admasyitoh.com

Drama Korea dengan OST Terbaik yang Cocok Masuk Playlist

12 comments

drama korea dengan ost terbaik

Yeorobun, salah satu ciri khas drama Korea adalah mereka selalu punya musik atau lagu latar khusus untuk tiap drama. Setiap ada drama baru yang tayang, pasti ada OST baru juga. Coba bayangkan bagaimana jadinya kalau drama atau film yang kamu tonton tidak ada musik latarnya? Pasti sepi dan hampa. Garing, yeorobun. 

Sudah jadi rahasia publik ya, sinetron Indonesia yang tayang di televisi nasional biasanya digarap dengan budget pas-pasan. Jadi tidak heran juga kalau apapun sinetronnya, lagunya itu lagi, itu lagi. Kalau bukan Rossa, ya Opick. Terutama yang sinetron-sinetron azab tuh, hehe.

No salty please! Bukan bermaksud menghina produk dalam negeri. Tapi kenyataannya memang begitu kan?

Even tho, harus kuakui perfilman Indonesia sebetulnya tidak kalah bagus kok. Film layar lebar atau serial yang tayang di platform khusus seperti WeTV mulai menunjukkan geliat yang menjanjikan—meski jujurly, aku nggak pernah memperhatikan soundtrack-nya. Kita dukung dan doakan saja supaya semakin maju ke depannya.

Yang mau aku highlight, disadari atau tidak, salah satu perbedaan utama sinetron Indonesia dengan drama Korea terletak di soundtrack alias OST. Kalau di Indonesia (hampir selalu) pakai 'lagu kebangsaan sinema televisi' Hati Yang Kau Sakiti milik Rossa, lain ceritanya dengan di Korea yang selalu ada lagu sendiri tiap judul drama.

Sebab, OST atau lagu soundtrack merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam drama Korea. Kenapa? Yuk, kita bahas fungsi OST drama Korea satu per satu!

OST Drama Korea Bukan Pemanis Belaka

Jauh sebelum tergila-gila dengan EXO dan SF9, aku sudah lebih dulu menyukai drama Korea. Dari drama, aku mulai biasa dengan lagu-lagu Korea. Berikutnya aku kenal dengan musik KPOP. Nah, sejak saat itulah perjalananku menjadi KPOPers dimulai.

Musik KPOP bukan cuma lagu-lagu boy group dan girl group. OST-OST drama Korea juga termasuk di dalamnya.

Selain menulis blog, drama Korea sudah menjadi media refreshing atau stress release paling simpel bagiku. Yang bikin aku suka nonton drakor—sampai dapat stigma negatif anti produk dalam negeri—adalah garapannya yang always totalitas.

Entah bagaimana reaksi penonton, drakor memang selalu dikerjakan dengan keseriusan tingkat tinggi. Mulai dari ide cerita, alur, pemilihan cast, sampai aspek-aspek sinematografinya seperti lighting dan musik latar.

FYI, lagu-lagu yang jadi soundtrack drakor itu beda lo dengan lagu-lagu boy group atau girl group! Kalau orang awam mungkin menganggapnya sama, karena masih sama-sama pakai bahasa Korea. Tapi di telinga KPOPers keduanya sangat berbeda.

Lagu-lagu idol—boy group, girl group, hingga soloist—biasanya mengikuti konsep tertentu tiap dirilis. Selalu ada ide atau gagasan utama album yang mendasari lagu-lagu ini. Jadi mulai dari lirik, nada, aransemen sampai dance-nya mengikuti konsep utama tersebut.

Nah, kalau OST-OST drama dibuatnya tidak bisa sembarangan, yeorobun. Konsepnya harus ikut, sejalan berdampingan, dengan konsep dramanya. Jadi memang OST-OST ini customized untuk tiap-tiap drama.

