admasyitoh.com

5 Game Favorit di Solitaire.org yang Bermanfaat untuk Kesehatan Otak dan Mental

4 comments

platform game online

Kata siapa ibu rumah tangga nggak bisa burnout? Jangan salah, bukan cuma pegawai kantoran atau korporat yang bisa burnout. Meski kelihatannya cuma gitu-gitu aja di rumah, ibu rumah tangga juga punya segudang alasan yang bisa memicu stres, depresi alias mommy burnout. Inilah kenapa para mama muda juga butuh meluangkan waktu untuk mencintai dirinya sendiri.

Nggak cuma anak-anak, ada kalanya mommy juga butuh jalan-jalan healing atau main game demi menjaga kewarasan mental mereka. Apalagi kalau game yang dimainkan bisa me-refresh otak dan pikiran seperti yang ada di Solitaire.org. Wah, pasti jadi makin asyik dan berfaedah!

Di artikel ini aku mau spill beberapa game favorit di Solitaire.org yang seru banget, khususnya buat para mommy sepertiku. Selain berasa nostalgia, bisa juga menyegarkan kembali otak supaya nggak sumpek dengan rutinitas domestik sehari-hari yang seringnya menguras waktu, tenaga, emosi dan pikiran. Well, let’s check this out!

Bermain Game untuk Menjaga Kesehatan Mental

Dilansir dari hellosehat.com, stres pada ibu rumah tangga bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti terus-menerus mengerjakan aktivitas domestik yang menguras fisik, pikiran dan mental. Kelelahan fisik dan psikis pada ibu sering kali tidak diimbangi dengan waktu yang cukup untuk beristirahat. Belum lagi mereka masih harus menghadapi judgement dan komentar-komentar julid dari lingkungan sekitarnya. Tentu ini sangat melelahkan yeorobun.

Faktanya, mengurus anak dan rumah ternyata bukan perkara yang gampang. Para mommy, yang katanya nggak kerja dan cuma di rumah aja, justru rentan sekali mengalami stres. Kalau tidak segera ditangani, tekanan-tekanan ini bisa menimbulkan permasalahan yang lebih serius seperti depresi, parental burnout atau mommy burnout.

“Parental burnout adalah suatu kondisi kelelahan yang intens, yang dialami para ibu atau orang tua karena menerima banyak sekali tekanan. Akibatnya muncul perasaan tidak terikat pada anak serta keraguan terhadap diri sendiri untuk menjadi orang tua yang baik. Parahnya, kondisi ini bisa memicu mereka untuk menyakiti diri sendiri, menjauhi bahkan menyiksa anak.” — Hellosehat.com

Kalau kamu googling, kamu pasti akan menemukan banyak sekali artikel yang membahas stres pada ibu rumah tangga, lengkap disertai penjelasan runtut sebab-sebab, cara mencegah dan cara mengatasinya.

Menjaga kesehatan mental para mama milenial bisa dilakukan dengan berbagai cara yang intinya adalah fokus pada mencintai diri sendiri. Kita butuh meluangkan waktu untuk fokus pada diri sendiri, tenang, tanpa dibebani dengan pikiran-pikiran anak sudah makan apa belum, besok masak apa, gimana mau nggosok baju suami atau belum sempat beberes rumah yang berantakan.

Personally, aku selalu meluangkan 30-60 menit dalam sehari untuk mengerjakan hal yang aku sukai. Seperti menulis blog, membaca buku favorit, atau sekadar nonton drama Korea, mendengarkan musik dan bermain game online. Iya, game online.

Akhir-akhir ini aku lagi suka main teka-teki silang online di platform game. Sebetulnya teka-teki silang (TTS) bukan permainan baru, sudah kita kenal bahkan mainkan sejak lama. Aku masih ingat dulu ada sepupuku ada yang hobi banget beli buku TTS. Bagusnya lagi, gama silang kata ini bisa dimainkan oleh siapa saja, tidak harus orang dewasa. Bahkan di pelajaran anak SD aja ada game silang kata yang isinya mengulang materi pelajaran sekolah.

Nah, menariknya main teka-teki silang ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan lo, yeorobun, terutama kesehatan otak. Menurut berbagai sumber, bermain teka-teki silang bisa meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat, menyelesaikan masalah dan melatih kognitif. Ajaibnya, main TTS juga bisa mengurangi stres lo! Tuh kan…

manfaat bermain tts untuk kesehatan otak

Jadi, bermain TTS ini cocok banget buat para mama untuk 'lari atau kabur' sejenak dari rutinitas domestik yang menjenuhkan. Sayangnya memang sekarang kayaknya jarang dijumpai buku TTS seperti jaman dulu. Tapi, untungnya kita hidup di era teknologi digital yang maju. Main TTS tidak perlu lagi beli buku, cukup pakai laptop atau hp dan bisa main sepuasnya secara online.

