admasyitoh.com

Rekomendasi Komunitas Blogger Indonesia yang Cocok untuk Pemula

4 comments

rekomendasi komunitas blogger indonesia

Yeorobun, beberapa waktu lalu aku sudah pernah menulis tentang keuntungan dan manfaat ikut komunitas blogger. Khususnya bagi blogger pemula, bergabung dengan komunitas blogger ternyata banyak sekali dampak dan keuntungannya. Selain menambah relasi sesama blogger, komunitas ini juga membuka wawasan sekaligus media untuk upgrade skill kita sebagai blogger.

FYI, aku membuat blog ini akhir tahun 2020, tapi baru aku rawat secara serius mulai tahun 2021. Dulu ketika masih awal-awal ngeblog aku sempat bingung, cari komunitas blogger dimana ya? Secara waktu itu aku belum punya relasi sesama blogger sama sekali. Tidak ada teman atau saudara yang blogger, yang bisa ditanyai atau diajak beradu nasib seputar ngeblog.

Setelah googling dan kepo-kepo di Instagram, akhirnya aku ketemu dengan beberapa komunitas blogger Indonesia. Tanpa babibu, aku langsung mendaftarkan diri untuk bergabung dengan komunitas tersebut. Dari sinilah circle blogger mulai terbuka untukku.

DISCLAIMER! Aku nggak bilang kalau aku udah pro ya di dunia bloggin. Sampai sekarang pun masih banyak hal yang harus aku pelajari. Tapi sebagai blogger yang sudah jatuh bangun terseok-seok mengasuh blog ini agar bisa menghidupi dirinya sendiri (halah lebay), rasanya tidak ada salahnya kalau aku menulis ini di sini, di blogku sendiri.

Nah, buat kamu yang masih pemula, berikut ini adalah beberapa rekomendasi komunitas blogger Indonesia yang bisa kamu ikuti supaya meningkatkan skill dan relasimu!

Blogspedia Community

Generally, komunitas ini sangat cocok untuk pemula. Cara bergabung di komunitas ini adalah kamu harus lulus Blogspedia Coaching, sebuah program pelatihan ngeblog. Biasanya gratis dan berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Di sini pemula benar-benar diajari ngeblog dari awal, dari cara membuat blog, memperbaiki tampilan blog, cara menulis artikel yang baik, mengenali user persona blog, personal branding, membuat content plan sampai cara mencari peluang job dengan blog. Tertarik mencoba? Blogspedia Coaching selalu diadakan setiap tahun. Tahun 2024 ini sudah memasuki Blogspedia Coaching Batch #5 lo.

Bagiku, Blogspedia Community adalah rumah dan keluarga di dunia blogging. Komunitas ini menjadi tempat pertama aku belajar blogging dari null prutul, benar-benar dari pemula. Selama ini aku merasa bisa menjadi diriku sendiri sebagai Ayangnya Rowoon yang mengasuh Sundries Journal, tanpa intervensi dan nggak perlu jaim-jaiman. Cupuers (sebutan untuk anggota Blogspedia Community) selalu bersedia menerimaku apa adanya.

1Minggu1Cerita

Sesuai namanya, grup ini mewajibkan setiap anggotanya untuk setor tulisan di form yang disediakan, minimal 1 artikel dalam seminggu. Kalau tidak setoran 6 kali berturut-turut, anggota akan dikeluarkan dari grup WA. Bisa nggak masuk lagi? Bisa, tapi biasanya harus menunggu dikonfirmasi pengurus agak lama, hihi. 

Karena mewajibkan setoran, komunitas 1M1C ini sangat cocok untuk pemula karena bisa melatih konsistensi menulis dan manajemen waktu blogging. Oiya, 1M1C kadang juga mengadakan talkshow atau event sejenis yang berkaitan dengan blogging dan kepenulisan lo.

BloggerHub

Next, BloggerHub. Komunitas satu ini punya berbagai program rutin, seperti Jejakin Blog dan Jejakin Instagram. Dengan mengikuti Jejakin Blog (blog walking) kita bisa mempromosikan blog kita dan mengenal blog orang lain. Begitu pula dengan Jejakin Instagram yang bisa meningkatkan engagement Instagram itu sendiri. Jangan salah yeorobun, blog walking dan IG walking ternyata banyak lo manfaatnya. Selain bisa menggali inspirasi, menambah relasi, kita juga bisa menaikkan engagement yang secara tidak langsung meningkatkan peluang untuk mendapatkan job.

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan Network atau disingkat BPN adalah komunitas blog yang pertama kali aku ikuti. Cara gabungnya sangat mudah, cukup registrasi dengan email dan berhasil. Kamu sudah berhasil menjadi anggota BPN. Komunitas satu ini tidak mematok syarat apapun, seperti harus setoran, blog walking atau harus sudah blog top level domain.

Even tho, BPN bisa menjadi langkah awal yang membuka relasimu dengan banyak sekali blogger di Indonesia, khususnya blogger perempuan. Oiya, meskipun namanya Blogger Perempuan Network, setahuku laki-laki tetap bisa gabung kok. Entah kalau aturannya sudah berubah. Bisa kamu konfirmasi langsung di official website atau sosmed mereka ya!

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger atau KEB berisi perempuan-perempuan (khusus perempuan asli ya) yang aktif di dunia blogging. Walaupun kamu belum punya anak, atau bahkan belum menikah, kamu tetap bisa gabung di komunitas yang aktif mengadakan gathering offline ini. KEB juga punya grup WA dan Facebook yang rutin dengan program-programnya seperti blog walking, sharing dan lain-lain. Cara gabungnya juga mudah, cukup mendaftar dengan mengisi formulir registrasi. Nantinya admin yang akan mengurusmu. So, ikuti saja alurnya.

Well, dari sekian banyak komunitas blogger Indonesia yang ada, kamu sudah bergabung di mana? Atau ingin bergabung di mana? Di luar list di atas masih banyak komunitas lain ya, yeorobun. Cuma aku tidak bergabung aktif di dalamnya. Jadi yang aku tulis hanya yang aku tercatat sebagai anggotanya saja.

Alfia D. Masyitoh
Lifestyle blogger, content writer and full time mother who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

4 comments

  1. nice info, makasii kak. btw tampilan blognya cakep banget kak, tone warnanya eye catching 😍

    ReplyDelete
  2. Wah sangat menarik...blogspedia coaching emang top kelas blogger mulai dari dasar dn akar²nya...wah jdi ingin ikut menambah komunitas BPN hehehe...

    ReplyDelete
  3. Noted, Kak. Siapa tau saya nanti mau bergabung di dalam komunitas-komunitas ini.

    ReplyDelete
  4. wahhh bisa nihh nanti kita kepoin kesana untuk belajar eheheh

    ReplyDelete

Post a Comment