admasyitoh.com

Banana Oat Blend, Ide Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk GERD

Post a Comment

menu sahur praktis untuk asam lambung

Puasa bagi para pengidap GERD memang lumayan challenging, yeorobun. Ramadan tahun ini adalah pertama kalinya aku menjalani ibadah puasa dengan kondisi asam lambung. Sebelumnya, bulan Rajab lalu, aku memang sempat mencoba puasa sunnah untuk ‘latihan’. Alhamdulillah lancar dan tidak ada drama, karena memang tidak setiap hari, pun tidak sebulan penuh seperti bulan Ramadan.

Puasa Ramadan, yang notabene dilakukan setiap hari selama satu bulan penuh, tentu jadi tantangan tersendiri buatku. Untuk itu, aku mulai beberapa persiapan dan tips aman berpuasa untuk penderita GERD. Salah satunya adalah mencari ide menu sahur yang paling pas, dalam arti tidak cuma praktis dan simpel, tapi juga cocok untuk penderita GERD. Karena bagaimanapun aku tetap ingin bisa penuh berpuasa dengan sehat, tanpa ada masalah dengan lambung.

Seperti yang kita tahu, GERD merupakan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan. Karena itulah makanan dan pola makan menjadi aspek yang paling penting alias krusial perihal GERD ini, apalagi ketika berpuasa. Penderita GERD harus menerapkan gaya hidup yang disiplin supaya keluhan asam lambung yang dialami tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dari hasil penelusuran di Google, aku menemukan satu inspirasi menu yang praktis, simpel tapi juga cocok untuk penderita GERD sepertiku. Menu ini sangat praktis dan bisa dinikmati setiap hari untuk sarapan. Nama menunya adalah Banana Oat Blend. Menariknya, menu ini juga cocok untuk jadi menu diet sehat lo!

Nah, karena puasa, tentu jam sarapan pagi tidak ada, ya. Sebagai gantinya, kita bisa mengonsumsi smoothie ini ketika makan sahur. Bagaimana cara membuatnya? Baca artikel ini sampai selesai! Dijamin simpel dan bisa langsung dieksekusi.

DISCLAIMER! Menu ini bukan mutlak diperuntukkan bagi penderita GERD, artinya orang normal tanpa keluhan asam lambung pun tetap bisa mengonsumsinya. Resep yang aku tulis di bawah ini terinspirasi dari banyak sumber di internet dan sudah dikreasikan dengan selera pribadi.

Manfaat Banana Oat Blend untuk GERD

Sesuai namanya, menu ini terdiri atas buah pisang dan oatmeal sebagai bahan utama, susu skim sebagai tambahan, serta pelengkap seperti kurma dan alpukat.

Briefly, pisang adalah salah satu buah non sitrus yang sangat aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Tidak seperti jeruk, lemon atau apel yang tinggi tingkat keasamannya, pisang kaya akan serat dan kalium yang bisa meringankan gejala serta menetralkan asam lambung. Konon, pisang juga diyakini mampu melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya asam lambung.

Serupa dengan pisang, oatmeal juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Makanan ini tidak termasuk pemicu asam lambung. Hasil penelitian dalam World Journal of Gastroenterology mengemukakan bahwa makanan berserat baik untuk asam lambung. Menurut para ahli, diet kaya serat berpengaruh positif pada tekanan sfingter di esofagus (kerongkongan). Nah, bagian inilah yang berperan penting dalam mengontrol naiknya asam lambung.

“Makanan berserat juga memperlihatkan pengurangan asam lambung dan rasa mulas, terutama pada NERD (Non Erosive Reflux Disease). Temuan ini yang membuat oatmeal dianggap baik untuk meredakan gejala asam lambung dan meningkatkan kesehatan usus.” — Hellosehat

Selain itu, oatmeal masih tergolong sebagai biji-bijian utuh yang diklaim dapat menurunkan berat badan, mengurangi risiko berbagai penyakit, serta mencegah refluks atau kenaikan asam lambung.

Apakah oatmeal seberpengaruh itu bagi penderita GERD? Faktanya, berdasarkan pengalaman pribadi, makan oatmeal memang bikin rasa kenyang lebih awet dalam perut. Aku mengasumsikan, oatmeal yang seratnya memang lebih banyak daripada nasi, lebih lama dicerna dalam perut. Sehingga lambungku nggak sempat merasa kosong. Akibatnya asam lambung nggak sempat naik. Efek lainnya, aku jadi nggak merasa cepat lapar.

Next, bahan lain yang ada dalam banana oat blend adalah susu rendah lemak. Memang, susu biasanya tidak disarankan untuk dikonsumsi pengidap asam lambung. Alasannya karena susu mengandung lemak tinggi yang bisa memicu naiknya asam lambung. Tetapi, menurut berbagai sumber dan pengalaman pribadi, penderita asam lambung tidak dilarang minum susu asal susu yang dipilih rendah lemak.

Ada tiga jenis susu yang aman dikonsumsi untuk asam lambung, yaitu susu rendah lemak (susu skim atau low fat), susu almond dan susu kedelai. Ketiga jenis susu ini bisa digunakan untuk membuat banana oat blend kok. Sesuaikan saja dengan selera atau ketersediaan di rumah.

Terakhir bahan pelengkap lainnya seperti kurma dan alpukat, bisa menambah cita rasa manis. Kedua buah ini tergolong sangat rendah asam, sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang punya keluhan asam lambung.