5 Game Favorit di Solitaire.org

Belum lama ini aku menemukan sebuah platform game online yang cakep banget. Seperti ketemu harta karun, karena isinya game-game legend yang kerap aku mainkan dulu, termasuk teka-teki silang. Silang kata atau teka-teki silang hanyalah satu dari puluhan game yang ada di Solitaire.org, sebuah platform game online.

Solitaire.org adalah sebuah platform game online yang menawarkan environment game untuk orang dewasa secara sederhana dan menyenangkan. Player dapat memainkan ratusan game dari browser web secara langsung, tanpa perlu mengunduh aplikasi apapun atau berurusan dengan iklan yang mengganggu.

Meski namanya Solitaire.org, tapi platform ini ternyata tidak cuma menyajikan game Solitaire. Ada banyak sekali game di dalamnya bahkan sampai ratusan. Saking banyaknya, aku sempat bingung memilih game mana yang mau aku mainkan ketika pertama kali mengunjungi platform ini.

Ada 9 kategori yang bisa dimainkan, mulai dari Solitaire, Mahjong, Logic Puzzle, Word Games, Match 3, Hidden Objects dan lain-lain. Masing-masing kategori masih berisi puluhan game lainnya. So, kebayang ‘kan betapa banyaknya game di Solitaire ini?

Oiya, for your additional information, platform ini tidak tersedia dalam bahasa Indonesia ya! Sebetulnya ada beberapa pilihan setting language, seperti Jerman, Italia, Perancis, Turki hingga Polandia. Berhubung aku nggak menguasai bahasa-bahasa tersebut, jadi paling aman pilih saja bahasa Inggris. Semua setting, instruksi atau tutorial disajikan dalam bahasa Inggris. Yah, itung-itung sambil sekalian melatih vocab bahasa Inggris lah, hehe.

Tbh, aku kurang begitu suka permainan Solitaire atau game berbasis kartu lainnya. Tapi bukan berarti aku nggak bisa seru-seruan di platform ini. Setelah beberapa kali ‘main ke sini’, eksplorasi, akhirnya aku menemukan beberapa game favoritku yang kebanyakan memang melatih kemampuan berpikir dan bermanfaat untuk kesehatan otak. Apa saja game-nya? Ini dia…

1. Daily Word Search

game daily word search

Word Search termasuk dalam kategori Word Game. Di game ini, kita akan diberi pilihan ukuran papan kata (grid), 12x12, 14x14 atau 16x16. Nah, tugas kita adalah mencari kata-kata yang tersembunyi dalam papan kata ini.

List kata yang harus ditemukan sudah disediakan di layar sebelah kiri. Jadi kita mainnya nggak ngambang atau ngawur, yeorobun. Tinggal mencocokkan kata tersembunyi di papan grid dengan yang ada di list sebelah kiri. Nah, kata-kata ini bisa saja tersusun secara horizontal, vertikal, diagonal, maju atau mundur.

Setiap hari level mainan selalu berubah. Jadi game yang kita mainkan hari ini tidak akan sama dengan yang kita mainkan kemarin atau besok, meskipun kita memainkan size grid yang sama.

Yang seru adalah di bagian bawah word list (kiri bawah layar) ada penanda waktu yang menunjukkan tanggal kita bermain dan berapa lama waktu yang kita habiskan untuk menemukan semua kata. Inilah yang bikin game ini jadi lebih seru dan challenging. Tombol navigasi seperti pause, restart level, toggle fullscreen dan tombol setting music/sound terletak di sebelah kiri papan grid.

2. Daily Crossword

teka-teki silang atau silang kata

Daily Crossword adalah game silang kata atau teka-teki silang (TTS) yang selama ini kita kenal. Bedanya di platform ini kita tidak perlu menulis. Tinggal mengetik huruf di dalam kotak melalui keyboard. Panduan permainan ini secara detail ditulis di bagian bawah papan TTS berjudul How To Play.

Even tho, kalau kamu mau menulis pakai tangan juga bisa kok. Tinggal pilih opsi Print Today’s Puzzle pada halaman awal membuka game ini. Papan TTS ini selalu berbeda setiap harinya, yeorobun. Jadi kalau misalnya kamu tidak suka dengan papan TTS hari ini, kamu bisa pilih papan TTS hari lain dengan cara memilih tanggal di kalender pada bagian kiri layar.