Jarang sekali ada kejadian drakor menyomot lagu penyanyi tertentu yang sudah ada. Karena memang OST dibuatnya sepaket dengan drama. Biasanya dirilis secara bertahap, dibagi dalam beberapa part begitu, kemudian dijadikan satu album.

Indeed, lagu idol KPOP maupun OST drakor memang sama-sama dinyanyikan dalam bahasa Korea, sama-sama dirilis dalam bentuk album, bahkan penyanyinya pun bisa jadi sama. Tapi keduanya punya fungsi dan konsep yang sangat berbeda.

Dalam bab perdrakoran duniawi, setidaknya ada lima poin yang menjadi fungsi utama dibuatnya OST-OST drama.

1) Menjadi Identitas atau Branding

Seperti yang sudah aku sebutkan, setiap judul drama Korea punya OST sendiri-sendiri. Artinya, setiap ada drama baru pasti ada deretan OST baru juga. Karena itulah OST drama Korea adalah identitas atau branding bagi dramanya.

OST-OST ini merupakan ciri khas tiap drama dan dirilis dalam album khusus, biasanya nama album dinamai sesuai judul drama. Karena lagunya dibuat secara khusus, makanya tidak heran kalau pihak produser juga membuat anggaran khusus yang dialokasikan untuk OST-OST ini.

Segitunya? Iya! Karena bayar composer, penulis, musisi dan penyanyi lagu itu tidak murah, yeorobun. Apalagi kalau yang digaet penyanyi-penyanyi kelas kakap seperti Baek Ji Young, Lyn, Davichi, Gummy atau Taeyeon. Atau, kalau cowok seperti K. Will, Jung Seung Hwan, Baekhyun dan Chen EXO, MeloMance dan lain-lain.

2) Memberikan Gambaran Inti Cerita Drama

Lagu-lagu yang menjadi soundtrack drakor biasanya berisi ringkasan atau inti jalan cerita dalam drama. Entah secara tersurat maupun tersirat, liriknya pasti ada kaitannya dengan plot drama. Lebay-nya gini, kisah sepanjang 16 episode seperti termaktub dalam sebuah lagu yang khas dan ikonik dari suatu soundtrack drama Korea.

3) Mendukung Suasana Adegan

Pernah nggak nonton drama sampai nangis bombay ketika adegan sedih? Toss dulu! You’re not alone, yeorobun. Aku termasuk tim ‘gembeng’ yang gampang banget nangis tiap lihat scene yang sedih dan mengobok-obok emosi penonton.

Nah, soundtrack drakor ternyata juga berperan untuk menguatkan suasana dalam adegan yang ditampilkan. Kalau adegan sedih, biasanya lagunya ballad dan mendayu-dayu. Sebaliknya, adegan yang membahagiakan diiringi dengan lagu up-beat yang bersemangat.

OST-OST ini ditempatkan sedemikian baik sehingga bisa membangun emosi penonton ketika menyaksikan adegan sedih, bahagia, marah, takut, tegang dan lain sebagainya. Salut dengan kru yang bekerja sangat teliti untuk menempatkan soundtrack-soundtrack ini dalam drama.

Perpaduan antara plot cerita, akting pemain, sinematografi dan lagi soundtrack ini menciptakan kesatuan yang baku sehingga penonton bisa merasakan emosi atau ekspresi para pemain dalam drama.

4) Opening dan Ending yang Membekas

OST drama Korea juga berfungsi untuk memberikan opening dan ending yang berkesan bagi penonton. Contohnya, ketika suatu episode diakhiri dengan scene menyedihkan biasanya akan diiringi lagu yang sedih pula. Ini membantu penonton untuk mengingat alur cerita ketika menonton episode berikutnya. Jadi ketika episode baru dibuka dengan lagu opening tertentu, penonton bisa menyambungkan ceritanya dengan episode terakhir.

