admasyitoh.com

Selera Sultan, Ini Koleksi Mobil Favorit Pilihan Baekhyun EXO

Post a Comment

koleksi mobil baekhyun exo

Aku punya dua orang ultimate bias yang menurutku sangat bertolak belakang perilakunya di sosial media. Rowoon dan Baekhyun.

Di balik visualnya yang ganteng ugal-ugalan, Rowoon itu orang yang cenderung pendiam (atau pemalu lebih tepatnya) ketika di IG atau sosmed yang lain. Sampai susah dibedakan, antara males ngepost, nggak sempat, malu atau gaptek, haha.

Interaksinya di IG selalu ‘mode ngirit’, dalam arti dia tidak pernah melakukan live di IG, jarang siaran di V Live (dulu pas masih di SF9 masih lumayan sering), X dia nggak punya, plus jarang membalas komen-komen fans di IG. Update feed dan story IG sesempatnya, lebih sering menghilang tanpa kabar. Jadi berasa di-ghosting. Ini di dunia maya ya, tentu beda dengan di dunia nyata.

Perilaku Rowoon ini sangat berbeda dengan Baekhyun yang cenderung hiperaktif baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Sekali siaran live, nggak cukup cuma 15 atau 20 menit. Yah, rata-rata sekitar setengah jam atau bahkan lebih. Baekhyun benar-benar menunjukkan kepada fans apa saja yang dia kerjakan.

Malahan yang paling bikin aku kangen selama Baekhyun wamil dulu adalah siaran live IG-nya. Yah, meskipun sekarang Baekhyun sudah keluar wamil dan sudah kembali aktif di dunia KPOP ya, tapi live IG-nya selalu jadi momen favorit yang paling aku tunggu-tunggu.

Nyimak live-nya Baekhyun itu rasanya kayak lagi kencan, ngobrol sama pacar yang lagi LDR. Walaupun aslinya Baekhyun tidak mengenalku secara personal, tapi rasanya semacam ada ikatan emosional. Kayak N Y A M A N gitu deh. Terus suka K A N G E N, kalau lama nggak ngobrol. Yah... Kalau punya hubungan sama orang terus udah nyaman tuh biasanya gimana sih? Pasti betah kan? Ya gitu kalau sama Baekhyun. Berasa punya pacar tapi LDR.

Baekhyun itu selalu ‘konser solo’ tiap live di IG. Beda dengan siaran space di X, yang nggak bisa kelihatan mukanya. Kalau di IG, Baekhyun pasti nyanyi. Durasinya bisa beberapa menit sampai setengah jam, tergantung kondisi dirinya. Pernah waktu itu dia full nyanyi sampai 1 jam lebih. Gitu tuh ya aku dengerin, aku ikutin dari awal sampai selesai. Kurang kerjaan nggak sih?

Bedanya lagi, kalau di space dia lebih random. Karena nggak pamer muka, jadi ada aja aksinya. Yang nge-space sambil cuci muka lah, sambil gosok gigi lah, bahkan sampai molor ketiduran juga pernah. Emang kelakuannya ada-ada aja. Nggak cukup cuma ngajak ngobrol fans, kadang dia malah suka ledekin EXO-L (sebutan untuk fans EXO).

I do understand, aku sangat mengerti, fenomena seperti ini pasti susah dipahami oleh non fans atau non KPOPers. Orang-orang pasti mikir, apa sih manfaatnya dengerin atau liat idol live di sosmed gitu? Emang nggak ada kerjaan lain?

Gapapa, memang kelakuan idol dan fans kpop itu kadang susah diterima orang awam kok. Kami juga tidak ingin memaksa untuk dimengerti. Tapi percayalah, interaksi di sosial media seperti ini, meskipun sederhana, adalah sesuatu yang sangat menyenangkan bagi fans.

“Dan, sebetulnya menyapa fans di sosial media pribadi begini adalah salah satu cara idol KPOP berinteraksi secara intens dan personal dengan fansnya, tanpa perlu ribet merencanakan event resmi khusus bersama agensi seperti fanmeet atau fancon.”

