admasyitoh.com

Berani, Rowoon Tampil 'Beda' di Drama Ahn Hyo Seop: A Time Called You

4 comments

kontroversi rowoon jadi cameo di drama ahn hyo seop

Yeorobun, beberapa hari ini banyak banget yang ngechat aku di WhatsApp menanyakan perihal peran spesial Rowoon di drama Korea A Time Called You. Gara-gara peran ini nama Rowoon sempat trending di sosial media tidak lama setelah Netflix merilis episode lengkap drama yang diperankan oleh Ahn Hyo Seop (lead male) dan Jeon Yeo Bin (lead female) ini.

Di artikel ini aku mau fokus bahas penampilan Rowoon ya, bukan membahas dramanya. Karena very-very jujurly, aku nggak nonton full episode. Jadi aku cuma nonton scene yang ada Rowoon aja di situ. Yah, bener-bener literal definition of nonton demi ayang Rowoon dah. Udah mendarah daging bucinnya, sampe ke tulang-tulang mungkin, wkwk.

Rowoon Jadi Cameo di A Time Called You

Briefly, A Time Called You adalah drama Korea original by Netflix yang dirilis pada 9 September 2023 kemarin. Total ada 12 episode dan semuanya dirilis pada hari itu juga. Jadi yang mau nonton, silakan maraton di Netflix dan Loklok ya. Nggak perlu menderita menunggu ongoing, hehe.

drama korea a time called you

Karena aku nggak nonton full episode, jadi aku nggak bisa banyak cerita. Cuma kalau sekilas sih aku lihat drama ini intinya romance, dimana tokoh utamanya ‘terlempar’ ke masa lalu dan nggak bisa move on dari kematian pacarnya. Drama ini diadaptasi dari serial Taiwan berjudul Someday or One Day yang dirilis tahun 2019 silam.

A Time Called You ini termasuk salah satu drama yang paling ditunggu-tunggu, terutama oleh para penggemar Ahn Hyo Seop dan Jeon Yeo Bin.

Oke, sekarang kita kembali ke Rowoon. Apa peran Rowoon di drama ini?

Bulan Juli lalu, FNC Entertainment selaku agensi yang menaungi Rowoon. mengonfirmasi bahwa vokalis grup SF9 ini akan tampil sebagai cameo (special appearance) di drama A Time Called You. FNC Entertainment tidak menjelaskan detail karakter yang akan diperankan. Cuma mereka meminta fans untuk menantikan penampilan Rowoon aja.

Yah, sebagai fans yang mencintai Rowoon secara brutal dan ugal-ugalan, otomatis aku nungguin banget kan. Apalagi aku tahu kalau di real life emang Rowoon dan Ahn Hyo Seop sohiban deket.

Begitu drama A Time Called You dirilis, aku langsung ke episode 8 part awal dimana Rowoon jadi cameo. Dan… Jeng jeng jeng! Surprise! Betapa terkejut dan syoknya diriku melihat ayang Rowoon di sana. Like, I can’t believe what I see!

Rowoon jadi Taeha, sahabatnya Gu Yeon Jun (Ahn Hyo Seop). Iya, mereka sahabatan, temen deket, tapi kebablasan. Nah loh?

rowoon a time called you

Sebetulnya nggak ada dialog yang secara terang-terangan bilang kalo mereka saling menyukai. Tapi dialognya mereka tuh deep banget, yang secara eksplisit menyiratkan kalau mereka sama-sama ada rasa ‘spesial’ satu sama lain.

Nah, hubungan BL (boys love, gay) ini kemudian ditegaskan dengan adegan mereka pegangan tangan selama beberapa detik sebelum mereka mengalami kecelakaan mobil. DUARRR!! Mobil yang Taeha dan Gu Yeon Jun tumpangi menabrak kendaraan lain dari arah berlawanan lalu terpelanting, terlempar, terjungkir dan ringsek seketika.

Aku yang masih syok dengan adegan mereka pegangan tangan, belum habis kagetnya, udah dibuat syok dan kaget lagi sejadi-jadinya dengan adegan kecelakaan itu. Wah!! Jinjjaa daebakkk! Masih nggak percaya yang aku lihat…

Menuai Reaksi Beragam

Penampilan Rowoon sebagai cameo sebetulnya nggak lama, cuma sekitar 6 menit. Tapi ini langsung menuai banyak sekali reaksi dari penonton, baik fans maupun non fans.

[Reaksi Pertama] Sebagian besar mengaku kaget dan syok, kok Rowoon dan Ahn Hye Seop mau sih memerankan karakter BL kayak gitu. Fans Rowoon terutama, merasa denial dengan peran yang dia ambil.