Sama seperti game Word Search, Crossword termasuk dalam kategori Word Game. Dari segi tampilan, papan TTS terletak di sisi kanan layar. Di sisi kiri berisi clue mendatar (across) dan menurun (down), kalender, stopwatch (untuk merekam waktu yang kita habiskan dalam mengisi TTS) serta tombol navigasi.

3. Candy Fiesta

match 3 games

Candy Fiesta ini masuk dalam kategori game Match 3. Aku paling suka game ini karena gampang sekali dimainkan. Tinggal swapping (minimal) tiga permen yang sama supaya bisa ‘meletus’ atau popping

Sensasi ketika permen-permen popping inilah yang paling satisfying buatku. Apalagi kalau sampai dapat poin combo. Wah, puas banget rasanya lihat popping-popping berkali-kali! Kayak langsung lupa habis ngomel-ngomel seharian karena kondisi rumah yang berantakan, haha.

Di level pertama, setiap pemain diberi jatah 65 moves untuk mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya. Setiap gerakan yang dilakukan dengan menggeser candy akan langsung otomatis mengurangi jumlah moves.

Triknya kalau mau dapat skor banyak adalah dengan membuat gerakan yang berpotensi menghasilkan poin combo. Atau bisa juga dengan membuat ‘manuver’ khusus seperti menyusun potongan Stripes, Bubble Wrapped dan Chocolate. Dengan manuver-manuver ini kamu bisa menghasilkan popping combo beruntun tanpa mengurangi jatah moves-mu. Untuk penjelasan detailnya ada di web Solitaire ya, yeorobun.

Ssst, di game ini Solitaire juga sukarela ngasih bocoran strategi gimana caranya biar dapat banyak poin lo! Semakin banyak poin, maka levelmu semakin bertambah. Ukuran board game dan jumlah permen akan semakin bertambah banyak seiring dengan kenaikan level.

4. Zuma Legend

game zuma legend

Zuma Legend masih termasuk dalam kategori game Match 3, seperti Candy Fiesta. Bisa dibilang, Zuma adalah salah satu game komputer yang paling legend selain Solitaire, yang sudah dimainkan sejak dulu.

Di Solitaire.org ini, Zuma ada dua jenis. Zuma Ball dan Zuma Legend. Personally, Zuma Legend lebih menantang daripada Zuma Ball. Sebab di sini kita seperti bertaruh melawan waktu. Kita harus bisa menghilangkan semua bola sebelum bola-bola ini ‘ditelan’ mulut monster. Salah tembak sedikit saja bisa berpotensi menambah panjang barisan bola, yang otomatis butuh waktu lebih lama pula untuk menghilangkan semuanya. Jadi, main Zuma Legend ini butuh ketepatan waktu dan sasaran ketika menembak.

Kalau nggak nututi, ya sudah wassalam. Bolanya tertelan deh. Level failed, yang artinya kita tidak bisa lanjut ke level berikutnya. Fyi, Zuma Legend ini terdiri dari 100 level. Untuk bisa lanjut ke level yang lebih tinggi, kita harus bisa meng-unlocked level-level sebelumnya.

Eits, tapi tenang. Webnya Solitaire.org otomatis bisa menyimpan riwayat (history) permainanmu kok, baik skor maupun levelmu. Jadi kamu tidak perlu mengulang dari level awal kalau main di waktu yang berbeda. Tinggal melanjutkan game terakhir aja.

5. Hidden Kitchen

hidden object games

Next, Hidden Kitchen termasuk dalam kategori game Hidden Object. Di sini kita akan diminta untuk mencari objek-objek (jumlahnya sih biasanya 10 jenis) yang disembunyikan dalam layout bersuasana dapur. Wah, ini sih asli menguji kemampuan indra penglihatan kita, yeorobun.

Di level awal, kita diberi waktu selama 5 menit untuk menemukan semua obyek yang dimaksud. Semakin bertambah levelnya, maka waktu yang diberikan semakin berkurang 20 detik. Nah, serunya adalah ketika kita salah tebak, maka jatah waktu kita akan dikurangi 5 detik.

Bayangkan kalau disuruh cari objek yang ukurannya kecil-kecil, warnanya samar-samar mirip layout-nya, terus salah tebak sampai 5-6 kali. Sudah pasti jatah waktu otomatis berkurang setengah menit. Yah, walaupun layarnya bisa di-zoom jadi lebih besar sih. Tapi kadang aku kurang teliti mengamati, jadi nggak ketemu-ketemu objek yang dimaksud.

