admasyitoh.com

Rowoon Keluar dari Grup SF9 Demi Fokus Berakting

10 comments

rowoon sf9

Finally, setelah sekian purnama berani juga aku speak up perkara yang sempat bikin aku galau brutal beberapa waktu lalu. Apapun yang terkait Rowoon memang selalu bikin jantung berdebar-debar sampai terbawa pikiran.

Di tengah drama The Matchmaker (salah satu drama yang dibintangi Rowoon) yang saat ini sedang ongoing di KBS2 dan Viu, kemarin akhirnya keluar juga episode yang menampilkan Rowoon dan Hwiyoung di dalam satu scene yang sama. Hwiyoung sendiri adalah salah satu member SF9 (main rapper) sekaligus maknae line yang cukup dekat dengan Rowoon. Rasanya seneng, sedih sekaligus terharu.

Bukan apa-apa, masalahnya Rowoon sekarang sudah keluar dari grup SF9, yeorobun. Jadi, kesempatan bisa melihat Rowoon tertangkap kamera dengan member SF9 yang lain tuh bener-bener langka. Campur aduk rasanya! Oke, mending aku tulis aja daripada jadi overthinking lama-lama. Duh, maaf ini random banget curhatannya, maklumin yak ibu rumah tangga juga butuh hiburan hehe…

Rowoon Resmi Mengundurkan Diri dari SF9

Pengumuman resmi dari FNC Entertainment selaku agensi yang menaungi Rowoon dan SF9 dirilis pada tanggal 18 September 2023 lalu, pas lagi hangat-hangatnya drama Destined With You tayang. Pengumuman ini seketika menempatkan Rowoon menjadi trending topic di X dan berbagai kanal sosial media lainnya.

Gimana enggak, FNC Entertainment merilis bahwa Rowoon mengundurkan diri dari aktivitas grup SF9. Syok? Jelas! Aku jelas syok banget saat itu, sampai nggak nafsu makan beberapa hari. Kayak aku udah feeling hal seperti ini suatu saat pasti terjadi, tapi aku bener-bener nggak menyangka bakal terjadi di saat aku lagi sayang-sayangnya sama SF9.

Jujurly, very-very jujurly, aku kenal SF9 gara-gara Rowoon. Aku jatuh ke dalam fandom bernama Fantasy pun juga awalnya dari Rowoon. Indeed, Rowoon memang ultimate bias-ku di SF9, seperti Baekhyun di grup EXO. Tapi bukan berarti aku nggak suka member SF9 yang lain. Bukan.

Faktanya, semakin aku kenal grup yang super talented but underrated ini, semakin aku oleng sana-sini. Rowoon memang yang nomer satu, tapi member lainnya pun menempati posisi tersendiri dalam ruang hatiku sebagai fangirl. Mulai dari Youngbin, Inseong, Jaeyoon, Dawon, Rowoon, Zuho, Taeyang, Hwiyoung dan Chani semua istimewa.

Rowoon memang sempat beberapa kali hiatus dari aktivitas grup karena berbagai alasan, seperti kesehatan (cedera parah) hingga kesibukan solo. Dan, meski semua member SF9 adalah idol yang terjun ke dunia aktor, tetapi porsi Rowoon sebagai aktor harus diakui memang nampak sekali lebih banyak daripada member lain. Nggak bisa nyalahin siapa-siapa ya, karena agensi mungkin punya alasan sendiri kenapa Rowoon sering sekali dikasih projek akting.

Even tho, sudah beberapa kali melihatnya absen dari grup tetapi rasanya SF9 tidak sempurna tanpa kehadiran Rowoon. Apalagi Rowoon sendiri punya peran yang penting di grup sebagai main vocalist (semua peran member penting sih sebetulnya).

Menuai Pro dan Kontra

Keputusan Rowoon untuk mundur dari SF9 memang bukan sesuatu yang mengejutkan, sudah diantisipasi banyak orang terutama mereka yang lebih mengenal Rowoon sebagai aktor daripada idol. Begitu keputusan ini resmi dirilis, sontak langsung menuai banyak pro dan kontra di mata fans dan haters. Apalagi di mata haters, apapun keputusan Rowoon memang selalu disalahkan yeorobun.

Kehidupan idol atau aktor memang tidak pernah luput dari publik, baik fans maupun haters. Bahkan sekecil apapun langkah yang mereka ambil selalu bisa menjadi bahan berita yang mendongkrak popularitas mereka atau justru boomerang yang mematikan langkah karir mereka.

Ketika masih aktif sebagai idol bersama grup, nyambi jadi aktor di drama, Rowoon pernah dikritik karena tidak bisa menempatkan diri dengan baik. Kalau absen di grup karena alasan akting solo, dia dibilang tidak bisa memprioritaskan karirnya sebagai idol padahal SF9 lah yang sudah membesarkan namanya.