Bukan cuma itu, soundtrack drakor juga bisa menghasilkan kesan opening dan ending yang kuat lo untuk keseluruhan drama. Yah kita tahu lah, drama tidak selalu ditutup dengan happy ending. Ada yang harus berakhir sad ending, bahkan ada pula penulis drama yang membiarkan penonton berspekulasi tanpa kepastian dengan open ending. Nah, aku paling sebel kalau nonton drama yang ending-nya menggantung begini, haha.

5) Ajang Mempertunjukkan Kemampuan Vokal

Terakhir, OST-OST drama Korea juga menjadi sarana untuk menunjukkan kemampuan vokal lo! Umumnya lagu-lagu ini memang dinyanyikan oleh para penyanyi solo atau member grup idol—yang kemampuan vokalnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi dalam beberapa kasus ada juga OST drama yang dinyanyikan langsung oleh sang aktor.

Contoh yang sempat 'bikin gaduh' tahun lalu ada squad Twenty Five, Twenty One. Kim Tae Ri, Nam Joo Hyuk, Bona, Choi Hyun Wook, dan Lee Joo Myung menyanyikan lagu OST Part 7. Nah, menrariknya nih selain Bona (member girl group WJSN), mereka semua bukan penyanyi lo basic-nya. Pure actor! Tapi mereka bisa menunjukkan kemampuan vokal yang lumayan.

Dalam beberapa drama, ada pula idol yang merangkap sebagai aktor. Jadi mereka tidak hanya menyanyi tapi juga bermain film atau drama. Contohnya seperti IU, D.O (EXO), Bae Suzy dan Rowoon (SF9). Nah, kadang mereka juga menyanyikan sendiri OST drama yang dibintangi.

**FYI, ada beberapa sebutan untuk artis Korea yaitu:

  • Aktor (atau aktris) untuk mereka yang asli pemain film atau drama, contohnya seperti Song Hye Kyo, Lee Jong Suk, Gong Yoo, Park Seo Joon, Kim Ji Won.
  • Idol untuk mereka yang murni menjadi penyanyi, baik solo maupun grup, apapun genre yang mereka nyanyikan.
    • Contoh idol solo seperti Ailee, K. Will dan Elaine.
    • Contoh boy group seperti EXO, SF9, NCT dan Super Junior.
    • Contoh girl group seperti SNSD, Red Velvet, Twice dan Blackpink.
  • Idol-aktor adalah mereka yang menjadi idol sekaligus aktor. Jadi mereka itu idol tapi main film atau drakor juga.
    • Contoh idol-aktor solo seperti IU, Lee Seung Gi, Seo In Guk dan Suzy (sekarang).
    • Contoh idol-aktor dari member boy group seperti D.O (EXO), Rowoon (SF9), Chani (SF9), Yonghwa (CNBLUE), dan Minho (Shinee).
    • Contoh idol-aktor dari member girl group seperti Bona (WJSN), Sejeong (Gugudan), Jisoo (Blackpink) dan Yoona (SNSD).

Drama Korea dengan OST Terbaik

Yeorobun, selain ceritanya, menurutku OST-OST drama Korea juga bisa dinikmati bahkan bisa masuk playlist untuk didengarkan sehari-hari. Terutama yang hobi mendengarkan musik, tidak ada salahnya memasukkan beberapa lagu Korea (termasuk OST drakor) ke dalam playlist-mu.

Aku merangkum beberapa judul drama Korea yang punya OST-OST bagus dan sangat layak masuk playlist. Ini tentu bagus dan terbaik versiku ya! Tapi yang ada di list ini masih ramah telinga kok, masih easy listening. Jadi bisa dinikmati oleh orang awam sekalipun. Lagu apa aja sih? Check this out!

1) Mr. Sunshine - 2018

Drama karya penulis Kim Eun Sook chakkanim ini sampai sekarang masih menduduki tahta tertinggi dalam kasta perdrakoranku. Belum ada yang bisa menggeser posisinya sebagai drama Korea terbaik yang pernah aku tonton. Dibintangi para aktor kawakan seperti Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok, Kim Min Jung, Byung Yo Han dan masih banyak lagi aktor pendukung lainnya.