[Reaksi Kedua] Tidak sedikit pula penonton yang memuji penampilan mereka. Karena, meski singkat tapi mereka bisa menampilkan chemistry yang luar biasa, sehingga terlihat benar-benar mendalami peran. 

Yeokssi, Rowoon dan Ahn Hyo Seop memang aktor-aktor top tier Korea yang aktingnya sudah tidak perlu diragukan atau diperdebatkan lagi.

[Reaksi Ketiga] Yang bikin geleng-geleng, ada juga beberapa orang yang mempertanyakan, kenapa adegan mereka tidak seperti versi aslinya (maksudnya versi Taiwan). 

Di versi aslinya, tokoh Taeha dan Gu Yeon Jun ini malah harusnya lebih dari sekedar pegangan tangan, ada kiss scene juga malah. What?! Oke, mari kita lupakan dan jangan dibayangkan ya, yeorobun!

Gimana reaksiku? Jelas aku syok, kaget, terkejut, denial, cringe tapi juga amaze di saat yang sama.

Ya gimana nggak kaget dan syok, selama ini aku mengenal Rowoon itu sebagai cowok yang manly dan mature dengan sedikit manja-manja yang menggemaskan. Peran-perannya di drakor pun selama ini selalu jadi cowok yang bucin dan mencintai ceweknya dengan totalitas tanpa batas. Begitu pula dengan Ahn Hyo Seop—sebatas yang aku kenal.

Rasanya jelas cringe banget pas lihat mereka pegangan tangan sambil pandang-pandangan di mobil.

Tapi aku juga mengakui kalau chemistry dan akting mereka di sini okeeee bangett! Nggak heran juga kalau banyak yang amaze dengan chemistry yang mereka bangun. Walaupun lebih nggak heran kalau jadi banyak yang agak ‘iyuuuh’ sama mereka berdua setelah nonton adegan ini.

But, IMHO, sebagai fans setia sekaligus ayang yang nggak dipublikasikan ke media, aku menilai Rowoon BERANI. Peran kontroversial ini adalah yang pertama kalinya buat Rowoon. Bisa dibilang, Rowoon selama ini selalu ‘cari aman’ dengan peran-peran sebagai protagonis dan ideal—meski dengan berbagai latar belakang peran profesi.

He’s such a BRAVE and PROFESSIONAL. Sebagai aktor profesional, aku salut dengan keberanian Rowoon mengambil peran cameo ini. Aku yakin dia pasti sudah berpikir matang-matang bagaimana efeknya walaupun tujuan awal Rowoon di sini adalah murni mendukung drama sahabatnya sendiri, tak lain Ahn Hyo Seop.

Jujurly, aku syok banget, kecewa dan sangat menyayangkan. Tapi ya udahlah ya, udah terlanjur juga. Hiks hiks... 

Mas Rowoon, jangan diulangi lagi ya ambil peran begini. Aku tahu kamu straight dan cuma mau dukung bestie kan. Tapi plisss ini peran yang terlalu ekstrim, kontroversial dan beresiko. Jangan diulangi lagi ya, sayang... 

Sebagai fans, aku cuma bisa mendukung apapun keputusan yang Rowoon ambil terkait karirnya sebagai entertainer. Harapanku sekarang, Rowoon semakin bersinar setelah perannya yang cukup ‘challenging’ di A Time Called You ini. 

Yah, semoga habis ini ada produser yang ngajak Rowoon main film layar lebar, namanya semakin berkibar dan dengan akting atau peran yang lebih shining shimmering splendid ya. Apalagi saat ini pun dramanya yang Destined With You masih tayang ongoing di JTBC dan Netflix.

Fakta di Balik Penampilan Cameo Rowoon

Dalam sebuah wawancara, Kim Jin Won, sutradara A Time Called You mengungkapkan beberapa fakta di balik penampilan cameo Rowoon. Fakta ini seolah menjadi penyegar dan obat penenang buat bucin-bucinnya Rowoon sepertiku. Karena jujurly aku sempat overthinking, yeorobun, gara-gara penampilan Rowoon di sini.

Takut dia di-bash Knetz, karena yah tahu sendiri lah, Knetz tuh udah kayak netizen yang maha benar. Takut juga dia jadi dibilang mendukung kampanye LGBTQ+ atau bahkan jadi bagian dari golongan ini.

Bukan bermaksud apa-apa ya, cuma sebagai cewek yang masih doyan cowok ganteng, aku meyakini Rowoon itu ya suka cewek dan gak suka cowok. Dan, aku nggak rela kalau Rowoon terlibat dengan isu yang sensitif seperti ini.

