admasyitoh.com

2022 Rewind: Progres dan Resolusi

24 comments

rewind 2022

Yeorobun, akhir tahun 2021 dulu aku menulis ‘beli domain’ dan ‘ganti template blog’ sebagai target utama yang ingin aku capai di tahun 2022. Alhamdulillah, ternyata kesampaian. Rupanya setahun belakangan ini menjadi periode penting dalam karirku sebagai bloger yang masih amatiran, walaupun aku sudah main blog sejak dua tahun lalu.

Tulisan 2022 Rewind ini mungkin menjadi salah satu curhatan random di Sundries Journal. Mungkin tidak berguna. Tapi aku tetap ingin menulis perjalanan yang aku tempuh selama setahun terakhir sebagai kenang-kenangan. Sekaligus, ini merupakan wujud rasa syukurku kepada Allah SWT dan bentuk ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah berjasa besar dalam hidupku, utamanya dalam proses aku belajar menjadi bloger. Supaya aku tidak melupakan nama-nama mereka. 

Note: tbh, tulisan ini sempat tertunda selama beberapa hari. Rencananya aku ingin merilis tulisan ini akhir tahun 2022. Tapi karena kondisi fisik di akhir tahun justru drop, aku terpaksa menunda perilisannya sampai awal 2023. Sebetulnya tinggal ubah release date aja, tapi aku tidak ingin melakukannya. Aku ingin mengawali tahun 2023 dengan kejujuran dan apa adanya.

Progres Resolusi Tahun 2022

Aku ingat betul dulu domain blog ini masih panjang sekali seperti cintaku kepada Rowoon *halah. Masih pakai nama alay dan numpang gratisan ke Blogspot. Mau beli domain masih mikir-mikir, takut belum bisa konsisten menghidupi blog.

Setelah melalui badai gundah-gulana, akhirnya Februari 2022 aku resmi beli domain admasyitoh.com yang sedang kamu baca ini. Gimana perasaannya? Luegooo sumpah! Lega banget rasanya. Bismillah, walaupun agak nekat tapi aku niat untuk lebih konsisten dan serius merawat blog ini. Dah, target beli domain centang nih…

Next… Setiap bloger pemula rasanya pasti pernah melewati fase ini: gonta-ganti template blog. Mana yang unyu, mana yang cantik, bagus, kelihatan enak dipandang, ya itu yang dipakai. Ketemu lagi template baru yang lebih menarik, langsung buru-buru ganti.

Perkara gonta-ganti template ini memang pekerjaan yang mengasyikkan, yeorobun. Kadang bikin lupa waktu. Tapi lama-lama aku merasa terlalu buang-buang waktu di tahap ini. Kok bloger-bloger senior itu tampilan blognya bagus, ya? Gimana caranya? Berawal dari sana, aku bertekad bahwa tahun 2022 aku harus ganti penampilan. Blognya, bukan aku.

Salah satu mimpiku memang punya tampilan blog yang cantik, rapi dan user friendly. Perkara printilan-printilan SEO dan sebagainya, bisa dipikir sambil jalan nanti.

Kepo-kepo ke sana kemari, ketemulah aku dengan template Fiksioner yang sekarang terpasang ini. Langsung ‘klik’ dengan template ini dan akhirnya berkat tutorial lengkap sang kreator dan bimbingan Mbak Widya, aku berhasil memasang template ini. Pasang doang, belum utak-atik ‘dalemannya’ karena belum ngerti apa-apa waktu itu. But it’s ok, satu lagi target ngeblog yang centang.

That means, dua target utamaku untuk blog di tahun 2022 terpenuhi semua. Alhamdulillah… Di luar dua poin ini ternyata masih banyak pencapaian lain yang berkesan buatku.

Pencapaian Penting Lainnya

Salah satu pencapaian besar di tahun 2022 adalah bisa mengikuti Blogspedia Coaching Batch 3. Kelas ngeblog yang memang sudah menjadi incaranku sejak tahun sebelumnya. Alhamdulillah, tahun 2022 kemarin berhasil juga lulus dari kelas yang diampu Coach Marita ini.