Dilansir dari Siloam Hospital, kurma bersifat basa (lawan dari asam) karena kandungan kalium dan magnesiumnya yang tinggi, sehingga diyakini mampu meredakan dan meringankan gejala asam lambung. Meskipun kecil, kurma kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan otot pencernaan, serta kaya antioksidan yang berkhasiat menangkal berbagai macam penyakit termasuk asam lambung. Apalagi jenis kurma ajwa. Penelitian mengakui bahwa kurma favorit Rasulullah SAW ini adalah kurma terbaik yang punya segudang khasiat untuk kesehatan.

Rasanya memang manis, yang membuat banyak orang yakin bahwa kurma mengandung karbohidrat tinggi yang bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Padahal karbohidrat ini bisa dilepaskan secara perlahan, sehingga kurma tergolong aman dikonsumsi dan justru meringankan gejala perut kembung.

Sementara itu, alpukat termasuk makanan rendah asam yang mengandung lemak sehat sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Lemak dalam alpukat berbeda dengan lemak yang dihasilkan dari minyak. That’s why, alpukat tetap aman dikonsumsi penderita asam lambung.

Cara Membuat Banana Oat Blend

Well, kalau ditelusuri kandungannya, banana oat blend ini memang aman dan cocok sekali untuk penderita GERD. Tapi, yang paling aku suka dari menu diet satu ini adalah rasanya yang lezat tetapi cara membuatnya sangat simpel dan mudah.

Buat yang lagi diet untuk menurunkan berat badan, menu ini juga cocok dijadikan sarapan pagi lo. Sebaliknya, buat yang ingin menaikkan berat badan, menu ini juga tetap cocok. Tinggal tambahkan peanut butter alias selai kacang untuk meningkatkan kandungan protein dan lemak sehat di dalamnya.

cara membuat banana oat blend

Oke deh, cusss langsung kita eksekusi aja! Pertama, bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • 1 buah pisang ambon atau cavendish (atau pisang jenis apapun yang ada di rumah) yang sudah matang
  • 1 scoop oatmeal (sekitar 3-4 sendok makan)
  • 1 gelas susu skim (sekitar 200 ml, bisa diganti susu almond, susu kedelai atau susu UHT low fat)
  • 3 atau 5 buah kurma (idealnya kurma ajwa, kalau tidak ada boleh jenis yang lain), buang isinya
  • ½ buah alpukat matang (opsional)
  • Sedikit madu (opsional)
  • Kacang mede atau almond slice untuk topping (opsional)

Cara membuatnya sangat mudah, yeorobun. Cukup campurkan semua bahan (kecuali madu) dalam blender, lalu haluskan sebentar untuk sedikit tekstur kasar, atau blender sampai semua halus dan tercampur rata. Tuang ke dalam wadah gelas, kemudian tambahkan topping mede atau almond slice, potongan kurma dan madu. Madunya bisa di-skip kalau nggak suka manis. Voila!! Banana oat blend siap disantap ketika makan sahur. Simpel kan?

Rasanya gimana? Of course manis yang dominan, ada sensasi creamy dari susu, tapi sedikit gurih juga dari alpukat dan topping kacang. Enek nggak? Kalau pertama kali nyoba mungkin agak enek ya teksturnya kan kayak bubur gitu. Tapi ini bisa diakalin kok, misalnya dengan ditambah susu, atau nggak pakai alpukat. 

Biasanya aku juga nggak pakai topping madu, karena rasa susunya sendiri sudah manis, ditambah dengan kurma juga jadi makin manis. Jadi, topping-nya bisa kamu pilih sesuai preferensi pribadi. 

FUN FACT! Banana oat blend ini juga bisa dijadikan overnight oat lo. Cara membuatnya sama seperti di atas. Cuma butuh gelas tertutup untuk menyimpan campuran setelah diblender. Lalu masukkan ke dalam kulkas semalaman (minimal 4 jam) dan overnight oat blend siap disajikan. Praktis sekali kan? Bisa banget nih jadi solusi kalau bangun sahur kesiangan dan sudah mepet waktu imsak.

Bagi orang yang sedang diet dan tidak punya keluhan asam lambung, menu ini bisa dikombinasikan lagi dengan buah lainnya. Tidak harus pisang dengan alpukat. Bisa pisang dengan stroberi, cranberi, mangga, apel, nanas, atau bahkan pisang saja tanpa tambahan buah lain. Uniknya oatmeal tuh bisa dikreasikan dengan buah atau bahan makanan lain, apapun, bebas sesuai selera. 

Referensi

  1. Resep Oats Banana Blend, Sarapan Sehat untuk Asam Lambung - https://www.kompas.com/food/read/2022/10/26/080200275/resep-oats-banana-blend-sarapan-sehat-aman-untuk-asam-lambung
  2. Ini Makanan untuk Penyakit Asam Lambung yang Disarankan Ahli Gizi - https://www.halodoc.com/artikel/ini-makanan-untuk-penyakit-asam-lambung-yang-disarankan-ahli-gizi
  3. Benarkah Oatmeal Bermanfaat untuk Asam Lambung - https://hellosehat.com/pencernaan/maag/oatmeal-untuk-asam-lambung/
  4. Jenis Susu yang Cocok untuk Penderita Maag dan Asam Lambung - https://hellosehat.com/pencernaan/maag/susu-yang-cocok-untuk-penderita-asam-lambung/
  5. Buah untuk Asam Lambung: 7 Pilihan yang Aman Dikonsumsi - https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/buah-untuk-penderita-asam-lambung
  6. 6 Manfaat Kurma untuk Lambung dan Cara Mengonsumsinya - https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-kurma-untuk-lambung

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

Post a Comment