Tapi alhamdulillah sutradaranya peka sehingga rela membeberkan proses di balik layar kepada media dan khalayak internasional. 정말 감사합니다 감독님…

1. Ahn Hyo Seop Auto Menyebut Nama Rowoon

Menurut sang sutradara, chemistry adegan BL ini hanya akan terjadi dengan baik kalau Ahn Hyo Seop dipasangkan dengan aktor yang berinteraksi nyaman dengan dirinya.

Ketika Ahn Hyo Seop ditanya, siapa aktor yang dekat dengan dirinya, Ahn Hyo Seop langsung menjawab Rowoon. Bahkan dia duluan yang ngasih kontaknya Rowoon ke sutradara. Staf lalu menghubungi agensi dan Rowoon secara pribadi.

Kok ya ndilalah, luckily, Rowoon menjawab bersedia tanpa pikir panjang. Dia menyanggupi untuk tampil sebagai cameo demi mendukung Ahn Hyo Seop.

2. Rowoon Tampil Sukarela Tanpa Menerima Bayaran

Rowoon really has warm and pure heart. Yang paling mengejutkan dari 'peristiwa' ini adalah Rowoon bersedia tampil dengan senang hati and without any charge appearance fee alias TANPA BAYARAN atas penampilannya.

Padahal menurut salah satu majalah (tapi maaf aku lupa majalah apa, pokoknya English) Rowoon termasuk salah satu aktor Korea dengan bayaran tertinggi lo. Nggak bisa bayangkan, sekali muncul di scene cameo gini berapa bayarannya. Tapi Rowoon nggak minta bayaran, demi sahabatnya. Lagi-lagi demi sohibnya, yeorobun. 

3. Syarat Food Truck dari Rowoon

Nah, yang unik adalah meski Rowoon nggak minta bayaran, tapi ternyata ada satu syarat yang harus dipenuhi. Rowoon bersedia tampil sebagai cameo hanya jika staf mengirim food truck untuk Ahn Hyo Seop atas nama Rowoon. Cuma itu syarat yang dia minta.

FYI, food truck tuh truk makanan yang biasa dikirim sebagai bentuk dukungan (bisa juga sebagai hadiah) buat aktor atau idol yang sedang syuting. Budaya saling mengirim food truck gini udah biasa di kalangan para seleb Korea sana. 

Isinya apa? Biasanya ya macam-macam, kayak sandwich, soft bread, salad, makanan sehat, cake, lengkap dengan dessert dan minumnya. Jadi si aktor atau idol yang dikirimi bisa makan sepuasnya bersama staf yang sedang bekerja dengannya.

Makanya ngirim food truck gini harganya mahal, yeorobun. Karena jumlah orderan makanannya nggak bisa sedikit. Kalau dihitung-hitung (isi menu, jasa dan ongkir), minimal masih sekitar 1 juta won—sekitar 11 juta rupiah dengan kurs sekarang. That’s why banyak artis Korea yang mengucapkan terima kasih ketika dikirimi food truck oleh kolega, sahabat sesama artis, idol, atau fansnya.

Nah, untuk tampil sebagai cameo di A Time Called You ini, Rowoon nggak minta bayaran. Dia cuma minta kiriman food truck buat Ahn Hyo Seop atas nama dirinya sendiri. Tuh, baik banget kan? Emang so sweet nih cowok, baik hati banget, tanpa cela.

4. Kesulitan Rowoon dan Proses Syuting

Dalam wawancaranya, sutradara juga mengungkapkan kalau Rowoon sendiri sebetulnya tidak mudah memutuskan untuk tampil. Pasalnya, yah seperti yang kita tahu, peran ini sangat kontroversial, sangat beresiko, plus ini pertama kali buat dirinya. Rowoon sangat bersedia tampil jadi cameo untuk mendukung sahabatnya. Yang sulit itu memerankan karakter Taeha.

Tapi, bukan aktor profesional namanya kalau nggak bisa membawakan karakter apapun dengan baik. Rowoon dan Ahn Hyo Seop sama-sama aktor paling berbakat di Korea. Kedekatan mereka di real life ternyata sangat membantu proses jalannya syuting.

Mereka saling percaya dengan kemampuan masing-masing. Rowoon dan mas Paul (nama barat Ahn Hyo Seop) juga banyak ngobrol diskusi tentang akting. Suasana syuting pun jadi lebih menyenangkan dan ‘hidup’ sekali. Karena itulah keduanya bisa membawakan karakter Taeha dan Gu Yeon Jun dengan baik, full of chemistry dan mengagumkan.