Dari siaran-siaran live IG-nya, aku bisa tahu apa yang sedang Baekhyun lakukan, bagaimana kegiatannya hari itu, bagaimana perasaannya, apa yang ia makan, apakah dia sehat atau lagi sakit, dan lain sebagainya. Karena sedikit banyak, Baekhyun pasti menceritakan apa yang dia rasakan. Tanpa sadar, justru momen-momen seperti inilah yang membuat fans dan Baekhyun saling terikat dan dekat *cieee.

Koleksi Mobil Favorit Pilihan Byun Baekhyun

Dari sekian banyak siaran randomnya, aku paling suka ketika Baekhyun live IG atau ngevlog sambil nyetir mobil. Why? Karena rasanya deket banget yeorobun! Bayangkan situasinya begini (duh maapkeun ngajak halu) kamu lagi kangen nih sama pasangan, terus dia tiba-tiba ngajak jalan, kamu dijemput naik mobil mewah, sambil ngobrol, sambil dinyanyiin lagu-lagu kesukaanmu, sambil dengerin suaranya yang merdu, sepuasmu sampai ketiduran. Berasa vibes lagi ngedate banget nggak sih?

Udah, ikhlas banget aku diajak kencan Baekhyun model begini walaupun cuma diajak tawaf—keliling jalanan di Seoul. Kapan lagi bisa ngerasain disetirin idol cowok sespecial Baekhyun, ya kan :)

Tapi, ada yang menarik nih dari Baekhyun yang suka siaran sambil berkendara. Yup, kendaraannya! Namanya juga publik figur ya, yang apa-apanya tidak pernah luput dari perhatian publik, mobil yang dikendarai Baekhyun pun selalu mencuri perhatian, yeorobun. Apalagi secara terang-terangan dia ketahuan gonta-ganti kendaraan.

“Ternyata bukan Ferrari atau Lamborghini, Baekhyun punya preferensi sendiri soal kendaraan pribadi.”

Audi RS7 Sportback

Sebatas yang aku ingat, mobil satu ini pertama kali ketahuan fans saat Baekhyun live IG tanggal 15 Maret 2019. Waktu itu Baekhyun nge-live sendirian sambil full nyetir selama sekitar 16 menit. Memang kurang begitu jelas, karena cuma kelihatan bagian dalam mobilnya aja. Nah, usut punya usut, mobil ini sudah dibeli Baekhyun sejak lama yeorobun, bahkan sebelum dia debut solo tahun 2019 (EXO debut tahun 2012).

Mobil ini baru ketahuan jelas bentuknya di vlog pertama Baekhyun tanggal 16 Mei 2019, yaitu ketika pertama kali Baekhyun membuka channel Kyoong Tube miliknya. Dari vlog ini terlihat cukup jelas penampakan bagian dalam mobil dengan seatbelt warna merah itu. Nah sejak saat itulah mobil ini sering muncul di vlog-vlog Baekhyun.

Tapi bukan fans namanya kalau nggak bisa jadi intel idolanya. Berbekal data sederhana inilah akhirnya ketahuan tipe mobil yang sedang dikemudikan Baekhyun di vlog tersebut, yang ternyata merupakan Audi RS7 Sportback warna hitam. Oiya, fans juga sempat memergoki Baekhyun keluar dari gedung SM Entertainment dengan mengendarai sport car kece ini beberapa kali, sayangnya aku lupa kapan karena memang sudah cukup lama.

“Mesin 4.0 TFSI yang dibenamkan di Audi RS7 Sportback menghasilkan tenaga 441 kW (600 metric hp) dan torsi 800 Nm pada kisaran 2.050 rpm-4.500 rpm. Kecepatan tertinggi mobil ini diatur secara elektronik hingga 250 km/jam. Namun pengendara yang gila kecepatan masih bisa menggeber mobil ini hingga 280/jam dengan paket Dynamic, bahkan hingga 305 km/jam dengan paket upgrade Dynamic Plus.” — otomotif.bisnis.com

Begitulah deskripsinya. Walaupun aku awam alias nggak ngerti soal otomotif, di mataku mobilnya Baekhyun keren (kayak yang punya), udah gitu aja. Nggak salah memang, karena mobil mewah asal Jerman ini merupakan salah satu merek kendaraan paling sukses di Eropa.

audi rs7 sportback

Mobil dengan ciri khas logo berupa empat lingkaran yang digandeng ini punya performa yang sudah tidak perlu diragukan lagi di jalanan, jelas garang dan jago ngebut. Desain interiornya seksi, dibalut dalam bodi eksterior yang elegan namun berkelas, bisa dibilang Audi ini adalah favoritku—personally as fan—di antara koleksinya yang lain.