Kalau lebih mengutamakan aktivitas grup, fans yang mengenal Rowoon sebagai aktor mempertanyakan profesionalismenya sebagai aktor yang dianggap tidak berkembang, apalagi stigma idol-aktor selalu dipandang sebelah mata di Korea.

Bahkan setelah memutuskan untuk hengkang dari SF9 seperti ini pun Rowoon masih tidak luput dari celaan haters.

Yah, memang sebagai fans grup SF9 tentu aku sangat menyayangkan keputusan ini. Fantasy pun pasti berat merelakan kepergian Rowoon. Tapi dalam suratnya, serta pemaparannya di konferensi pers drama The Matchmaker, Rowoon sendiri mengakui kalau keputusan ini pun sulit sekali diambil. Dia sudah melalui banyak hal, banyak pertimbangan dan banyak sekali pemikiran sampai akhirnya memilih fokus berakting dan berkarir solo.

Yang paling bikin mak tratap sakit hati tuh Rowoon mengaku sempat berada dalam titik terendah di hidupnya tahun 2022 lalu. Hampir setahun dia hiatus, tidak ada projek drama bahkan absen comeback grup SF9.

Dalam fase itu, Rowoon merasa hampa sekali sebab tidak mendapatkan feedback apapun terkait karirnya sebagai idol maupun aktor. Dari sinilah ia berpikir untuk berusaha lebih baik lagi menjalani hidup dan mencoba hal baru yang ingin dia lakukan (pengakuan ini dia ungkapan ketika wawancara dengan AnOther Magazine edisi September 2023). Nah, fase-fase seperti inilah yang tidak diketahui oleh haters. Makanya marah banget rasanya ketika keputusan apapun yang diambil Rowoon selalu dihujat dan disalahkan.

Padahal selama menjadi idol dan aktor, Rowoon sudah sekuat tenaga menahan cedera kronis yang dia alami, sembari mengatur waktu untuk solo dan grup. Di tengah-tengah syuting drama Destined With You kemarin misalnya, Rowoon pernah tertangkap kamera rehearsal bareng member SF9 dengan masih berpakaian kostum drama. Ini terjadi ketika SF9 sedang mempersiapkan album “Puzzle” THE PIECE OF9 Januari 2023 lalu, yang sekaligus menjadi comeback terakhir Rowoon dengan SF9.

Perkara Keluarnya Idol dari Grup

Perkara keluarnya idol dari grupnya, grup yang menemani mulai dari debut sampai membesarkan nama sang idol, sebenarnya bukan peristiwa yang aneh. Lumrah dan wajar sekali. Ini juga bukan yang pertama kalinya dalam sejarah dunia Hallyu atau hiburan Korea, utamanya di dunia per-KPOP-an.

“Industri hiburan Korea adalah salah satu bidang yang ngeri-ngeri sedap. Idol atau aktor harus selalu tampil prima dan tanpa cela. Sedikit saja cela, semua karir yang dibangun bisa langsung habis sekejap mata.”

Sebagai EXO-L aku sendiri sudah pernah merasakan ditinggal idol pas lagi sayang-sayangnya seperti ini. Bukan cuma satu, bahkan tiga sekaligus. Tahun 2014 lalu, EXO yang semula beranggotakan 12 orang, ditinggal oleh Kris, Luhan dan Tao. Ketiganya terjadi di tahun yang sama, yeorobun. Sakit dan kecewa? Tentu saja.

Tapi ini tidak menghentikan langkah fans untuk terus mendukung idol. Baik Kris, Luhan dan Tao selalu menjadi former anggota yang dirindukan kebersamaannya dengan EXO. Meski sudah tidak bersama EXO dan SM Entertainment, mereka tetap bisa berkarir sesuai style masing-masing di China bahkan dunia.

Kejadian begini juga bukan cuma dialami EXO, tahun 2019 lalu Hanbin a.k.a B.I juga meninggalkan iKON, grup yang telah menemaninya sedari trainee sampai debut. Belakangan B.I akhirnya kembali ke industri KPOP melalui jalur solo.

Yang nggak kalah heboh, sekitar bulan Mei 2023 lalu Lucas juga diberitakan resmi meninggalkan NCT dan WayV. Lucas ini cukup terkenal di Indonesia, yeorobun, karena dia pernah menjadi bintang iklan salah satu merk minuman lokal, kopi lebih tepatnya.

Kejadian ini sempat membuat NCTzen galau, gundah-gulana, terpukul sekali. Sebab, Lucas sempat diberitakan hiatus dan diterpa beberapa isu walaupun tidak begitu jelas juga kebenarannya. Setelah hiatus cukup lama, SM Entertainment selaku agensi, akhirnya mengumumkan bahwa Lucas resmi berpisah dengan NCT dan WayV karena akan difokuskan pada karir solo.