Banyak sekali yang aku dapatkan selama kelas. Mulai dari belajar menjadi blogger pemula, memperkuat big why ngeblog, belajar aspek SEO On Page, belajar Google Analytics, Google Search Console, personal branding sampai membuat desain grafis sederhana dengan Canva.

Intinya, banyak sekali perubahan yang aku rasakan pasca lulus Blogspedia Coaching ini. Entah dari aspek tulisan blog atau cara ngeblog yang benar, sesuai jalan lurus para bloger. Aku sungguh berterima kasih kepada Coach Marita dan coaches lainnya, yang telah meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan emosinya untuk berbagi ilmu dan pengalamannya. Ugi Appa, Mbak Hamim, Mbak Pida, Mbak Zakia, Mbak Nimas dan Pak Martin yang ada di balik layar. Oiya, termasuk Mbak Naqi, senior alumni coaching angkatan sebelumnya.

Kelas ini tidak hanya memberiku ilmu pengetahuan seputar blogging, yeorobun. Aku bertemu teman-teman seperjuangan yang luar biasa sekali semangatnya. Kami saling mendukung satu sama lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kami tidak pernah bertatap muka secara langsung. Tidak pernah meet up di dunia nyata. Tapi kami merasa dekat di dunia maya. Belajar bersama, mengerjakan tugas bareng, sambat berjamaah. Aku seperti mendapat saudara dan keluarga baru, seperti rumah, yang bisa menerima diriku apa adanya.

Terima kasih teman-teman Cupuers: Yuana (ini sekaligus konco kenthel seperkasuran sejak kuliah), Filza, Mbak Fida, Mbak Nita, Mbak Dyah, Mbak Susi, Mbak Iin, Mbak Luluk, Mbak Riyan dan masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa aku sebut satu per satu, jadi maaf kalau ada yang terlewat belum disebut.

Tahun lalu aku juga banyak menjalin pertemanan baru. Bertemu dengan orang-orang baru. Orang-orang yang punya keunikannya masing-masing walaupun secara umum punya kesamaan denganku: pencinta dan pemuja oppa-oppa. Senang sekali rasanya, punya circle pertemanan baru yang sangat fresh, penuh gairah dan berjiwa muda.

Aku bertemu Iluhwangbi eonni, Lendyagassi, Mbak Rohma dan Mbak Ria. Para eonni ketje badai membabi buta, yang menjadi partner nonton drama Korea, partner perbucinan duniawi dan gibahin bias—walaupun bias kami berbeda, aku cinta Rowoon dan Baekhyun, tapi mereka cinta yang lainnya.

Namun, sebagai rekan senasib-seperbucinan-sepergibahan, kami berbagi rasa dan hobi yang sama. Yaitu khusyuk mencintai para oppa dalam halu diam dan doa. Semoga kegembiraan selalu menyertai kami semua, asalkan bias bahagia dan baik-baik saja. Dan, semoga pertemanan tetap terjaga, abadi sepanjang masa. Aamiin.

Bertemu teman seperti mereka penting untuk menjaga kewarasan jiwaku sebagai mama milenial yang sibuk di rumah saja. Ahh, indahnya ketika orang lain bisa memahami—sekaligus menerima—kehaluan dan kegilaanku. Kamsahamnida, chingudeul…

Menemukan teman sefrekuensi yang bisa menerima kita apa adanya adalah momen berharga dalam hidup yang tidak bisa dinilai dengan uang dan materi.

Satu hal yang paling tidak terduga dari tahun 2022 adalah aku bisa mengambil kelas Bahasa Korea Basic di sebuah LBB Online. Meskipun online, nyatanya nggak main-main. Semua materi, tutor, tugas-tugas diberikan dengan sungguh-sungguh. Alhamdulillah, bisa lulus dengan nilai memuaskan.