Selain alur cerita yang luar biasa keren, pemilihan cast-nya juga bagus sekali. Yang paling bikin speechless adalah sinematografinya yang setara film layar lebar. Nonton drama jadi berasa nonton film bioskop.

Nah, aku selalu salfok ke soundtrack-nya nih. Bagus-bagus, enak didengar, dan… Ahh, pokoknya terbaik deh! Konon, drama megahits ini termasuk dalam daftar drama dengan biaya produksi termahal dalam sejarah. Nggak heran hasilnya memang selevel film bioskop.

Tapi, kalau mengingat penyanyi OST yang digaet—dan hasilnya yang sebaik itu—rasanya sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Drama sageuk sepanjang 25 episode ini dihiasi suara para penyanyi terkenal dan terbaik di Korea, seperti Baek Ji Young, MeloMance, Park Hyo Shin, NUEST, Ben, Sejeong (Gugudan), Lee Soo Hyun (AKMU), Elaine hingga Hwang Chi Yeul.

Saking bagusnya, Rowoon sampai merekomendasikan lagu OST Part 1 (The Day) yang dinyanyikan Park Hyo Shin ke playlist lo! Kalau aku sendiri paling suka OST Part 11 yang dinyanyikan Baek Ji Young, berjudul See You Again.

Dahlah, pokoknya kalau soal drakor, Mr. Sunshine ini yang terbaik. Jinjja daebak!! Semua aspeknya, termasuk soundtrack-soundtracknya, sangat bagus, outstanding dan terlalu indah sampai bikin speechless.

2) Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo - 2016

Udah nonton? Drama bertabur visual paling legend yang bikin penontonnya gagal move on bertahun-tahun. Kenapa gagal move on? Coba tonton sendiri ya, biar tahu jawabannya, hehe. Hati-hati overthinking!

Drama sageuk ini konon juga menghabiskan biaya produksi termahal pada masanya. Tidak mengherankan, karena dibintangi banyak sekali aktor terkenal mulai dari IU, Lee Joon Gi, Kang Ha Neul, Hong Jong Hyun, Kang Han Na, Baekhyun (EXO), Nam Joo Hyuk, Jisoo, Seohyun (SNSD) dan masih banyak lagi yang lain. Benar-benar visual yang memanjakan mata, yeorobun!

Biaya produksi yang mahal tentu sebanding dengan alur cerita, setting drama, cast dan OST-OST di dalamnya. Mulai dari EXO-CBX, Taeyeon (SNSD), Lee Hi ft. Epik High, Punch, Loco, Davichi, Jung Seung Hwan, hingga AKMU menjadi pengisi OST di drama besutan YG Cineplex ini.

Paling bagus yang mana? Nah, ini pertanyaan sulit. Bagus semua! Aku paling suka yang dinyanyikan EXO-CBX berjudul For You (ofc, my bias), Taeyeon (All With You) dan Lee Hi ft. Epik High (Can You Hear My Heart). Tapi yang lain nggak kalah enak kok, bagus juga.

Ada dua fakta unik terkait OST Moon Lovers ini. Pertama, OST Part 9 (Will Be Back - Im Sun Hye) dianggap sebagai soundtrack 'paling keramat dan horor' di kalangan fans Moon Lovers. Alasannya karena OST ini selalu mengingatkan pada scene-scene sedih. Kalau ada tokoh yang meninggal selalu dikasih backsound lagu ini. 

Kedua, sebetulnya IU juga menyanyikan (sekaligus menulis) sebuah lagu spesial untuk drama yang dibintanginya ini. Judulnya My Dear Friends. Sayangnya IU menolak lagu tersebut dijadikan sebagai OST resmi dan dimasukkan dalam album. Entah apa alasannya. Fans menduga, ini bentuk 'sedekah' yang IU berikan**.

