admasyitoh.com

4 Skincare Favorit Ramah Kantong, Ga Bikin Dompet Bolong!

15 comments

skincare favorit ramah kantong

Yeorobun, ada yang lagi cari rekomendasi skincare favorit ramah kantong? Sini-sini merapat! Karena aku juga lagi cari nih. Lagi di fase ingin lebih serius merawat masalah kulit dan kesehatan diri sendiri. Bukan apa-apa, demi hidup panjang umur yang tenang dan damai supaya bisa membersamai setiap proses tumbuh kembang anak sampai ia dewasa kelak.

Buat kamu yang ingin mencari skincare berkualitas tapi ga bikin kantong bolong, yuk kita sharing di sini!

DISCLAIMER! Rekomendasi ini dibuat oleh pemula ya, yeorobun. Aku belum pro kalau soal perskinkeran duniawi ini, masih tahap belajar dan coba-coba. Tapi semoga bisa bermanfaat, ya!

Perempuan Lebih Rentan Penuaan Dini daripada Laki-laki

Belum lama ini aku mengeluh kulitku yang kering sekali. Terutama di area sekitar mata sampai pipi. Di sini aku mulai resah (halah), mulai kepikiran tentang penuaan dini. Padahal sebelumnya aku tidak pernah ambil pusing perkara skincare dan perawatan begini.

penyebab penuaan dini

Jadilah aku konsultasi ke salah satu dokter di klinik langganan keluarga kami. Menurut dokter ini, perempuan memang lebih rentan mengalami penuaan dini dibanding laki-laki. Sebab, perempuan mengalami menstruasi, hamil, melahirkan, menyusui, perubahan emosi yang luar biasa tidak stabil dibandingkan laki-laki.

Apa hubungannya? Masih menurut dokter yang aku tanyai, semua proses yang dialami perempuan dalam hidupnya melibatkan perubahan stabilitas hormon dalam tubuh. Perubahan inilah yang sangat berpengaruh pada kondisi metabolisme termasuk si kulit itu sendiri.

Karena itu, para perempuan penting untuk menjaga kondisi dan kesehatan kulitnya agar tidak mengalami penuaan dini. Caranya dengan menjaga pola hidup sehat seperti cukup istirahat, asupan makanan, termasuk minum air putih minimal dua liter per hari. Jangan lupa juga dibantu dengan konsumsi suplemen yang dibutuhkan seperti vitamin C dan E, plus pakai skincare! Tuh, jangan males skinkeran!

Nah, poin terakhir ini nih yang masih jadi PR besar bagiku. Dulu, sebelum punya anak aku lumayan rajin nih pakai toner dan krim pelembab. Begitu hamil, beuh rasanya malas luar biasa tak terhingga! Apalagi bumil dan busui harus ekstra hati-hati ya pilih skincare dan kosmetik. Waktu itu, aku sama sekali tidak telaten ‘mentelengin’ komposisi produk satu-satu. Jadi, yah udahlah ga usah skinkeran juga ga bikin aku mati, kok. Begitu pikirku. Jahat ya sama diri sendiri.

tanda penuaan dini pada kulit

Baru setelah anak lahir, lulus ASI, sekarang sudah hampir 3 tahun usianya, aku kepikiran nih buat memulai pakai skincare lagi. Lagipula, kulit adalah aset, yeorobun. Yang harus dirawat demi membahagiakan diri sendiri dan pasangan tentunya (khusus yang sudah punya pasangan ya). Merawat diri sendiri, seperti menjaga kesehatan tubuh dan kulit, adalah salah satu bentuk syukur yang bisa kita lakukan atas karunia dan nikmat yang Allah berikan.

Aku meyakini, urusan kulit dan tubuh, penuaan dini pasti bisa dicegah. Walaupun, penuaan itu sendiri adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa ditunda. Setiap makhluk hidup pasti menua pada waktunya. Tapi sebelum waktu itu tiba, tidak ada salahnya dijaga dengan sebaik-baiknya.