Dashboard-nya itu looh, alamaaak cakep banget, berasa pengen pegang setirnya langsung! Uhh… Saking cakepnya nih mobil, Baekhyun sendiri bilang kalau dia suka sekali dengan si Audi miliknya ini.

Audi selaku pihak produsen mengklaim mobil sedan ini sangat sesuai untuk everyday use karena punya desain coupe-like yang simpel, menawan atau good looking. Trendy dan juga modern, cocok sekali dipakai berkendara di tengah cuaca sejuk dan segar, sambil dibuka sunroof-nya. Dijamin betah!

Spill harga? Oke! Kendaraan yang digadang-gadang anti peluru ini nggak mahal kok, yah sekitar Rp 2,6 miliar. Kalau untuk idol yang selevel Baekhyun, uang segitu nggak ada apa-apanya. That’s why banyak orang yang bilang kalau Baekhyun ternyata gaya hidupnya cukup hemat, mengingat kesuksesan yang sudah dicapainya sampai saat ini.

Porsche 911 Turbo S

Next, masih dari merek Jerman dan saudaraan sama Audi (FYI, Audi dan Porsche sama-sama dalam grup Volkswagen). Porsche 911 Turbo S punya Baekhyun pertama kali ketahuan oleh fans ketika dia live IG pada tanggal 15 Februari 2023. Kalau lihat mobil ini tuh auto pengen nyanyi lagunya NCT 127, two baddies… two baddies… one Porsche!

Clue-nya sederhana, Baekhyun yang selama ini diketahui selalu pakai seatbelt warna merah, hari itu seatbelt-nya tidak biasa, berwarna kuning. Inilah yang jadi petunjuk fans ngepoin mobil barunya itu—entah baru beli atau memang sudah lama beli tapi baru ketahuan.

porsche 911 turbo s

Menurut berbagai sumber, Porsche 911 merupakan salah satu jenis mobil sport paling legendaris, yang terkenal dengan harga fantastis. Mobil ini sudah menjadi favorit banyak kalangan, tidak cuma di Eropa atau Korea Selatan, tapi juga di Indonesia. Sejumlah pengusaha hingga influencer Tanah Air dikabarkan juga memiliki merek satu ini.

Berasal dari pabrikan Jerman, Porsche diproduksi dalam berbagai seri. Nah, seri Porsche 911 Turbo S sendiri terus dikembangkan sampai sekarang. Indeed, selera Baekhyun memang tidak main-main yeorobun. Dia selalu pilih mobil mewah yang nggak cuma mahal secara harga, tapi juga garang secara performa.

“Porsche 911 Turbo S dibekali dengan mesin boxer 3.800 cc twin-turbocharger, yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 641 dk dan torsi maksimal 800 Nm. Mesin 'gahar' tersebut dipadukan dengan transmisi PDK 8-percepatan, diklaim bisa membuat 911 Turbo S melesat dari 0-99 Km/jam hanya dalam 2,7 detik serta dapat dipacu hingga 330 Km/jam.” — gridoto.com

Dari segi visual, supercar satu ini punya desain yang sangat sporty, cocok sekali dengan influencer sekaligus CEO muda seperti Baekhyun. Kalau dibandingkan mobil Baekhyun yang sebelumnya, Porsche kelihatan lebih sangar menurutku, mungkin karena desainnya yang memang lebih powerful, mini tapi garang.

Yah, bisa dibilang si Audi lebih elegan lah daripada si Porsche ini—kalau dari segi desain visual. Sayangnya, akhir-akhir ini Baekhyun sepertinya lebih sering live dengan mobil ini ketimbang Audi.

