semoga pas banyak promo ya kak, follow IG nya aja biar tahu mereka lagi ada promo apa

      Delete
  4. Menarik sekali hotel di lokasi yang cukup strategis. Bisa untuk rekomendasi teman jika mau pergi ke Surabaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, sangat strategis jadi enak kalo mau kemana2, nggak jauh dan nggak susah..

      Delete
  5. Boleh di coba ini kalau pas ke Surabaya, khususnya diSurabaya selatan. Apalagi ini syariah, pengen ngerasain nginap di tempat yang syar'i

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaap.. monggo dicoba kapan2 kalo lagi di surabaya.. hehe

      Delete
  6. Wah, bisa buat nginap sekampung eh sekeluarga ya? mau dong. Apalagi ada kolam renang di atap. Tapi, kami jarang ke surabaya nih. Boleh dong dibuatkan artikel lagi tentang tempat2 asyik di Surabaya untuk dikunjungi. Terutama restonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kolamnya ini andalan mereka banget kak, soalnya jarang2 kan ada hotel bintang 2 yang punya kolam renang..

      hehe, terima kasih masukannya, insyaAllah dipertimbangkan yaa..

      Delete
  7. Iiihh lucu warna hotelnya, Mbakkk... Warna-warni terang kayak gitu bikin suasana jadi cerah dan mood tambah semangat. Ternyata ada kolam renangnya juga, ya. Lengkap banget meskipun hotel bintang 2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, bener2 hidden gem lah pokoknya... jadi tiap kamar tuh beda2 warna interiornya.. dan emang lucu2, rapi banget, lengkap... nggak kapok deh nginep di sini

      Delete
  8. Noteeeed ... kalau traveling ke Surabaya tidak perlu repot searching lagi. Makasih infonya ah sangat berguna. Ditambah bersih dan ada kolam renang ada di atap, pasti betaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaap, sama2 mbak.. monggo dicoba kalo lagi traveling ke surabaya, harga murah tapi memuaskan

      Delete
  9. Referensinya boleh juga nih, bolehlah kapan-kapan jika di Surabaya coba hotel ini. Penasaran sama pemandangan di rooftopnya, pasti bagus banget. Eheheh. gapapa lah kak sesekali staycation gak jauh jauh dari rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari rooftopnya bisa liat gedung2 lain di surabaya kak hehe... cuma kalo malem estetik gitu, ada kafenya, ada kolamnya juga kan... banyak tempat duduknya juga

      Delete
  10. Boleh juga nih referensinya. Paling suka sama pelayanan hotel yang sat set sat set. Jadi kita sebagai pengunjung gak bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, selain fasilitas, pelayanan adalah faktor penting saat memilih hotel

      Delete
  11. Saya suka banget kalau nginep di hotel tipe syariah seperti ini, itu berarti tamunya pun sudah mengikuti aturan syariah yang dijalankan ya. Pelayanannya yang gercep juga jadi nilai plus buat kita kembali lagi nginap di hotel ini ya kan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah minimal tamunya kalau mau nginep sekamar harus bisa menunjukkan bukti sebagai pasangan sah gitu kak yanie hehe.. aku suka hotel ini selain karena syariah ya karena pelayanan dan fasilitasnya yang bagus banget

      Delete
  12. Waah, boleh-boleh, nih, kapan2 kalo ke Surabaya pake rumah familiku 1. Lumayan murah ya harganya, hotelnya jg bersih. Jujurly juga, Sempat missund sama nama hotelnya, dikira ini hotel punya keluarga mba Al. Rumah familiku. Hehe

    ReplyDelete
  13. Baru kali ini nemu hotel murah dengan nama yang unik. Kalau bukan karena mbak admasyitoh, enggak tahu ada hotel rekomended satu ini. Btw, judul@ artikelnya menarik

    ReplyDelete
  14. Interior hotelnya menarik. Bikin suasana jadi ceria karena berwarna-warni
    Bolehlah kapan-kapan kalau pas lagi ke daerah Surabaya Selatan cobain nginep di sini

    ReplyDelete
  15. Haaah hotel bintang 2 ada kolam renangnya? Baru ini nemu loh
    ku suka konsep hotel syariah, kayak lebih aman nyaman menginap di sana.
    kalau ke Surabaya mau ah coba ajak keluarga ke sini, pasti seneng bisa berenang.

    ReplyDelete
  16. Setiap staycation kalau pelayanan nya prima dan hotelnya banyak program promo, saya auto booking sih mbak. Better bisa tidur di hotel hehe 😁

    ReplyDelete
  17. Menariiikkkk... nanti bisa jadi alternatif kalo berkunjung ke rumah mertua nih...


    BTW aku juga pernah ngerasain staycation dekat dr rumah.. lucu emang ada barang ketinggalan langsung cuss ke rumah wkwk

    ReplyDelete
  18. Suka deh kalau hotel dengan rate terjangkau tapi ada fasilitas kolam renangnya, di rooftop pula.. :D Apalagi konsepnya syariah ya kak jadi lebih aman, nyaman, dan lebih terjaga. Kelihatan dari fotonya juga bersih ya hotelnya..

    ReplyDelete
  19. Recommnded sekali ini, ya, Mba. Saya suka bisa ketemu hotel dengan nuansa islami seperti ini. Semoga kapan hari bisa ke sana. Btw, Rumah Familiku 1 Syariah Surabaya ini ada cabangnya, nggak, ya, Mba? Mungkin ada di beberapa alamat gitu.

    ReplyDelete
  20. Saya juga suka kepikiran gitu, lho. Meskipun dekat rumah, kan, suasananya pasti beda. Jadi suka pengen sesekali staycation. Sayangnya belum kesampaian. Saya maunya yang ada kolam renang kayak hotel ini.

    ReplyDelete
  21. Penginapan syariah dengan fasilitas yang mengasikkan seperti itu memang cocok jadi andalan buat menginap. Apalagi kalau sekeluarga ya kak, bakalan membuat nyaman berlibur sih ini

    ReplyDelete
  22. Daerah jajahankuuu ini maah..
    Tapi waktu dulu kek belum pernah ada yaa.. Atau akunya yang terlalu cuek, hihihi.. kan dulu ga butuh healing yaa.. selain nge-warnet.

    Sekarang jadwal staycation jadi kebutuhan, apalagi yang sehari-hari uda lelah banget sama naninu.. semua urusan.

    Alhamdulillah, semua penuh berkah menginap di Rumah Familiku 1 Syariah Siwalankerto.

    ReplyDelete
  23. Salah satu fasilitas yang mesti ada di hotel tempat aku menginap itu adalah kolam renang. Soalnya anak-anak pasti nyariin tuh. Nah ini hotelnya punya kolam renang di rooftop makin keren deh. Apalagi ratenya terjangkau yaa. Cocok untuk staycation keluarga. Kayanya sekarang juga makin banyak ya hotel dengan konsep syariah, jadi lebih aman, nyaman, terjaga, dan kids friendly.

    ReplyDelete
  24. Bisa jadi referensi terbaru neh jika nanti liburan atau ada kerjaan yang menuntut untuk menginap di Surabaya, aamiin.

    ReplyDelete
  25. wah keren banget mbak hotelnya bintang 2 tapi ada fasilitas kolam renangnya. penasaran saya ini ratenya berapa biar kalau ke surabaya bisa coba nginap di sana

    ReplyDelete

Post a Comment