Rekomendasi Skincare Favorit Ramah Kantong

Baru-baru ini aku mulai berpikir, aku ingin menua pada waktunya dengan indah dan elegan. Salah satunya dengan mencegah penuaan dini pada kulit, terutama ketika usiaku sudah hampir menginjak 30 tahun seperti sekarang.

Aku mulai dengan bertanya ke beberapa teman bagaimana pengalaman mereka dengan skincare. Dan, semakin banyak aku bertanya, semakin pusing aku dibuatnya. Karena, setiap orang punya ceritanya masing-masing dan kondisinya berbeda. Artinya, untuk kebutuhan skincare ini aku juga harus menyesuaikan dengan kondisi kulitku sendiri.

Teman-temanku merekomendasikan banyak sekali merek skincare. Mulai dari yang lokal sampai interlokal. Dari yang bikin senyum manis sampai senyum meringis pas lihat harganya. Ya ampun, ini skincare apa perhiasan. Mihil imit duit?!

Okelah, memang kalau mau cantik paripurna seperti Mbak Yoona dan kulitnya terjaga awet muda seperti ayang Rowoon, kudu keluar modal. Suatu saat mungkin aku juga ingin mencoba skincare-skincare mahal mereka. Tapi untuk saat ini, di tahap trial ini, aku ingin memulainya dari yang paling sederhana.

Mulai dengan menetapkan niat dan tekad. Menjaga konsistensi, karena perkara perskinkeran duniawi ini memang butuh alokasi waktu khusus tiap hari. Mulai dari yang lokal, harga ramah dompet dulu.

Bukan apa-apa, cuma takut kalau nggak cocok. Secara, kulitku termasuk yang sensitif sekali (seperti hatiku yang rapuh selembut pantat bayi). Kan sayang ya kalau udah beli mahal-mahal ternyata nggak cocok di kulit. Aku sadar diri belum setajir Suho EXO yang duitnya unlimited sampai tak berdigit. Doain banyak rejeki ya, yeorobun.

Tapi, pakai skincare itu bukan berarti sok cantik dan sok kaya, ya! Kalau mau cantik memang harus modal. Dan, ada kok skincare yang harganya tidak mengganggu anggaran belanja rumah tangga.

Hasil merangkum cerita teman-teman yang aku wawancarai, lalu googling sana-sini, ketemulah aku dengan empat merek skincare favorit ramah kantong berikut ini. Pastinya berkualitas dan asli produk lokal, ya!

1. Viva Skincare

skincare viva

Ini salah satu merek legend yang sudah ada sejak aku masih kecil. Aku ingat, karena dulu ibuku pun juga sering pakai merek ini. Viva skincare ini termasuk brand lokal yang punya banyak varian produk. Kandungannya ringan, sehingga aman digunakan oleh pemula sepertiku. Bisa digunakan oleh remaja sampai orang dewasa.

Mulai dari milk cleanser, face tonic, pelembap, moisturizer sampai peeling cream. Semua ada kayaknya. Harganya tentu tergantung dari jenis produk yang ingin kamu beli ya. Tapi harganya dijamin aman di kantong kok, nggak sampai 60 ribu. Dan, produknya bertebaran di marketplace jadi gampang banget dicari!

2. Whitelab

skincare whitelab

Ahh, yang satu ini favorit banget apalagi Sehun EXO—si Scientist Ganteng—didapuk jadi ambassador. Sedangkan Sehun adalah bias wrecker-ku di EXO yang bikin oleh dari Baekhyun, mana bisa aku menutup mata dari kenyataan ini?! Haha.

Merek lokal satu ini menurutku tergolong pendatang baru yang cukup sukses sih. Banyak juga ternyata pengguna dan penggemarnya, padahal baru dikenalkan sekitar tahun 2020 lalu (kalau tidak salah, CMIIW).

Rangkaian produknya lengkap dan variannya banyak. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu. Ada yang brightening, ada yang anti aging (seperti yang aku butuhkan), ada yang untuk menyamarkan jerawat dan lain sebagainya. Saranku, mending kamu konsultasikan ke pihak mereka dulu ketika mau beli. Mereka punya CS yang gercep dan ramah kok.