Yang menarik, mobil ini mempunyai desain layout interior yang mampu memadukan nuansa retro dan modern. Desain legendaris khas Porsche 911 masih tetap terjaga, terasa klasik namun tetap futuristik dengan berbagai inovasi modern dan canggih. Desain seperti ini tentu saja memikat mereka yang menggemari desain mobil tak lekang oleh waktu.

“Keunggulan lain yang paling signifikan dari sport car satu ini adalah jarak pijak yang lebih lebar. Inilah yang membuat Porsche 911 Turbo S mempunyai stabilitas dan handling yang lebih baik daripada generasi pendahulunya, terutama ketika melaju di tikungan atau situasi berkendara yang dinamis.”

Kalau baca deskripsinya memang terlihat macho dan sangar kan. Tapi berapa sih harganya? Nah, untuk memiliki mobil ini memang perlu merogoh kocek yang cukup dalam, sekitar Rp 5,9 miliar kalau masuk ke Indonesia. Oiya, karena mobil satu ini termasuk jenis coupe, maka sudah pasti bodinya lebih kompak daripada Audi RS7 Sportback. Bagi mereka yang mengutamakan driving performance, bukan untuk mobil keluarga, mobil ini cocok sekali dipinang.

Satu-satunya kekurangan coupe satu ini, yang agak disayangkan oleh beberapa konsumen, adalah lamanya waktu pelipatan sunroof. Tapi kekurangan ini sifatnya relatif ya, artinya tidak semua orang menganggap hal ini sesuatu yang krusial, tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing individu.

Rolls-Royce Cullinan

At last, setelah sedan dan coupe, rupanya Baekhyun juga berminat pada koleksi mobil SUV. Masih dari Eropa, kita bergeser sedikit dari Jerman ke Inggris. Mobil terbaru ini belum pernah Baekhyun ‘pamerkan langsung’ ke fans. Namun, belum lama ini, tepatnya tanggal 16 Januari 2024, Baekhyun kepergok keluar dari mobil mewahnya ini di parkiran salah satu tempat belanja di Apgujeong, Seoul.

Menurut pengakuan fans yang ‘nggak sengaja memergoki’, Baekhyun saat itu keluar dari mobil tanpa memakai masker. Fans itu merasa tidak nyaman meminta foto Baekhyun, sehingga dia hanya memotret mobilnya saja. Daaan, inilah penampakannya. Taraaa~~

rolls-royce cullinan black badge blue shadow

“Mobil yang digunakan Baekhyun adalah Rolls-Royce Cullinan Black Badge Blue Shadow Private Collection yang hanya diproduksi 62 unit saja di dunia.”

Super mewah, ultra premium dan limited edition, begitulah kesan pertama yang tersirat dari mobil ini. Rolls-Royce Cullinan digadang-gadang menjadi mobil SUV termahal saat ini yang menjadi saingan Bentley Bentayga. Harganya beragam, tergantung dari serinya. Rolls-Royce seri biasa harganya mulai dari Rp 3 miliaran. Semakin limit serinya, tentu saja harganya semakin mahal, apalagi ketika masuk ke market Indonesia.

FYI, Bentley Bentayga sendiri dibanderol dengan harga Rp 9,4 miliar. Sementara Rolls-Royce Cullinan Blue Shadow dijual seharga (kira-kira) Rp 19-20 miliar.

Oiya, tidak semua seri Rolls-Royce dijual di Indonesia ya, untuk edisi Blue Shadow milik Baekhyun ini aku bahkan belum nemu sumber yang mengatakan kalau sudah masuk ke Indonesia. Apalagi jumlah unitnya yang memang benar-benar terbatas, hanya 62 saja di dunia—yang dikabarkan juga sudah sold-out semuanya.

Urusan spesifikasi dan performa mesinnya sudah tidak perlu diperdebatkan lagi deh. Dijamin premium dan high-class, sebagaimana target marketnya yang memang tidak diperuntukkan bagi kalangan biasa atau menengah.

