admasyitoh.com

Makna Lagu ‘Believer’ yang Ditampilkan SF9 di Final Kingdom: Legendary War

makna lagu believer sf9 kingdom

Ahh, Chani-fever yang menerpa diriku ternyata belum reda, yeorobun. Berawal dari mimpi yang bikin baper brutal, akhirnya Chani berhasil memporak-porandakan list bias yang sudah lama tertata rapi dunia per-halu-anku. Gara-gara Chani, sekarang mau ngapa-ngapain jadi ke-distract. Belakangan jadi suka banget nonton drama-dramanya, film-filmnya, dengerin lagu-lagu OST-nya, sampai ngepoin fancam-fancam stage-nya.

Well, Chani era hit me so hard, peletnya makin lama makin kuat. Padahal kemarin cuma kecanduan Trampoline, sekarang malah jadi terobsesi dengan stage Believer-nya SF9. Sebetulnya aku sudah pernah nonton stage ini dulu, pas awal-awal jatuh cinta ke SF9. Cuma waktu itu fokusku ke Rowoon, bukan ke Chani. Ehh, sekarang mata malah jadi autofocus ke Chani. Bener-bener nih anak bias wrecker sedjati, ottohke?!!

Makin dilihat makin menarik, mau nggak dilihat kok sulit, soalnya ngangenin. Sulit sekali menghindari godaan nonton videonya Chani. Apa yaa… Suara, vokal, visual, beuhh ugal-ugalan parah. Ditambah gerakan dance-nya yang smooth tapi detail dan powerful, sungguh perpaduan yang sempurna. Apalagi performanya di final stage Kingdom ini. Perfecto nomero uno! Yeokssi, uri maknae emang real dancer, he was born to be a dancer!

Ya udahlah ya, daripada aku overthinking gara-gara kecanduan perform Chani di stage ini, mending aku tulis aja biar lega, hihi.

Sekilas tentang Kingdom: Legendary War

FYI, Kingdom: Legendary War adalah sebuah variety show Korea yang mempertemukan enam boy group ternama untuk bertarung setiap episode demi memperebutkan gelar King of KPOP setelah babak final. Ajang ini dibuat oleh Mnet pada tahun 2021 silam dan ditayangkan setiap hari Sabtu (di Indonesia bisa ditonton melalui Viu). Enam grup yang bertarung adalah The Boyz, Ateez, Stray Kids, SF9, BtoB dan iKON. Kingdom: Legendary War ini merupakan kelanjutan dari program Road to Kingdom (tahun 2020) dan bisa dibilang versi boy group-nya Queendom, sebuah ajang survival untuk girl group (tahun 2019).

Beberapa fakta menarik seputar Kingdom: Legendary War ini yaitu:

  • Tidak ada eliminasi mingguan - berbeda dengan ajang survival pada umumnya, Mnet mengonfirmasi bahwa tidak ada eliminasi mingguan, artinya keenam grup di atas tampil seluruhnya dari babak pertama sampai babak final
  • Hadiah khusus pemenang - selain dinobatkan sebagai King of KPOP, pemenang ajang ini juga diberi hadiah berupa acara khusus berjudul Kingdom Week
  • Host - Changmin TVXQ didaulat sebagai host terbaru, sementara TVXQ sendiri merupakan boy group senior (generasi 2) yang sudah diakui bakat dan namanya
  • Penilaian - ada empat kriteria penilaian yaitu 25% voting dari sesama grup rival, 25% dari para juri profesional, 40% voting dari penggemar (global dan lokal), 10% dari banyaknya views performance video

Dalam ajang ini, Stray Kids berhasil memenangkan nilai tertinggi setelah babak final ditayangkan. Akumulasi penilaian dari babak pertama sampai babak final menunjukkan bahwa Stray Kids meraih nilai tertinggi, sehingga berhak mendapat gelar King of KPOP dan program reality show yang dijanjikan, yaitu Kingdom Week. Posisi terakhir setelah perhitungan secara keseluruhan adalah Stray Kids, The Boyz, Ateez, BtoB, iKON dan SF9.

Stage Megah dan Powerful ‘Believer’

Jujurly, ada sedikit rasa kecewa ketika tahun SF9 berada di posisi terakhir. Padahal penampilan mereka bagus banget, yeorobun, dari babak pertama sampai babak final semua keren. SF9 selalu memberikan stage terbaik mereka setiap episode. Tapi aku harus menerima kalau suara Fantasy (fans SF9) mungkin masih kalah dibandingkan fandom-fandom dari para grup rivalnya. Apalagi performance mereka di babak final dengan lagu Believer menurutku tuh udah best of the best (maklum bucin nih, mana mau kalah hehe).

So, walaupun berada di posisi terakhir, SF9 tetap pemenang di hatiku. Toh, penilaian ini tidak murni 100% dari kualitas atau kemampuan mereka. Melainkan dari perolehan suara saat voting dan juga banyaknya views performance stage mereka di YouTube. Seperti apa penampilan mereka? Check this out!

Lagu Believer ini memang pertama kali ditampilkan di final Kingdom: Legendary War pada tanggal 3 Juni 2021. Tapi, satu bulan kemudian, tepatnya tanggal 5 Juli 2021, SF9 mengejutkan fans dengan merilis lagu ini sebagai bagian dari mini album kesembilan yang bertajuk Turn Over.