So, dari kejadian Rowoon yang berpisah dengan SF9 ini sebetulnya fans tidak perlu merasa kaget. Ini sangat biasa terjadi di dunia KPOP.

Yang susah adalah mengontrol diri sendiri—perasaan, pikiran, dan perilaku di sosial media—dari rasa kecewa dan sedih. Karena, meski bukan fenomena luar biasa, nyatanya kepergian idol dari grup selalu menyisakan kekecewaan dan kesedihan di kalangan fans, terutama yang sudah mengikuti idol tersebut sejak debut bersama-sama anggota grupnya yang lain.

Opini Personal sebagai Fans Rowoon

Yeorobun, ada lo fans SF9 alias Fantasy yang jadi nge-hate Rowoon karena lebih memilih karir solo. Banyak malah. Kata mereka, kalau Rowoon benar-benar menyayangi member lain seperti saudaranya sendiri, seharusnya Rowoon lebih mengutamakan grup daripada dirinya sendiri. Sakit nggak sih bacanya…

Padahal keputusan seperti ini juga pasti sulit buat dirinya. Pasti terpaksa. Rowoon sangat suka menyanyi. Selama 6 tahun dia menjadi trainee demi belajar vokal. Dia juga dancer yang bagus dan berbakat. Menjadi idol dengan debut bersama SF9 adalah sebuah impian besar sejak dirinya masih trainee, umur 14 tahun. Meninggalkan grup yang sudah membersamai langkahnya sejak masih muda, membesarkan namanya, pasti sangat berat dan menyakitkan.

Tapi ya udah, mau gimana lagi kan kalau memang itu yang terbaik buat dia. Toh, aktif di grup ataupun tidak, Rowoon tetap bisa berkarya. Pun tidak membuat dia lepas dari hate comment dan hujatan netizen. Jujurly jadi curiga, jangan-jangan Rowoon mendapat “paksaan” dari agensi untuk keluar dari grup.

Seperti yang Youngbin (leader SF9) bilang, baik Rowoon maupun member yang lain tetap saling mendukung karir satu sama lain. Rowoon dan member sudah membicarakan panjang lebar sebelum keputusan berat ini diambil.

Personally, sebagai fans Rowoon (as a solo) sekaligus SF9 (as a group), ada beberapa poin yang menurutku perlu diperhatikan. Kepergian Rowoon dari grup punya dua sisi, positif dan negatif. Sisi positif yang bisa diambil adalah:

  • Pertama, Rowoon bisa fokus meningkatkan skill dan karir aktingnya tanpa terganggu oleh nyinyiran netizen yang mempertanyakan perannya sebagai main vocalist SF9. Makanya nggak kaget kalau dia jadi kayak kejar tayar dengan menerima banyak projek drama, hampir tanpa jeda. Ini tentu mengembangkan profesionalisme Rowoon sebagai aktor.
  • Kedua, Rowoon punya cedera akut (di kaki dan tulang belakang) yang rawan sekali memburuk akibat kerja terlalu berat atau manuver koreografi yang rumit, absennya Rowoon sebagai idol sebetulnya bisa meminimalisir cedera yang dialami. Kasian banget, Rowoon pernah tertangkap kamera fans menahan sakit pas lagi dance di atas panggung. Lagi syuting acara variety show pun dia harus pakai sabuk khusus buat nahan punggungnya.
  • Ketiga, keputusan fokus berkarir solo ini sebetulnya juga membuka peluang buat Rowoon debut solo sebagai idol, sebagai soloist alias penyanyi solo. Jujurly, ini harapan yang sudah sejak lama aku semogakan dalam hati. Rowoon punya suara yang bagus, kemampuan vokalnya mumpuni. Menurutku memang sudah saatnya dia debut solo sebagai idol. Dan, sepertinya ini juga didukung agensi. Hilalnya sudah nampak, di FNC Kingdom (konser keluarga besar FNC Entertainment) Jepang, Desember 2023 besok, Rowoon dipastikan tampil solo.

Sisi negatifnya, jelas SF9 tidak akan seperti dulu lagi. SF9 tanpa Rowoon, tidak akan sama seperti semula. Ini juga berlaku untuk semua member, bukan hanya Rowoon. Pasti bakal kangen lihat interaksi Rowoon bareng member. Kangen lihat idol Rowoon di stage bareng member. Kangen lihat keusilan Rowoon ke member lain, terutama Chani si maknae yang memang terkenal dekat dengan Rowoon.

FNC Entertainment dalam pengumuman itu juga menyatakan bahwa Rowoon selamanya akan menjadi member ke-9 dari SF9 meski sekarang dengan terpaksa harus menempuh jalan yang berbeda. Dia tidak memperpanjang kontrak eksklusif sebagai member SF9, tapi akan terus berada di FNC Entertainment. Karena itu aku masih berharap, kelak, suatu saat akan ada masanya dimana Rowoon kembali ke stage bersama Youngbin, Inseong, Jaeyoon, Dawon, Zuho, Hwiyoung dan Chani.