Menurutku, game tipe Hidden Object ini (apapun setting layout-nya: Kitchen, Garden, Hotel, Castle dan sejenisnya) adalah game yang cocok sekali untuk menguji ketelitian kita mengamati sesuatu. Sebab, kita benar-benar dipaksa melihat secara teliti dalam batas waktu yang sudah disediakan. Tertarik mencoba juga?

Keseruan Bermain Solitaire.org

Yeorobun, main game-game yang aku sebutkan di atas nyatanya memang seseru dan seasyik itu. Kalau ada waktu luang, misalnya ketika anak tidur siang atau main dengan ayahnya, aku lebih suka main game online ketimbang jalan-jalan keluar. Main game online terasa lebih seru karena nggak perlu keluar rumah panas-panasan di jalan. Tapi sebetulnya bukan itu saja yang membuat Solitaire.org ini seru dan layak dicoba. Berikut ini ulasannya.

a. Game yang Simpel

IMHO, ciri khas utama dari Solitaire.org ini terletak pada game-game mereka yang simpel. Bagi sebagian orang, game-game di Solitaire.org mungkin terkesan jadul karena memang sebagian besar adalah game-game yang sudah ada sejak dahulu.

Tetapi bagi yang suka game simpel alias sederhana sepertiku, menemukan platform ini bisa jadi momen langka. Jarang-jarang kan nemu platform seperti ini. Kebanyakan zaman sekarang dunia game online didominasi oleh permainan perang-perangan, kompetisi atau adu kekuatan mekanik.

Nah, aku tidak begitu menyukai game-game online zaman sekarang yang multiplayer dan rumit sedemikian. Justru aku lebih enjoy main sendiri seperti silang kata atau hidden object.

b. Berbasis Website Online yang Ringan

Game-game yang ada Solitaire.org ini semua berbasis website. Jadi untuk memainkannya tidak perlu download aplikasi apapun, tidak perlu install ini-itu, pun otomatis tidak terlalu memakan space di laptop atau ponsel. Semua bisa diakses melalui website, kapan saja dan dimana saja kita berada. Kuncinya cuma terletak pada koneksi internet yang stabil. That’s it!

Website ini nggak berat, yeorobun. Loading-nya ringan dan cepat, walaupun isinya ratusan game. Selama main di platform ini aku belum pernah mengalami hang atau ngelag di tengah jalan. Semua aman terkendali, asal koneksi internet kuat dan stabil, dimana artinya ini tergantung dari provider internet yang kita pakai.

c. Mobile Friendly dan User Friendly

Nah, ini yang paling bikin aku suka. Solitaire.org ini ternyata sangat mobile friendly. Artinya aku tidak harus pakai laptop atau PC komputer kalau mau mengakses webnya. Pakai ponsel atau tablet pun tetap bisa. Mau pakai laptop, komputer, ponsel atau tablet tampilannya tetap sama, tidak ada yang berubah.

Mau main sambil duduk, rebahan bahkan sambil jalan tetap enjoy karena bisa diakses lewat ponsel. Main pakai laptop memang lebih lega, karena layarnya lebih gede timbang ponsel. Tapi bagi mama muda dengan mobilitas tinggi yang mengandalkan ponsel untuk segala urusan sepertiku, sepertinya emang udah paling bener mainnya pakai hape aja.

user friendly and mobile friendly

Selain itu, web ini juga cukup mudah digunakan oleh user (user friendly). Tampilannya sangat sederhana, tidak njelimet, navigasinya jelas dan mudah dioperasikan. Ditambah lagi visual grafisnya yang full color namun tetap nyaman di mata karena menggunakan warna dasar putih. Semuanya jadi terlihat lebih jelas dan simpel.

d. Free dan Bebas Iklan

Bagusnya lagi, semua game yang ada di Solitaire.org ini bisa dimainkan secara GRATIS alias free of charge. Kita tidak diminta membeli aplikasi, tidak diminta membayar, menyewa atau sejenisnya. Bikin akun untuk menyimpan history game kita pun nggak bayar, yeorobun. Piye, enak to?