**Bayangkan, bayarin dia sebagai pemeran utama aja udah mahal. Apalagi kalau ditambah harus bayarin sebagai pengisi OST. Bisa-bisa kru drama kudu jual ginjal nanti, hehe. Guyon yeorobun, guyon...

3) The King's Affection - 2021

Wah, yang ini sih wajib banget masuk playlist! OST-OST drama yang dibintangi Rowoon (SF9) dan Park Eun Bin ini terdiri dari 7 Part. Semuanya bagus dan mayoritas bernuansa ballad.

Masih dengan genre sageuk, OST drama ini diisi oleh Super Junior KRY, Lyn, Baek Ji Young, An Daeun, Hae Yoon, Vromance dan Rowoon. Awalnya aku sempat kaget, bisa-bisanya menyatukan dua orang Queen of OST disatukan dalam satu proyek: Lyn dan Baek Ji Young. Woah, daebak!!

Album OST The King's Affection ini cocok sekali menemani kamu belajar, mengerjakan tugas, menulis atau pengantar tidur. Dijamin lagu-lagunya adem dan sopan sekali di telinga.

Yang paling bagus yang mana? Menurutku OST Part 3 (If I - Baek Ji Young) dan OST Part 2 (One and Only - Lyn) adalah yang paling bagus. Tapi suaranya Super Junior KRY dan Rowoon juga nggak kalah adem, yeorobun. Wuuuu, nyess sekali~~

4) Descendants of The Sun - 2016

Dari drama sageuk, sekarang kita pindah ke era modern. Lagi-lagi karya penulis Kim Eun Sook di tahun 2016. Wah, tahun 2016 benar-benar golden year, banyak drama bagus yang dirilis. Termasuk yang satu ini, yang sempat fenomenal. Couple utamanya terbawa sampai nikah di kehidupan nyata—meski sekarang kandas juga. Yup, SongSong Couple, Song Hye Kyo dan Song Joong Ki! 

Terlepas dari semua skandalnya, drama ini memang punya alur cerita yang menarik untuk diikuti. Nah, OST-OST drama DOTS ini juga tidak kalah menarik. Ada Chen (EXO), Punch, Davichi, Gummy, Lyn, Kim Na Young, K. Will dan lain-lainnya yang mengisi deretan soundtrack yang 'playlist-able'.

Aku pribadi paling suka OST Part 4 (You Are My Everything) dan OST Part 5 (Once Again). Masing-masing dinyanyikan Gummy dan Kim Na Young ft. Mad Clown. OST Part 6 (With You) dari Lyn juga oke. Nah kan, bingung pilih yang mana, haha.

5) Hotel Del Luna - 2019

Next, ada drama hits yang tayang di tvN tahun 2019 lalu. Drama bergenre romance-comedy dalam balutan fantasy ini ditulis oleh Hong Sisters, dibintangi IU dan Yeo Jin Goo serta sederet aktor berbakat lainnya.

Sejumlah penyanyi papan atas mengisi OST drama ini seperti Punch, Taeyeon (SNSD), Red Velvet, Ben, Gummy, Paul Kim dan masih banyak lagi. Album OST Hotel Del Luna ini terdiri dari 13 Part. Aku paling suka OST Part 1 (Another Day - Monday Kiz ft. Punch) dan OST Part 3 (All About You - Taeyeon).

Menariknya, yeorobun, IU kembali mengisi salah satu lagu soundtrack drama ini. Lagu ini ditulis dan dinyanyikan oleh IU sendiri, berjudul Our Happy Ending. Dan lagi-lagi IU menolak lagu ini dimasukkan dalam album resmi. Jadi, specially diputar cuma sekali, yaitu di episode terakhir.

6) Start Up - 2020

Berikutnya ada drama yang heboh banget kala itu. Drama yang berhasil membikin jagat perdrakoran se-universe gempar dengan membagi penonton menjadi dua kubu: Tim Han Ji Pyeong vs. Tim Nam Do San. Kamu termasuk yang mana nih? Hehe.