Sebelumnya (sejak dulu malahan) aku tidak pernah bermimpi atau berencana untuk kursus Bahasa Korea. Aku memang suka nonton drama Korea, suka lagu-lagu EXO dan SF9, suka musik KPOP. Tapi sebagai fans, aku tidak pernah bercita-cita mempelajari bahasa mereka.

Dulu, ketika melihat Mbak Pipit (sahabat karibku) les Korea, aku biasa saja. Bahkan membatin, kayaknya aku nggak akan sampai kayak gitu deh ngefansnya. Tapi, entah kerasukan apa, sebelum akhir tahun tiba-tiba keinginan untuk les Bahasa Korea itu muncul. Momennya tepat sekali dengan lingkup pertemanan penggemar Hallyu Wave yang semakin intens. Jadi, aku merasa sudah saatnya aku belajar Bahasa Korea, minimal mengerti basic-nya.

Kalau ditanya, apa motif sebenarnya dan target apa yang ingin dicapai? Sejujurnya aku belum tahu dan belum kepikiran mau dibawa kemana. Yang aku rasakan sekarang, bahasa mereka menarik untuk dipelajari dan aku ingin terus meningkatkan levelku. Dah, itu aja dulu…

Resolusi Tahun 2023

Pencapaian-pencapaian tahun lalu merupakan momen penting bagiku, yang tidak bisa dinilai dengan uang atau materi. Pengalaman dan ilmu berharga, prestasi diri, yang mungkin tidak bisa dimengerti orang lain bahkan oleh BaekHayi—suami nyataku.

Aku bersyukur sekali, Allah memberiku kesempatan merasakan itu semua.

Konon, perjuangan mempertahankan prestasi atau apa yang telah dicapai lebih sulit daripada ketika berusaha menggapai prestasi itu. Falsafah ini tidak berubah dan masih aku yakini sampai sekarang. Karena itu resolusiku di tahun 2023 tidak ingin muluk-muluk. Bagiku mempertahankan yang sudah diraih saja sudah cukup banyak effort yang dibutuhkan.

Aku hanya ingin memupuk konsistensi dan komitmen untuk posting artikel di blog secara rutin sesuai target supaya blog ini tetap hidup. Sungguhan, istiqomah itu memang tidak gampang dipraktikkan. Haha.

Lainnya, aku ingin belajar lagi lebih jauh tentang ngeblog khususnya aspek SEO. Ingin meningkatkan traffic dan authority blog. Aku ingin belajar lebih banyak lagi untuk ikut lomba atau event-event blogging. Sekaligus, ingin mengoptimasi sosial media yang aku miliki supaya tidak menjadi sarang laba-laba.

Next, aku ingin ambil kelas Bahasa Korea lanjutan. Sudah terlanjur nyemplung, sayang kalau nggak nyelam aja sekalian. Toh, insyaAllah nggak ada ruginya. Optimis, insyaAllah pasti suatu saat akan bermanfaat secara konkret. Entah untuk karir blogging, dunia kerja atau bisa jadi yang lainnya.

Resolusi pribadi tentu ada. Tapi rasanya tidak perlu aku tulis di sini. Cukup doakan, semoga Allah memberikan kesempatan, kecukupan, kekuatan, kemudahan dan kelancaran supaya semua bisa terlaksana. Doakan supaya aku bisa menjaga tekad dan semangat untuk memperjuangkan apa yang aku cita-citakan. Semoga semua langkah dilimpahi keberkahan dan kebermanfaatan, baik bagi diri sendiri maupun sesama.

****

Terima kasih 2022 untuk semua capaian, pembelajaran dan pengalaman berharganya. Terima kasih keluargaku, para sahabat, teman-teman Cupuers untuk waktu berharga yang tidak ingin aku lupakan. Semoga tahun depan kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik, lebih bermanfaat, terus progresif dan optimis melakukan kebaikan.

Apapun mimpi dan cita-citanya, semoga Allah memudahkan jalannya. Kalaupun ada halang-rintang di depan, semoga tidak membuat kita hanyut dan semangat hilang.