“Cullinan dilengkapi dengan mesin V12 twin-turbo 6.75 liter yang menghasilkan tenaga 562 hp dan torsi maksimal 850 Nm yang disalurkan ke seluruh roda dan mengaplikasi sistem suspensi udara yang bisa turun naik secara otomatis sesuai dengan kondisi jalan.” — carvaganza.com

Seperti Rolls-Royce edisi limited lainnya, yang selalu mengusung tema tertentu, seri Blue Shadow ini juga terinspirasi dari fenomena alam. Tepatnya dari Karman Line, suatu garis tak kasat mata yang menjadi pembatas antara atmosfer Bumi dengan luar angkasa. Letaknya sekitar 100 km di atas permukaan Bumi.

Inilah yang menjadi alasan di balik nuansa ‘langit malam’ dan ‘luar angkasa’ pada kemegahan desain layout dan interior Rolls-Royce Cullinan Blue Shadow. Selain sporty dan futuristik, mobil ini juga cocok untuk keluarga karena mempunyai kapasitas yang cukup besar, yaitu 5 orang penumpang.

SUV juga patut diandalkan untuk kondisi topografi yang lebih ekstrem, seperti jalanan menanjak, perbukitan atau jalur pegunungan. Meski demikian, Rolls Royce tetap menjamin kenyamanan penumpang mobil ini sebagaimana mobil sedan premium. Bisa dibilang, SUV satu ini adalah mobil keluarga dengan spek sultan, ultra premium, yang bukan cuma mahal tapi juga super nyaman, performa andalan dan punya desain menawan.

Kalau melihat inspirasi dan desainnya, mobil ini rasanya cocok sekali dengan Baekhyun, main vocalist EXO, grup KPOP yang terkenal dengan konsep misterius. FYI, EXO bukan cuma sekedar nama yeorobun. Konsep EXO sangat erat kaitannya dengan fenomena astronomi, astrologi serta fantasi alam semesta yang megah namun menyimpan banyak teori dan misteri.

rolls-royce cullinan

Entah kebetulan atau sengaja, yang jelas mobil ini sangat sepadan untuk seorang Byun Baekhyun dari EXO. Baik secara visual, performa maupun ke-royal-annya. Yeokssi, uri daepyo-nim memang paling sultan, seleranya bener-bener nggak mampu digapai rakyat jelata.

Summary

Sebagai fans, EXO-L, yang bucin ugal-ugalan ke Baekhyun, aku tentu bangga dengan sosoknya. Multitalenta dan pekerja keras. Baekhyun tidak pernah mengeluh, selalu berusaha sekuat tenaga, memaksimalkan segala kemampuannya untuk berkarya dan bekerja.

Semua upaya ini pada akhirnya terbayar tunai dengan prestasi, apresiasi, pengakuan dan tentu saja materi. Mempunyai koleksi mobil mewah bukan hal yang aneh bagi seorang Byun Baekhyun. Sangat wajar dan sah-sah saja.

Walaupun ‘sultan’ dirinya tetap down to earth, selalu rendah hati dan tidak pernah berhenti belajar. Luar biasa memang kepribadian idol satu ini.

Well, dari semua koleksi mobil mewah Baekhyun, yang mana favoritmu? Yuk, kerja keras biar bisa samaan kayak Baekhyun!

Referensi

  1. https://otomotif.bisnis.com/read/20190910/46/1146559/audi-rs-7-sportback-sanggup-tembus-100-kmjam-dalam-36-detik
  2. https://www.gridoto.com/read/222053982/porsche-luncurkan-911-turbo-s-2020-lebih-sangar-dari-pendahulunya
  3. https://www.mobil123.com/mobil-dijual/porsche/911/turbo-s/indonesia
  4. https://www.motor1.com/news/669731/rolls-royce-cullinan-black-badge-blue-shadow/
  5. https://cvtindonesia.co.id/news/terinspirasi-dari-luar-angkasa-rolls-royce-luncurkan-cullinan-black-badge-blue-shadow
  6. https://www.suara.com/otomotif/2023/06/01/192620/rolls-royce-cullinan-blue-shadow-dari-private-collection-black-badge-menguak-keelokan-luar-angkasa
  7. https://carvaganza.com/spesifikasi-dan-galeri-foto-rolls-royce-cullinan/

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

Post a Comment