Kalau belum nonton, kamu wajib memasukkan drama ini ke dalam watchlist. Sebab, ceritanya sangat menarik, inspiratif dan penuh motivasi—cocok buat yang lagi low motivation atau sedang berjuang (setengah mati) untuk meraih mimpi.

Kalau kamu masih ingat, drama ini bintang utamanya adalah Kim Seon Ho, Nam Joo Hyuk, Suzy dan Kang Han Na. Pengisi OST-nya juga cakep-cakep nih. Ada Red Velvet, Jung Seung Hwan, Wendy (Red Velvet), 10cm, Ailee, Davichi, Gaho dan masih banyak lagi lainnya termasuk Suzy sendiri.

Tbh, susah kalau harus memilih lagu mana yang paling bagus. Semuanya enak didengar dan penuh makna liriknya.

Yang jelas, favoritku adalah OST Part 2 (Day & Night - Jung Seung Hwan). Wah, lagunya super ballad, mellow banget, sampai mau nangis rasanya kalau dengar lagu ini. Karena liriknya juga menyayat-nyayat. Akhh! Cocok bangat buat yang lagi galau, sedih, depresi atau jadi pengantar tidur.

Kebalikannya, OST Part 5 (Running - Gaho) justru penuh semangat. Isi liriknya pun mengandung motivasi yang bisa membakar semangat pendengar. Aku juga suka lagu ini. Yeokssi, Gaho memang dikenal suka mengisi OST-OST yang bersemangat, inspiratif dan anti menye-menye cinta-cintaan. Sukak deh! Sedikit curhat, artikel ini aku tulis sambil mendengarkan album OST Start Up loh! 

7) Goblin: The Lonely God - 2016/2017

The last but not least, ada dramanya Om Gong Yoo dan Lee Dong Wook—duo ahjussi yang bromance-nya kebawa di real life sampai sekarang! FYI, drama ini juga ditulis oleh Kim Eun Sook chakkanim. Keren banget ya, bisa menghasilkan dua drama hits di satu tahun yang sama. Ngeri-ngerii...

Rasanya hampir semua pencinta drakor pasti pernah nonton drama satu ini deh. Jangan ngaku penggemar drakor kalau belum pernah nonton Goblin, kadar kegemaranmu perlu dipertanyakan, hehe. Selain dua ahjussi di atas, drama ini juga dibintangi Kim Go Eun, Yoo In Na, Yook Seung Jae (BTOB) dan banyak lagi yang lain.

Lagu-lagu OST Goblin juga dinyanyikan oleh jajaran penyanyi berbakat seperti Punch ft. Chanyeol (EXO), Ailee, Soyou, Heize, MAMAMOO dan banyak lagi yang lain. Aku paling suka OST Part 1 (Stay With Me - Punch ft. Chanyeol), OST Part 9 (I Will Go To You Like The First Snow - Ailee) dan OST Part 7 (I Miss You - Soyou).

**Fun Fact: Lagu Stay With Me (OST Part 1) yang dinyanyikan Punch ft. Chanyeol adalah OST drama Korea yang paling banyak ditonton di YouTube sepanjang sejarah. Sampai aku menulis ini, lagu tersebut sudah ditonton lebih dari 426 juta kali.

Summary

Yeorobun, drama Korea memang selalu jadi topik yang seru untuk didiskusikan. Selain genre dan ceritanya yang beragam, lagu-lagu yang menjadi musik latarnya ternyata juga menarik perhatian. Keberadaan OST-OST ini mempunyai peran yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari drama.