Aku siap menyapa dan menyambut 2023 dengan semangat baru. Impian dan tekad yang baru. Bagaimana denganmu? Apa resolusimu? Sudah menata niat dan hatimu? Bagikan semangatmu di kolom komentar, ya!

Alfia D. Masyitoh
Personal lifestyle blogger, content writer, clodi enthusiast. Chocolate and coffee addict. Baekhyun and Rowoon lovers. Fans of EXO & SF9. We are one, ์‚ฌ๋ž‘ํ•˜์ž!

Related Posts

24 comments

  1. Tulisanmu berasa aku nerima penghargaan, Al..
    Sumpah terharu banget ada namaku di blog cantikmu ini..

    Meski belum pernah ketemu, entah kesambet angin apa, aku jatuh cinta sama kamu.
    Hahha...langsung wedi to kamu, aku ngomong gini..

    Wes pokoknya kamu engga pernah toxic kalok aku lagi curhat dan kumat bucinnya tuh aku bersyukur banget... Rasanya ada yang sama kayak akuuu... sama-sama bisa nangis kejer cuma karena bias sakit, sama-sama bisa KZL sampek ubun-ubun kalo ada yg ngomong jelek tentang bias.

    KOk bisa gitu??
    Ya hanya kita yang merasakan ya..

    Semoga Allah menjaga persahabatan ini yaa..
    Makin rajin nulisnya, makin rajin curhatnya, makin banyak ide-idenya yang menginspirasi...

    **laaffff laaffff buat Ms Kim Seok Woo

    ReplyDelete
  2. Jujur aku juga sama mbak. Berasa banget vibes nya ketika lagi ngedit template. Nggak sesuai dikit buka kode html, rombak lagi. Begitu seterusnya, sampai diri ini merasa satisfied. Wkwkw.. yeorobun!

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka srama korea, walapun juga pilih-pilih drama yang harus aku tonton yang genre apa. Seperti milih template yang kudu di hati juga sebagaimana ngefans ke salah satu star

    ReplyDelete
  4. Kok mirip ya Mbak sama saya. Sedang berusaha istiqomah dengan dunia per-blog-an ini. Inginnya bisa menghasilkan tulisan yang bermanfaat untuk orang lain. Tapi ternyata konsisten butuh perjuangan saudara2 hehehe. Selamay untuk blog-nya yang semakin keren dengan tld ya Mbak..

    ReplyDelete
  5. ada namaku disebut, duh terharu, teman seperjuangan saat BC, asli kelasnya ngangenin ya, blog mbak merupakan salah satu blog yang sering ta jadikan BW nih, referensi mengerjakan tugas BC wkwkwk
    2023 ini masih melanjutkan resolusi 2022 yang belum tercapai, semoga tahun ini bisa tercapai
    beberapa sudah tercapai sih di 2022, yang pasti tahun ini mau lebih serius lagi nulis baik di blog maupun media lain
    bismillah bisa, aamiin

    ReplyDelete
  6. Saat ada nama di sebut oleh seseorang, begitu menyentuh di hati. Padahal tidak ngapa-ngapain. Semua murni karena mb Al yang berusaha dan terus berbuat sedemikian untuk mencapai sukses.

    Sukses terus mb sebagai nlogger beretika dan berdedikasi

    ReplyDelete
  7. Kereeeeeen, jadi termotivasi buat lebih fokus ke blog. Setahun belakangan aku kurang ngurus blog (yah karena ada kesibukan kuliah juga sih, tapi gak terlalu bisa dijadikan alasan). Yuk bisa yuk 2023 semangat nge-blog hehehe

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, blognya sudah membawa pada progres yang positif ya. Semoga resolusi tahun ini bisa terwujud. Semangat, berkarya!

    ReplyDelete
  9. Wahhh selamat ya atas pencapaian nya di tahun 2022 semoga 2023 lebih bersemangat lagi dalam meraih mimpi-mimpi ya Mba ..... Keep going ๐Ÿ‘Œ

    ReplyDelete
  10. Semangat nge blog nya ya mbak, semoga makin konsisten, dan saya ketularan semangat juga..