Mulai dari facial wash, toner, essence dan serum, moisturizer cream, masker, sunscreen sampai eye cream ada semua! Harganya juga beragam, tergantung dari jenis dan varian produknya, mulai dari 30-100 ribuan. Ada yang langsung sepaket juga, diskonnya juga lumayan—kalau di official marketplace.

Yang paling aku suka dari si Whitelab ini, selain murah dan kualitasnya oke, adalah packaging-nya yang simpel dan elegan. Walaupun warnanya didominasi putih atau transparan, tapi kelihatan classy dan mewah. Jadi nggak kelihatan kalau skincare murah. Aslii, ini bukan skincare murahan sih! Wajib banget dicoba menurutku!

3. Wardah

wardah skicare

Duh, siapa sih yang nggak kenal brand satu ini? Sebelum gempuran Hallyu Wave dengan K-Beauty masuk, Wardah sudah lebih dulu menjajah pasar kecantikan modern di Tanah Air. Iya, nggak? Bahkan salah satu supermarket di dekat kosku dulu punya stand sendiri khusus Wardah ini, ada CS-nya juga lo, jadi bisa langsung ditanya-tanyai di tempat.

Wardah ini juga termasuk legend. Apalagi produknya buanyak segambreng, iklannya mondar-mandir di tv dan media lainnya. Karena diformulasikan khusus untuk daerah tropis, sudah pasti produk-produk Wardah cocok untuk perempuan Indonesia yang kulitnya eksotis dan menawan seperti kita ini.

Saking banyaknya produk Wardah, aku sampai nggak bisa nyebut satu per satu, yeorobun. Yang pasti, mereka punya produk skincare, bodycare sampai kosmetik. Khusus untuk skincare, masih banyak juga cabang-cabangnya. Ada yang untuk kulit sensitif, kering, berminyak. Dah, pokoknya telatenin aja deh baca satu-satu kalau mau beli produknya.

Dari facial wash, scrub, toner, essence, serum, moisturizer, masker, sunscreen…. Aaaa!! Pokoknya banyak! Harganya bervariasi, tinggal kamu belinya bijian atau paketan. Karena ada juga nih yang langsung sepaket, misal paket series Wardah Crystal Secret, Wardah Renew You, Wardah Perfect Bright dan lain sebagainya. Yang jelas, kamu bisa beli produk wardah mulai dari harga 13 ribuan saja. Murah to? Cuss, kepoin langsung di official store marketplace mereka!

4. Scarlett Whitening

skincare scarlett whitening

Brand yang sempat menghebohkan jagad perskinkeran cewek beberapa tahun lalu, karena hadir dengan varian series bodycare yang bejibun dengan warna-warna cantik dan menarik. Itu sih yang paling nancep di kepalaku kalau ngobrolin tentang si Scarlett ini. Rasanya pengen borong semua series produknya! 

Scarlett hadir sejak tahun 2017. Selain terkenal dengan bodycare yang warnanya memanjakan mata, ternyata mereka punya produk skincare yang tidak kalah beragam lo. Sama seperti yang lain, mulai dari facial wash, masker, moisturizer cream, toner, serum, dijamin ada. Sayangnya aku belum kesampaian untuk coba produk-produk Scarlett nih. Soon lah, masuk wishlist dulu.

Harganya tergolong ramah kantong sih, mengingat manfaat yang ditawarkan cukup menjanjikan. Produk skincare mereka bisa dibeli dengan harga mulai dari 60 ribuan, tergantung varian atau paket yang dibeli. Personally, aku tertarik mencoba produk mereka yang package itu lo, yang ada Twice sama Song Joong Ki. Hehe, bener-bener kemakan iklan brand ambassador ya.

Summary

Rutinitas skincare harian memang rangkaiannya lumayan ribet dan panjang, yeorobun. Tapi worth it banget, karena manfaatnya besar sekali bagi diri sendiri, terutama untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Merawat kulit dan mencegah penuaan dini merupakan salah satu bentuk usaha dan ‘investasi’ yang bisa dilakukan demi masa tua yang sehat dan minim gangguan. Sekaligus, wujud syukur atas karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

Produk skincare adalah senjata ampuh untuk melawan penuaan dini pada kulit. Di antara banyaknya produk skincare yang beragam, yang paling baik tentu yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit kita serta mampu mengatasi masalah yang kita hadapi.