Selain itu, lagu-lagu yang menjadi OST drama ternyata juga bisa dinikmati dan didengarkan dalam playlist sehari-hari. Nah, dari drama-drama yang aku sebutkan di atas, mana yang sudah kamu tonton? Mana drama Korea dengan OST terbaik versimu? Yuk, ceritakan OST drama favoritmu di kolom komentar! Annyeong~~

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

12 comments

  1. Emang bener kok kalau OST K-drama itu selalu membekas. Terus emang mereka paling pinter ya bikin lirik yang sesuai isi cerita, dan terkadang pas sama scene nya...keren banget ini riset si pencipta lagunya. Kalau dengerin OST drama Korea tertentu pasti langsung kebayang adegan-adegan tertentu, betul nggak sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. itulah kenapa bikin drakor itu budgetnya gede, karena bayarin OSTnya ini juga menghabiskan anggaran sendiri... keren ya.. kapan sinetron Indonesia begini :"

      Delete
  2. Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu pertimbangan nonton drakor itu ya soundtracknya.... Liriknya pas, sesuai alur cerita, musiknya juga easy listening... Tapi... Etapi... dari sekian banyak drakor yang dibahas, belum ada yang aku tonton, hiks.... BAiklah, aku masukkan keranjang watch-list aku ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, karena sifatnya mengiringi drama makanya easy listening.. nggak kayak lagu2nya idol kpop, hihi.. wah wah wah, pak dokter kudu nyobain nonton yang aku sebut di atas, bagus2 kok dramanya

      *menyebar racun

      Delete
  3. Hoo aku baru tau kalau ost Indo itu² aja alasannya karena itu wkwkwk. Ternyata OST bagi drakor ini penting bgt ya seperti emang punya ruang sendiri. King Affection emang sebagus itu ost nya sukaaaa. Keren bgt emang yaa setiap Drakor ost nya gak pernah sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayangkan, kalo semua ost drama korea dari jaman jebot sampe sekarang dikumpulin... ada berapa ribu lagu coba, nggak bisa bayangin aku tuh

      King's Affection ini aduuuh, bahaya.. ada yang nyanyi di situ, mana suaranya enak banget astagaa

      Delete
  4. Terdaebak emang eoni ini... Drama tanpa ost rasanya hambar eh tp ada loh drama tanpa ost. Lupa judulnya tp sepanjang nonton saking seru ceritanya sampe ngga ngeh kalo drama ini tnp ost. Ya paling musik latar doang kyknya.
    Beda jelas sama sineteon yg ostnya udah mendarah daging itu lagi itu lagi. Dan ost itu udah identik sama dramanya. Kalo udah muter lagu stay with me langsung inget goblin pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyaa?? drama apa tuh mbak? aku belum pernah nemu deh seingetku, drakor yang nggak pake ost.. makanya aku penasaran, spill dong judulnya wkwk

      stay with me ini kan aslinya punch-chanyeol ya.. nah pas konser SMTOWN pernah dinyanyiin chanyeol-wendy red velvet.. aku tipe orang yang 'jatuh hati pada first singer', jadi meski seenak apapun yg cover, di telingaku tetep enak versi originalnya atau versi penyanyi pertama yang aku dengar

      Delete
  5. Yang saya tahu cuma goblin. Ternyata ost itu beda ya buat masing-masing Drakor. Tadinya saya kira itu kaya tontonan yang ada di Indonesia. Satu ost bisa buat macem2 Drakor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh tidak bisa kakak, wkwkwk.. itulah bedanya sinetron kita dengan drakor, kalo sinetron kita kan lagunya satu untuk semua ya, kalo di drakor nggak bisa begitu.. jaraaang banget ada drakor yang pakai lagu yang sudah ada buat dijadikan OST mereka

      makanya drakor2 tuh istimewa, karena ya itu tadi, OST nya dibuat khusus

      Delete
  6. Original Soundtrack selalu bikin saya penasaran untuk mencarinya. Tiap menonton film, selalu menarik perhatian soundtracknya. Tidak bisa dipungkiri kalau soundtrack juga menjadi bumbu paling enak untuk film menjadi lebih menarik

    ReplyDelete
  7. selain bikin film jadi menarik juga lebih hidup.. pokoknya drakor dan OST ini udah sepaket yang tidak terpisahkan sih...

    ReplyDelete

Post a Comment