    ReplyDelete
  11. Hwah Alhamdulillah 2022 bisa menjadi tahun yang luar biasa, terutama bisa bergabung dengan keluarga besar Blogspedia dan mencerna setiap ilmu didalamnya sampai akhirnya kesampaian punya blog TLD dan template yang cuantik. Semoga 2023 juga sama cetarnya dengan setiap resolusi yang sudah kita patri

    ReplyDelete
  12. Semangat terus buat mempercantik blog nya...semoga semua cita2 dan mimpi2 di tahun 2023 dapat dicapai ya...

    ReplyDelete
  13. Barakallah mbak atas segala capaian d thun 2022, smga d tahun ini bisa meningkat lgi dn lebih baik dr thun sblum²ny aamiin... Gmbar blogny smkin unyuu...

    ReplyDelete
  14. Samaan mba, sampe sekarang aku malah masih gatel aja pengen gonta-ganti template terus. Tapi kok capek ๐Ÿ˜‚ btw, selamat buat pencapaiannya di tahun kemarin, mba. Yuk semangat kejar target tahun ini... ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ

    ReplyDelete
  15. Terima kasih sudah sebut² nama aku, hihi. Aku pun merasakan hal yg sama ❤️ semoga kita bisa diberi kesempatan bertemu didunia nyata yaa, pasti seru bgt. Aku juga senang punya teman yg pintar kaya Mbak Al. Aku malah pengen kursus bahasa Korea sejak lama, tapi gak tau dimana belum nemu wadahnya. Ajak² aku yaa kalau mau kursus lagi ๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
  16. 2022 sudah lewat kini di tahun 2023 harus punya resolusi baru dan terus semangat menulis untuk blog2 kita tercinta

    ReplyDelete
  17. Ayaaang rowoon, yaa ampuun gonta ganti template blog biar keliatan cantik ini sih kita samaan, aku pun pernah ada di masa ini, hhe. Tapi seru ya prosesnya hingga di titik menemukan template blog yang Google friendly.

    Makasiii kamu sudah jadi temen receh yang renyah, ngobrol ringan jadi berasa ringan, ngobrol agak berat pun tetep berasa ringan, hhe. Keren kan dirimu ๐Ÿ˜

    Eh, pernah ga sih ngerasa proses bertumbuh kita ini rasanya biasa aja tapi pas ditulisin kaya gini, trus dibaca lagi eh keren ya aku udah sampai di titik ini. Nah, aku baca tulisan ini auto bergumam wow keren lhoo ayang rowoon, nih ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  18. Semangat kak๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ 2023 makin produktif postingan artikel di blog. Kayaknya tiap blogger punya resolusi gitu deh, secara semangat menulis menulis kadang up and down

    ReplyDelete
  19. Wah... Semangatnya sampe berasa ke aku loh mbak... Semoga apapun harapan kita kedepannya bisa terwujud ya mbaaakkk... Yok bisa yoookkk

    ReplyDelete
  20. Aku ikut seneng mbak baca artikelnya semoga terus semangat ya mbak...klo aq harapan kedepan pengen menjadi seseroang yang lebih bermanfaat lagi untuk orang lain.

    ReplyDelete
  21. Luar biasa sekali, mbaak... Tulisanmu selalu bikin betah pembaca. Makin cantik blognya... Makin betah deeeh sering-sering mampir disini. Moga thn 2023 jadi tahun berbahagia utkmu yaaa...

    ReplyDelete
  22. Eehh ayang Rawoon (tuh Kan salah lagi kan๐Ÿ˜†)... Eh kece bets sih tulisannya. Aku tertular nih, mau kursus bahasa korea apa Jepang nih. Pengen ke Korea, boleh kali ya belajar bahasa Korea dulu. Bisikin aku yang bisa kursus online bahasa Korea donk ayank.

    ReplyDelete
  23. Bak berbicara pada diri sendiri ya mbak, kalau nulis progress dan resolusi. Selalu ada hal menarik yang membuat diri berbenah. Semangatnya menular

    ReplyDelete

Post a Comment