Yah, walaupun sebetulnya keduanya sama-sama geli, sama-sama cringe, terutama pas scene pegangan tangan. Merinding banget sih, bisa dibayangkan. Aku yang nonton aja merinding lihatnya, apalagi mereka yang syuting.

Saking cringe-nya, sutradara bahkan menyebut mereka sama-sama teriak geli dan nyingkirin tangan masing-masing setelah syuting scene pegangan tangan itu. Haha, ya kocak juga sih. Kebayang gimana lawaknya mereka berdua.

Circle “Tiang Listrik Tampan”

Sebetulnya nggak aneh kalau Rowoon jadi cameo di dramanya Ahn Hyo Seop, A Time Called You. Apalagi keduanya memang terkenal dekat sebagai sahabat di dunia nyata. Yang aneh memang peran cameo yang diambil. Jadi karakter BL sesuatu yang benar-benar baru dalam karir akting Rowoon.

Selain Rowoon, sebetulnya ada member SF9 lain yang pernah main drama BL seperti ini, malah full BL dan jadi male lead pula. Namanya Zuho, main rapper SF9. Dramanya, Starstruck (2022), juga sempat ramai di media. Zuho juga mendapat respon beragam seperti yang dialami Rowoon.

zuho sf9 starstruck

Oke, kembali ke circle Rowoon. Rowoon, Ahn Hyo Seop dan Lee Jae Wook adalah tiga serangkai yang bersahabat dekat di real life. Both of them are top tier actors, excellent and close to each other. Sama-sama punya visual ganteng ugal-ugalan, sama-sama tinggi, sampe sering aku sebut circle “Tiang Listrik Tampan” yang susah ditembus, haha.

rowoon ahn hyo seop lee jae wook

Sebagai fans, aku mendukung setiap karir akting Rowoon. Aku pun turut mendukung karir sahabat-sahabatnya, seperti Ahn Hyo Seop, Lee Jae Wook dan yang lainnya. 

Menjadi entertainer memang menuntut seseorang untuk terlihat ‘sempurna dan tanpa cela’ di depan media. Sebab, setiap gerak-geriknya selalu dilihat oleh masyarakat. Ibarat kata, mereka nafas aja udah pengaruh ke karir mereka.

So, apapun akting yang diambil Rowoon pasti sudah dia pikirkan secara matang efeknya, kesulitannya. Sudah dia siapkan sebaik mungkin, apalagi sifat dirinya memang neat freak, well-prepared, well-organized dan selalu memperhatikan segala hal bahkan detail-detail kecil yang kadang nggak dipikirkan orang.

Di luar kontroversinya, peran cameo di A Time Called You sebetulnya menunjukkan bahkan Rowoon adalah aktor yang EXCELLENT. He’s such a versatile actor who can show us many different sides and character roles in his entertainment career.

Aku berdoa (bener-bener aamiin dalam hati tulus lahir batin nih), semoga setelah ini karirnya bisa semakin berkembang dan meningkat. Semoga semakin sukses, sehat selalu dan terhindar dari segala fitnah. Itu aja dah. Tahu sendiri lah, dunia entertainment itu ngeri-ngeri sedap ya. Untuk saat ini fokus aja lihat akting Rowoon sebagai Jang Shin Yu di drama Destined With You. Hwaiting Rowoon! So proud of you, Kim Seok Woo!

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

4 comments

  1. waaahh, kok rasanya saya ga rela kalau Rowoon memainkan peran ini yaa, hehehehe... tetapi demi tantangan peran dan menambah pengalaman masih ok lah.

    ReplyDelete
  2. The real profesional dong ya. Biasanya kalo berani ambil peran begini namanya bakal cepat melambung sih. Yakin. Cuma tentu aja ada opsi kontranya sih. Tapi tetep yakin rowon suka cewek kok. Duh trio ini meresahkan. Serbuk berlian semua. Kangen lee jae wook ey

    ReplyDelete
  3. Kaget baca judulnya aku kira. Ya Allah...Tapi eman-eman nggak sie kalo berperan jadi Pelangi.

    ReplyDelete
  4. Setelah menerima peran sebagai BL gimana perasaan ayang?? Apa ayang masih setia menjadi fans garis keras dan ugal-ugalan Rowoon? wkwk. Aku sih agak kecewa yaa... meski aku bukan penggemarnya ayang Rowoon. Peran 6 menit yang menunjukkan bahwa eksistensi kaum pelangi semakin nyata. Maaf aku bagian yang kontra dan kuciwa.

    ReplyDelete

Post a Comment