Tbh, album ini menjadi salah satu album SF9 favoritku karena konsepnya aku suka. SF9 comeback dengan vibes surrealism, dengan kostum warna putih. Jadi berasa lihat jajaran pangeran berkuda putih, visual attack! Album Turn Over sendiri terdiri dari enam lagu yaitu Tear Drop (title track), Believer, Love Again, Off My Mind, Fanatic dan Hey, Hi Bye!.

Faktanya, para member SF9 juga terlibat dalam penulisan lirik semua lagu di album ini. Khusus untuk Believer sendiri, liriknya ditulis oleh Youngbin, Zuho, Hwiyoung, Chani dan satu lagi non member bernama Han Seong Ho. Well, again and again, Chani ikut berkiprah langsung ya dalam proses pembuatan lagu-lagu di grupnya. Believer ini bukan satu-satunya lagu yang mana Chani ikut menulis liriknya lo. Masih banyak lagu lain yang dia ikut di dalamnya entah sebagai penulis lirik, composer atau dance choreographer. Applause! Nuna so proud of you, Uri Kang Chani!

Bagaimana dengan penampilannya di final stage Kingdom? SPEECHLESS!! Standing ovation lah. Aku sudah nggak bisa berkata apa-apa deh dari awal sampai akhir. Nggak ada yang bisa aku kritisi, cuma bisa mengapresiasi.

Kalau memang harus memilih, maka aku memilih part-nya Chani dan Youngbin (menit ke 2:39) sebagai favoritku. Sudahlah pas liriknya deep banget, dance-nya mereka berdua ini lo keren abis! Modelnya kayak mirroring gitu ya, Chani seolah-olah wujud aslinya, terus Youngbin jadi bayangannya. Ditambah gerakannya Chani itu looo… Kok bisa seenteng itu? Chani makes dance looks so easy for him, padahal aslinya ya susah. Gerakannya bisa se-smooth itu, yet so detail. Lihat tangannya, kakinya, ahh sudahlah aku wes ndak bisa berkata-kata!

Lagu ini sebetulnya bercerita tentang keyakinan seseorang untuk menggapai mimpinya. Aku sengaja nggak nulis liriknya di sini ya, karena panjang sekali. Tapi yang jelas kalau dirangkum kira-kira begini…

Dalam setiap perjalanan manusia menggapai impiannya, pasti selalu ada aral melintang. Tanpa keyakinan, seseorang bisa saja menyerah dan berhenti di tengah jalan. Tetapi dengan adanya keyakinan, sebesar apapun badai yang menghantam akan tetap dilalui juga meski dengan sekuat tenaga, meski terasa menyesakkan dada dan memaksa harus berjuang sampai titik darah penghabisan.

Di dalam lagu ini juga terdapat lirik ‘cintamu, menyelamatkanku’ (ini pas part-nya Chani, tbh). Lirik ini bisa saja dipahami sebagai dukungan yang diterima dari orang yang kita cintai. Biasanya, orang yang mencintai kita adalah mereka yang bersedia mendukung mimpi-mimpi dan cita-cita kita ‘kan? Merekalah orang yang hadir saat kita membutuhkan dukungan, merekalah yang membersamai kita dalam setiap langkah menggapai apa yang kita impikan. Berkat keyakinan diri dan dukungan cinta dari mereka, kita bisa melalui setiap halang rintang yang kita temui.

Lebih dalam lagi, bagiku lagu ini juga mengandung makna filosofis tentang bagaimana keyakinan seseorang kepada Sang Pencipta. Believer berarti ‘orang yang percaya’, which is in this case adalah seorang hamba yang mengabdi dengan penuh keyakinan kepada Tuhannya.

Dalam hidup yang ia jalani, hamba itu pasti mengalami banyak sekali ujian dan cobaan demi mencapai tujuan hidupnya. Tapi ia berjanji tidak akan pernah meninggalkan Tuhannya, karena ia punya keyakinan yang kuat kepada Tuhannya. Hanya berkat rahmat dan cinta dari Tuhannya itulah ia bisa melalui semua kesulitan dan pada akhirnya nanti berhasil menggapai tujuannya.

Gimana, yeorobun? Deep banget ‘kan makna lagunya? Orang lain mungkin punya interpretasi yang berbeda terhadap lagu ini. And it’s okay. Tapi bagiku lagu ini memang mengandung nilai yang sefilosofis itu.

Semua nilai filosofis dan sarat makna ini dicurahkan dalam sebuah karya yang megah dan powerful, ditambah nuansa musik yang cenderung mistis. Awalnya aku bahkan sempat mengira lagu ini isinya ‘dark’ gitu ya, mirip lagu MAMA EXO. Padahal kedua lagu ini aslinya justru mengandung value, life lesson yang deep dan sangat relatable dengan kehidupan manusia.

Gimana menurutmu? Apa pendapatmu tentang lagu SF9 Believer yang ditampilkan di final stage Kingdom: Legendary War ini? Yuk, share di kolom komentar ya!

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

Post a Comment