Kunci utama untuk mendapatkan hasil yang kita harapkan adalah niat dan konsisten. 

Berapapun harganya, mau murah atau mahal, kalau tidak dibarengi dengan niat dan konsistensi maka hasilnya tidak akan maksimal. Demi kulit mulus glowing shining shimmering splendid seperti Baekhyun, memang harus rela ribet tiap hari. Beauty is pain baby, begitu kata sahabatku. 

Nah, dari rekomendasi skincare favorit ramah kantong di atas mana yang ingin kamu coba? Atau kamu punya rekomendasi lainnya? Ceritakan di kolom komentar, ya!

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

15 comments

  1. Merk Viva bisa dibilang merk legendaris ya,,, tapi setahu saya lebih banyak penggunanya sudah pada senior, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal Viva itu ada produk yang sasarannya buat remaja juga lo. Dan sekarang mereka juga udah banyak inovasi, jadi produk skincare nya nggak yang itu-itu aja sih...

      Delete
  2. Dari semua yang disebutin nomor tiga yang awet aku pakai dari zaman kuliah sampe punya anak. Yg pengen dicoba scarlet sih, liat beberapa temen pake dan hasilnya juga bagus. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut ku emang lumayan bagus sih, aku pernah pakai karna dapat kiriman hehe

      Delete
    2. Wah, awet banget kak. Aku dulu sebelum merid, pas maish kuliah, juga mesti pake Wardah. Setelah hamil dah itu males skinkeran lagi hehe..

      Delete
  3. Ramah kantong itu penting banget.. asal jangan murahan malah bikin efek negatif di kulit. Kalo Scarlet kayanya gak ramah-ramah amat pada kantong, sabun wajah aja 75K, padahal di merek lain bisa cuma 20k-an... hehe.. mahal itu relatif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul.. Jadi memang perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan, kebutuhan dan keadaan kulit masing-masing sih kalau mau beli skincare..

      Delete
  4. Hadooooh... Ini semua tanda2nya ada di saya lho 😭 gak kebayang kalau harus tritmen mahal, untung ada skincare affordable kek gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, emang jadi perempuan itu rawan banget penuaan dini ya. Kudu pinter-pinter milih skincare yang sesuai kebutuhan dan cocok juga buat kantong. Mau mahal atau murah, kuncinya di konsistensi ya mbaak

      Delete
  5. Viva itu merk legendaris deh dan masih bertahan sampai sekarang, walaupun sdh banyak merk2 baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, mereka sekarang banyak juga jenis-jenisnya. Ada yang paket anti aging juga, ada yang khusus remaja, pkoknya makin macem-macem. Dan harganya tetep yang paling affordable yaa...

      Delete
  6. Bener deh, menginjak usia 30 perlu perawatan ekstra. Dan alhamdulillahnya aku cocok pake wardah yg renew you. Best di kantong best di wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya?? Wah aku jadi penasaran ulasannya kak, hehe. Soalnya kalo diitung-itung emang wardah renew you ini termasuk series anti aging yang paling murah sih yaa dibanding merek-merek lainnya..

      Delete
  7. Rasanya seneng bisa menemukan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Karena alhamdulillah juga sih, kulitku badak. Hehhe, jadi dipakein skincare apapun, hayukk aja. Tapi jangan lupa, ucapkan basmalah dulu.

    Hehhee, biar sah..
    Sah diliat ayem sama Ayang.. ((ayang yang mana aja boleh lah...hahaha...kok solu solu mau nge-reog di kolom komenmu, shay~))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulitku eon yang nggak kulit badak, sensiiii banget ini kulit masyaAllah, mana tipis banget sampe keliatan biru-birunya... hiks hiks...

      jadi keliatan cepet tua kalo nggak dirawat baik-baik, sedangkan aku gak tlatenan skinkeran.. hahaha, gimana sih maunya aku ini

      Delete

Post a Comment