Sama seperti Lay yang masih harus absen dalam aktivitas EXO, tapi Lay tetap bagian dari EXO. Rowoon boleh berpisah saat ini, tapi selamanya Rowoon adalah anggota ke-9 SF9.

Sebagai fans sekaligus bucinnya Rowoon, aku cuma bisa mendukung untuk kebaikan Rowoon. Rowoon juga manusia, dia butuh space untuk menjadi Kim Seok Woo. Aku selalu mendoakan apapun yang terbaik buat Rowoon.

“Fans yang baik adalah fans yang mendukung apapun yang terbaik untuk idolanya, selama sang idola tidak melanggar hukum dan norma yang berlaku di masyarakat.”

Alfia D. Masyitoh
Sometimes you may find me as Marcellina Kim. Lifestyle blogger, content writer and clodi enthusiast who loves EXO Baekhyun and SF9 Rowoon. Part of EXO-L and Fantasy.

Related Posts

10 comments

  1. Eaaakk quote terakhir adalah bukti kebucinan yang haqiqie pada si ayank wkwk. Andai zaman F4 sudah kenal blog, mungkin aku bisa bucin kayak gini juga, alhamdulillah dulu belum kenal blog wkwk
    Deep yaa kalau ngomongin Rowoon, dan lama-lama aku makin tahu siapa itu ayank sebenernya. Dia awalnya aktor trs jadi vocalist gitu ya, kl nggak salah tadi. Aku sih mendukung dia, kemana dia nyaman dan sanggup ya sih, kan dia yang tahu batas kemampuan dia. Haters bisa bantu apa selain Komen negatif. Semangat Rowoon. Aku bukan fans mu tapi aku semangatin pilihanmu, semoga ini yang terbaik!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalik mbak.. Dia jadi vocalist dulu, debut sama grup SF9 dulu, baru dia njajal akting. Jadi dia debut pertama kali di grup tuh tahun 2016. Terus tahun 2017 dia baru main drakor, masih jadi aktor pendukung waktu itu, belum jadi pemeran utama. Baru di tahun 2019 dia dapet peran utama.. Btw, makasih lo ya dukungannya :")

      Delete
  2. Rowoon oh Rowoon. Mau menyayangkan tapi sayang (#eh, ampuun ayangnya Rowoon). Tapi gak apaaa, biar skill aktingnya makin menjadi deh. Selalu ditunggu dengan setia untuk gebrakkan di solo career.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, semoga dengan keputusan ini karir Rowoon semakin bersinar ya mbak. Aku aja sangat menyayangkan keputusan dia keluar grup, tapi ya udah mau gimana lagi. Kan Rowoon yang menjalani ya, jadi aku mendukung aja. Asal dia seneng, dia hepi, sehat, nggak tertekan, nggak terlibat skandal macem2, udah itu aja aku udah bersyukur...

      Delete
  3. lho..lho.. Rowoon kok keluar, ga bahaya ta?

    ReplyDelete
  4. Wah, fans sejati banget kamu mbak, di tengah gempuran fans yang jadi hatersnya rowoon, kamu tetap details jelasin POV dari sisi kamu yang semuanya postive. Tapi aku agak paham kesedihanmu juga, jadi lebih susah tengok dia ya karena harus nunggu film atau series atau semacamnya, cmiiw. Wkwk but, semoga sukses ya abang rowoon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaammiiin.. Makasih mbak Widya :) Aku tetep harus positive thinking kalo mau dukung Rowoon. Ini udah jadi pilihan dia, pilihan berat yang harus diambil. Dia yang menjalani, jadi sebagai fans aku mendukung dan mendoakan yang terbaik aja buat karir dan kehidupan personal Rowoon...

      Delete
  5. Lega yaa..uda curhat di blog.
    Bacanya jadi kagum, Al.. terstruktur sekali.
    Memang sesuatu yang kita suka tuh selalu bikin kita bisa bertahan untuk terus mendukung dan mencintai, apapun keputusannya.

    Semoga mas Rowoon-mu selalu sehat dan padat karya.
    ((komen era Pak Harto ini, cyinn.. huhuhu..lawas bener!!))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lega banget eon bisa melampiaskan di blog :)
      Samean tahu sendiri gimana galaunya aku waktu itu. Udah kayak yang patah hati banget. Tapi ya udah mau gimana lagi. Yang penting dia seneng, sehat, hepi, gak ada beban, gak kesusahan dan gak kena skandal aneh2. Aku siap mendukung apapun keputusan dia selama itu positif :)

      Delete

Post a Comment