Udah gitu, bebas iklan pula. Karena tidak menggunakan aplikasi khusus, tapi diakses lewat browser web, jadi kita tidak perlu terganggu dengan iklan yang tiba-tiba muncul di tengah ketika permainan lagi seru-serunya. Beda dengan aplikasi yang harus bayar jadi pelanggan premium atau pro dulu kalau mau bebas iklan.

e. Pilihan Game Beragam

Salah satu kelebihan utama Solitaire.org ini, selain game yang simpel, adalah pilihan game-nya yang sangat beragam. Seperti yang sudah disinggung di atas, ada 9 kategori game di dalamnya. Masing-masing kategori berisi belasan, bahkan puluhan game.

banyak pilihan game

Kalau kamu menyukai game berbasis kartu, kamu bisa memilih kategori Card Games. Di dalamnya berisi game-game kartu klasik dan modern, Blackjack, Rummy, Card Shedding hingga Poker. Pokoknya banyak deh! Bisa kamu kepoin sendiri di webnya.

Begitu pula dengan Mahjong dan Solitaire. Wah, dijamin bingung pilih, karena saking banyaknya game di dalamnya. Sebab, di dalam kategori Mahjong dan Solitaire ini masih dibagi-bagi lagi dalam sub-sub kategori. Bisa membayangkan?

Cuma, kalau kamu suka game yang simpel tapi cukup mengasah otak sepertiku, maka game berbasis kata sangat cocok. Seperti Word Games yang berisi Search Word, Crossword, Scramble Letter dan lain sebagainya.

Yang paling gampang dimainkan tentu Hidden Object. Sampai sekarang game-game dalam kategori ini masih menjadi favoritku. Simpel, gampang, ringan dan nggak perlu ngoyo mikirnya, hehe.

f. Printable

Ini nih salah satu keunikan Solitaire.org ini adalah punya fitur printable khususnya pada game Crossword atau silang kata. Jadi, bisa banget nih kalau kamu mau ngeprint sendiri papan TTS di kertas, terus diisi pakai pulpen. Berasa nostalgia banget nggak sih?

Apalagi setiap hari mereka menyajikan papan TTS yang berbeda. Kalau dikumpulkan tiap hari selama sebulan sudah bisa jadi satu buku TTS khusus nih. Pas banget buat refreshing atau latihan otak. Itung-itung sambil hiburan, biar gak sumpek mikir rutinitas harian, ya kan?

Summary

Yeorobun, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dan melatih kemampuan otak kita. Selain healing dan mengerjakan hobi, bermain game ternyata juga punya beragam manfaat bagi kesehatan otak kita. Dengan isi kepala yang fresh dan stabil, maka secara tidak langsung kita sudah menjaga agar mental atau pikiran kita tetap waras.

Tidak selamanya bermain game adalah hal yang negatif. Kalau dilakukan dengan seimbang, dalam arti tidak berlebihan, game justru bisa memberi manfaat besar bagi orang yang memainkannya. Terutama game yang memang mengasah kemampuan otak, seperti permainan kata (Word Game).

Salah satu game terbaik yang cocok sekali untuk kesehatan otak adalah silang kata atau Crossword. Saat ini kita bisa memainkan game silang kata alias TTS ini tanpa perlu membeli buku TTS seperti zaman dulu. Ada game silang kata yang bisa diakses secara gratis, mudah dan online melalui web browser.

Solitaire.org sebagai salah satu platform main game online, menyajikan banyak sekali game yang bisa dioperasikan dengan mudah dan gratis, termasuk Crossword.

Aku sangat merekomendasikan game-game favorit di Solitaire.org yang bisa bermanfaat untuk kesehatan otak dan mental (secara tidak langsung). Terutama buat kamu yang gampang sumpek dan sambat, coba deh main di sini. Dijamin seru! Tertarik mencoba? Ceritakan pendapatmu di kolom komentar ya…

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

4 comments

  1. game di solitaire ini beragam ya mbak. Dari yang mudah samapai yang tersulit bisa dijajal semua. Yang pasti, kalau sy nyarinnya yang mudah saya. Buat hiburan

    ReplyDelete
  2. Wah game di solitaire ini banyak ya variasinya, kalau dulu hanya permainan kartu saja, permainan jadul yang muncul dengan wajah baru nih, ingin coba mainan yang lain juga

    ReplyDelete
  3. whah saya juga main di solitaire.org. saya sukanya Zuma Ball dan treasure Island. Maen gamenya ga berat dan ga usah download, jadi mainnya santai

    ReplyDelete
  4. Aku suka main mahjong, solitaire dan freecell karena jadi melatih motorik mata dan tangan, dan musiknya tidak terlalu cepat. Boleh juga ni mampir ke website game nya

    ReplyDelete

Post a Comment